loading...
Soal ujian UT PGSD PDGK4306 Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan lengkap dengan kunci jawabanan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) S1 PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) yang kini ini sedang menempuh pendidikan pada semester 7. Pada artikel kami sebelumnya, kami sudah memposting lengkap Soal Ujian UT PGSD Semester 6, serta kunci jawabanan dan pembahasan solanya. Untuk peluang ini kami akan mengulas lengkap untuk Anda Soal Ujian UT PGSD Semester 7 yang sudah kami siapkan dan tentunya bisa Anda pelajari nanti untuk persiapan materi dalam mengikuti ujian simpulan semester nantinya. Seperti yang selalu kami sampaikan, bahwa kami tidak memisahkan soal dan kunci jawabanan, jadi sangat memungkinkan Anda bisa pribadi mencar ilmu secara online. Selain artikel, kami juga sudah menyiapkan soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda download secara pribadi pada simpulan soal.Soal UT PGSD yang kami bagikan ini bisa menjadi materi mencar ilmu Anda sebelum ujian simpulan semester dimulai. Kami tahu bahwa banyaknya mata kuliah yang akan diujiankan dan ditambah pertemuan atau tutorial yang spesialuntuk dilakukan beberapa kami dalam satu semester mengharuskan Anda selaku Mahasiswa ekstra dalam mempelajari materi secara mandiri. Oleh alasannya yaitu itu tentunya, Anda tak akan sanggup kalau harus mencar ilmu tiruana mata kuliah dan materi tersebut. melaluiataubersamaini memanfaatkan tes menyerupai ini yang mana sudah dilengkapi oleh kunci jawabanan dan pembahasan soal, memungkinkan Anda bisa mencangkup tiruana materi pada modul Anda.
Soal Ujian UT PGSD Semester 7 lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4306 Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4401 Materi dan Pembelajaran PKn SD
- Soal Ujian UT PGSD MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik
- Soal Ujian UT PGSD MKDK4005 Profesi Keguruan
- Soal Ujian UT PGSD PEMA4210 Statistika Pendidikan
- Soal Ujian UT PGSD PKNI4317 Hak Asasi Manusia
Soal Ujian UT PGSD Semester 7 yang kami bagikan ini ialah hasil dari rangkuman materi pada modul dan soal-soal. Kaprikornus sangat besar kemungkinan bahwa soal yang akan keluar pada waktu ujian simpulan semester nantinya akan sama menyerupai soal yang sedang Anda pelajari, hal ini sudah dibuktikan oleh kawan-kawan Mahasiswa yang lainnya.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4306 Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan Beserta Kunci Jawaban
Untuk melihat kumpulan lengkap dari soal-soal untuk jurusan S1 Pendidikan SD lengkap dari semester 1 hingga semester 10, Anda bisa pribadi menuju ke artikel kami sebelumnya Soal Ujian UT PGSD. Nah diberikut ini kami bagikan pada Anda Soal Ujian UT PGSD PDGK4306 Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.Soal Ujian UT PGSD PDGK4306
1. Tahap pengalaman aktual ialah tahap pertama dalam kejadian belajar, yakni ketika seseorang sanggup mengalami kejadian atau kejadian sebagaimana adanya. Pernyataan tersebut ialah tahapan mencar ilmu sesuai dengan Teori Humanistik yang dikemukakan oleh....A. Mumford
B. Habermas
C. Honey
D. Kolb
Jawab:
D. benar, tahap pengalaman aktual ialah tahap pertama dalam kejadian belajar
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 1 kb 1.
2. Pak Joko mengajar di kelas III SD. Pak Joko menugaskan anak untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan melalui pengamatan. Dari kegiatan tersebut pembelajaran yang dilakukan ialah contoh....
A. membimbing anak mencar ilmu aktif
B. menentukan materi pembelajaran
C. mengidentifikasi kemampuan penerima didik
D. mengevaluasi proses dan hasil belajar
Jawab:
A. benar, menugaskan anak untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungannya ialah contoh membimbing anak mencar ilmu aktif
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 1 kb 1.
