Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4106 Metode Pengembangan Bahasa Beserta Kunci Jawaban

loading...
Soal ujian UT PGPAUD PAUD4106 Metode Pengembangan Bahasa lengkap dengan kunci jawabanan kembali kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) yang sedang menempuh pendidikan pada semester 2. Pada postingan kami sebelumnya kami juga sudah banyak sekali terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4105 Bahasa Inggris lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya. Menjadi salah satu Mahasiswa di Universitas Terbuka memang perlu pembelajaran materi secara mandiri, hal ini yang mana kita tahu bahwa tak tiruana Mahasiswa yang bisa mengikuti tutorial secara pribadi tatap muka. Ada mahasiswa yang spesialuntuk mengikuti tutorial spesialuntuk delapan kali pertemuan selama 1 semester ada juga yang mengikuti secara online. Hal inilah yang menjadi polemik di Mahasiswa, keterbatasan waktu dan banyaknya mata kuliah yang diujiankan mengharuskan mahasiswa mencar ilmu giat. Namun tentu waktu yang dimiliki tak akan bisa meliputi beberapa aspek tiruana mata kuliah.

Untuk itu kami disini mencoba banyak sekali seputar soal ujian UT yang kami ambil dari materi pada modul dan tes-tes yang sudah kami lengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal. Kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanan, jadi Anda selaku Mahasiswa bisa mempelajari soal secara online. Dan kami juga menyiapkan soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa Anda unduh pada final postingan kami. Soal ujian UT PGPAUD semester 2 ini tentu akan sangat memmenolong Anda selaku Mahasiswa dalam memahami materi pada modul secara cepat dengan mempelajari soal dan mengingat jawabanan soal yang ada.

Soal Ujian UT PGPAUD Semester 2 lainnya:
  1. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4105 Bahasa Inggris
  2. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4106 Metode Pengembangan Bahasa
  3. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4107 Dasar-dasar Pendidikan TK
  4. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4108 Strategi Kegiatan Pengembangan di TK
  5. Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4004 Teori Belajar dan Pembelajaran

Soal-soal UT PGPAUD Semester 2 yang kami posting ini tentu akan sangat memmenolong Anda dalam memahami setiap materi pada modul. melaluiataubersamaini mempelajari soal-soal yang sudah ada kunci jawabanan dan pembahasan soal untuk Anda yakinkan lagi kebenaran jawabanannya pada modul akan sangat memmenolong Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian final semester nantinya.

 Metode Pengembangan Bahasa lengkap dengan kunci jawabanan Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4106 Metode Pengembangan Bahasa Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4106 Metode Pengembangan Bahasa Beserta Kunci Jawaban

Pada umumnya tiruana soal yang akan keluar pada waktu ujian final semester nantinya baik itu mahasiswa pendas maupun non pendas tak akan lepas dari materi yang ada pada modul. Makara kemungkinan akan keluarnya soal-soal yang sama yang Anda pelajari pada soal ini. Untuk melihat tiruana soal terkait mahasiswa UT jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) untuk tiruana semester dari semester 1 hingga semester 9, Anda bisa pribadi menuju ke artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD.

Berikut ini kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sedang menempuh pendidikan pada semester 2 terkait Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4106 Metode Pengembangan Bahasa lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4106

1. Bahasa insan tidak sama dengan isyarat hewan. Pada manusia, bahasa ialah suatu sistem simbol untuk berkomunikasi dengan orang lain. melaluiataubersamaini demikian bahasa pada insan ialah ...
A. bahasa isyarat
B. upaya kreatif yang tidak pernah berhenti
C. fenomena
D. manipulasi simbol-simbol
Jawab:
B. Benar, mengingat insan mempunyai kemampuan untuk menyebarkan daya pikirnya
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini Anda silakan baca Modul 1 KB.1

2. Tedapat aliran yang mengartikan bahasa sebagai suatu perjanjian yang sifatnya disengaja antara manusia. Aliran yang dimaksud yakni aliran berdasarkan ...
A. Sofisme
B. Stoijin
C. Plato
D. Aristoteles
Jawab:
A. Benar, bahwa aliran Sofisme mengartikan bahasa sebagai suatu perjanjian yang sifatnya disengaja antara manusia
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan baca Modul 1 KB. 1

