loading...
Soal ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa Pendas Universitas Terbuka yang sedang menempuh pendidikan di jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). Pada postingan sebelumnya kami sudah mengembangkan terkait Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama lengkap dengan kunci jawabanannya. Soal UT yang kami posting pada blog sol uas ut ini ialah kumpulan dari ringkasan bahan dan soal-soal pada modul, jadi tentu tak akan lepas dari mata kuliah yang terkait. Kesibukan serta banyaknya SKS dan mata kuliah yang ditempuh tentu akan sangat menguras fikiran Anda selaku Mahasiswa dalam mempelajari tiruana mata kuliah. Untuk itu dengan adanya soal-soal ini tentu bisa memmenolong Anda dalam membagi waktu Anda untuk memahami bahan biar bisa mempersiapkan diri mengikuti ujian simpulan semester nantinya.Seperti yang sudah kami sampaikan pada setiap postingan kami bahwa, Anda bisa memelajari soal-soal yang kami bagikan secara offline maupun online. Karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanan, bahkan pembahasan terkait soal tersebut juga kami sertakan. Makara Anda akan digampangkan untuk mempelajarinya secara online, dan kami juga tahu bahwa tak tiruana atau mungkin Anda lebih suka mempelajari soal secara offline, menyimpan kemudian print soal tersebut dan mempelajarinya. Untuk itu kami juga sudah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda download atau unduh secara eksklusif pada link dibagikan simpulan soal ini.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 1 lainnya:
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4101 Metode Pengembangan Kognitif
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4104 Psikologi Perkembangan Anak
Soal-soal UT PGPAUD Semester 1 yang kami posting ini tentu akan sangat memmenolong Anda dalam memahami setiap bahan pada modul. melaluiataubersamaini mempelajari soal-soal yang sudah ada kunci jawabanan dan pembahasan soal untuk Anda yakinkan lagi kebenaran jawabanannya pada modul akan sangat memmenolong Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian simpulan semester nantinya.
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional Beserta Kunci Jawaban
Pada umumnya tiruana soal yang akan keluar pada waktu ujian simpulan semester nantinya baik itu mahasiswa pendas maupun non pendas tak akan lepas dari bahan yang ada pada modul. Makara kemungkinan akan keluarnya soal-soal yang sama yang Anda pelajari pada soal ini. Untuk melihat tiruana soal terkait mahasiswa UT jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) untuk tiruana semester dari semester 1 hingga semester 9, Anda bisa eksklusif menuju ke artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD.Berikut ini kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sedang menempuh pendidikan pada semester 1 terkait Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103
1. Goleman menyatakan bahwa emosi yakni suatu keadaan yang merujuk pada hal-hal diberikut, kecuali....A. suatu perasaan atau pikiran khas anak
B. suatu keadaan biologis dan psikologis
C. serangkaian kecenderungan untuk bertindak
D. serangkaian keinginan individu untuk berpikir
Jawab:
D. Jawaban benar sebab emosi tidak merujuk pada serangkaian keinginan individu untuk berpikir
Pembahasan:
bahan ini terdapat dalam Modul 1 Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak Kegiatan Belajar 1 tentang Perkembangan Emosi Anak Usia Taman Kanak-kanak khususnya pengertian emosi
2. Ketika individu melihat atau mengalami suatu peristiwa, maka hal tersebut dalam prosedur emosi berdasarkan Rosenblum termasuk dalam tahap....
A. receptors
B. elicitors
C. state
D. ekspression
Jawab:
B. Tepat sekali Jawaban Anda, tahap elicitors yakni tahap ketika individu melihat atau mengalami suatu peristiwa
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul 1 Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak Kegiatan berguru 1 tentang Perrkembangan Emosi Anak Usia TK, yaitu tentang prosedur emosi
3. Anak-anak yang bermain dalam satu ruangan namun mereka tidak saling mengganggu atau memerhatikan termasuk dalam tahapan bermain....
A. sebagai penonton
B. soliter
C. paralel
D. asosiatif
Jawab:
B. Tepat sekali Jawaban Anda, tahap elicitors yakni tahap soliter yakni ketika anak bermain bersama tapi tidak saling memerhatikan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam Modul 1, Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-2 Perkembangan Sosial Anak Usia TK, yaitu tentang pengembangan sosial melalui tahapan bermain sosial
4. Salah satu tahap pembentukan abjad anak sanggup dilakukan dengan menstimulasi rasa keindahan. Fungsi stimulasi terhadap rasa keindahan ini yakni untuk....
