Soal Ujian Ut Pgpaud Mkdu4111 Pendidikan Kewarganegaraan Beserta Kunci Jawaban

loading...
Soal ujian UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewargguagaraan serta kunci jawabanan bisa Anda, selaku mahasiswa UT (Universitas Terbuka) jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) pelajari sebagai bekal dalam mengikuti ujian final semester nantinya. Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan. Seperti yang selalu kami sampaikan terkait soal ujian ut yang kami bagikan pada blog soal uas ut ini, bahwa tiruana soal yang ada ialah hasil dari rangkuman pada setiap modul dan tes-tes yang ada yang kemudian kami rangkum menjadi soal lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasannya.

Soal UAS UT yang kami bagikan ini bisa Anda pelajari secaa online, lantaran dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanannya. Dan pada final soal kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal dalam bentuk dokumen PDF yang mana bisa Anda simpan langsung. Kami yakin dengan mempelajari soal-soal ini Anda akan lebih bisa membagi waktu untuk mempelajari tiruana mata kuliah yang akan diujiankan nantinya. melaluiataubersamaini itu tentunya Anda akan lebih siap dalam mengikuti ujian final semester.

Soal Ujian UT PGPAUD Semester 5 lainnya:
  1. Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewargguagaraan
  2. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4301 Pembaharuan Pendidikan TK
  3. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4302 Pembelajaran Terpadu
  4. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4303 Manajemen Pendidikan TK
  5. misal Laporan Praktek UT PGPAUD PAUD4304 Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)

Soal Ujian UT ini tentunya akan sangat memmenolong Anda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian final semester nantinya. melaluiataubersamaini kesibukan pekerjaan dan banyaknya mata kuliah yang akan diujiankan tentu akan sagat merepotkan Anda jikalau harus mempelajari tiruana materi pada modul. Nah dengan cara menyerupai inilah yang perlu Anda lakukan, dengan mempelajari dan memahami setiap soal yang ada dan mengingat jawabanannya Anda akan sangat termenolong, dikala soal yang sama keluar pada ujian nantinya.

 Pendidikan Kewargguagaraan serta kunci jawabanan Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewargguagaraan Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewargguagaraan Beserta Kunci Jawaban

Memang tak simpel untuk menghadapi ujian final semester, yang mana kita tahu bahwa pertemuan yang spesialuntuk dilakukan beberapa kali dalam satu semester, tentu mewajibkan mahasiswa untuk mempelajari materi yang ada secara mandiri. Belum lagi jikalau mahasiswa tersebut spesialuntuk mengikuti pembelajaran secara online, tentu akan sangat memerlukan waktu yang ekstra untuk mempelajari tiruana materi pada modul. Nah dengan mempelajari soal ujian ut menyerupai ini kami berharap Anda akan dimenolong untuk memahami materi yang ada.

Pada blog soal uas ut ini kami memposting tiruana soal-soal ujian ut lengkap mulai dari semester 1 hingga dengan semester 9, tak spesialuntuk soal saja, namun beberapa hal terkait juga kami posting dan bagikan untuk Anda selaku mahasiswa, menyerupai rujukan laporan dan tugas-tugas lainnnya. Nah untuk melihat kumpulan lengkap soal ujian UT PGPAUD, silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD.
Berikut ini kami bagikan untuk Anda soal ujian UT PGPAUD semester 5, lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasannya dengan mata kuliah Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewargguagaraan.

Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4111

1. Manifestasi dari kedaulatan yang dimiliki sebuah negara tercermin dalam banyak sekali sifat, diantaranya....
A. oligopoli
B. mencakup beberapa aspek tiruana
C. tidak memaksa
D. berkonsep konkrit
Jawab:
B. Benar

2. Tujuan pendidikan kewargguagaraan diarahkan pada....
A. kelangsungan hidup satu generasi bangsa
B. pendidikan fisik
C. pendidikan militer bagi kaum pelajar
D. training sikap dan kemampuan bela negara
Jawab:
D. Benar

3. Pembangunan nasional sebagai wujud cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara dalam kerangka ketahanan nasional, diwujudkan sesuai dengan aba-aba kecerdikan dan taktik perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional Republik Indonesia yang dirumuskan dengan terang dalam...
A. propenas
B. pendidikan kewargguagaraan
C. visi dan misi kabinet Indonesia Bersatu
D. otonomi daerah
Jawab:
A. Benar

