loading...
Soal ujian UT PGSD MKDK4001 Pengantar Pendidikan beserta kunci jawabanan dan pembahasan soal kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) jurusan S1 Pendidikan Guru SD (PGSD) yang kini ini sedang menempuh pendidikan pada semester 6. Pada postingan kami sebelumnya kami sudah menyebarkan Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya. Soal Ujian UT Pendas yang kami bagikan ini ialah soal-soal yang terdapat pada modul serta rangkuman materi yang ada. Makara sangat memungkinkan sekali soal ini akan keluar pada ketika ujian selesai nantinya. Seperti yang kita tahu bahwa tutorial di UT yang spesialuntuk dilakukan beberapa kali saja dalam satu semester mengharuskan Mahasiswa mencar ilmu secara berdikari hal ini tentu akan banyak menguras waktu Anda. Nah dengan adanya soal menyerupai ini akan lebih menghemat waktu Anda dalam mempelajari materi pada modul.Soal Ujian UT PGSD ini tak spesialuntuk kami sajikan dalam bentuk artikel saja, namun kami juga sudah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa Anda download pada selesai artikel ini. melaluiataubersamaini mempelajari soal yang sudah lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya, Anda akan lebih digampangkan dalam memahami materi dan tidak akan banyak menguras waktu Anda.
Soal Ujian UT PGSD Semester 6 lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4304 Bahasa Inggris untuk Guru SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis
- Soal Ujian UT PGSD MKDK4001 Pengantar Pendidikan
- Soal Ujian UT PGSD IDIK4007 Metode Penelitian
- Soal Ujian UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas
Pada umumnya soal yang akan keluar pada ketika ujian selesai semester nantinya tidak akan jauh dari soal yang kami bagikan ini. Makara silahkan Anda pelajari dengan benar dan ingat jawabanannya. Kemungkinan besar soal yang keluar persis sama menyerupai soal yang Anda pelajari. Hal ini tentu sudah terbukti dari kawan-kawan yang sudah mencar ilmu soal-soal ini sebelumnya. Dan mereka mendapat nilai yang cantik untuk tiap-tiap mata kuliah.
Soal Ujian UT PGSD MKDK4001 Pengantar Pendidikan Beserta Kunci Jawaban
Blog soal uas ut mempersembahkan kegampangan bagi Anda yang kesusahan membagi waktu dalam mempelajari tiruana materi pada modul. Kami tahu bahwa tak tiruana Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) mempunyai waktu luang yang cukup untuk belajar, kesibukan pekerjaan dan mengurusi rumah tangga akan menguras banyak waktu Anda. melaluiataubersamaini mempelajari Soal Ujian UT menyerupai ini akan lebih mancangkup tiruana mata kuliah Anda dan tentunya akan lebih efektif. Untuk melihat kumpulan lengkap soal ujian UT PGSD dari semester 1 hingga semester 10 Anda bisa eksklusif menuju artikel kami Soal Ujian UT PGSD. Nah diberikut ini kami bagikan untuk Anda Soal Ujian UT PGSD MKDK4001 Pengantar Pendidikan lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.Soal Ujian UT PGSD MKDK4001
1. Manusia sanggup mengukuhkan eksistensinya sebagai manusia, oleh lantaran itu berdasarkan Aristoteles insan disebut sebagai makhluk ....A. berbudaya
B. susila
C. beragama
D. sosial
Jawab:
D. benar, lantaran inti dari insan sebagai makhluk ialah mereka tidak sanggup hidup secara sendiri-sendiri
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 1 Kb 1 ihwal insan sebagai makhluk sosial.
2. Kelahiran insan mengandung segala kemungkinan, dan ditandai dengan segala belum sempurnanya. Hal ini disebabkan lantaran perkembangan insan ....
A. bersifat tertutup
B. tidak sama dengan hewan
C. bersifat terbuka
D. mempunyai kodrat dengan sebutan animal educandum
Jawab:
C. benar, lantaran perkembangan insan bersifat terbuka, oleh lantaran itu insan sanggup dididik
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 1 KB 2 uraian ihwal Hubungan hakekat insan dengan pendidikan
3. Manusia intinya berpotensi untuk berperilaku baik, dan bisa menjadi insan ideal, bila ia dididik sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Pernyataan tersebut ialah asas dari ....
A. potensialitas
B. moralitas
C. dinamika
D. sosialitas
Jawab:
B. benar, lantaran asas moralitas mengajarkan bahwa insan mempunyai dimenasi moralitas yang memungkinkan insan sanggup dididik
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 1 KB 2 ihwal Hubungan hakekat insan dengan pendidikan
4. Pendidikan ialah suatu upaya untuk memmenolong insan biar bisa hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini lantaran pendidikan bersifat ....