A. menghaluskan kebijaksanaan pekerti
B. meningkatkan rasa tenggang rasa anak
C. mengembangkan moral kemasyarakatan
D. menumbuhkan rasa percaya diri
Jawab:
A. Jawaban benar, Fungsi stimulasi terhadap rasa keindahan ini yakni untuk menghaluskan kebijaksanaan pekerti
Pembahasan:
Materi tersebut terdapat dalam Modul 1 Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-3 Perkembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-kanak khususnya tahapan pembentukan karakter
5. Rasa murka pada anak sering muncul sebagai reaksi terhadap frustrasi, sakit hati atau merasa terancam. Rasa murka yang muncul bisa dalam bentuk ekspresi atau agresi. Rasa murka semacam ini termasuk murka yang bersifat....
A. terhambat
B. eksploratif
C. transaktif
D. impulsif
Jawab:
D. Jawaban benar, spontan yakni rasa murka yang muncul bisa dalam bentuk ekspresi atau agresi
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul 2 Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-1 Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Usia Taman Kanak-kanak tentang reaksi emosi pada anak
6. Dalam penerimaan sosial, anak usia kelas 2 atau 3 SD mempunyai impian yang sama, melaksanakan kegiatan gotong royong dan mempunyai kedekatan yang cukup baik terhadap mitra sebayanya. Tahap ini termasuk dalam....
A. An Emphatic Stage
B. A Reward Cost Stage
C. A Non-Normative Stage
D. A Normative Stage
Jawab:
B. Jawaban benar, anak usia kelas 2-3 SD berada pada tahap A Reward Cost Stage
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat pada Modul 2 Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-2 Karakteristik Perkembangan SosialAnak Usia Taman Kanak-kanak tentang tahapan penerimaan sosial
7. Karakteristik perkembangan anak pada usia 0-2 tahun, salah satunya yakni bahwa anak...
A. membangun rasa positif thinking terhadap lingkungannya
B. membutuhkan cinta dan kasih akung orang remaja di sekitarnya
C. mulai merasa mempunyai kepercayaan diri
D. mempunyai kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya
Jawab:
B. Jawaban benar, salah satu karakteristik anak usia 0-2 tahun yakni membutuhkan cinta dan kasih akung orang remaja di sekitarnya
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 2 Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-3 Karakteristik Perkembangan Karakter Anak Usia Taman Kanak-kanak tentang karakteristik per-kembangan Karakter Anak Usia TK
8. Pendidik perlu mengetahui cara yang praktis untuk mengenali tanda-tanda emosi dan sikap sosial anak dan dampaknya bagi anak. Tujuan mengetahui hal tersebut yakni untuk mengambil tindakan….
A. proaktif dan antipatif
B. deaktif dan provokatif
C. prefentif dan interventif
D. transaktif dan pratransaktif
Jawab:
C. Jawaban benar, tujuan pendidik mengetahui dan mengenali tanda-tanda emosi dan sikap sosial yakni untuk mengambil tindakan prefentif dan interventif
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 3 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Perkembangan Lainnya KB-1 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Fisik, Mental dan Psikologis Anak
9. Pendidik harus mendampingi perkembangan sosial emosional anak ke arah yang sesuai dengan harapannya, caranya yaitu dengan ....
A. menyampaikan tiruana sikap baik dan tidak baik
B. menghindari tekanan emosi negatif pada anak
C. berhubungan dengan orang lain dan lingkungan guna menekan emosi buruk
D. memproteksi anak sedemikian rupa dari efek negatif
Jawab:
B. Benar, perkembangan sosial emosional anak harus didampingi dengan cara menghindari tekanan emosi negatif pada anak
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 3 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Perkembangan Lainnya KB-1 Keterkaitan Sosial Emosional anak dengan acara dan kehidupannya
10. Anak ditekankan untuk ”selalu bisa” dalam setiap bidang pengembangan sehingga terkesan anak dipaksa untuk belajar. Hal ini ialah penerapan metode ....
A. heart start
B. mind start
C. head start
D. logic start
Jawab:
C. Benar, metode headstart menerapkan pendidikan biar anak “selalu bisa”
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 3 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Perkembangan Lainnya KB-3 Keterkaitan Perkembangan Karakter dengan acara dan kehidupannya yaitu tentang layanan pendidikan yang berorientasi headstart (otak kiri) dengan heartstart (otak kanan)
11. Faktor yang dianggap sanggup menunjang keberhasilan seseorang yang terkait dengan abjad yakni sebagai diberikut, kecuali ....