3. Pendidikan ialah proses sosial bagi anak untuk menjadi bab yang aktif dan partisipatif dalam masyarakat. Pernyataan tersebut sesuai dengan teori pembelajaran yang dikemukakan oleh....
A. Honey
B. John Dewey
C. Mumford
D. Ausbel
Jawab:
B. benar, John Dewey mengambarkan pendidikan ialah proses sosial bagi anak untuk menjadi bab yang aktif
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 1 kb 2.
4. Dalam cara pandang pendidikan tradisional, guru memegang kendali dalam pembelajaran. Sedangkan pada cara pandang progresif guru bertindak sebagai diberikut, kecuali....
A. fasilitator
B. pengayom
C. mitra berdiskusi
D. pemdiberi hukuman
Jawab:
D. benar, kiprah guru tidak sebagai pemdiberi hukuman
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 1 kb 2.
5. Pandangan sosiokultural konstruktivisme Teori Vygotsky yang menekankan kemandirian yaitu siswa belajar....
A. untuk menuntaskan kiprah yang kompleks dengan memakai media
B. berdasarkan konsep
C. melalui pemecahan masalah
D. dengan orang remaja dan mitra sebaya
Jawab:
A. benar, Vygotsky memandang sosiokultural konstruktivis yang menekankan kemandirian, yaitu untuk menuntaskan kiprah yang kompleks dengan memakai media
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 1 kb 3.
6. Evaluasi mencar ilmu yang mengacu pada Teori Vygotsky menganjurkan pengetesan lapisan bawah dan lapisan atas zona perkembangan untuk....
A. mengetahui tingkat status dan kemampuan mencar ilmu siswa ketika ini
B. menilai pemahaman anak yang lalu
C. mengukur kemampuan anak yang akan hadir
D. menilai keterampilan dan pemahaman yang dimiliki anak
Jawab:
A. benar, yaitu mengetahui tingkat status dan kemampuan mencar ilmu siswa ketika ini
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 1 kb 3.
7. Pada kegiatan pembelajaran IPA kelas III SD, belum dewasa ditugaskan untuk mengamati dan menggolongkan hewan yang menyusui dan memakan daging. Dalam kegiatan tersebut guru berperan sebagai....
A. konselor
B. penyuluh
C. fasilitator
D. pemimpin
Jawab:
C. benar, memfasilitasi kegiatan yang dilakukan oleh si
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 1 kb 3.
8. Ki Hajar Dewantara beropini bahwa pendidikan mempunyai arah dan tujuan. Artinya, pendidikan bertujuan untuk memenuhi....
A. kepentingan pemerintah
B. kepentingan golongan
C. menghilangkan kemiskinan
D. menanggulangi kebodohan dan kemiskinan
Jawab:
D. benar, menganggulangi kebodohan dan kemiskinan
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 1 kb 4
9. Peran guru dalam proses mencar ilmu sistem pondok yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu sebagai diberikut, kecuali....
A. mencetak pemimpin yang digugu
B. menghasilkan seorang intelektual
C. mengembangkan kondisi dan suasana pondok
D. mentransfer ilmu pengetahuan pada penerima didik
Jawab:
D. benar, kiprah guru tidak spesialuntuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada penerima didik
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 1 kb 4.
10. Tokoh yang mengungkapkan bahwa kebudayaan ialah satu kesatuan dan bukan jumlah dari bagian-bagian adalah....
A. E.B. Taylor
B. Tilaar
C. Talcott
D. Selo Sumarjan dan Soelaeman
Jawab:
B. benar, berdasarkan Tilaar, kebudayaan ialah satu kesatuan dan bukan jumlah dari bagian-bagian
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 2 kb 1.
11. Wujud kebudayaan yang ialah sistem tingkah laris dan tindakan yang berpola dikemukakan oleh....
A. Koentjaraningrat
B. J.J. Honingmam
C. Talcott
D. Tilaar
Jawab:
A. benar, wujud kebudayaan yang ialah sistem tingkah laris dan tindakan yang berpola
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 2 kb 1.
12. Pelanggaran terhadap suatu norma yang tidak membawa akhir yang tidak sama dalam masyarakat yaitu folkway. Pernyataan tesebut ialah pendapat dari....