4. Dalam ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, ‘Bertanah air satu tanah air Indonesia’, secara hakikat menggambarkan konsep satu kesatuan...
A. biologis
B. geografi
C. politik
D. sosial budaya
Jawab:
B. Benar

5. Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik diantaranya adalah....
A. tingkat perkembangan ekonomi harus seimbang di seluruh daerah
B. terdapatnya tingkat kemajuan masyarakat yang sama
C. secara psikologis bangsa Indonesia mempunyai satu tekad mencapai harapan bangsa
D. tiap masyarakat negara mempunyai hak dan kewajiban sama dalam membela negara
Jawab:
C. Benar

6. Munculnya Angkatan “penegas” Sumpah Pemuda (Tahun 1928) menandai perubahan taktik usaha dalam melawan penjajah yakni dari taktik perlawanan bersenjata secara lokal menjadi taktik usaha dengan jalan....
A. pendidikan
B. sosialisasi forum koperasi
C. penyebaran agama Islam
D. asimilasi budaya melalui perkawinan antar ras atau suku bangsa
Jawab:
A. Benar

7. Kualitas yang mengatakan kekuatan sebagaimana dipersepsikan pihak lain, yaitu makna dari salah satu kata kunci dalam konsep ketahanan nasional yaitu...
A. integritas
B. tantangan
C. keuletan
D. ketangguhan
Jawab:
D. Benar

8. Dalam rangka menguatkan ketahanan gatra politik sistem ketahanan nasional, hal yang penting untuk dilakukan oleh bangsa dan negara RI adalah...
A. bersikap adil, hemat, sederhana, bekerja keras, dan menghargai hasil kerja orang lain
B. kecerdikan pemerintahan sesuai dengan tuntutan dan keinginan rakyat, sistem pemerintahan yang demokrasi dan politik luar negeri yang bebas dan aktif
C. landasan pembangunan nasional yang bertumpu pada kekuatan pertumbuhan perekonomian, pemerataan dan stabilitas ekonomi
D. moral dan tabiat bangsa dilandasi oleh ketakwaan dalam kehidupan beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan TME
Jawab:
B. Benar

9. misal yang paling sempurna dari penerapan taktik sampaumur ini yang diterapkan dalam bidang di luar bidang militer, yakni....
A. politik, memenangkan parpol dalam pemilu
B. ekonomi, meminta pengusaha swasta untuk mendanai pemenangan calon pejabat dari partai politik tertentu
C. budaya, menjual barang hasil seni kriya ke negara lain
D. ideologi, melaksanakan acara diplomasi dengan negara lain
Jawab:
A. Benar

10. Politik dan taktik nasional diimplementasikan pada pembangunan nasional dalam bentuk....
A. propenas
B. propeda
C. planning pembangunan jangka menengah
D. planning pembangunan jangka pendek
Jawab:
A. Benar

11. Dalam pengertian demokrasi, pemerintahan oleh rakyat (government by the people) berarti pemerintahan menjalankan kekuasaan atas nama...
A. kekuasaan negara
B. kepentingan kelompok dan kepentingan pribadi
C. undang-undang
D. rakyat
Jawab:
D. Benar

12. Abad pertengahan masyarakat bercirikan feodalisme, ada perperihalan antara gereja dan kepala negara, ada penindasan terhadap hak asasi individu sehingga masa tersebut populer sebagai abad....
A. pencerahan
B. renaissance
C. kepetangan
D. revolusi
Jawab:
C. Benar

13. Dalam kurun waktu tahun 1959 – tahun 1965, pemerintahan RI melaksanakan praktik demokrasi...
A. Pancasila
B. parlementer
C. terpimpin
D. liberal
Jawab:
C. Benar

14. Prinsip dasar pelaksanaan hak asasi insan (HAM) yang dianut Indonesia sebagai amanat konstitusi, harus didasarkan kepada prinsip bahwa hak-hak sipil, politik, ekonomi, sosial budaya dan hak pembangunan ialah...
A. hak yang terpisah satu sama lain dalam penerapan, pelaksanaan dan pemantauannya
B. hak yang mempunyai landasan aturan turunan dari UUD’45 dalam penerapan, pelaksanaannya, tetapi tidak pada pemantauannya
C. hak yang dalam penerapan, pelaksanaan dan pemantauannya tunduk sepenuhnya pada kemauan politik masyarakat tanpa campur tangan pemerintah
D. satu kesatuan yang tidak sanggup dipisah-pisahkan baik dalam penerapan, pelaksanaan dan pemantauannya
Jawab:
D. Benar