3. Salah asatu karakteristik bahasa yakni korelasi antara banyak sekali macam bunyi dan visual, objek, maupun gagasan. Hal tersebut termasuk karakteristik bahasa ...
A. sistematis
B. fleksibel
C. beragam
D. arbitier
Jawab:
D. Benar, sebab salah satu karakterisitk bahasa yang terkait dengan bunyi dan visual, objek, paupun gagasan yakni arditier
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca 1 KB. 2

4. Dalam komunikasi diharapkan bahasa yang bersifat dimengerti atau diterima. Istilah lain terkait peristilahan tersebut yakni ...
A. ekspresif
B. reseptif
C. sosialisasi
D. berbicara
Jawab:
B. Benar, sebab reseptif yakni kemampuan mendengarkan dan membaca suatu informasi
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 1 KB. 2

5. Dalam penerapan bahasa dimaksudkan untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dan mempelajari seluk beluk lingkungannya. Pernyataan tersebut yakni referensi yang termasuk fungsi bahasa ...
A. instrumental
B. regulatif
C. heuristik
D. personal
Jawab:
C. Benar, sebab fungsi ini melibatkan penerapan bahasa untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dan mempelajari seluk beluk lingkungannya
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 1 KB. 3

6. Menurut teori behavioristik bahwa anak dilahirkan tanpa membawa kemampuan apapun, sementara mahir nativis menyampaikan individu dilahirkan dengan alat penguasaan bahasa (Language Acquisition Device). Tokoh nativis tersebut adalah...
A. Chomsky
B. Howe
C. Marantos
D. Miller
Jawab:
A. Benar, sebab Chomsky termasuk yang menemukan model acara penguasan bahasa
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Anda Baca Modul 2 KB. 1

7. Berikut yakni referensi penerapan teori behavioristik” saya makan susu” kata si anak. Sang ibu tidak mendapatkan kalimat tersebut walaupun secara tata bahasa sudah benar. Umumnya Sang ibu mendapatkan kalimat dari anak walaupun tata bahasanya tidak benar tetapi maksudnya benar, yakni ...
A. Bu, itu bangunan apa? Jawaban ibu,suatu dikala kalau engkau sudah besar engkau bisa mencar ilmu di sana
B. Bu, Ani berangkat sekolah doloe yA. ..
C. Sekarang saya sudah sekolah dan banyak kawannya
D. Di sekolah banyak daerah permainan
Jawab:
A. Benar, walaupun susunan kalimatnya tidak sesuai dengan tata bahasa, namun makna kalimat cukup jelas
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 2 KB. 1

8. Anak dilahirkan dengan kecenderungan untuk berperan aktif terhadap lingkungannya, dalam memproses informasi, dan dalam penyimpulan wacana struktur bahasa. Hal tersebut kajian dari teori ...
A. nativistik
B. behavioristik
C. kognitif
D. prakmatik
Jawab:
C. Benar, sebab an teori ini menekankan bahwa anak mempunyai kecenderung berperan aktif terhadap lingkungannya
Pembahasan:
Untuk menjawaban menjawaban pertanyaan ini silakan Anda Baca Modul 2 KB. 2

9. Berikut yakni referensi penerapan teori Pragmatik sebagaimana diungkapkan Halliday dalam Bromley (1995) wacana bahasa pertama anak melalui bahasa personal
A. Saya senang bermain denganmu
B. Seandainya saya memilki mainan sepertimu
C. Berikan pada saya mainanmu
D. Ajaklah saya bermain denganmu
Jawab:
A. Benar, sebab bahasa personal ditandai dengan kata saya senang ...
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini ssilakan Anda Baca Modul 2 KB. 2

10. Berikut referensi penerapan teori Interaksionis dalam bentuk kalimat ...
A. Seandainya saya memilki mainan sepertimu
B. Saya ingin memdiberitahukanmu wacana mitra baruku
C. Ajaklah saya bermain denganmu
D. Berikan pada saya mainanmu
Jawab:
B. Benar, sebab bahasa interaksionis ditandai dengan kata saya ingin ...
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Baca Modul 2 KB. 2