A. Talcott
B. Krober
C. J.J. Honingmam
D. W.G. Summer
Jawab:
D. benar, pelanggaran terhadap suatu norma yang tidak membawa akhir yang tidak sama dalam masyarakat
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul2 kb 1.
13. Pakaian, perumahan, dan alat rumah tangga ialah peralatan hidup manusia. Pernyataan tersebut yaitu unsur pokok kebudayaan yang dikemukakan oleh....
A. Melvile
B. Bronislaw
C. Kluckhohn
D. Ferdinan Tonies
Jawab:
C. benar, pakaian, perumahan, dan alat rumah tangga ialah peralatan hidup manusia
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 2 kb 2.
14. Dilihat dari religi, unsur kebudayaan Ralp Linton sanggup diwujudkan pada saat....
A. melaksanakan upacara keagamaan
B. melaksanakan kolaborasi dengan orang lain
C. menkomunikasikan ide
D. mengungkapkan aneka macam perasaan
Jawab:
A. benar, dilihat dari religi unsur kebudayaan sanggup diwujudkan pada ketika melaksanakan upacara keagamaan
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 2 kb 2.
15. Membiasakan anak untuk berdoa sebelum melaksanakan kegiatan dan mencuci tangan sebelum makan ialah contoh norma kebudayaan yang mencerminkan....
A. pendidikan
B. tata tertib
C. berestetika
D. bersosialisasi
Jawab:
A. benar. Membiasakan anak berdoa sebelum melaksanakan kegiatan dan mencuci tangan sebelum makan
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 2 kb 2.
16. Pernyataan yang menyatakan bahwa kiprah keluarga yaitu pewaris kebudayaan ialah pendapat dari....
A. Ki Hajar Dewantara
B. D'Antonio
C. Zimmerman
D. Tylor
Jawab:
A. benar, kiprah keluarga yaitu pewaris kebudayaan
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 2 kb 3.
17. Salah satu peranan pendidikan dalam kebudayaan yang mengadakan pembauran antaretnis adalah....
A. krisis
B. serius
C. inovasi
D. asimilasi
Jawab:
D. benar, peranan pendidikan dalam kebudayaan yang mengadakan pembauran antaretnis
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 2 kb 3.
18. Proses kebudayaan yang dilakukan secara temporer, yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan ialah tata susunan pembudayaan secara....
A. informal
B. nonformal
C. horisontal
D. vertikal
Jawab:
C. benar, proses kebudayaan yang dilakukan secara temporer, yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 2 kb 3.
19. Arah gres pendidikan menuju demokrasi berdasarkan pandangan Theodore Brubacher yang mengambarkan bahwa insan dan masyarakat senantiasa berubah, baik perubahan yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan mengacu pada prinsip....
A. pembangunan prinsip kesetaraan
B. pemberdayaan bangsa
C. kondisi masyarakat yang pluralistik
D. perencanaan pendidikan
Jawab:
D. benar, bahwa insan dan masyarakat senantiasa berubah, baik perubahan yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul3 kb 1.
20. Pembudayaan dan pemberdayaan sistem, iklim, dan proses dalam pendidikan nasional yang demokratis dan mengutamakan mutu dalam perspektif nasional dan global ialah misi jangka....
A. pendek
B. periodik
C. menengah
D. panjang
Jawab:
D. benar, melaksanakan pembudayaan dan pemberdayaan sistem, iklim, dan proses pendidikan nasional yang demokratis dan mengutamakan mutu dalam perspektif nasional dan global
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 3 kb 1.
21. Yang dimaksud kolaborasi dengan perjuangan dan industri dalam rangka demokrasi pendidikan berdasarkan Tilaar adalah....
A. mempersembahkan peluang siswa untuk memakai kemudahan industri untuk praktik
B. mengembangkan pendidikan alternatif
C. mendayagunakan institusi sebagai wahana pembelajaran
D. membuat suasana untuk penunjang pendidikan
Jawab:
A. benar, mempersembahkan peluang siswa untuk memakai kemudahan industri untuk praktik
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 3 kb 1.