15. Salah satu hak yang termasuk sebagai hak ekonomi yaitu hak...
A. hidup
B. jaminan sosial
C. kesehatan
D. kemerdekaan mengeluarkan pikiran dengan ekspresi dan tulisan
Jawab:
B. Benar

16. Implementasi demokrasi dan HAM tidak akan bermakna dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat apabila tidak ditunjang dengan penegakan aturan dalam bidangnya, untuk itu, harus diciptakan budaya...
A. disiplin
B. hukum
C. pembelajar
D. politik
Jawab:
B. Benar

17. Pemerintahan oleh, dari, dan untuk rakyat di penggalan wilayah suatu negara bangsa melalui lembaga-lembaga pemerintahan formal yang berada di luar pemerintah pusat, yaitu definisi dari....
A. desentralisasi
B. otonomi daerah
C. deserius
D. kiprah pemmenolongan
Jawab:
B. Benar

18. Menurut paradigma politik, otonomi birokrasi publik mustahil ada dan tidak akan berkembang lantaran dari rezim yang berkuasa ada kepentingan....
A. sosial
B. budaya
C. keilmuan
D. politik
Jawab:
D. Benar

19. Dalam pemerintahah RI, paradigma birokrasi yang sentralistik sudah terbina begitu usang dan mendalam bagi beberapa pegawanegeri kunci di instansi pemerintah daerah; untuk itu perlu dilakukan....
A. kebijakan pemilihan kepala kawasan (pilkada) spesialuntuk mengizinkan dari kalangan konsultan atau akademisi untuk memimpin daerahkebijakan pemilihan kepala kawasan (pilkada) spesialuntuk mengizinkan dari kalangan konsultan atau akademisi untuk memimpin daerah
B. penataan lingkungan hidup di daerah
C. penerapan sistem birokrasi mesin secara konsisten pada instansi pemerintah daerah
D. reformasi manajemen publik di daerah
Jawab:
D. Benar

20. Pada era otonomi kawasan maka orientasi kinerja pemerintahan sepatutnya mengedepankan kinerja pada ....
A. hasil pertama
B. proses
C. input
D. tujuan
D. Benar

21. Salah satu subbagian dari elemen visi atau misi dalam pengembangan kapasitas pemerintahan (capacity building) adalah...
A. akuntabilitas publik
B. pengembangan moral dan etos kerja
C. penyusunan planning strategis institusi pemerintahan
D. pengembangan jejaring Kabupaten/Kota
Jawab:
C. Benar

22. Penyebab perang berdasarkan konsep ‘dunia yang mengerut’ yaitu perang sanggup terjadi akibat....
A. kemajuan teknologi transportasi yang memacu percepatan komunikasi antarmanusia sehingga insan menjadi saling tergantung dalam seluruh aspek kehidupannya dan simpel terpengaruh akan adanya peperangan mengingat dunia terasa makin sempit
B. kemajuan ilmu pengetahuan teknologi telekomunikasi menyebabkan wangsit dan pendapat umum/opini mempercepat perubahan sosial
C. kemajuan metode persenjataan, perang menjadi total samasukan penghancuran tidak spesialuntuk instalasi militer, tetapi tiruana yang ada di wilayah negara
D. peningkatan demokrasi dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat, membuat sebagian masyarakat merasa terancam kenyamanan dan kemakmurannya
Jawab:
A. Benar

23. Komponen dasar dari sishankamrata yang berfungsi untuk donasi rakyat dan melalui mobilisasi yaitu ..
A. TNI
B. Cadangan TNI
C. Perlindungan rakyat (linmas)
D. Rakyat Terlatih
Jawab:
D. Benar

24. Perjuangan mengusir penjajah dalam perang kemerdekaan RI tahun 1945-tahun 1949, salah satunya dilakukan melalui....
A. TKR
B. pertolongan negara-negara asia dan afrika
C. Kekuatan diplomatik semata
D. pendidikan
Jawab:
A. Benar