11. Whole Language yakni sebuah sistem yang alamiah wacana pembelajaran dan bagaimana percepatannya di dalam kelas dan sekolah. Pernyataan ini dikemukakan oleh :
A. Eisele
B. Kruhm
C. Richard
D. Weaver
Jawab:
D. Benar, sebab Weaver sebuah sistem yang alamiah wacana pembelajaran dan bagaimana percepatannya di dalam kelas dan sekolah
Pembahasan:
Untuk menjawaban ini silakan Anda Baca Modul 3 Kb. 1

12. Whole Language berprinsip bahwa anak diharapkan bekerja dan mencar ilmu sesuai dengan level perkembangan yang sesuai dengan dirinya. Prinsip tersebut lebih sempurna disebut .... masyarakat; Ilmu Politik mempelajari Negara-negara itu melaksanakan tugas-tugasnya, pendapat tersebut dikemukakan....
A. Demonstration
B. Expectation
C. Responsibility
D. Employment
Jawab:
B. Benar, sebab prinsip Expectation menganggap bahwa anak diharapkan bekerja dan mencar ilmu sesuai dengan level perkembangan yang sesuai dengan dirinya
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Baca Modul 3 KB. 1

13. Kelas whole languageadalah kelas yang sibuk sebab dipenuhi dengan banyak buku-buku dan kegiatan yang penuh keaksaraan. Berikut yakni beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalammenata pusat kegiatan, kecuali ....
A. menata pusat biar menerima pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup
B. memperjelas pola kemudian lintas jalan untuk keluar masuk sentra
C. menata pusat seaman mungkin untuk anak
D. menata pusat biar nyaman dengan memakai akomodasi sekolah menyerupai AC
Jawab:
C. Benar, sebab ialah persyaratan yang perlu diperhatikan
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 3 KB. 2

14. Dalam guru membacakan sebuah dongeng dengan memakai bunyi keras dan intonasi yang baik sehingga belum dewasa sanggup tertarik dari isi dongeng yang disampaikan guru tersebut. misal ini termasuk dalam ...
A. reading aloud
B. journal writing
C. sustained silent reading
D. guided reading
Jawab:
A. Benar, sebab guru membacakan sebuah dongeng dengan memakai bunyi keras dan intonasi yang baik
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Baca Modul 3 KB. 2

15. Kemampuanmenyimak ialah salah satu keterampilan berbahasa reseptif yang melibatkan beberapa faktor sebagai diberikut, kecuali :
A. penyimak
B. situasi
C. pembicara
D. kapasitas
Jawab:
C. Benar, sebab pembeicara juga berperan penting terhadap kegiatan menyimak pada anak
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Anda Baca Modul 4 KB. 1

16. Menurut Jalongo (2007) wacana kemampuan anak dalam mendengar mengalami perkembangan
A. infant, mulai mengeluarkan bunyi bergumam
B. usia satu hingga dua tahun, mulai mengenal namanya sendiri
C. usia 3-4 tahun, mengingat permainan jari
D. usia 5-6 tahun , anak sering menyampaikan “apa?” atau “hah?”
Jawab:
D. Benar, sebab memang demikian berdasarkan Jalango (2007)
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 4 KB. 1

17. Jika anak mulai mencar ilmu bahasa gila yang dimulai dari cara pengucapan fonem, kata, dan kalimat sebelum beliau sanggup mengucapkan kata dan menggunakanya dalam berbicara, yakni fungsi
A. menjadi dasar mencar ilmu bahasa
B. menjadi dasar pengembangan kemampuan bahasa tulis
C. menunjang keterampilan berbahasa lainya
D. memperlancar komunikasi lisan
Jawab:
A. Benar, sebab sesuai dengan fungsinya
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Anda Baca Modul 4 KB. 2

18. Tarigan mengemukakan ada sejumlah tujuan orang menyimakuntuk .... kecuali:
A. belajar
B. mengapresiasi
C. menghibur diri
D. mengisi waktu luang
Jawab:
C. Benar, sebab dengan menyimak anak akan senang dan gembira
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Baca Modul 4 KB. 2

19. Dalam perkembangan berbicara anak dipengaruhi oleh faktor neurologi, kecuali
A. perkembangan kognitif
B. taktik memproses informasi
C. kemampuan output motor
D. kemampuan sensorik
Jawab:
C. Benar, sebab kemampuan output motor termasuk faktor neurologi yaitu koordinasi yang baik antara pergerakan ekspresi dan lidah
Pembahasan:
Untuk menjwab soal ini silakan Anda Baca Modul 5 KB. 1