A. humanisasi
B. individualitas
C. sosialitas
D. potensialitas
Jawab:
A. benar, lantaran tujuan dari humanisasi ialah upaya memanusiakan manusia
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 1 KB 3 ihwal Pendidikan, martabat, dan hak asasi manusia
5. Alfred ialah siswa kelas IV SD Kertajaya, ayahnya seorang pengusaha kaya, bila kesekolah ia diantar oleh sopir pribadi. Hal ini membuat ia diakung oleh tiruana guru, padahal kecerdasannya pas-pasan sajA. Nandy juga bersekolah di sekolah yang sama, ayahnya seorang pemulung, Nandy seringkali menunggak SPP maupun uang buku, sehingga seringkali ia mendapat skorsing dari sekolah. Hal ini menimbulkan Nandy menjadi pendiam dan rendah diri, padahal sesungguhnya ia ialah anak yang cerdas. Tindakan sekolah yang membeda-bedakan anakdidik lantaran status ekonominya ialah salah, lantaran pendidikan itu ....
A. ialah martabat orang perorang
B. spesialuntuk boleh diikuti oleh orang yang memupunyai uang
C. hak asasi manusia
D. pendidikan sanggup membentuk kepribadian insan menjadi baik
Jawab:
C. benar, lantaran pendidikan ialah hak asasi setiap orang, oleh lantaran itu tidak ada batasan untuk mengikuti pendidikan
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 1, KB 3 ihwal pendidikan, martabat, dan hak asasi manusia
6. Landasan pendidikan jenis ini mempunyai perkiraan yang bersumber pada disiplin ilmu sebagai titik tolaknya. Landasan pendidikan yang dimaksud ialah ....
A. religius pendidikan
B. ilmiah pendidikan
C. filosofis pendidikan
D. yuridis dan aturan pendidikan
Jawab:
B. benar, lantaran perkiraan landasan ilmiah pendidikan bersumber dari aneka macam disiplin ilmu sebagai titik tolak pendidikan
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 2 KB 1 Landasan Yuridis pendidikan dan landasan filosofis pendidikan
7. Yang bukan ialah landasan yuridis pendidikan di bawah ini ialah ....
A. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 42 Tahun 2006
B. Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
C. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990
Jawab:
A. benar, lantaran Peraturan Menteri RI Nomor 42 Tahun 2006 ialah landasan yuridis pendidikan di Indonesia
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 1 KB 1 Landasan yuridis pendidikan dan landasan filosofis pendidikan
8. Landasan Pendidikan Nasional ialah Pancasila, oleh lantaran itu tiruananya dimulai dengan asumsi-asumsi metafisika, epistemologi, dan aksiologi Pancasila, serta diikuti dengan uraian implikasinya terhadap pendidikan. Pernyataan di atas ialah landasan ....
A. mental spiritual
B. filosofis
C. yuridis pendidikan
D. moral dan agama
Jawab:
B. benar, lantaran landasan mental spiritual dimulai dengan aneka macam perkiraan di atas
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 1 KB 1 Landasan Yuridis pendidikan dan landasan filosofis pendidikan
9. Idris Sardi ialah pemain biola populer di Indonesia, tetapi kepiawaiannya bermain biola tidak satupun yang menurun kepada anak-anaknya. Salah satu penyebabnya ialah tidak satupun bawah umur Idris Sardi yang mempunyai talenta bermain musik. misal di atas ialah pendapat dari aliran pendidikan berdasarkan ....
A. Nativisme
B. Empirisme
C. Konvergensi
D. Behaviour
Jawab:
A. benar, lantaran berdasarkan aliran Nativisme faktor bawaan dan talenta ialah faktor yang paling mayoritas yang dimiliki seseorang
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 1 KB 2 Landasan pendidikan
10. Pranata sosial ialah sebagai suatu sistem kiprah dan norma sosial yang saling berafiliasi dan terorganisasi disekitar pemenuhan kebutuhan atau fungsi sosial yang penting. Pernyataan di atas dikemukakan oleh ....
A. Peter L. Berger
B. Komblum
C. Theodorson. G.A
D. Piaget
Jawab:
C. benar, lantaran definisi di atas dikemukakan oleh Theodorson G.A
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 1 KB 2 Landasan ilmiah pendidikan
11. Landasannya ialah seperangkat perkiraan yang bersumber dari hasil studi dan disiplin ilmu yang dijadikan titik tolak dalam rangka praktek pendidikan. Pernyataan tersebut ialah landasan dari ....