25. Konteks bela negara mencakup beberapa aspek tiruana bidang kehidupan tersebut (pancagatra) yang menjadi tanggung jawaban....
A. Setiap masyarakat negara
B. Pemerintah Pusat
C. Pemerintah Daerah
D. Organisasi Kepemudaan
Jawab:
A. Benar

26. Adanya keikutsertaan seluruh masyarakat Negara sesuai kemampuan dalam komponen kekuatan hankamnas yaitu cerminan salah satu sifat sistem hankamnas, yaitu ...
A. kesemestaan
B. kewilayahan
C. kerakyatan
D. kenegaraan
Jawab:
C. Benar

27. Kebijakan pemisahan Kepolisian RI dari ABRI dianggap sangat tepat, atas dasar pertimbangan...
A. menghindari kesalahan penanganan problem politik dalam kehidupan masyarakat sipil
B. menghindari kericuhan politik nasional
C. menghemat biaya operasional pertahanan keamanan negara
D. sentralisasi komando pertahanan di tengah Presiden RI
Jawab:
A. Benar

28. Untuk mencapai tujuan menumbuhkan kesadaran bela negara serta kemampuan berpikir secara komprehensif integral melalui pendidikan kewargguagaraan, maka pendidikan kewargguagaraan mengulas....
1). wawasan nusantara
2). ketahanan nasional
3). politik dan taktik nasional
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1 , 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

29. Peran wawasan nusantara yaitu sebagai...
1). geopolitik bangsa Indonesia
2). sistem politik bangsa indonesia
3). geostrategi bangsa Indonesia
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

30. Ketahanan di bidang ekonomi ialah mata rantai terlemah di antara mata-mata rantai ketahanan nasional Indonesia, mengingat banyaknya kesusahan yang dihadapi dalam melaksanakan pembangunan ekonomi yang bersumber pada ciri-ciri struktur ekonomi bangsa Indonesia yakni sebagian....
1). besar rakyat hidup dari sektor pertanian yang gres memakai teknologi sederhana
2). produksi nasional berasal dari pertanian sehingga banyak bergantung kepada alam
3). ekspor berupa materi mentah yang banyak dipengaruhi oleh perubahan keadaan dunia
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

31. Dalam rangka training ketahanan nasional, seorang pemimpin bagi bangsa Indonesia yang majemuk, harus mempunyai sikap dan perilaku, antara lain....
1). harus berdiri di atas segala paham, golongan atau kelompok kepentingan di Indonesia
2). menindas rakyatnya yang tidak sama pendapat demi kepentingan stabilitas nasional
3). menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

32. Akibat globalisasi di mana kekerabatan umat insan yang semakin berpengaruh atau intens mempunyai dampak samping, antara lain....
1). tumbuhnya kesadaran hak asasi manusia
2). masyarakat Indonesia cenderung mulai banyak terkena penyakit degeneratif, contohnya jantung dan diabetes
3). demokratisasi dan kesadaran lingkungan hidup yang baik
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

33. Beberapa warta globalisasi yang harus dilihat dari sudut pandang Pancasila diantaranya ...
1). demokratisasi
2). penyatuan mata uang ASEAN
3). hak asasi manusia
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

34. Kelemahan-kelemahan gatra sumber kekayaan alam Indonesia, antara lain....
1). belum adanya data inventarisasi potensi dan penyebaran sumber kekayaan alam secara menyeluruh
2). belum sepenuhnya sumber kekayaan alam tersebut dimanfaatkan secara optimal
3). teknologi pengolahan yang masih rendah
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

35. Kritik bagi demokrasi sebagai pilihan pemerintahan, antara lain pemerintahan....
1). akan dikendalikan oleh orang-orang kelas menengah dan tidak paham kebijakan negara
2). mempersembahkan peluang untuk korupsi
3). ada manipulasi untuk kepentingan-kepentingan khusus politisi-politisi yang masuk dalam bulat dalam
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

36. Negara aturan sebagai salah satu unsur pendukung demokrasi mempunyai ciri-ciri....
1). ada jaminan donasi HAM
2). tidak ada pemisahan kekuasaan dalam negara
3). terdapat supremasi hukum
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