A. jujur dan sanggup diandalkan
B. sanggup mendapatkan dan menjalankan kewajiban
C. sanggup bekerja berdikari dengan kontrol terbatas
D. sabar, rajin diberibadah dan intelektual tinggi
Jawab:
D. Jawaban benar, sebab faktor intelektual tidak terkait dengan karakter
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam Modul 3 Keterkaitan Perkembangan Sosial Emosional dengan Perkembangan Lainnya KB-3 Keterkaitan Perkembangan Karakter dengan acara dan kehidupannya yaitu tentang membangun keselarasan kekerabatan abjad dengan acara dan kehidupan
12. Perkembangan emosi anak sanggup dipengaruhi oleh keadaan di dalam diri individu, diantaranya adalah....
A. usia, fisik, inteligensi dan jender
B. fisik, usia,inteligensi dan budaya
C. jender, fisik, ekonomi dan inteligensi
D. usia, potensi, interigensi dan sebaya
Jawab:
A. Jawaban benar, keempat hal tersebut terdapat di dalam diri individu
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-1 Faktor Pendukung dan Penghambat Perkembangan Sosial emosional Anak yaitu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak
13. Andri (6 tahun) seka membawa masakan enteng dengan jumlah yang banyak untuk dibagi-bagikan kepada kawan-kawan sekelasnya. Perilaku Andri ini secara tidak eksklusif menjiplak sikap ibunya yang suka memasak dan membagikan hasil masakannya pada para tetangga. Ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa perkembangan sosial anak dipengaruhi oleh ingkungan keluarga, yaitu....
A. status sosial ekonomi keluarga
B. keutuhan keluarga
C. sikap dan kebiasaan orang tua
D. kelekatan dengan anggota keluarga
Jawab:
C. Jawaban benar, ilustrasi menggambarkan efek sikap dan kebiasaan orang bau tanah terhadap perkembangan sosial
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat Modul 4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-1 Faktor Pendukung dan Penghambat Perkembangan Sosial emosional Anak tentang aneka macam faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak
14. Salah satu kondisi fisik yang memengaruhi perkembangan sosial emosional adalah....
A. kesehatan yang buruk
B. ketegangan kekerabatan antara orang bau tanah dan anak
C. tingkat intelektual di bawah rata-rata
D. sikap orang bau tanah dalam mendidik anak
Jawab:
A. Jawaban benar, kesehatan yang jelek termasuk dalam kondisi fisik
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-2 Kondisi pendukung dan Penghambat Perkembangan social emosional anak tentang kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak
15. Guru PAUD harus bisa membuat kondisi yang ideal biar perkembangan sosial emosional anak berkembang secara optimal. Kondisi ideal tersebut ialah kondisi yang sanggup memmenolong anak untuk ....
A. berguru di Lembaga PAUD secara regular
B. melaksanakan tiruana kegiatan dengan teratur
C. melaksanakan interaksi sosial
D. berkembang tanpa hambatan
Jawab:
C. Jawaban benar, Kondisi ideal yakni kondisi yang sanggup memmenolong anak untuk melaksanakan interaksi sosial
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-2 Kondisi pendukung dan Penghambat Perkembangan social emosional anak tentang kondisi ideal bagi perkembangan sosial emosional anak
16. Ketika melihat ada pengemis di tepi jalan, Effie eksklusif meminta uang pada ibunya untuk didiberikan pada pengemis tersebut sebab ia merasa kasihan. Ibu Effie merasa tidak pernah mengajari effie tentang tindakan tersebut. Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan abjad Effie dipengaruhi oleh faktor....
A. internal
B. eksternal
C. penghargaan sekitar
D. efek orang tua
Jawab:
A. Jawaban benar, tindakan Effie dipengaruhi faktor internal
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul4 Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Sosial, Emosional dan Karakter Anak KB-3 Kondisi pendukung dan Penghambat Perkembangan abjad Anak pemikiran para tokoh tentang pembela-jaran anak usia TK
17. Berikut ini ialah beberapa pola sikap yang diakibatkan oleh kompleksitas kehidupan yang dihadapi oleh anak-anak, kecuali ....
A. sikap kesepian dan pemurung
B. sikap rendahnya sopan santun
C. anak yang pencemas dan gugup
D. anak yang sopan dan disiplin
Jawab:
D. Jawaban benar, anak yang sopan dan disiplin ialah pola yang salah
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 5 Pentingnya Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-1 Mengapa Sosial Emosional perlu dikembangkan tentang alasan pentingnya pengembangan sosial emosional pada anak TK
18. Kecerdasan emosi mempunyai arti sebagai kualitas-kualitas emosi yang penting dalam pencapaian suatu keberhasilan. Kualitas tersebut mencakup beberapa indikator diberikut ini, kecuali....
A. mempunyai kemampuan untuk menghargai diri sendiri
B. tenggang rasa yang melibatkan perasaan orang lain
C. kemampuan dalam mengungkapkan dan memahami perasaan
D. bisa mengalokasikan rasa marah
Jawab:
A. Jawaban benar, mempunyai kemampuan untuk menghargai diri sendiri termasuk indikator kecerdasan emosi
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 5 Pentingnya Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-2 Pengembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak yaitu tentang batasan kecerdasan terkait dengan sosial emosional pada anak TK
19. Menurut John Locke, anak ketika dilahirkan diibaratkan mirip kertas putih yang masih kosong. Akan mirip apa bentuk karenanya tergantung pada cara kertas tersebut ditulisi. Arti dari penyataan tersebut yakni bahwa faktor yang paling memilih dalam perkembangan anak adalah....