A. psikologi
B. sosiologi
C. antropologi
D. pedagogik
Jawab:
C. benar, lantaran definisi di atas ialah bidang kajian Antropologi
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 1 KB 2 Landasan ilmiah pendidikan
12. Manakah pernyataan di bawah yang ialah landasan historis pendidikan Indonesia ....
A. zaman imbas Spanyol dan Portugis
B. Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
C. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990
Jawab:
A. benar, lantaran zaman imbas Spanyol dan Portugis ialah landasan historis pendidikan di Indonesia
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 1 KB 2 Landasan ilmiah pendidikan
13. Maju mundurnya ekonomi suatu negara terletak pada maju atau tidaknya pendidikan di negara tersebut, hal ini menunjukan bahwa pendidikan ialah salah satu landasan ekonomi dan memandang pendidikan sebagai ....
A. ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani
B. Human invesment
C. deviant behaviour
D. pranata sosial
Jawab:
B. benar, lantaran dengan pendidikan menimbulkan seseorang menjadi pandai dan ini ialah sebuah investasi
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 1 KB 2 Landasan ilmiah pendidikan
14. Pak Masjuki dan Istri ialah seorang guru, penghasilan bulanannya spesialuntuk pas-pasan untuk membiayai pendidikan anak-anaknya yang empat orang itu, namun tiruana anaknya bersekolah di sekolah negeri hingga kuliahnyapun demikian. Sekarang kedua anak tertuanya sudah bergelar master dan sudah bekerja pada kantor pemerintah. Anak ketiganyapun sudah diterima di PTN terkenal. Keberhasilan keluarga pak Masjuki disebabkan oleh ....
A. mereka berasal dari keluarga guru yang hidupnya pas-pasan
B. anak-anaknya menjadi pandai lantaran tiruananya bersekolah di sekolah negeri
C. didanai dengan uang yang diperoleh secara halal
D. tiruana anak-anaknya dididik secara prihatin dan secara kebetulan mereka mempunyai kecerdasan di atas rata-rata
Jawab:
D. benar, lantaran anak yang dididik secara prihatin, dan mempunyai kecerdasan di atas rata-rata akan cepat menjadi pandai
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 3 KB 1 Lingkungan pendidikan Tripusat pendidikan: Keluarga, sekolah dan masyarakat
15. Bentuk keluarga dibedakan atas keluarga patriarhat, keluarga matrilineal, keluarga patrilineal, dan keluarga equaliterian. Semua bentuk keluarga tersebut dibedakan berdasarkan ....
A. garis keturunan
B. pemegang kekuasaan
C. bentuk perkawinan
D. keutuhan keluarga
Jawab:
B. benar, lantaran berdasarkan pertolongannya, pemegang kekuasaan dibagi menyerupai tersebut di atas
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 3 KB 1 Lingkungan pendidikan Tripusat pendidikan: Keluarga, sekolah dan masyarakat
16. Secara umum, tujuannya ialah mempersembahkan bekal kemampuan kepada penerima didik dalam mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, masyarakat negara, dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan yang dimaksud ialah tujuan dari ....
A. instruksional umum
B. instruksional khusus
C. pendidikan nasional
D. pendidikan sekolah
Jawab:
D. benar, lantaran tujuan pendidikan sekolah ialah menyerupai tersebut di atas
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 3 KB 1 Lingkungan pendidikan ripusat: Keluarga, sekolah dan masyarakat
17. Pilihlah teladan pendidikan nonformal di bawah ini yang penyelenggaraannya dilakukan secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang, tetapi pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup usang ....
A. kursus bahasa Inggris
B. kejar Paket A dan Paket B
C. secara rutin memanggil andal agama kerumah untuk memdiberi ceramah ihwal agama kepada bawah umur dan keluarga
D. kursus komputer dan perbengkelan
Jawab:
C. benar, memanggil guru agama kerumah untuk berceramah, umumnya tidak dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 3 KB 1 Lingkungan pendidikan Tripusat: Keluarga, sekolah dan masyarakat
18. Sekolah yang baik dan unggul ialah sekolah yang ditandai oleh banyaknya lulusan/alumni yang diterima bila mendaftar di sekolah/di perguruan tinggi negeri (khususnya), maupun akan melamar pekerjaan. misal di atas diakibatkan oleh faktor-faktor yang paling dominan. Pilihlah faktor yang dimaksud di bawah ini ....
A. guru, siswa dan orang bau tanah anakdidik saling mencari kepandaian secara sendiri-sendiri
B. kompetensi mengajar guru sangat baik, tetapi jarang mengajar lantaran disibukkan oleh kiprah tambahannya sebagai wakil kepala sekolah
C. baik guru, siswa, dan orang bau tanah anakdidik mempunyai kesadaran untuk bisa maju secara bersama-sama
D. siswa mempunyai kompetensi mencar ilmu yang sangat baik, tetapi tidak pernah diperhatikan oleh orang bau tanah maupun sekolah
Jawab:
C. benar, lantaran bila kesadaran untuk maju sudah tumbuh secara bersama-sama, maka tujuan pembelajaran akan simpel dicapai
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 3 KB 1 Lingkungan pendidikan Tripusat: Keluarga, sekolah dan masyarakat
19. Menurut Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa kaum pendidik spesialuntuk sanggup menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir batin biar sanggup memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kodrat alam. Dari pernyataan di atas, implikasinya bagi guru ialah ....