20. Potensi anak berbicara didukung oleh beberapa hal serbagai diberikut, kecuali
A. kesiapan berbicara
B. peluang latihan
C. pengalaman
D. otivasi untuk mencar ilmu dan latihan
Jawab:
D. Benar, hal ini sangat penting sehingga orang renta hendaknya selalu berusaha biar motivasi anak untuk berbicara tidakboleh terganggu atau tidak menerima pengarahan
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 5 KB. 1

21. Menurut Bromley(1992) menyatakan terdapat perbedaan kecepatan dalam berbahasa pada anak, namun komponen dalam bahasa tidak berubah. Komponen tersebut adalah...
A. perkembangan fonologi
B. perkembangan morfologi
C. perkembangan fisik
D. semantik
Jawab:
D. Benar, sebab simatik termasuk komponen dalam bahasa yang terkait dengan kemampuan anak membedakan banyak sekali arti kata
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Baca Modul 5 KB. 2

22. Tahap perkembangan bahasa berbicara anak terbagi dalam dua periode besar yakni periode prelinguistik (0-1tahun) dan periode linguistik (1-5tahun). Pada periode linguistik terbagi dalam tiga fase besar. Sesudah Anda analisis satu persatu dari alternatif jawabanan, tentukan yang bukan termasuk dalam fase linguistik yakni fase ...
A. satu kata
B. dua lebih dari satu kata
C. tiga lebih dari satu kata
D. diferensiasi
Jawab:
D. Benar, sebab dalam fase ini berbicara anak mulai lancar dengan memakai tiga kata lebih (kosakata) bahkan sudah bisa mempergunakan kata ganti orang “aku” untuk menyebut dirinya, memakai kata dalam bentuk jamak, pertamaan, akhiran, dan berkomunikasi dengan lancar dengan lingkungan
Pembahasan:
Untuk menjawaban ini silakan Anda Baca Modul 5 KB. 2

23. Menurut Vygotsky (1986) terdapat tiga tahap perkembangan bicara anak yang berafiliasi bersahabat dengan perkembangan berpikir anak, kecuali tahap ....
A. eksternal
B. egosentris
C. berbicara internal
D. verbal
Jawab:
C. Benar, sebab tatkala dalam proses berpikir, anak sudah mempunyai penghayatan sepenuhnya
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 5 KB. 2

24. Dalam memdiberi pengalaman menulis pada anak didik, kiprah guru hendaknyA. ... kecuali
A. menyediakan materi dan peluang bagi anak untuk menulis sendiri
B. menyediakan masukana dan pramasukana sehingga anak tidak terbengkalai dalam menulis
C. memperhatikan karaktristik, kebutuhan, dan minat anak
D. perencanaan untuk pengalaman menulis yang beragam
Jawab:
B. Benar, sebab yang berkewajiban menyediakan masukana dan pramasukana mencar ilmu yakni pihak sekolah bersama komite sekolah dan bukan guru
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 6 KB. 1

25. Menurut Brewer ( terdapat empat tahapan dalam kemampuan menulis pada anak, sebagai diberikut. Pilih satu yang bukan tahapan menururut Brewer yakni tahap ...
A. mencoret atau membuat tabrakan (Scribble stage)
B. pengulangan linear (Linear Repetitive stage)
C. menulis nama (Letter Name Writing or Phonetic Writing)
D. menulis dengan menghasilkan huruf (Writing via Reproducting well-learned stage)
Jawab:
D. Benar, sebab tahap ini yakni tahap keempat dari enam tahap kemampuan menulis pada anak berdasarkan Morrow (1993)
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 6 KB. 2

26. Menurut Jolongo (2007) perkembangan menulis yang saling berkaitan dengan menggambar dalam tahap pertama disebut tidak ada huruf-huruf yang sanggup dikenal. Dalam tahap ini lebih menyampaikan konsep komunikasi melalui simbol, yakni... kecuali
A. random scribbling
B. controlled scribbing
C. name of scribbing
D. modeling scribbing
Jawab:
D. Jolongo tidak menuliskan perkembangan menulis melalui simbol modeling scribbing, jawabanan ini spesialuntuk pengecoh belaka
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 6 KB. 2