37. Pada masa kelompok kedua yakni pasca Perang Dunia II, pemikiran HAM mempunyai karakteristik diberikut ini...
1). hak yuridis kurang menerima perhatian
2). hak sosial budaya tidak menerima perhatian
3). hak politik cukup menonjol
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

38. Wacana kontekstualitas budaya dalam pelaksanaan hak asasi insan (HAM) dikemukakan oleh Soepomo pada 31 Mei 1945 di sidang BPUPKI bahwa dalam konsep negara integralistik, prinsip-prinsip fundamental HAM itu tidak akan cocok untuk diterapkan mengingat prinsip-prinsip fundamental HAM....
1). mengambil nilai-nilai budaya barat yang individualis
2). adanya jaminan terhadap HAM justru mencerminkan sikap ketidak percayaan dan curiga terhadap kekuasaan
3). mencerminkan kekuasaan musyawarah untuk mencapai mufakat pada tingkat masyarakat umum tetapi kurang merefleksikan bunyi elit politik
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
A. Benar

39. Secara operasional bentuk-bentuk hak asasi insan (HAM) yang terdapat dalam UU No. 39 Tahun 1999 wacana HAM, antara lain hak...
1). untuk hidup
2). berkeluarga dan melanjutkan keturunan
3). mengembangkan diri
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

40. Tindak kekerasan terhadap hak sosial ekonomi dan budaya, antara lain...
1). pelanggaran terhadap lingkungan hidup
2). pemiskinan secara struktural
3). proses pemiskinan
A. 1 dan2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

41. Peran capacity building sebagai taktik untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dan responsivitas kinerja forum pemerintah dalam mewujudkan otonomi daerah, antara lain....
1). organisasi semoga berfungsi lebih baik
2). perbaikan kualitas sumber daya manusia
3). perubahan konteks lingkungan yang diharapkan organisasi
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

42. Bentuk-bentuk persengketaan yang disebabkan oleh perbedaan pendapat, tujuan, dasar negara, terdiri dari persengketaan yang terjadi....
1). antarbangsa
2). di dalam negeri
3). dalam negeri yang menyangkut dasar negara
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

43. Penyebab sumber dari sebuah peperangan adalah...
1). perubahan dalam sistem nilai dan moral
2). perkembangan teknologi perang dengan ditemukannya senjata-senjata mutakhir
3). lahirnya manusia-manusia baru
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
A. Benar

44. Tahap persiapan dalam perang pembebasan nasional mencakup ....
1). pengadaan tes khusus
2). perusakan garis-garis komunikasi dan logistik
3). pencetusan kekacauan menjadi gerakan bersenjata di setiap daerah
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

45. Berikut ini yang ialah termasuk dalam sistem pertahanan yang berorientasi pada lingkungan suatu negara yaitu berorientasi matra...
1). psikis
2). maritim (maritim)
3). udara (dirgantara)
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
C. Benar

Download Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4111

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa dalam hal ini kami tidak spesialuntuk menyiapkan soal ini dalam bentuk artikel saja, namun kami sudah menyiapkan soal lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasannya dalam bentuk dokumen PDF yang bisa Anda download pribadi pada link dibawah ini. Nah diberikut ini bisa Anda download Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewargguagaraan lengkap dengan kunci jawabanannya.


Silahkan Anda pelajari tiruana soal-soal tersebut, pahami dan ingat-ingat jawabanan yang ada, lantaran besar kemungkinan akan keluar pada waktu ujian nantinya. Kami berharap dengan adanya soal ini bisa memmenolong Anda dalam mepeljari tiruana materi yang ada, dengan memanfaatkan waktu yang singkat, tentu cara ini akan lebih efektif dibandingkan dengan menghafal pribadi materi pada modul Anda.

Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewargguagaraan, semoga soal ini bisa memmenolong Anda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian final semester nantinya. Jangan lupa untuk merekomendasikan blof soal uas ut ini pada mitra Anda yang lainnya. Dan tidakboleh lupa juga untuk menyebarkan tiruana soal kami pada kawan-kawan Anda yang membutuhkan. Jika Anda mengalami kesusahan atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, tidakboleh sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgpaud Mkdu4111 Pendidikan Kewarganegaraan Beserta Kunci Jawaban"

Back To Top