A. potensi dan kemauan
B. pengalaman dan lingkungan
C. intelektual dan emosional
D. impian individu dan efek orang tua
Jawab:
B. Jawaban benar, faktor yang paling memilih yakni pengalaman dan lingkungan
Pembahasan:
Materi terdapat dalam Modul 5Pentingnya Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-3 Peran pematangan dan berguru pada perkembangan sosial emosional anak
20. Anak usia dini suka sekali melaksanakan suatu kegiatan secara berulang-ulang meskipun beberapa kali ia gagal melakukannya namun ia tak pernah bosan mencoba dan mencoba lagi. Teknik tersebut dalam mendapatkan pengalaman sosial dikenal dengan....
A. imitasi
B. conditioning
C. convergensi
D. trial and error
Jawab:
D. Jawaban benar, cara anak tersebut termasuk dalam trial and error
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 5 Pentingnya Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-3 Peran pematangan dan berguru pada perkembangan sosial emosional anak yaitu cara anak mendapatkan pengalaman sosial
21. Pelaksanaan pendidikan di forum PAUD harus berorientasi pada Developmentally Appropripate Practices (DAP) yang salah satu prinsipnya yakni mengembangkan kemampuan anak secara terpadu sebab ....
A. perkembangan anak berlangsung secara bervariasi
B. tiruana aspek perkembangan anak saling terkait
C. pengalaman pertama anak mempunyai bantuan eksklusif maupun tidak langsung
D. perkembangan anak terjadi dalam urutan yang relatif teratur
Jawab:
B. Jawaban benar, sebab tiruana aspek perkembangan anak saling terkait
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 6 prinsip Pengembangan Sosial Emosional Anak KB 1 Pengembangan Sosial Emosional berdasarkan pada Perkembangan Anak (DAP)khusunya perkebangan sosial emosional anak berdasarkan DAP
22. misal salah satu kegiatan pengembangan yang berdasarkan DAP yakni ”bergiliran”. Kemampuan yang ingin ditingkatkan dalam kegiatan ini yakni anak ....
A. berguru bergabung dalam suatu kelompok kecil dengan sikap positif
B. berguru memdiberi peluang pada orang lain
C. berusaha memecahkan masalahnya melalui diskusi
D. mengembangkan perasaan dan pandangan hingga menghindari perselisihan
Jawab:
B. Jawaban benar, dalam bergiliran, anak berguru memdiberi peluang pada orang lain
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 6 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Anak KB 1 Pengembangan Sosial Emosional berdasarkan pada Perkembangan Anak (DAP) khusunya tentang pola penerapan rambu-rambu dalam pengembangan rancangan DAP
23. Salah satu alasan penting mengapa guru harus menerapkan prinsip holistik dalam kegiatan pengembangan bagi anak usia dini adalah....
A. setiap guru biasanya menangani anak dengan jumlah dan kemampuan yang tidak sama-beda
B. guru mempunyai kemampuan yang bermacam-macam terkait dengan didaktik metodiknya
C. setiap guru mempunyai kemampuan dan pandangan yang tidak sama tentang suatu kegiatan
D. guru harus sanggup menstimulasi setiap serius perkembangan anak sebab terkait antara satu dengan lainnya
Jawab:
D. Benar, guru harus bisa menstimulasi setiap serius perkembangan anak terkait antara satu dengan lainnya ialah alasan penerapan prinsip holistik
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 6 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-2 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Secara Menyeluruh (Holistik)
24. Ketika seorang anak berguru untuk mencoba aneka macam pola sikap dasar kemudian guru mencoba menggali dan meminta anak untuk mengembangkannya lebih luas lagi maka pada ketika itu dalam pengembangan sosial emosional secara holistik sedang diterapkan prinsip....
A. pendidikan sesuai lingkungan fisik, psikologi dan budaya
B. terpenuhinya kebutuhan fisik dan psikologik
C. kegiatan merangsang seluruh indra dan gaya berguru anak
D. menekankan pada berguru untuk belajar
Jawab:
D. Benar, pola tersebut menggambarkan prinsip menekankan pada berguru untuk belajar
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 6 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-2 Prinsip Pengembangan Sosial Emosional Secara Menyeluruh (Holistik)
25. Kegiatan pengembangan yang menerapkan pendekatan berdasarkan ide-ide pokok atau ide-ide sentral tentang anak dan lingkungannya termasuk pengertian pembelajaran ....