27. Terdapat sejumlah alasan guru untuk menumbuhkan cinta membaca pada anak. Pilih satu yang bukan alasan berdasarkan Leonard (1999:27) yakni ...
A. anak yang senang membaca akan membaca dengan baik dan sebagian waktunya dipakai untuk membaca
B. membaca akan mempersembahkan wawasan yang lebih luas dalam segala hal dan membuat mencar ilmu lebih gampang
C. membaca sanggup memmenolong belum dewasa untuk mempunyai rasa kasih akung
D. membaca untuk melepaskan diri dari kenyataan
Jawab:
D. Benar, sebab ini termasuk tujuan membaca , ketika yang dibaca itu dongeng yang duka atau membuat putus asa, maka si anak akan mencari jalan yang terbaik dari dongeng tersebut
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Baca Modul 7 KB. 1

28. Hasil penelitian Grifin dkk (1998) menyatakan sekolah yang mengajarkan keterampilan pra membaca di Taman Kanak-kanak berdampak positif terhdapa anak ketika memasuki sekolah dasar. Pilih satu jawabanan yang tidak termasuk pernyataan hasil penelitian Grifin tersebut yakni kemampuan ...
A. membedakan auditorial
B. diskriminasi visual
C. memainkan komputer
D. bahasa lisan
Jawab:
C. Benar, sebab lantaran komputer belum tentu dimiliki setiap anak
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Anda Baca Modul 7 KB. 1

29. Kemampuan membaca menyerupai juga kemampuan menulis ialah kegiatan yang komplek, artinya banyak faktor yang mempengaruhinya menyerupai faktor motivasi, lingkungan , keluarga dan guru. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ...
A. Anderson
B. Tampubolon
C. Grifin
D. Leonhardt
Jawab:
A Benar, sebab ia menyatakan hal tersebut secara luas dan mendalam uraiannya terdapat pada halaman 7.11 dan seterusnya< Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Baca Modul 7 KB. 1

30. Ketika anak diperkenalkan dengan buku dan ia mulai tumbuh kesadaran akan goresan pena dalam buku, menemukan kata yang pernah ditemuai sebelumnya, dan mengungkapkan kata-kata yang bermakna terkait dengan dirinya serta mengenal goresan pena kata-kata pusisi, lagu dan sudah mengenal abjaD. Pernyataan ini yakni salah satu referensi tahapan dalam perkembangan membaca berdasarkan Cochrgua Efal yakni tahap ...
A. fantasi
B. pembentukan konsep diri
C. membaca gambar
D. membaca lancar
Jawab:
C. Benar, sebab ciri khas pada tahap ini sesuai dengan pernyataan di atas
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 7 KB. 2

31. Literatur belum dewasa yakni pembelajaran yang baik untuk anak sebab akan merangsang daya pikir dan imajinasi dengan baik.Manfaat buku bagi anak akan menggabungkan beberapa kualitas sebagai diberikut, kecuali
A. memperpanjang pengalaman
B. sediakan menolongan bahasa
C. sediakan dana secukupnya
D. sediakan pemberian untuk pembaca
Jawab:
C. Benar, sebab dana tidak termasuk manfaat literatur bagi anak
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Anda Baca Modul 8 KB. 1

32. Bahan pustaka atau literatur begitu banyak jenis dan ragamnya yang ketiruananya bertujuan mendukung pengembangan bahasa atau pengetahuan anak. Berikut yakni jenis karya cetak atau karya grafis sebagai diberikut, kecuali :
A. majalah
B. pienteng hitam
C. surat kabar
D. laporan
Jawab:
B. Benar, sebab pienteng hitam termasuk karya non cetak atau karya rekam
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Anda Baca Modul 8 KB. 2

33. Banyak para mahir yang mengklasifikasikan literatur berdasarkan usia anak. Berikut yakni referensi buku yang sempurna sesuai dengan anak yang berusia 2- 4 tahun, yakni buku yang ...
A. berwarna warni
B. mempunyai dongeng yang sederhana dengan dengan final yang sangat bahagia
C. mempunyai imajinasi, fantasi, lawakan, dongeng dan buku yang meliputi informasi
D. mempunyai fantasi tinggi, memecahkan problem dan mengidentifikasi karakter
Jawab:
B. Benar, sebab usia ini belum sanggup dituntut memilki imajinasi tinggi tetapi sudah tidak lagi buku-buku yang warna warni
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Anda Baca Modul 8 KB. 2