A. tiruana masukana, materi pendidikan, dan cara-cara mendidik harus dipilih sesuai dengan hakikat penerima didik
B. tiruana guru harus menguasai aneka macam kompetensi mengajar
C. kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan faktor perkembangan penerima didik
D. media pembelajaran yang dipakai guru harus tepat dan sesuai dengan jenjang pendidikan siswa
Jawab:
A. benar, lantaran hakikat penerima didik harus diadaptasi dengan tiruana hal yang berkaitan dengan pendidikannya
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 3 KB 2 Pendidikan ialah suatu proses
20. Tidak tiruana pergaulan maupun imbas orang pandai balig cukup akal kepada seorang anak disebut perbuatan mendidik. Ada kriteria/karakteristik khusus untuk bisa dikatakan perbuatan mendidik, yaitu ....
A. imbas harus diciptakan oleh orang pandai balig cukup akal dengan tujuan untuk membuat kedewasaan anak
B. harus ada undang-undang tersendiri yang mengatur korelasi dan pergaulan tersebut
C. ada masukana dan pramasukana sebagai media pergaulan antara anak dan orang dewasa
D. mempunyai waktu khusus menyerupai layaknya jam mencar ilmu di sekolah
Jawab:
A. benar, lantaran berdasarkan Langeveld, salah satu karakteristik yang mengandung pendidikan ialah menyerupai tersebut di atas
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 3 KB 2 Pendidikan ialah suatu proses
21. Pak Bonar ialah guru yang populer sangat galak, ia suka memukul siswa yang dianggap bersalah, para siswa menjadi takut tetapi hormat kepadanyA. Berbeda dengan pak Ali yang guru AgamA. Ia pendiam, penyabar, sangat teliti dan murah senyum, bawah umur menjadi segan dan hormat kepadanyA. Adakah perbedaan rasa hormat siswa kepada kedua orang guru di atas? bila ada apa penyebabnya?
A. pak Bonar dihormati siswa lantaran kegalakannya, dan pak Ali dihormati lantaran pendiamnya
B. pak Bonar dihormati siswa lantaran ia guru matematika, pak Ali dihormati siswa lantaran ia guru agama
C. dengan pak Bonar anak menjadi takut melaksanakan kesalahan, tetapi dengan pak Ali anak menjadi hirau tak hirau dan masa bodoh
D. guru yang dihormati siswa lantaran wibawanya ialah guru yang memperhatikan dan mengasihi siswanya
Jawab:
D. benar, lantaran guru yang berwibawa dan mengasihi mereka akan menumbuhkan rasa segan dan hormat dengan sendirinya
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 3 KB 2 Pendidikan ialah suatu proses
22. Pendidikan dianggap bisa mengubah terutama dalam hal membina kebudayaan gres yang memungkinkan sanggup menyelamatkan insan dimasa depan yang semakin komplek, apalagi di kurun globalisasi kini ini. Pandangan ini dikemukakan oleh aliran ....
A. Behavior
B. Progresivisme
C. Humanisme
D. Psikologi kognitif
Jawab:
C. benar, lantaran pandangan humanisme terhadap pendidikan menyerupai tersebut di atas
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 4 KB 1 Progresivisme dan Esensialisme
23. Menurut Mohammad Noor Syam bahwa pengalaman insan mempunyai empat karakteristik, yaitu spasial, temporal, dinamis, dan pluralistis. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengalaman itu ialah pluralistis? Pengalaman itu ....
A. terjadi dimana saja dalam kehidupan manusia
B. baik alam, kebudayaan, dan pengalaman selalu berkembang setiap saat
C. hidup, dan menuntut penyesuaian dan readaptasi dalam tiruana perubahan yang terjadi secara terus menerus
D. terjadi selama adanya korelasi dan interaksi dan selama individu terlibat pergaulan
Jawab:
D. benar, lantaran pluralistis membicarakan ihwal pentingnya korelasi yang sanggup menimbulkan pengalaman
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 4 KB 1 Progresivisme dan Essensialisme
24. Pendidikan bertugas mempersembahkan pengetahuan ihwal nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan kekal yang ada pada kebudayaan masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan ihwal pendidikan tersebut, dikemukakan oleh ....
A. Behaviorisme
B. perenialisme
C. Nativisme
D. Konvergensi
Jawab:
B. betul, lantaran pendidikan menurutnya ialah nilai-nilai kebenaran yang pasti, sewenang-wenang dan awet
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 4 KB 2 uraian ihwal Perenialisme dan Kontruktivisme
25. Aliran ini diberimplikasi terhadap pendidikan, khususnya bidang sains dan matematikA. Aliran ini ialah aliran filsafat yang tema utamanya berkaitan dengan hakikat pengetahuan. Aliran yang dimaksud ialah ....
