loading...
Soal ujian UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas beserta kunci jawabanan dan pembahasan soal kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) jurusan S1 Pendidikan Guru SD (PGSD) yang kini ini sedang menempuh pendidikan pada semester 6. Pada postingan kami sebelumnya kami sudah menyebarkan Soal Ujian UT PGSD Semester 6 yaitu Soal Ujian UT PGSD IDIK4007 Metode Penelitian lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya. Soal Ujian UT Pendas yang kami bagikan ini ialah soal-soal yang terdapat pada modul serta rangkuman materi yang ada. Makara sangat memungkinkan sekali soal ini akan keluar pada dikala ujian tamat nantinya. Seperti yang kita tahu bahwa tutorial di UT yang spesialuntuk dilakukan beberapa kali saja dalam satu semester mengharuskan Mahasiswa mencar ilmu secara berdikari hal ini tentu akan banyak menguras waktu Anda. Nah dengan adanya soal menyerupai ini akan lebih menghemat waktu Anda dalam mempelajari materi pada modul.Soal UT yang kami bagikan ini bisa menjadi bekal Anda untuk menghadapi ujian tamat semester nantinya, dengan memahami soal-soal lengkap dengan kunci jawabanan tentu Anda akan lebih simpel dalam menguasi materi pada modul. Menjadi mahasiswa UT memang menjadi hal yang tak gampang, mengingat waktu tutorial yang singkat dan banyaknya mata kuliah yang harus dipelajari secara mandiri. Apalagi umumnya mahasiswa UT yang disibukkan dengan pekerjaan, hal inilah yang menjadi hambatan besar dalam mempelajari materi.
Soal Ujian UT PGSD Semester 6 lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4304 Bahasa Inggris untuk Guru SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis
- Soal Ujian UT PGSD MKDK4001 Pengantar Pendidikan
- Soal Ujian UT PGSD IDIK4007 Metode Penelitian
- Soal Ujian UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas
Soal Ujian UT PGSD Semester 6 yang kami posting ini tentu akan sangat memmenolong Anda dalam memahami setiap materi pada modul. melaluiataubersamaini mempelajari soal-soal yang sudah ada kunci jawabanan dan pembahasan soal untuk Anda yakinkan lagi kebenaran jawabanannya pada modul akan sangat memmenolong Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian tamat semester nantinya.
Soal Ujian UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas Beserta Kunci Jawaban
Menjadi mahasiswa UT memang dituntut untuk mandiri, alasannya ialah pertemuan yang spesialuntuk dilakukan delapan kali pertemuan saja. Ditambah lagi kalau Anda Mahasiswa yang mengulang mata kuliah alasannya ialah nilainya yang kurang tentu akan menumpuknya mata kuliah yang harus diujiankan. Persipan yang baik dengan memanfaat waktu yang sedikit perlu dilakukan, untuk itu dengan mempelajari soal ujiat menyerupai ini akan sangat berkhasiat bagi Anda. Untuk melihat tiruana soal ujian lengkap dari semester 1 hingga semester 10 untuk jurusan PGSD silahkan Anda menuju ke artikel Soal Ujian UT PGSD. Nah diberikut ini kami bagikan pada Anda Soal Ujian UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas, lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.Soal Ujian UT PGSD IDIK4008
1. PTK ialah suatu bentuk inkuiri yang dilampaui dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....A. McTaggard
B. Carr dan Kemmis
C. Rochman
D. Schmuck
Jawab:
B. benar, alasannya ialah mereka menyatakan bahwa PTK ialah penelitian yang dimulai dengan refleksi diri.
2. Maksud dari self-reflective inquiry ialah penelitian yang ....
A. berbasis refleksi diri
B. metode yang longgar dan fleksibel
C. berbasis hasil pengamatan dan renungan guru
D. diadaptasi dengan kemampuan guru
Jawab:
A. benar, alasannya ialah sesuai dengan self-reflective inquiry
3. Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang dipakai dalam PTK termasuk jenis ....
A. sampel representatif
B. sampel purposif
C. sampel acak
D. masalah khusus yaitu kelas
Jawab:
D. benar, alasannya ialah PTK memang khusus dirancang untuk penelitian oleh guru di kelasnya sendiri
4. Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil tamat yang ingin dicapai terletak pada ....