22. Konsep pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang mengacu pada kebermaknaan dan kebermanfaaan bagi penerima didik yaitu pembelajaran yang....
A. mempunyai manfaat yang sanggup diterapkan pada kehidupan
B. menumbuhkan keterbukaan
C. memmenolong penerima didik memecahkan masalah
D. memenuhi kebutuhan penerima didik
Jawab:
A. benar, mempunyai manfaat yang sanggup diterapkan pada kehidupan
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 3 kb 2.
23. Prinsip pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang mengulas kegiatan pembelajaran dan diupayakan mempunyai nilai strategis bagi penerima didik sehingga mempunyai kegampangan untuk sanggup dijangkau oleh penerima didik adalah....
A. mencar ilmu terus menerus
B. determinasi diri
C. mencar ilmu terpadu
D. lokalisasi
Jawab:
A. benar, prinsip pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang mengulas kegiatan pembelajaran dan diupayakan mempunyai nilai strategis bagi penerima didik
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 3 kb 2.
24. Menurut UU No. 2 Tahun 2003 wacana Sisdiknas, satuan pendidikan yang dibuat atas dasar pendekatan dan kebutuhan masyarakat yang berorientasi pada keagamaan Islam adalah....
A. petes
B. kursus
C. kelompok belajar
D. majelis taklim
Jawab:
D. benar, satuan pendidikan yang dibuat atas dasar pendekatan dan kebutuhan masyarakat yang berorintasi pada keagamaan Islam
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 4 kb 1.
25. Nugroho setelah putus sekolah perlu membekali diri dengan mencar ilmu kepada orang lain yang mempunyai pengetahuan yang lebih, yaitu cara membudidayakan flora bunga, sehingga dengan kemampuan yang dimiliki sanggup meningkatkan kesejahteraan. misal tersebut mencerminkan pendidikan....
A. keterampilan
B. kepemudaan
C. kesetaraan
D. kecakapan hidup
Jawab:
D. benar, setelah putus sekolah, perlu membekali diri dengan mencar ilmu kepada orang lain yang mempunyai pengetahuan lebih, yaitu cara membudidayakan flora bunga, sehingga dengan kemampuan yang dimiliki sanggup meningkatkan kesejahteraan
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 4 kb 1.
26. Salah satu contoh yang sangat besar lengan berkuasa dalam proses mencar ilmu dengan pendekatan pedagogi yaitu pengalaman ...
A. Guru
B. Orang tua
C. Sekolah
D. Anak
Jawab:
D. benar, salah satu contoh yang sangat besar lengan berkuasa dalam proses mencar ilmu dengan pendekatan pedagogi
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari Modul4 KB 2.
27. Peserta didik ialah sumberpengalaman sehingga metode pemindahan gosip ialah yang paling lebih banyak didominasi dalam pendekatan pedagogi. Untuk pernyataan tersebut diperlukan...
A. Motivasi belajar
B. Kesiapan belajar
C. Kebutuhan belajar
D. Peran pengalaman
Jawab:
D. benar, penerima didik ialah sumber pengalaman, sehingga metode pemindahan gosip ialah yang paling dominan
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajarimodul 4 kb 2
28. Tahap- tahap keberhasilan proses pembelajaran orang remaja yaitu sebagai diberikut, kecuali...
A. Merumuskan tujuan belajar
B. Menciptakan iklim mencar ilmu yang cocok
C. Melaksanakan kegiatan belajar
D. Mengutamakan kepentingan masing- masing
Jawab:
D. salah, Karena jawabanan ini ialah jawabanan yang tidak adahubungannya dengan soal
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 4 kb 2.
29. Dalam pelajaran kesenian diperkenalkan macam- macam tarian daerah. Hal ini termasuk pembelajaran multikultural menyerupai yang dikemukakan oleh....
A. Tilaar
B. Taylor
C. Ki Hajar Dewantara
D. UNESCO
Jawab:
B. benar, Tylor memberikan proses pembelajaran tidak terlepas dari keragaman budaya yang dimiliki penerima didik
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 7 kb 1.