A. Perenialisme
B. Progresivisme
C. Kontruktivisme
D. Esensialisme
Jawab:
C. benar, lantaran aliran ini diberimplikasi pada dunia pendidikan yang berlandaskan norma dan nilai-nilai yang awet
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 4 KB 2 uraian ihwal Perenialisme dan Kontruktivisme
26. Pada masa ini pendidikan dianggap sebagai hak tiruana orang, oleh lantaran itu pendidikan bersifat demokratis, dan tidak otokratis. Pendidikan pada masa ini tidak mengenal kurikulum, kalaupun ada kurikulumnya tidak tertulis. Situasi pendidikan menyerupai ini terdapat pada zaman kerajaan ....
A. Hindu - Budha
B. Islam
C. Pengaruh Portugis dan Spanyol
D. Kolonial Belanda
Jawab:
B. benar, lantaran pendidikan pada masa Islam tidak membeda-bedakan penerima didiknya
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 5 KB 1 uraian ihwal kondisi pendidikan di Indonesia
27. Selain jiwa Undang-Undang Dasar 1945 yang dijadikan landasan konstitusi pendidikan pada periode pertama kemerdekaan (1945 - 1950), terdapat Undang-Undang lain yang digunakan, yaitu ....
A. Undang-Undang Dasar RIS Tahun 1950
B. UU Nomor 7 Tahun 1950
C. UU RI Nomor 12 Tahun 1954
D. UU RI Nomor 4 Tahun 1950 de fakto
Jawab:
D. benar, lantaran UU ini dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan di Indonesia
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 5 KB 1 uraian ihwal kondisi pendidikan di Indonesia
28. Salah satu hambatan yang dihadapi dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan nasional ialah ....
A. masih rendahnya relevansi pendidikan
B. terbatasnya jumlah guru yang berkarakter
C. masih tingginya angka putus sekolah yang ialah pecahan dari tantangan
D. kurangnya peranan dunia perjuangan dalam pendidikan nasional
Jawab:
B. benar, lantaran terbatasnya jumlah guru yang berkarakter ialah hambatan yang belum sanggup dipenuhi oleh pemerintah
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 5 KB 1 Uraian ihwal kondisi pendidikan di Indonesia
29. Pada pertama berdirinya forum pendidikan ini mempunyai tujuh asas pendidikan, kemudian setelah proklamasi kemerdekaan, asasnya dirubah menjadi Panca DarmA. Lembaga pendidikan yang dimaksud ialah ....
A. Taman Siswa
B. Muhamadiyah
C. Institut Nasional Syafei (INS) Kayu Tanam
D. Pesanteren Tebu Ireng
Jawab:
A. benar, lantaran Taman Siswa pernah dua kali mempunyai asas pendidikan, yaitu asas Taman Siswa 1922 dan Panca Darma
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 5 KB 2 uraian ihwal Aliran pendidikan di Indonesia
30. Salah satu karakteristik kebudayaan ialah menyerupai di bawah ini ....
A. sistem religi dan upacara keagamaan
B. keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia
C. sebagai suatu komplek acara kelakuan berpola dari manusia
D. stabil dan berubah
Jawab:
D. benar, lantaran ialah salah satu karakteristik kebudayaan
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 6 KB 1 uraian ihwal Kebudayaan, kepribadian dan pendidikan
31. Suatu proses dimana seseorang individu menyerap melalui cara berfikir, bertindak, dan merasa, yang mencerminkan kebudayaannyA. Pernyataan tersebut ialah definisi dari kebudayaan sebagai ....
A. pranata kebudayaan
B. korelasi kebudayaan dan pendidikan
C. Pendidikan sebagai proses enkulturasi
D. pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan kebudayaan
Jawab:
C. betul, lantaran pernyataan di atas ialah definisi dari pendidikan sebagai proses enkulturasi
Pembahasan:
Pelajari kembali Modul 6 KB 1 uraian ihwal kebudayaan, kepribadian, dan pendidikan
32. Kelakuan berpola dari insan dalam kebudayaannya yang mengacu kepada sistem ide, nilai-nilai, gagasan, norma-norma, peraturan, dan sebagainyA. Pernyataan di atas ialah definisi dari ....
A. pranata kebudayaan
B. pendidikan sebagai ekulturasi
C. korelasi kebudayaan dan pendidikan
D. kepribadian dan kepribadian bangsa
Jawab:
A. benar, ialah definisi dari pranata kebudayaan
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 6 KB 1 uraian ihwal kebudayaan, kepribadian, dan pendidikan
33. Ras ini mempunyai karakteristik antara lain: kulit agak kuning, rambut lurus, tinggi tubuh kurang lebih satu setengah meter, dan bentuk kepala pendek. Ras yang dimaksud ialah ras ....