A. teori mencar ilmu yang akan diuji
B. temuan penelitian yang sanggup digeneralisasikan
C. perbaikan hasil mencar ilmu siswa
D. meningkatnya kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian
Jawab:
C. benar, alasannya ialah hasil tamat yang ingin dicapai guru melalui PTK ialah terjadinya perbaikan/ peningkatan kualitas pembelajaran a.l. perbaikan hasil mencar ilmu siswa.
5. Manfaat PTK bagi sekolah ialah untuk meningkatkan ....
A. kemampuan guru di bidang instruksional
B. kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
C. daya penemuan pada diri guru
D. kualitas pembelajaran di kelas
Jawab:
B. benar, sesuai dengan tujuan pertanyaan yang diajukan
6. Berikut ialah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
A. peneliti
B. validitas
C. metodologi
D. instrumen
Jawab:
C. benar alasannya ialah metodologi PTK yang longgar dan dianggap kurang ilmiah
7. Berikut ialah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi semoga PTK sanggup diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....
A. derma dari pihak sekolah
B. kebebasan bagi guru untuk melaksanakan penelitian di kelasnya
C. pengawasan dari Kepala Sekolah
D. kerjasama antar personil sekolah
Jawab:
D. jawabanan ini benar, alasannya ialah guru perlu derma dalam melaksanakan PTK. dalam pengumpulan data, meminta pendapat mitra sejawat, dll.
8. Langkah pertama PTK oleh guru dimulai dengan melaksanakan ....
A. perumusan masalah
B. identifikasi masalah
C. analisis masalah
D. pembatasan masalah
Jawab:
B. benar, alasannya ialah identifikasi problem ialah langkah pertama dengan mengajukan/menciptakan pertanyaan penelitian
9. Berikut ialah beberapa langkah yang sanggup ditempuh dalam melaksanakan analisis masalah, kecuali ....
A. melaksanakan refleksi
B. mengkaji dokumen-dokumen kelas wacana siswa
C. berdiskusi dengan mitra sejawat
D. melaksanakan studi banding ke sekolah lain
Jawab:
C. benar, alasannya ialah salah satu upaya identifikasi problem ialah melalui diskusi dengan mitra sejawat
10. Hipotesis tindakan ialah ....
A. tindakan perbaikan yang dirancang pada dikala menyusun Rencana Perbaikan
B. alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan
C. dugaan-dugaan wacana upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
D. kajian teori yang relevan dengan problem penelitian
Jawab:
C. hipotesis ialah dugaan-dugaan yang rasional yang dirumuskan oleh peneliti dalam sebuah kegiatan penelitian. Dan sesuai dengan kaidah penelitian ilmiah, dugaan-dugaan tersebut perlu dibuktikan salah/benar.
11. Langkah pertama dalam pelaksanaan PTK ialah ....
A. memilih metode pengolahan data yang tepat
B. mempersiapkan diri sebagai peneliti
C. menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
D. mempersiapkan masukana pendukung penelitian
Jawab:
C. benar, alasannya ialah menyusun RP dan ST ialah langkah pertama PTK
12. Yang dimaksud dengan high inference observation ialah model pengamatan ....
A. tanpa penafsiran
B. pribadi sebagaimana yang teramati oleh peneliti
C. tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)
D. yang membutuhkan penafsiran
Jawab:
D. benar alasannya ialah sesuai dengan istilah high inference observation yaitu pengamatan yang membutuhkan penafsiran si pengamat untuk kemudian dibentuk kesimpulan sebagai hasil penafsiran sebagai bentuk dari hasil pengamatan.
13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melaksanakan observasi ....
A. terserius
B. sistematis
C. terstruktur
D. terbuka
Jawab:
B. benar, alasannya ialah suasana verbal dan nonverbal membutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, jadi dipakai observasi sistematis alasannya ialah diharapkan kategori yang lebih sistematis.
14. Berikut ialah metode-metode lain di samping observasi yang sanggup dipakai guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
A. wawancara
B. studi dokumen kelas
C. pengisian kuesioner
D. survai
Jawab:
B. Studi dokumen kelas sanggup dilakukan guru disamping observasi
15. Refleksi paling sempurna dilakukan oleh peneliti PTK pada dikala ....
A. sebelum menyusun proposal
B. sehabis mengidentifikasi masalah
C. sehabis memilih upaya tindakan perbaikan
D. sehabis melaksanakan upaya perbaikan
Jawab:
D. benar alasannya ialah langkah paling sempurna sehabis melaksanakan upaya perbaikan ialah refleksi. disini guru merenung apa hasil tindakan yang sudah didiberikan, bagaimana dampaknya terhadap siswa dan pembelajaran, apakah perbaikan sudah cukup atau ia perlu meneruskan ke siklus diberikutnya.
16. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK ialah ....
A. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus diberikutnya
B. merevisi pedoman observasi
C. menyusun anjuran PTK
D. memilih metode yang akan digunakan
Jawab:
A. benar, alasannya ialah perencanaan tindak lanjut ialah membuat planning untuk perbaikan sekanjutnya atau penelitian dilanjutkan ke siklus diberikutnya.
17. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda diberikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan sanggup dikategorikan ke dalam domein ....
A. kebadungan remaja
B. disiplin belajar
C. interaksi belajar
D. prestasi belajar
Jawab:
B. benar, alasannya ialah malas tidak mengerjakan PR termasuk domein disiplin belajar
18. Berikut ialah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih apakah problem yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....
A. problem pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaa bagi siswa
B. guru bisa untuk melaksanakannya
C. relevan dengan pengembangan sekolah
D. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.
Jawab:
B. benar, perlu dipertimbangkan. alasannya ialah kalau guru tidak bisa melaksanakan PTK maka tindakan perbaikan tidak akan berhasil.
19. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah pertama dalam analisis problem ialah ....
A. melaksanakan kajian dokumen kelas
B. melaksanakan introspeksi diri wacana pembelajaran di kelas
C. mewawancarai siswa
D. mempersembahkan tes formatif
Jawab:
B. benar, alasannya ialah langkah pertama analisis problem ialah refleksi alias introspeksi diri wacana pembelajaran di kelas.
20. Hasil analisis problem mengatakan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menerangkan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru wacana pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang sanggup dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....
A. metode apa yang sebaiknya dipakai semoga siswa mau menyimak pelajaran?
B. taktik apa yang sebaiknya dipakai semoga siswa mau menyimak?
C. bagaimana cara saya menuntaskan problem ini?
D. bagaimana cara saya memotivasi siswa semoga mau mau bertanya?
Jawab:
D. benar, sudah jelas
21. Berikut ialah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....
A. mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan
B. mempelajari hasil penelitian yang relevan
C. melaksanakan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini
D. mengkopi hasil PTK rekan sejawat
Jawab:
A. benar. Mempelajari teori-teori yang relevan ialah salah satu cara yang sanggup dilakukan dalam proses pengembangan atau memilih tindakan alasannya ialah sanggup menemukan alasan secara ilmiah.
22. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
A. tujuan perbaikan
B. TIU
C. TIK
D. Kegiatan pembelajaran
Jawab:
A. benar. Tujuan PTK ialah perbaikian pembelajaran, sedangkan RP tidak selalu perbaikan
23. Agar bisa mengembangkan RPP dengan efektif dan mempersembahkan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum mempersembahkan tindakan perbaikan ialah ....
A. mempelajari anjuran PTK
B. melaksanakan simulasi perbaikan
C. berdiskusi dengan rekan sejawat
D. memvalidasi RPP
Jawab:
B. benar. Melakukan simulasi perbaikan ialah tindakan konkrit sebelum tindakan yang sebenarnya, sehingga sangat efektif untuk koreksi kesalahan tindakan.
24. Yang dimaksud dengan anjuran PTK intinya ialah ....
A. penelitian yangdilakukan guru di sekolah
B. mekanisme penelitian yangharus dipatuhi guru pada dikala melaksanakan penelitian
C. planning penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya
D. planning kegiatan penelitian yang diusulkan guru
Jawab:
C. benar. Proposal PTK ialah wacana planning penelitian wacana perbaikan pembelajaran di kelas
25. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....
A. kekerabatan antar-guru kelas
B. kerjasama antar pihak-pihak terkait
C. persamaan persepsi
D. gambaran guru sebagai peneliti
Jawab:
B. benar. Kerjasama antar pihak-pihak terkait sanggup dikatakan benar alasannya ialah pihak-pihak terkait kemungkinan mempunyai latar belakang yang tidak sama dengan profesi guru. kerja sama ialah kerjasama antara 2 orang/kelompok atau lebih dengan orang/kelompok lain yang tidak sama latar belakangnyA. menyerupai kerja sama antara musisi dengan pelukis.
26. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....
A. proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan
B. sudah berhasil
C. belum mengatakan perbaikan
D. tidak menunjukkan dampak yang signifikan
Jawab:
C. benar alasannya ialah kelanjutan ke siklus 2 dilakukan apabila belum terjadi perbaikan.
27. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan wacana sikap siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan sehabis Pak Siswo menerangkan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak didiberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat sikap siswa, menyerupai metode membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo ialah data ....
A. ordinal
B. kuantitatif
C. kualitatif
D. numerik
Jawab:
C. Benar. Data yang dikumpulkan berupa penjelasan/catatan tertulis perihalsikap dan sikap siswa, jadi bukan hasil pengukuran berupa angka-angka.
28. Berikut ialah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....
A. penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian
B. grafik histogram
C. narasi wacana sikap siswa
D. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan
Jawab:
A. benar. Penyajian seluruh hasil pengukuran selama penelitian bukan ialah hasil penyajian data, tetapi lebih cocok disebuthasil pengumpulan data.
29. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya ialah penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
A. urutan identifikasi masalah
B. pertanyaan penelitian
C. temuan penelitian
D. hasil analisis data
Jawab:
B. benar. Tujuan melaksanakan penelitian ialah mencari tanggapan atas permasalahan penelitian atau menandakan hipotesi yang dibentuk peneliti. dimana hal-hal yang ingin dicari jawabannya diekspresikan dalam bentuk pertanyaan penelitian. jadi agarlaporan penelitian simpel dimengerti dan dapatcepat diidentifikasi kesudahannya maka klarifikasi disampaikan sesuai urutan pertanyaan penelitian.
30. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
A. mempertinggi akurasi
B. memperoleh hasil yang valid
C. memperoleh perbaikan yang optimal
D. memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian
Jawab:
C. benar. alasannya ialah upaya perbaikan oleh guru harus dilakukan secara terus-menerus hingga terjadi perbaikan pembelajaran yangoptimal.
31. Secara spesifik laporan PTK memuat wacana ....
A. temuan penelitian
B. kesimpulan hasil penelitian
C. rekomendasi
D. masukan-masukan perbaikan pembelajaran
Jawab:
D. benar. Laporan PTK secara spesifik memuat masukan-masukan perbaikan pembelajaran
32. Judul PTK harus menggambarkan ....
A. upaya perbaikan pembelajaran
B. problem pembelajaran
C. problem pendidikan
D. perbaikan sistem persekolahan
Jawab:
A. benar. PTK ialah jenis penelitian yang berserius pada perbaikan pembelajaran di kelas, bukan problem pembelajaran secara umum, problem pendidikan atau persekolahan. jadi judul PTK harus menggambarkan upaya perbaikan pembelajaran.
33. Sistematika PTK sebagaimana diputuskan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat ajaib penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan ajaib penelitian, kecuali ....
A. diseriuskan pada saripasi penelitian
B. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian
C. disajikan secararuntut, singkatdan padat
D. ialah ringkasan penelitian
Jawab:
D. benar. Abstrak penelitian bukan ringkasan (summary), tetapi ialah intisari/saripati atau aspek penelitian atau dianggap penting. Abstrak disajikan secara runtut, singkat dan padat.
34. Dalam menyusun laporan PTK, problem penelitian ditulis/disajikan di pecahan ....
A. identifikasi masalah
B. perumusan masalah
C. penlampauan
D. Kesimpulan
Jawab:
C. benar. Masalah/isu yanghendak diangkat umumnya diletakkan di pecahan penlampauan sebagai latar belakang alasan dilaksanakannya penelitian.
35. Karena mau cepat selesai, pada dikala penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya spesialuntuk hingga Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah mengatakan hasil positif. Sesuai sopan santun penulisan laporan, Pak Irsan sudah mengabaikan ....
A. estetika
B. logika
C. kejujuran
D. ke-konsistenan (keajegan)
Jawab:
C. benar. Peneliti sudah berbohong berarti beliau sudah melanggar kode etik peneliti.
36. Tulisan wacana sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK ialah .....
A. kumpulan gagasan yang ditulis peneliti
B. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ilham dan pikiran
C. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaru
D. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis
Jawab:
C. benar. Paragraf ialah kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yangdimulai dengan baris baru
37. Berikut ialah aspek dibahas dalam pecahan kajian pustakA. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka ialah ....