A. dengan sistem holistik
B. berbasis tema
C. berbasis perkembangan
D. berbasis budaya dan minat
Jawab:
B. Benar, Kegiatan pengembangan tersebut yakni pembelajaran berbasis tema
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada Modul 7 Teknik Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-1 Pengembangan sosial emosional anak melalui pendekatan terpadu yaitu tentang cara pengembangan sosial emosional anak melalui pendekatan terpadu
26. Jika guru ingin menerapkan tema ”Buah mangga” maka kegiatan yang sanggup dilakukan untuk mengembangkan aspek perkembangan anak diantaranya yakni sebagai diberikut kecuali ....
A. membuat bentuk ”buah mangga” dengan playdough
B. menceritakan tentang manfaat buah mangga
C. menciptakanasinan buah mangga
D. praktik eksklusif makan buah mangga
Jawab:
C. Benar, membuat asinan dari buah mangga termasuk kegiatan yang tidak perlu diajarkan pada anak usia dini
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 7 Teknik Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-1 Pengembangan social emosional anak melalui pendekatan terpadu tentang pola penerapan pembelajaran berbasis tema
27. Kegiatan pengembangan sosial emosional yang dilakukan setiap hari baik secara eksklusif maupun diintegrasikan dalam kegiatan pengembangan lainnya termasuk dalam pengembangan yang dilakukan melalui kegiatan ....
A. rutin
B. spontan
C. terprogram
D. keteladanan
Jawab:
A. Benar, kegiatan pengembangan yang dilakukan setiap hari termasuk dalam kegiatan rutin
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 7 Teknik Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-2 Pengembangan social emosional melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan dan keteladanan
28. Anak-anak kelompok A Taman Kanak-kanak Budaya sedang bermain menirukan gerakan binatang dambil bernyanyi di dalam kelasdipimpin oleh Ibu Dewi. Tiba-tiba hujan turun dan beberapa anak berlarian ke jendela untuk melihatnya. Memperhatikan hal tersebut, Ibu Dewi eksklusif mengajak tiruana bawah umur untuk ke jendela dan mengambarkan bertanya balasan tentang hujan. Kejadian tersebut termasuk pola pelaksanaan kegiatan melalui kegiatan ....
A. rutin
B. spontan
C. terprogram
D. keteladanan
Jawab:
B. Benar, kegiatan tersebut ialah pola kegiatan spontan
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 7 Teknik Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak KB-2 Pengembangan social emosional melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan dan keteladanan
29. Salah satu hal yang harus diperhatikan anak dalam upaya pengembangan emosi yang sehat yakni ia harus berguru menjadi pemimpin, menjadi anggota dan cara berguru mengembangkan dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam kebutuhan untuk....
A. memperoleh peluang untuk mandiri, membuat keputusan dan mencoba lagi bila gagal
B. mempunyai rasa kondusif dalam menjalin kekerabatan dengan orang lain
C. mempunyai kepercayaan pada dirinya sendiri
D. mendapatkn rasa cinta dan kasih akung dari orang-orang di sekitarnya
Jawab:
A. Benar, hal itu termasuk kebutuhan memperoleh peluang untuk mandiri, membuat keputusan dan mencoba lagi bila gagal
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Samasukan Pengembangan Emosi di TK
30. Anak usia dini perlu dilatih untuk menunggu giliran atau bersabar guna mendapatkan giliran. Ilustrasi ini dalam bahan pengembangan emosi anak usia dini termasuk dalam bahan ....
A. impian dan masa depan
B. cinta dan kasih akung
C. pengendaian emosi
D. penanaman emosi
Jawab:
C. Benar, menunggu giliran atau bersabar guna mendapatkan giliran termasuk bahan pengendalian emosi
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Samasukan Pengembangan Emosi di TK
31. Ibu Linda sering mengadakan kegiatan yang memungkinkan anak bekerja dalam kelompok. Kegiatan ini bertujuan biar anak sanggup bekerja sama dan mengenal kawan-kawannya. Kegiatan yang dilakukan Ibu Linda termasuk dalam seni administrasi untuk mengembangkan kemampuan ....
A. mengenali emosi
B. memahami perasaan orang lain
C. mengelola dan mengekspresikan emosi
D. membina kekerabatan dengan orang lain
Jawab:
D. Benar, kegiatan tersebut termasuk seni administrasi mengembangkan kemampuan membina kekerabatan dengan orang lain
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada Modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-1 Samasukan Pengembangan Emosi di TK
32. Untuk melatih kemampuan anak dalam mengenali emosinya sendiri dan untuk menenangkan diri dengan memakai musik dengan aneka macam genre. Kegiatan ini sanggup dilaksanakan dengan menerapkan metode....