A. Melayu
B. Vedoid (Wedda)
C. Negroid (Negrito)
D. Mongoloid
Jawab:
D. benar, lantaran ras Mongoloid mempunyai ciri-ciri menyerupai tersebut di atas
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 6 KB 2 uraian ihwal karakteristik dan kemajemukan sosial budayan Indonesia
34. Salah satu karakteristik lingkungan fisik insan (masyarakat) di Indonesia ialah ....
A. terdiri dari lingkungan pendidikan, dan lingkungan pergaulan
B. terletak diantara dua benua dan dua samudera
C. lingkungan sosial
D. terdiri dari RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan
Jawab:
B. benar, lantaran lingkungan fisik insan Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudera
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 6 KB 2 uraian ihwal karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
35. Setiap wilayah yang ada di Indonesia umumnya mempunyai budbahasa istiadat, dan setiap budbahasa mempunyai pemimpin masyarakat. Berilah teladan bentuk kepemimpinan tertinggi terhadap sistem kemayarakatan pada kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor
A. Wanua dipimpin oleh Karaeng dan dimenolong oleh Sulewatang
B. Keuchi dimenolong oleh teungku sebagai pimpinan agama dan orang-orang bau tanah sebagai wakil penduduk
C. pimpinan berada ditangan dua orang kepala suku yang disebut duae maramba, dan duae kepu, deorai, atau mangun tanah
D. Huta atau penghulu yang dipilih oleh marga namora-morA. Dalam tugasnya dimenolong oleh senina
Jawab:
C. betul, lantaran kepemimpinan pada masyarakat kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor bentuk kepemimpinannya menyerupai di atas
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 6 KB 2 uraian ihwal karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
36. Karakteristik insan Indonesia terhadap pendidikan harus berakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional, oleh lantaran itu implikasi pendidikan nasional harus dikembangkan dengan berakar kepada ....
A. nilai-nilai pendidikan dan pergaulan
B. nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa
C. UU RI No 20 Tahun 2003
D. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
Jawab:
B. benar, lantaran nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa ialah akar implikasi pendidikan nasional
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 6 KB 3 uraian ihwal karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
37. Implikasi dari kebijakan dalam pengelolaan pendidikan nasional yang bersifat deserius, namun sanggup berlangsung secara efisien dan efektif diatur dalam sistem pendidikan nasional sebagai diberikut ....
A. Undang-Undang RI NO 14 Tahun 2005
B. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005
C. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003
D. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007
Jawab:
C. benar, UU RI No 23 Th 2003 mengatur ihwal Sistem Pendidikan Nasional
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 6 KB 3 uraian ihwal karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
38. Kepribadian bangsa Indonesia bukanlah kepribadian keseluruhan, tetapi juga mencerminkan ciri-ciri suku bangsa, keagamaan, dan lain-lain. Oleh lantaran itu implikasi dari pengembangan kurikulum dan menjadi syarat yang tidak boleh ditinggalkan ialah bahwa kurikulum harus ....
A. berbasis kepada kompetensi dan berpusat kepada siswa
B. memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan siswa sesuai dengan usia mereka masing-masing
C. berjenjang dari tingkat SD, SLTP, maupun SLTA
D. bersifat nasional dan bermuatan lokal
Jawab:
D. benar, lantaran implikasi dari pengembangan kurikulum ialah bahwa pengembangan kurikulum harus bersifat nasional bermuatan lokal
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 6 KB 3 uraian ihwal karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
39. Gerakan wajib mencar ilmu (wajar) 9 tahun yang sudah dicanangkan oleh pemerintah pada tanggal 2 Mei 1984, mempunyai implikasi terhadap karakteristik sosial budaya Indonesia, diantaranya ialah ....
A. meningkatnya standar nasional mutu pendidikan
B. terbinanya kepribadian bangsa Indonesia
C. keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia yang sebagian besar berada di pedesaan terpencil dan terisolasi
D. relevansi pendidikan secara lokal sesuai dengan keadaan lingkungan dan sosial budaya daerah
Jawab:
C. benar, lantaran keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia ialah aspek yang ditinjau dari karakteristik antropologi
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 6 KB 3 uraian ihwal karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
40. Ibu Kamal sudah dua tahun ditinggal suaminya lantaran kecelakaan kemudian lintas, ia mempunyai empat orang anak yang tiruananya masih bersekolah, ada yang di SMA, di SMP, di SD, dan di TK, berhubung tidak ada lagi yang membiayai, tiruananya berhenti sekolah. Untunglah ia mempunyai tetangga yang kaya dan gemar memberi dan mau memmenolong membiayai bawah umur ibu Kamal sehingga mereka bisa sekolah kembali. Tindakan tetangga yang dimaksud disebut ....