A. teori-teori yang elevan
B. kerangka berpikir
C. metodologi
D. pertanyaan penelitian atau hipotesis
Jawab:
C. benar. Metodologi tidak sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka
38. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....
A. proses sosialisasi laporan ilmiah
B. penyebarluasan hasil penelitian
C. publikasi temuan ilmiah
D. dimanfaatkan orang banyak terutama guru.
Jawab:
D. Benar. pengalaman guru dalam memperbaiki pembelajaran akan sanggup dijadikan pelajaran atau pengalaman bagi guru lain dalam menghadapi problem pembelajaran yangsama.
39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah ialah ....
A. dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah
B. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas
C. meningkatnya dapat dipercaya sekolah.
D. meningkatnya intelektualitas staf guru.
Jawab:
C. Benar. laporan PTK sanggup meningkatkan dapat dipercaya sekolah. mengatakan bahwa sekolah yang bersangkutan sangat peduli dengan kegiatan akademik.
40. alasannya ialah mau cepat selesai maka pada dikala penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya hingga daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah mengatakan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri sudah mengabaikan unsur ....
A. estetika
B. logika
C. kejujuran
D. keajegan
Jawab:
C. benar, alasannya ialah peneliti sudah melanggar kode etik peneliti
41. Dari hasil analisis problem yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang didiberikan, rata-rata spesialuntuk 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak bisa menuntaskan soal-soal wacana perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang alasannya ialah isiwa merasa matematika sebagai pelajaran janjkematian alias susah. Sehubungan dengan problem tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan problem pembelajaran sebagai diberikut: "Metode apa yang sanggup saya gunakan semoga siswa sanggup mengerjakan soal-soal wacana perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut sanggup dirinci secara operasional sebagai diberikut:
1) Apakah pemdiberian kiprah tugas atau PR akan sanggup meningkatkan hasil mencar ilmu siswa?
2) Bagaimana bentuk materi kiprah yang sanggup membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?
3) Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?
Jawab:
alasannya ialah opsi ( 1) dan (2) benar
42. Salah satu prinsip observasi berdasarkan Hopkins ialah perencanaan bersamA. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
(1) kesamaan persepsi antara guru dan mitra sejawat
(2) membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat
(3) membangun hukum main antar pihak-pihak yang terlibat
Jawab:
Karena jawabanan (1), (2) dan (3) benar
43. Dalam upaya mencapai tujuan dan samasukan observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan samasukan pokok dan serius utama selama proses observasi untuk menjawaban pertanyaan-pertanyaan diberikut:
1) apakah sudah terjadi perubahan di kelas aku?
2) apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
3) apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya diberikan?
Jawab:
Jawaban 3 benar alasannya ialah opsi (2) dan (3) benar.
44. Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (kawan sejawat) dalam PTK diseriuskan pada ....
1) sikap mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
2) suasana dan sikap mencar ilmu siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
3) intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat
Jawab:
Karena opsi (1) dan (2) benar. Observasi oleh pengamat luar atau nonguru/pengajar diseriuskan pada sikap mengajar guru, suasana kelas dan sikap siswa selama berlangsung tindakan perbaikan.
45. Hasil analisis data sanggup dijadikan materi untuk ....
1) membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
2) melaksanakan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut
3) mengidentifikasi temuan penelitian
Jawab:
Jawaban C benar apabila (2) dan (3) benar. Pernyataan (2) dan (3) benar, alasannya ialah hasil analisis data ialah untuk mengidentifikasi temuan sementara -melalui refleksi- dalam rangka memilih apakah perbaikan sudah terjadi atau perlu terus ke siklus 2. Demikian pula hasil analisis data juga sanggup dijadikan landasan untuk mencari/mengidentifikasi temuan penelitian baik temuan sementara (apabila belum diperoleh perbaikan) maupun temuan final (apabila sudah dicapai perbaikan pembelajaran.
46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....
1) memperoleh masukan wacana sikap mencar ilmu siswa
2) mempelajari dampak tindakan perbaikan yang didiberikan
3) mempelajari dokumen hasil belajar
Jawab:
jawabanan A benar, alasannya ialah pernyataan (1) dan (2) benar. Observasi ialah untuk mendapat masukan wacana sikap siswa dan melihat dampak tindakan perbaikan.