34. Peranan literatur dalam pengembangan bahasa bagi anak yakni sebagai diberikut, kecuali ...
A. memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca pada anak
B. memperluas pengetahuan anak
C. mempersembahkan dasar-dasar ke arah mencar ilmu secara mandiri
D. mendorong dan menyebarkan potensi diri yang mempunyai egoisme tinggi
Jawab:
D. Benar, sebab egoisme tinggi tidak diharapkan dalam pengembangan diri anak
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 8 KB. 3

35. Berikut yakni beberapa tips untuk menyebarkan bahasa anak khususnya membentuk kebiasaan membaca anak dan cinta buku, kecuali :
A. bawa anak ke toko buku yang populer dan terlengkap koleksi bukunya
B. membaca dan berbicara wacana buku-buku dengan cinta dan kasih akung
C. pastikan bahwa di kelas ada cukup buku untuk tiruana anak
D. buat suasana yang sangat senang untuk membaca
Jawab:
A. Benar, sebab anak diajak ke toko buku tidak mesti yang populer dan terlengkap koleksi bukunya, sebaiknya toko buku mana saja
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 8 KB. 3

36. Teknik mengenalkan buku bacaan bagi anak biar anak mempunyai sifat cinta buku diharapkan suatu proses yang harus ditempuh yakni pembangkitan minat, kekerabatan makna, dan refleksi. Pada tahap pembangkitan diharapkan anak secara aktif terlibat dalam mengingingat apa yang anak tahu wacana topik. Selanjutnya tahap kekerabatan makna, dalam fase ini anak akan hadir ke dalam ide-ide gres dari teks dalam buku, serta tahap terakhir yakni tahap refleksi. Inti dari fase ini yakni ...
A. anak diharapkan untuk mengungkapkan dalam kata-kata sendiri ide-ide yang mereka temui
B. anak didorong untuk mulai berpikir wacana topik dan mereka akan mengeksplorasi secara rinci
C. memperkenalkan judul dan penulis dari teks dan ilustrasi
D. melihat gambaran dan memprediksi konten sesuai dengan ilustrasi
Jawab:
A. Benar, sebab anak bisa mengungkapkan dengan kata-kata sendiri dari ide-ide yang mereka temui yakni inti dari fase refleksi
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Ansa Baca Modul 8 KB. 3

37. Permainan mendengarkan berkaitan dengan ...
A. benda
B. warna warni
C. bunyi-bunyian
D. tulisan
Jawab:
C. Benar, sebab mendengarkan bersahabat kaitannya dengan bunyi-bunyian
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan AndaBaca Modul 9 KB. 1

38. Media visual yang sering dipakai yakni televisi. Tidak diragukan lagi bahwa televisi sanggup memmenolong memperkaya perbendaharaan kata-kata atau bahasa AUD. Untuk memanfaatkan televisi tersebut langkah yang harus dilakukan guru yakni ... kecuali :
A. mendampingi ketika menonton tayangan
B. memdiberi klarifikasi dengan bahasa yang simpel dipahami anak
C. memdiberi peluang kepada anak untuk bertanya seluas luasnya
D. mengajukan pertanyaan terkait dengan tayangan televisi tersebut
Jawab:
C. Benar, sebab ada kata seluas-luasnya mengandung arti ke luar dari kontek tayangan televisi
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Modul 9 KB. 2

39. Berikut yakni peranan menyimak, kecuali ...
A. memperlancar komunikasi lisan
B. meningkatkan keterampilan berbahasa
C. landasan mencar ilmu bahasa
D. memdiberitahukan sesuatu informasi
Jawab:
A. Benar, sebab memperlancar komunikasi bukan ialah peranan menyimak melainkan berbicara
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 10 KB. 1