A. orang bau tanah asuh
B. orang bau tanah angkat
C. calon ayah bawah umur Ibu Kamal
D. relawan dan dermawan
Jawab:
A. benar, lantaran orang bau tanah asuh ialah orang yang rela memmenolong anak fakir miskin untuk membiayai sekolahnya
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 6 KB 3 uraian ihwal karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
41. Di kelas Anda mempunyai siswa yang sangat badung, ia sering mengganggu kawan-kawannya, prestasi belajarnyapun kurang begitu bagus, sesungguhnya sekolah ingin mengelurkan anak tersebut tetapi tidak bisa lantaran orang tuanya termasuk orang yang besar lengan berkuasa terhadap kelangsungan sekolah tersebut. Jika Anda menjadi guru kelas dari anak tersebut, tindakan apa yang akan Anda ambil?
A. tetap bertekad akan mengeluarkan anak tersebut
B. tetap mengajar dengan sebaik-baiknya dan masa terbelakang dengan siswa tersebut
C. melaksanakan pendekatan persuasif dan kekeluargaan kepada orang bau tanah siswa dan menerangkan keadaan yang sesungguhnya ihwal anaknya dengan bukti-bukti yang sanggup dimengerti mereka
D. melaksanakan pendekatan dengan orang bau tanah siswa dengan impian mendapat imbalan dari mereka
Jawab:
C. benar, lantaran pendekatan yang baik oleh guru diperlukan sanggup menyadarkan orang bau tanah terhadap anaknya selama di sekolah
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 6 KB 3 uraian ihwal karakteristik dan kemajemukan sosial budaya Indonesia
42. Sebuah aturan atau teori dikatakan benar apabila evidensi sesuai dalam mendukung denah induktif. Pernyataan tersebut ialah klarifikasi tindaklanjut dari sebuah pembuktian ihwal ....
A. penyelidikan ilmiah
B. metode induksi - deduksi
C. proses originasi
D. aturan difusi
Jawab:
A. benar, lantaran tindaklanjut dari penyelidikan ilmiah ialah pembuktian ihwal penyelidikan ilmiah
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 7 KB 1 uraian ihwal spek-aspek penyebab perubahan sosial
43. Ada beberapa pertimbangan ihwal perlunya diselenggarakan kebijakan otonomi kawasan berdasarkan Undang-Undang No 22 Tahun 1999, yaitu ihwal ....
A. untuk mempersembahkan kekuasaan kepada kawasan untuk menyelenggarakan otonomi
B. bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat
C. biar penyelenggaraan pemerintah sanggup dilaksanakan lebih demokratis
D. biar penyelenggaraan otonomi kawasan dipandang perlu untuk lebih menekankan pada prinsip-prinsip demokrasi, dan kiprah serta masyarakat
Jawab:
D. benar, lantaran tujuan di atas ialah pertimbangan ihwal perlunya diselenggarakan otonomi daerah
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 7 KB 2 uraian ihwal perubahan sosial masyarakat Indonesia
44. Sistem ini ialah suatu pendekatan ihwal cara berfikir terkena fenomena secara keseluruhan yang mencakup bagian-bagiannya, komponennya, sub sistemnya dan titik beratnya pada interaksinyA. Definisi di atas ialah uraian dari ....
A. dilema solving
B. filsafat sistem
C. analisis sistem
D. administrasi sistem
Jawab:
B. benar, lantaran filsafat sistem ialah suatu pendekatan ihwal cara berfikir terkena fenomena secara keseluruhan
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 8 KB 1 uraian ihwal Sistem dan sistem pendidikan
45. Menurut pasal 15 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, jenis pendidikan ini ialah pendidikan tinggi yang mempersiapkan penerima didik untuk mempunyai pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu yang setara dengan jadwal sarjanA. Jenis pendidikan yang dimaksud ialah pendidikan ....
A. umum
B. khusus
C. akademik
D. vokasi
Jawab:
D. benar, lantaran pendidikan vokasi ialah pendidikan tinggi yang disiapkan untuk anak didik untuk mempunyai pekerjaan
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 8 KB 2 uraian ihwal sistem pendidikan nasional
46. Pilihlah bentuk perubahan yang terjadi sebagai akhir dari adanya inovasi/pembaharuan di bawah ini ....
A. terjadinya perubahan fisik pada anak sesuai dengan pertumbuhan usianya
B. akhir dipupuk dan disiram setiap hari, tumbuhan bunga menjadi rindang dan besar
C. ditemukannya metode membaca Alqur'an secara cepat melalui metode iqro
D. akhir hujan turun dengan derasnya, Jakarta menjadi banjir dan terjadi kemacetan ditiruana jalan
Jawab:
C. benar, lantaran ditemukannya metode iqro akhir dari penelitian yang dilakukan dengan waktu yang panjang dan secara terus menerus
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 9 KB 1 uraian ihwal Inovasi dan difusi penemuan pendidikan
47. Salah satu faktor yang mempengaruhi difusi penemuan ialah komunikasi. Ada dua bentuk komunikasi yang sangat mempengaruhi proses difusi penemuan yaitu komunikasi konvergen dan komunikasi linear. Ciri utama dari komunikasi konvergen ialah ....