30. Yang dimaksud dengan kiprah guru haruslah menjadi model dalam menerapkan nilai- nilai sebagai inti kebudayaan, diantaranya meliputi....
A. Tata tertib di sekolah harus diadaptasi dengan sopan santun setempat
B. Tindakan dan berperilaku baik selama di dalam maupun di luar kelas
C. Kurikulum yang diadaptasi dengan kemampuan siswa
D. Memperkenalkan macam- macam kebudayaan yang ada di setiap daerah
Jawab:
B. benar, pendidik harus menjadi seorang model dan sekaligus menjadi mentor
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 7 kb 1.
31. Pendidikan ialah suatu proses yang berkesinambungan. Yang artinya bahwa....
A. Kurikulum yang ada kini ialah kurikulum yang sudah ada semenjak doloe
B. Penyempurnaan acara harus dilaksanakan secara pereodik
C. Dalam memberikan materi pelajaran harus diadaptasi dengan kebutuhan siswa
D. Pembuatan kurikulum harus diadaptasi dengan tuntutan zaman
Jawab:
D. benar, pendidikan ialah proses yang berkesinambungan
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 7 kb 2.
32. Strategi introspektif ialah taktik yang sanggup dipakai dalam pembelajaran perdamaian di dalam kelas, dengan cita-cita siswa dapat....
A. Menerima keberadaan kawan- mitra di kelasnya
B. Memilih situasi yang ada di lingkungannya
C. Menyesuaikan diri dengan kawan-kawannya
D. Mengikuti pelajaran dengan baik
Jawab:
B. benar, menentukan situasi yang ada dilingkungannyA. Dalam hal ini siswa sanggup mengikuti keadaan sesuai dengan yang diharapkan
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini perlu mempelajari modul 7 kb 2.
33. Metode yang sanggup dijadikan contoh dalam memberikan materi pembelajaran di antaranya adalah....
A. Pemdiberian tugas
B. Tanya jawaban
C. Demonstrasi
D. Karyawisata
Jawab:
D. benar, dengan karyawisata siswa sanggup saling membuatkan rasa dan mengenal mitra maupun lingkungannya
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 7 kb 2.
34. Yang dimaksud dengan mencar ilmu wacana hak- hak asasi insan diantaranya yaitu mencar ilmu untuk....
A. Memperlakukan yang adil terhadap manusia
B. Mengetahui kebutuhan- kebutuhan sesama manusia
C. Menghargai keberadaan orang lain
D. Mengetahui kewajiban kita sebagai masyarakat masyarakat
Jawab:
A. benar, mencar ilmu wacana nilai- nilai inti hak asasi manusia
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 7 kb 2.
35. Yang dimaksud dengan kegiatan utama dalam pengelolaan pembelajaran multikultural, diantaranya yaitu menyerupai di bawah ini, kecuali....
A. Mempersiapkan siswa dalam kegiatan pembelajaran
B. Agar siswa sanggup mengetahui keterampilan yang akan dicapai
C. Mempergampang menyiapkan mental anak
D. Guru sanggup menyiapkan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran
Jawab:
C. benar, alasannya yaitu bukan termasuk dalam kegiatan utama
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 7 kb 3.
36. Guru memberikan tujuan- tujuan mencar ilmu yang hendak dicapai siswa. Hal tersebut ialah kegiatan ....
A. Penlampauan
B. Utama
C. Analisis
D. Perkenalan
Jawab:
B. benar, ialah kegiatan utama
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 7 kb 3.
37. Seorang dianggap mempunyai kecakapan personal kalau orang tersebut mampu....
A. Menyesuaikan diri dengan lingkungan
B. Menghargai kelebihan maupun belum sempurnanya orang lain
C. Membimbing diri sendiri sesuai dengan kemampuannya
D. Menguasai kemampuan akademik yang memadai
Jawab:
C. benar, ialah kecakapan personal
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 8 kb 1.
38. Menurut Sondra Stein, Kategori standar yang perlu dipersiapkan wacana kecakapan hidup bagi orang dewasa, di antaranya adalah....