40. Berikut yakni referensi yang sanggup dilakukan guru untuk memmenolong siswa mempunyai kemampuan mendengar yang dikaitkan dengan proses pemebalajaran, kecuali :
A. memainkan beberapa musik yang diminati
B. memakai lagu-lagu meliputi cerita
C. saya menceritakan, engkau mengerjakan, tes untuk bekerja sama, yang satu sebut yang lain mengerjakan
D. simak - kerjakan
Jawab:
D. Benar, sebab simak kerjakan bukan contoh
Pembahasan:
Untuk menjaweabsoali ini silakan Anda Baca Modul 10 KB. 1

41. Berbagai taktik sanggup dipakai guru untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak biar anak menjadi pendengar aktif, kecuali
A. mempertahankan kontak mata
B. memakai bahasa verbal
C. menangkap pengertian
D. mengolah pesan
Jawab:
D. Benar, sebab mengolah pesan bukanlah taktik bagi guru
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Anda Baca Modul 10 KB. 1

42. Berikut referensi sejumlah metode yang sanggup dipakai untuk menyebarkan kemampuan menyimak . Pilihlah satu metode yang tidak sesuai untuk menyebarkan kemampuanmenyimak pada anak, yakni ...
A. simak - ulang ucap
B. simak – kerjakan
C. simak – terka
D. simak - gambar
Jawab:
D. Benar, sebab penerapan metode ini tidak lazim mengingat anak usia dina belum pintar menggambar, kecuali sengaja guru mengajak menggambar pada anak dan tidak melalui menyimak
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Anda Baca Modul 10 KB. 1

43. Menurut Hurlock terdapat sejumlah kriteria untuk mengukur tingkat kemampuan berbicara anak usia dini sehingga sanggup diketahui apakah anak bicara secara benar atau spesialuntuk sekedar ‘membeo’, kecuali anak ...
A. bisa melafalkan kata-kata yang sanggup dipahami orang lain dengan gampang
B. mengetahui arti kata yang dipakai dan bisa menghubungkannya dengan objek yang diwakilinya
C. memahami kata-kata tersebut bukan sebab sudah sering mendengar atau menduga-duga
D. bisa mengucap ulang kata-kata yang diucapkan orang cukup umur tanpa ada kesalahan
Jawab:
D. Benar, sebab rasanya terlalu berlebihan bila anak usia dini mengucap ulang kata-kata orang cukup umur tanpa ada kesalahan
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 10 KB. 2

44. Kemampuan berbicara berafiliasi dengan fonologi, morfologi, sintaksis, dan menyimak. Anak berbicara sangat bersahabat kaitannya dengan acara menfdengarkan bunyi-bunyi, termasuk mendengarkan orang bicarA. Terdapat unsur-unsur kemampuan berbicara pada anak, pilih satu yang bukan ialah unsur kemampuan bicara anak.
A. perkembangan kosa kata
B. ekspresi
C. lafal ucapan
D. intonasi suara
Jawab:
D. Benar, sebab intonasi tidak terkait dengan unsur kemampuan berbicara anak
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 10KB. 2

45. Sebelum mengajarkan membaca pada anak, dasar-dasar kemampuan membaca atau kemampuan kesiapan membaca perlu dikuasai oleh anak. Kemampuan kesiapan yang dimaksud yakni sebagai diberikut, kecuali kemampuan ...
A. penghafal karakter atau huruf
B. diskriminasi visual
C. bahasa lisan
D. membedakan auditorial
Jawab:
A. Benar, sebab menghafal karakter atau huruf bukan ialah salah satu kemampuan persiapan membaca anak
Pembahasan:
Untuk menjawabansoal ini silakan Anda Baca Modul 11 KB. 1

46. Berikut yakni sejumlah referensi taktik dalam membaca permulaan yang sanggup dilakukan guru pada forum PAUD yakni dengan menerapkan konsep DAP atau Developmentally Aproppriate Practice, kecuali
A. mengeksplorasi buku
B. memperbanyak akomodasi pembelajaran
C. memahami urutan
D. mengenali kata-kata yakni simbol
Jawab:
B. Benar, sebab dengan memperbanyak akomodasi pembelajaran bukan salah satu kriteria DAP dan informasi
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 11 KB. 1