A. dilakukan oleh dua individu/kelompok yang mempunyai kesamaan satu sama lain
B. saling mempengaruhi dan memberikan gosip sehingga diperoleh saling pengertian
C. dimana partisipan menyebarkan gosip untuk mencapai pengertian satu sama lain
D. adanya informasi, ketidakmenentuan, adanya saling pemahaman, adanya saling persetujuan, kegiatan bersama, dan korelasi jaenteng
Jawab:
D. benar, lantaran ciri-ciri utama komunikasi konvergen ialah menyerupai tersebut di atas
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 9KB 1 uraian ihwal Inovasi dan difusi penemuan pendidikan
48. Sistem sosial yang melaksanakan kegiatan penemuan pendidikan meliputi: ukuran dan kewilayahan, kegiatan pemeliharaan terbatas, kemudahan fisik, penerapan waktu, tujuan yang ingin dicapai, mekanisme yang digunakan, dan seterusnyA. Dari sistem sosial di atas, pilihlah jawabanan yang paling sesuai dengan definisi diberikut "suatu sistem sosial yang secara aktual membatasi dari pelaksanaan suatu perubahan pendidikan"
A. ukuran dan kewilayahan
B. kegiatan pemeliharaan terbatas
C. kemudahan fisik
D. mekanisme yang digunakan
Jawab:
B. benar, lantaran pernyataan di atas ialah definisi dari kegiatan pemeliharaan terbatas
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 9 KB 1 uraian ihwal Inovasi dan difusi penemuan pendidikan
49. Simaklah pernyataan diberikut!
A. Sebagian kecil masyarakat Indonesia masih ada yang berpikir bahwa pendidikan bagi anak perempuan tidak perlu tinggi-tinggi, bagi mereka bila sudah berkeluarga pada jadinya akan ke dapur jugA. Anggapan mereka bagi perempuan cukup bisa membaca dan menulis saja
B. Di kawasan tertentu, bila demam isu pguan tiba, sekolah menjadi sepi lantaran ditinggalkan oleh anakdidik-anakdidiknyA. Pada ketika menyerupai ini bawah umur dihentikan oleh orang tuanya untuk bersekolah lantaran waktu mereka akan diisi dengan kegiatan memguan padi di sawah, sehingga mereka tidak punya waktu untuk belajar.
Kedua teladan di atas ialah hambatan dalam adopsi penemuan dalam bidang ....
A. mental block barries
B. culture block
C. sosial block
D. fisical block
Jawab:
C. benar, lantaran sosial block ialah hambatan sebagai akhir dari faktor sosial dan pranata masyarakat sekitar
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 9 KB 1 uraian ihwal Inovasi dan difusi penemuan pendidikan
50. Pada dasarnya upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan mutu proses dan produk sistem pendidikan nasional. Proses dan produk tersebut terutama tertuju/tersangkut dalam bidang ....
A. peningkatan pemerataan peluang belajar
B. pembebasan biaya pendidikan pada pendidikan dasar
C. cara mengatasi hambatan terhadap pelaksanaan penemuan pendidikan
D. pendemokrasian pendidikan di Indonesia
Jawab:
A. benar, lantaran dasar dari upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan pemerataan peluang belajar
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 9 KB 2 uraian ihwal Adopsi dan pelaksanaan penemuan pendidikan
Download Soal Ujian UT PGSD MKDK4001
Seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa dalam hal ini kami tak spesialuntuk menyiapkan soal ini dalam bentuk artikel saja, namun kami juga sudah menyiapkan setiap soal dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda unduh langsung. Nah diberikut ini silahkan Anda Download Soal Ujian UT PGSD MKDK4001 Pengantar Pendidikan yang sudah kami sediakan untuk Anda supaya bisa dipelajari dirumah nantinya.Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk eksklusif menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian selesai semester nantinya.
Sekian artikel terkait soal ujian UT PGSD MKDK4001 Pengantar Pendidikan, semoga soal yang kami bagikan ini bisa berkhasiat dan bermanfaa untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian selesai semester nantinya, tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada kawan-kawan Anda lainnya, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgsd Mkdk4001 Pengantar Pendidikan Beserta Kunci Jawaban"