A. selalu mencar ilmu untuk mendapatkan ilmu yang baru
B. Dapat mengikuti keadaan dengan lingkungan
C. Menjadi teladan bagi anak- anaknya
D. Membimbing bagi yang lebih muda
Jawab:
A. benar, selalu mencar ilmu semoga tidak ketinggalan
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 8 kb 1.
39. Yang dimaksud kecakapan hidup pribadi/menurut Broling yaitu apabila seseorang dapat....
A. Membagi waktunya dengan baik antara tugasnya sebagai anggota masyarakat dengan kiprah profesionalnya
B. Membimbing dirinya sendiri semoga sanggup menuntaskan masalahnya sebaik mungkin
C. Mempunyai kepercayaan diri sanggup menghadapi tantangan zaman yang semakin maju
D. Melakukan pekerjaan sebaik mungkin semoga menerima kepercayaan dari atasan tempat kerjanya
Jawab:
A. benar, menyerupai yang disampaikan Broling
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 8 kb 2.
40. Pendidikan berbasis luas merupkan pendekatan yang mempunyai karakteristik bahwa....
A. Pendidikan menjangkau seluruh lapisan masyarakat
B. Masyarakat di pelosok pedesaan juga mendapatkan pendidikan formal
C. Pendidikan mempersembahkan fondasi yang kuat dan fundamental pada siswa
D. Pembelajaran didiberikan secara menyeluruh
Jawab:
C. benar, menyerupai yang dikemukakan Wardiman
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 8 kb 3.
41. Strategi renung- latih- telaah pada pembelajaran bermaksud semoga siswa....
A. Memahami diri sendiri sehingga sanggup menjalankan tugasnya sesuai dengan kemampuan
B. Mengembangkan kemampuannya sesuai dengan talenta serta minatnya
C. Melatih keterampilannya semoga mencapai hasil terbaik
D. Memilih salah satu keterampilan yang menjadi minatnya
Jawab:
A. benar, ialah taktik renung- latih- telaah
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini pelajari modul 8 kb 3.
42. Pembelajaran partisipasif pada tahap perencanaan dimaksudkan agar....
A. Siswa sanggup mengetahui rancangan pembelajaran dari guru
B. Siswa mempersembahkan masukan pada guru wacana mater pelajaran yang diperlukan
C. Gurumempersembahkan alternatif pembelajaran yang akan didiberikan
D. Guru ikut menentukan pembuatan kurikulum
Jawab:
B. benar, ialah tahap perencanaan pada konsep pembelajaran partisipatif
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 9 kb 1.
43. Salah satu ciri dari pembelajaran partisipatif terlihat apabila....
A. Pendidik berperan aktif dalam pembelajaran
B. Siswa merasanyaman dan termotivasi ketika pembelajaran
C. Pembelajaran berjalan dengan lancar
D. Siswa diikutsertakan dalam pembuatan kurikulum
Jawab:
B. benar, salah satu ciri pembelajaran partisipatif pendidik mempersembahkan motivasi terhadap pesertadidik
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 9 kb 1.
44. Iklim mencar ilmu diciptakan pendidik dengan maksud agar....
A. Antara pendidik dan penerima didik sanggup terjalin kebersamaan
B. Dapat tercapai tujuan mencar ilmu menyerupai yang diharapkan
C. Peserta didik lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran
D. Kelas lebih terlihat tertib pada waktu pembelajaran berlangsung
Jawab:
A. benar, memmenolong penerima didik dalam membuat iklim belajar
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini pelajari modul 9 kb 1.
45. Jika dilihatdari proses, yang dimaksud dengan pendekatan pembelajaran kontekstual di antaranya adalah....
A. Dalam mendapatkan materi pelajaran, siswa diharapkan sanggup menerapkannya dalam kehidupan sehari- hari
B. Guru dalam memberikan pembelajaran harus melalui tahapan-tahapan tertentu
C. Materi pelajaran yang akan disampaikan guru perlu memperhatikan karakteristik setiap siswa
D. Pembelajaran berlangsung dimulai dengan mengambarkan hal- hal yang sifatnya sederhana terlebih lampau
Jawab:
A. benar, ialah proses pendekatan pembelajaran kontekstual
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 9 kb 2.