47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
1) mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang didiberikan dengan mengamati sikap siswa
2) mengidentifikasi penyebab problem pembelajaran melalui wawancara dengan siswa
3) mengajar sebagaimana biasa sesuai kegiatan mencar ilmu siswa
Jawab:
Jawaban A ialah apabila (1) dan (2) benar. Sebagai peneliti PTK guru akan (1) mengamati sikap siswa sebagai dampak dari tindakan yang didiberikan dan (2) mencari penyebab problem pembelajaran melalui wawancara dengan siswA. Hal (2) dilakukan untuk mempertajam problem penelitian alasannya ialah siswa ialah salah satu sumber informasi PTK. Jawaban A benar.
48. Refleksi intinya ialah .....
1) mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa problem ini hingga terjadi dikelasnya
2) merencanakan banyak sekali alternatif tindakan yang mungkin sanggup dilakukan
3) merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini
Jawab:
Opsi (1), (2) dan (3) tiruananya benar. Karena refleksi ialah merenung kembali untuk mengingat peristiwa-peristiwa yang menjadikan munculnya problem dilanjutkan dengan mencari alternatif hal-hal yang perlu dilakukan guru untuk memperbaiki pembelajaran. Bisa termasuk refleksi:
bertanya pada diri sendiri
mencari alternatif perbaikan
mengantisipasi hal-hal yangtidak diinginkan
49. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data ialah ....
1) menemukan makna dari hasil analisis datauntuk menjawaban pertanyaan penelitian.
2) menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan problem penelitian.
3) mengolah data hasil penelitian dengan memakai analisis statistik.
Jawab:
Jawaban A ialah apabila (1) dan (2) benar. Opsi 1 (menemukan makna dari hasil analisis data untuk menjawaban pertanyaan penelitian) dan 2 (menterjemahkan atau memdiberi makna hasil pengolahan data) ialah ialah salah satu bentuk interpretasi datA. Jadi, jawabanan A benar.
50. Saran tindak lanjut hasil PTK ialah ....
1) masukan-masukan perbaikan ditujukan untuk banyak sekali pihak
2) alternatif perbaikan dibentuk sesuai kesimpulan penelitian
3) usulan perbaikan sanggup dipertimbangkan melalui refleksi
Jawab:
Jawaban C ialah apabila (2) dan (3) benar. Saran tindak lanjut dalam PTK sanggup direpresentasikan dalam bentuk (i) alternatif perbaikan dibentuk sesuai kesimpulan penelitian dan (ii) usulan perbaikan sanggup dipertimbangkan melalui refleksi. Karena tujuan tamat PTK diseriuskan pada mencari alternatif perbaikan dan usulan perbaikan. Jawaban C benar.
Download Soal Ujian UT PGSD IDIK4008
Untuk megampangkan Anda mempelajari soal ini dirumah nantinya, kami tak spesialuntuk menyiapkan soal dalam bentuk artikel saja, namun kami sudah menyiapkan tiruana soal ini dalam bentuk file PDF yang bisa Anda download pribadi untuk nanti Anda print atau cetak dan pelajari. Nah diberikut ini Anda bisa mendownload soal ujian UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.Sangat besar kemungkinan soal-soal yang Anda pelajari akan keluar pada waktu ujian tamat semester nantinya. Dan selain itu dengan mempelajari soal-soal yang sudah disertakan kunci jawabanan akan lebih memungkinkan Mahasiswa sanggup memahami tiruana mata kuliah. Tak spesialuntuk persiapan pada materi, dalam menghadapi ujian nantinya Anda juga perlu menyiapkan hal-hal lainnya sepeti, mental dan persiapan alat tulis semoga siap pada waktu ujian.
Sekian artikel terkait soal ujian UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas, semoga soal yang kami bagikan ini bisa memmenolong Anda dalam menyiapkan diri Anda untuk mengikuti ujian tamat semester nantinya. Dan tidakboleh lupa untuk menyebarkan soal ini pada mitra kuliah Anda yang lainnya. Jika Anda ada pertanyaan terkait konten yang ada pada blog soal uas ut ini silahkan sampaikan pada kolom komentar atau hubungi kami melalui halaman Contact, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgsd Idik4008 Penelitian Tindakan Kelas Beserta Kunci Jawaban"