A. bernyanyi dan bermain musik
B. bermain dengan hand puppet
C. menceritakan dengan buku
D. tes relaksasi dan meditasi dengan musik
Jawab:
D. Benar, Kegiatan ini sanggup dilaksanakan dengan menerapkan metode tes relaksasi dan meditasi dengan musik
Pembahasan:
Pelajari bahan dalam Modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan Emosi di Taman Kanak-Kanak
33. Hari ini Ibu Susi berencana akan mengajak bawah umur mendengarkan musik lembut sambil berbaring di lantai kelas dengan mata tertutup. Kegiatan ini dilakukan sebagai kegiatan penutup. Ilustrasi itu menggambarkan rancangan kegiatan ....
A. demonstrasi
B. relaksasi
C. menceritakan
D. gerak dan lagu
Jawab:
B. Benar, Ilustrasi tersebut menggambarkan rancangan kegiatan relaksasi
Pembahasan:
Pelajari bahan yang terdapat dalam Modul 8 Strategi Pengembangan Emosi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan Emosi di Taman Kanak-Kanak, yaitu merancang kegiatan pengembangan sosial emosional untuk AUD
34. Samasukan pengembangan keterampilan sosial untuk bayi yang gres lahir yakni memperkuat ikatan ibu dan bayi melalui....
A. interaksi yang penuh perhatian, intensif dan kehangatan
B. penonjolan respon orang bau tanah terhadap sikap bayi
C. tes mencium tangan orang yang lebih tua
D. mendorong anak untuk bermain dengan anak lain
Jawab:
A. Benar, untuk memperkuat ikatan ibu dan bayi sanggup dilakukan melalui interaksi yang penuh perhatian, intensif dan kehangatan
Pembahasan:
Pelajari bahan yang terdapat dalam Modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Samasukan pengembangan social pada anak usia Taman Kanak-Kanak
35. Latihan sosial pada anak harus dimulai dari lingkungan rumah. Orang bau tanah harus sanggup membuat bawah umur nyaman dalam bersosialisasi dengan cara ....
A. menyiapkan bahan keterampilan sosial secara nyata
B. memdiberi latar belakang kehidupan yang kondusif dan penuh cinta
C. mendampingi anak sepanjang waktu
D. merubah tatanan lingkungan rumah secara berkala
Jawab:
B. Benar, memdiberi latar belakang kehidupan yang kondusif dan penuh cinta sanggup membuat anak nyaman bersosialisasi
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Samasukan pengembangan social pada anak usia Taman Kanak-Kanak khususnya tentang prinsip-prinsip tes sosial bagi anak di Taman Kanak-Kanak
36. Orang bau tanah dewi (4 tahun) mempunyai kekmampuan ekonomi yang sangat baik. Mereka tinggal di lingkungan perumahan mewah. Namun akungnya ayah dan ibu Dewi hampir setiap hari bertengkar sebab mereka terlalu lelah bekerja di luar rumah. Hal ini membuat Dewi menjadi minder dan takut bila bertemu dengan orang remaja lainnya. Ilustrasi tersebut menggambarkan betapa pentingnya orang tua....
A. melindungi anak dari orang remaja lain di luar rumah
B. bertengkar di depan anak, biar anak mengetahui dilema yang dihadapi orang tua
C. memdiberi latar belakang kehidupan yang kondusif dan penuh cinta
D. mempunyai rumah glamor dan megah
Jawab:
C. Benar, seharusnya orang bau tanah memdiberi latar belakang kehidupan yang kondusif dan penuh cinta
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-1 Samasukan pengembangan social pada anak usia Taman Kanak-Kanak khususnya seni administrasi pengembangan sosial anak
37. Metode dalam pengembangan keterampilan sosial yang memungkinkan bawah umur usia dini sanggup mengenal dan diberinteraksi dengan mitra sebayanya adala....
A. mengelompokkan anak
B. berguru berbagi
C. bermain soliter
C. keteladanan dan peniruan
Jawab:
A. Benar, melalui pengelompokan, anak sanggup saling mengenal dan diberinteraksi dengan mitra sebayanya
Pembahasan:
Materi terdapat dalam modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan social pada Anak usia Taman Kanak-Kanak
38. Setiap pagi, Ibu Lina menyambut bawah umur di depan gerbang sekolah. Dia selalu menyalami bawah umur dan orang tuanya serta menyambut dengan ramah. bila ada anak yang tidak mau menyalaminya maka Ibu Lina akan menyampaikan ”Nihh... Ibu guru saja salam sama mama engkau, nah engkau juga salam yaaa sama ibu guru...” Ilustrasi tersebut menggambarkan salah satu metode pengembangan sosial anak usia dini yaitu....
A. berguru berbagi
B. pengelompokkan anak
C. bermain kooperatif
D. keteladanan dan peniruan
Jawab:
D. Benar, misal itu termasuk metode keteladanan dan peniruan
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 9 Strategi Pengembangan Sosial pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan sosial pada Anak usia Taman Kanak-Kanak tentang pola penerapannya
39. Batasan pengembangan abjad pada anak usia dini berdasarkan Gordon Vessels dan William Huit yakni diberikut ini, kecuali....