46. Perbedaan antara kontekstual dengan pembelajaran konvensional dilihat dari acara siswa terlihat ketika....
A. Pembelajaran kontekstual melibatkan siswa secara aktif
B. Pembelajaran konvensional melibatkan siswa lebih aktif
C. Guru berperan aktif dalam pembelajaran kontekstual
D. Guru spesialuntuk sebagai pembimbing dalam pembelajaran konvensional
Jawab:
A. benar, ialah acara siswa dalam pembelajaran kontekstual
Pembahasan:
Untuk menjawaban soal ini pelajari modul 9 kb 2.
47. Pembelajaran kontekstual yang didasarkan pada konsktruksivisme bercirikan....
A. Pembelajaran berpusat pada guru sebagai pendidik
B. Siswa aktif mengembangkan pengetahuan yang diperoleh di kelas
C. Guru mengkonstruksi pengetahuan
D. Antara siswa dan guru sama- sama mengkonstruksi pengetahuan
Jawab:
B. benar, ciri dari pembelajaran kontekstual berdasarkan konstruksivisme
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 9 kb 2.
48. Belajar berdikari pada orang remaja berdasarkan pendapat Knowles menekankan pada....
A. Penguasaan materi yang lebih mendalam
B. Kesadaran untuk mencar ilmu lebih baik
C. Menerapkan pengalaman sehari - hari sebagai sumber pengetahuan
D. Kebutuhan pengetahuan yang tidak sama- beda dengan pada waktu anak-anak
Jawab:
C. benar, Pendapat Knowles point 2
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 9 kb 3.
49. Terbuka terhadap setiap peluang mencar ilmu ialah salah satu faktor yang mensugesti kesiapan mencar ilmu mandiri. Artinya, si pelajar harus....
A. Kreatif dalam mengolah pengetahuan
B. Menimba pengalaman terhadap orang sanggup memperoleh pengetahuan
C. Mampu melihat orang lain semoga sanggup memperoleh sukses
D. Didorong rasa keingintahuannya terhadap ilmu yang baru
Jawab:
D. benar, ialah salah satu faktor yang mensugesti kesiapan mencar ilmu mandiri
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 9 kb 3.
50. Menurut Rogers pendidik sanggup berperan sebagai fasilitator dengan tugasnya....
A. Menyiapkan planning pembelajaran sesuai dengan kemampuan anak
B. Memotivasi siswa agarlebih praktis mendapatkan pembelajaran
C. Merencanakan media yang diharapkan dalam pembelajaran
D. Mempersiapkan mental siswa untuk mendapatkan pembelajaran
Jawab:
B. benar, ialah kiprah pendidikan sebagai fasilitator
Pembahasan:
Untuk menjawaban pertanyaan ini pelajari modul 9 kb 3.
Download Soal Ujian UT PGSD PDGK4306
Untuk megampangkan Anda dalam menyimpan soal-soal pada artikel ini, kami sudah menyiapkan soal dalam bentuk dokumen PDF yang mana sudah kami sampaikan diatas bahwa file bisa Anda download pribadi untuk nanti dipelajari dirumah sebelum ujian simpulan semester dimulai. Nah diberikut ini kami bagikan untuk Anda link Download Soal Ujian UT PGSD PDGK4306 Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.Kami berharap dengan adanya soal-soal menyerupai ini bisa atau sanggup megampangkan Anda dalam mempelajari dan memahami tiruana materi pada modul. Agar nantinya bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.
Sekian artikel terkait soal ujian UT PGSD PDGK4306 Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan, semoga soal yang kami bagikan ini bisa memmenolong Anda dalam menyiapkan diri Anda untuk mengikuti ujian simpulan semester nantinya. Jangan lupa untuk membuatkan soal ini pada mitra Anda yang lainnya, dan merekomendasikan blog kami. Jika Anda ada pertanyaan terkait konten yang ada pada blog soal uas ut ini silahkan sampaikan pada kolom komentar atau hubungi kami melalui halaman Contact, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgsd Pdgk4306 Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan Beserta Kunci Jawaban"