47. Perkembangan menulis berkaitan dengan menggambar. Para mahir menyatakan menggambar sebagai cuilan dari menulis terutama pada dikala pertama. Pada dikala itu anak lebih cenderung mencoret-coret baik itu dalam bentuk goresan pena atau gambar. Kaitan antara menggambar dan menulis antara lain sebagai diberikut. Anda sanggup menganalisa keterkaitan menggambar dengan menulis melalui alternatif jawabanan, dan pilih satu yang alternatif jawabanan yang tidak menyampaikan keterkaitan antara menggambar dan menulis yakni ....
A. menulis dan menggambar keduanya memerlukan keahlian motorik
B. peningkatan prestasi mencar ilmu terbaik
C. menulis dan menggambar sesuai dengan perkembangan anak
D. menulis dan menggambar ialah persyaratan utama anak memasuki dunia pendidikan
Jawab:
D. Benar, sebab walaupun menulis dan menggambar sangat diharapkan untuk memasuki dunia pendidikan, tetapi bukan ialah kaitan antara menulis dan menggambar
Pembahasan:
Untuk menjwab soal ini silakan Anda Baca Modul 11 KB. 2

48. Untuk sanggup melaksanakan asesmen perkembangan bahasa anak usia dini diharapkan pemahaman yang lebih spesifik terhadap indikator pencapaian perkembangan bahasa yakni anak usiA. ..
A. empat bulan belum memdiberi reaksi terhadap suara
B. satu tahun sudah bisa sebut kata tunggal
C. 18 hingga 24 bulan sudah mempunyai kosakata hingga 100 kata termasuk nama dan mainan
D. dua tahun sudah bisa mengerti hingga 13.000 kata
Jawab:
C. Benar, sebab lantaran anak berusia 18 – 24 bulan mempunyai salah satu ciri menyerupai pada butir C (lihat halaman 12.10)
Pembahasan:
Untuk menjwab soal ini silakan Anda Baca Modul 12 KB. 1

49. Salah satu keberhasilan dalam proses asesmen perkembangan anak yakni ketepatan guru dalam membuat isntrumen perkembangan anak. Berikut referensi langkah-langkah yang harus diperhatikan guru dikala menyusun instrumen, kecuali ....
A. mengidentifikasi variabel
B. menganalis teori
C. menyusun definisi operasional
D. menyusun laporan hasil asesmen
Jawab:
D. Benar, sebab menyusun laporan bukan termasuk dalam langkah-langkah penyusunan instrumen perkembangan anak
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 12 KB. 2

50. Pengumpulan data instrumen perkembangan anak dengan metode observasi sebab anak berkembangan sangat pesat sehingga lebih menekankan pada proses yang tidak sanggup dilepaskan dengan pemilihan metode. Berikut beberapa metode yang dipakai dalam metode observasi, kecuali
A. metode daftar nama dipakai untuk pencatatan menyesuaikan kegiatan rutin, menjaga diri, perkembangan fisik dan tahap perkembangan sosial
B. jurnal refleksi dipakai untuk mencatat ekspresi dan emosi, berpikir, pertanyaan dan ujian pribadi
C. cacatan guakdot dipakai untuk mencatat frekuensi kejadian, penerapan dan pemilihan kegiatan
D. cek list dipakai untuk mencatat kemampuan menjaga diri, perkembangan fisik dan perkembangan non fisik
Jawab:
C. Benar, sebab catatan guakdot bukan untuk mencatat pada butir C sebab aktifitas butir C sebaiknya memakai metode perhitungan frekuensi (lihat hal 12.18 – 12.22)
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini silakan Anda Baca Modul 12 KB. 2

Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4106

Seperti yang sudah kami sampaikan pada pertama postingan ini, bahwa soal ini juga kami siapkan salam bentuk dokumen PDF yang memungkinkan dan megampangkan Anda selaku Mahasiswa untuk menyimpan yang kemudian nanti bisa di print dan dipelajari dirumah. Nah diberikut ini kami bagikan link untuk Anda download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4106 Metode Pengembangan Bahasa lengkap dengan kunci jawabanannya serta pembahasan pada setiap soal.


Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk pribadi menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian final semester nantinya.

Sekian artikel terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4106 Metode Pengembangan Bahasa, semoga soal yang kami bagikan ini bisa berkhasiat dan bermanfaa untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian final semester nantinya, tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada kawan-kawan Anda lainnya, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4106 Metode Pengembangan Bahasa Beserta Kunci Jawaban"

Back To Top