A. pengembangan rasa tanggung jawaban
B. peningkatan kapasistas untuk disiplin
C. akreditasi abjad pribadi dan inspirasi seseorang
D. pembebasan nilai-nilai, tujuan dan etis
Jawab:
D. Benar, pembebasan nilai-nilai, tujuan dan etis termasuk batasan pengembangan abjad pada anak usia dini
Pembahasan:
Materi terdapat dalam modul 10 Strategi Pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB 1 Samasukan pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak khususnya tentang batasan smasukannya
40. Andi selalu mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang lain baik mitra sebaya maupun dengan orang dewasa. Saat ada kawannya yang tidak menjawaban salamnya, Andi menegurnya dan menyampaikan “kenapa engkau tidak menjawaban salamku?”. Perilaku Andai tersebut termasuk salah satu samasukan pengembangan abjad yaitu dalam hal....
A. compassion
B. respect
C. excellence
D. fidelity
Jawab:
B. Benar, respect yakni memperlakukan orang lain sebagaimana ia ingin diperlakukan oleh orang lain
Pembahasan:
Materi soal terdapat dalam modul 10 Strategi Pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak M-1 Samasukan pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak,yaitu pemdiberian pola samasukan pengembangan karakter
41. Dalam memilih metode pengembangan abjad anak usia dini terdapat tahap persiapan yang salah satunya yakni menilai kebutuhan masyarakat perihal....
A. tuntutan dan kebutuhan abjad yang ingin dikembangkan pada anak
B. identifikasi jumlah anak dan keluarga yang sudah berkarakter baik
C. pengalaman berguru yang diperlukan akan didapat anak didik
D. kemampuan yang sudah dimiliki oleh anak didik sebelum mengikuti pendidikan karakter
Jawab:
A. Benar, menilai kebutuhan masyarakat tentang tuntutan dan kebutuhan abjad yang ingin dikembangkan pada anak
Pembahasan:
Pelajari bahan yang terdapat dalam Modul 10 Strategi Pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan abjad pada anak usia Taman Kanak-Kanak tentang langkah-langkah pengembangan karakter
42. Anak-anak kelompok bermain melaksanakan kegiatan menggosok gigi setiap hari Selasa. Hal ini dilakukan untuk melatih bawah umur menjaga kemembersihkanan dan perawatan dirinya sendiri. Ilustrasi tersebut menggambarkan pengembangan abjad dengan tujuan untuk ....
A. dalam mempertimbangkan perasaan orang lain
B. meningkatkan harga diri yang positif dan kebiasaan sehat
C. menghormati binatang dan alam sekitarnya
D. untuk menghindari situasi berbahaya
Jawab:
B. Jawaban benar, ilustrasi itu menggambarkan tujuan untuk: meningkatkan harga diri yang positif dan kebiasaan sehat
Pembahasan:
Pelajari bahan pada modul Modul 10 Strategi Pengembangan Karakter pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak KB-2 Metode pengembangan abjad pada anak usia Taman Kanak-Kanak
43. Afeksi mencakup perasaan kasih saying, kehangatan dan perteman dekatan yang ditunjukkan pada orang lain. Gangguan yang mungkin timbul akhir belum sempurnanya afeksi antara lain sebagai diberikut, kecuali....
A. menyebabkan anak menjadi depresi
B. gagap atau mengalami gangguan berbicara
C. susah serius dan praktis teralih perhatiannya
D. berminat terhadap orang lain dan penurut
Jawab:
D. Benar, berminat terhadap orang lain dan penurut tidak termasuk akhir belum sempurnanya afeksi
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat pada modul 11 Permasalahan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-1 Permasalahan emosi pada anak usia TK
44. Ketika seorang anak tidak bisa bergabung dengan kawan-kawan di lingkungannya atau ia selalu ditolak oleh bawah umur sebayanya maka anak tersebut bekerjsama sedang mengalami permasalahan sosial, yaitu....
A. kreatif
B. negativisme
C. maladjustment
D. egosentris
Jawab:
C. Benar, ciri-ciri tersebut termasuk dalam maladjustment
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 11 Permasalahan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-2 Permasalahan social pada anak Taman Kanak-Kanak
45. Pada ketika kini ini, banyak orang bau tanah yang menginginkan bawah umur mereka menguasai banyak keterampilan atau nilai yang tinggi atau untuk selalu berprestasi sehingga mereka melaksanakan aneka macam upya untuk mewujudkannya. Hal itu menjadi permasalahan dalam pengembangan abjad anak usia dini, yaitu masalah....
A. impian orang tua
B. kemampuan orang tua
C. permasalahan dalam diri orang tua
D. kebijaksanaan orang tua
Jawab:
A. Benar, hal itu termasuk impian orang tua
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul 11 Permasalahan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-3 Permasalahan dalam pengembangan abjad pada anak usia TK
46. Jika orang bau tanah salah menerapkan pola pengasuhan bagi anak-anaknya maka akan berdampak pada ketidakstabilan emosi, yang mencakup hal diberikut ini kecuali ....
A. tidak tahan terhadap stress
B. praktis tersinggung
C. sifat tidak sanggup diprediksi
D. intelektual rendah
Jawab:
D. Benar, intelektual rendah bukan ketidakstabilan emosi
Pembahasan:
Materi modul ini terdapat dalam modul 11 Permasalahan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak KB-3 Permasalahan dalam pengembangan abjad pada anak usia TK
47. Salah satu tujuan mengevaluasi anak usia dini yakni untuk mengetahui apakah anak....
A. lebih baik bila dibandingkan dengan bawah umur lainnya
B. sudah bisa lulus atau naik kelas
C. memerlukan menolongan atau layanan khusus
D. sudah mencapai impian dari guru
Jawab:
C. Benar, memerlukan menolongan atau layanan khusus bukan tujuan mengevaluasi anak usia dini
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 12 Evaluasi Pengembangan Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak KB- 1 Karakteristik Evaluasi Pendidikan di Taman Kanak-Kanak
48. Proses mendokumentasikan kegiatan atau sikap khusus atau yang luar biasa baik posistif maupun negatif yang teramati yang dituangkan berupa catatan ringkas ialah salah satu metode evaluasi, yaitu....
A. ceklis
B. Portofolio
C. catatan guakdot
D. observasi
Jawab:
C. Benar, metode tersebut bukan catatan guakdot
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 12 Evaluasi Pengembangan Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak KB- 2 Teknik Evaluasi Pengembangan Sosial
49. Aktivitas penyesuaian yang sanggup dilakukan dalam pengembangan abjad anak usia dini sanggup diarahkan untuk mencapai 9 pilar abjad yang disampaikan oleh Megawangi, diantaranya sebagai diberikut, kecuali ....
A. cinta Tuhan dan kebenaran
B. tanggung jawaban, kedisiplinan dan kemandirian
C. kasih akung, kepedulian dan kerjasama
D. hormat, konservatif dan rendah diri
Jawab:
D. Benar, hormat, konservatif dan rendah diri tidak termasuk dalam sembilan pilar karakter
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 12 Evaluasi Pengembangan Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak KB- 3 Evaluasi Pengembangan Karakter Anak TK
50. Lisa (3 tahun) tiba-tiba membuka tas milik Desi (3 tahun) tanpa minta izin siempunya tas. Ibu guru menegur Lisa dan Lisa menjawaban bahwa ia membuka tas itu untuk mencari mainan yang kemarin dibawa Desi. Kemudian Ibu guru menyampaikan pad Lisa biar meminta izin doloe sebelum membuka tas milik Desi. Tindakan Ibu Lisa tersebut dilakukan untuk mengevaluasi abjad anak dalam hal....
A. hormat dan sopan santun anak
B. kejujuran anak
C. kedermawanan anak
D. kepercayaan diri anak
Jawab:
B. benar, ilustrasi tersebut ialah pola menilai kejujuran anak
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 12 Evaluasi Pengembangan Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak KB- 3 Evaluasi Pengembangan Karakter Anak TK
Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103
Seperti yang sudah kami sampaikan pada pertama postingan ini, bahwa soal ini juga kami siapkan salam bentuk dokumen PDF yang memungkinkan dan megampangkan Anda selaku Mahasiswa untuk menyimpan yang kemudian nanti bisa di print dan dipelajari dirumah. Nah diberikut ini kami bagikan link untuk Anda download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional lengkap dengan kunci jawabanannya serta pembahasan pada setiap soal.Sudah selayaknya Anda mulai mempelajari soal-soal ini, sebab akan sangat merugikan Anda selaku Mahasiwa bila nilai yang Anda dapatkan tidak memuaskan, bahkan mengharuskan Anda untuk mengulang kembali mata kuliah tersebut. Waktu yang tidak memadai serta kesibukan Mahasiswa akan sangat susah dalam memahami tiruana bahan pada modul, untuk itu dengan mempelajari soal-soal ini setidanya Anda bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi dan mengikuti ujian simpulan semester nantinya.
Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional untuk mahasiswa jrusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini semester 1. Jika Anda mengalami kesusahan dalam menemukan soal yang Anda buruhkan, serta bila ada hal yang ingin Anda tanyakan, tidakboleh sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin untuk membalas pertanyaan Anda. Dan tidakboleh lupa untuk mengembangkan artikel dan merekomendasikan blog soal uas ut ini pada mitra kuliah Anda yang lainnya, sekian dan terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional Beserta Kunci Jawaban"