Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4407 Pengelolaan Aktivitas Pengembangan Aud Beserta Kunci Jawaban

loading...
Soal ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD beserta kunci jawabanan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) jurusan S1 PGPAUD (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini). Pada artikel kami sebelumnya, sudah menyebarkan lengkap Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4403 Seni Keterampilan Anak. Seperti yang selalu kami sampaikan untuk Anda terkait soal yang kami bagikan pada blog soal uas ut ini, bahwa tiruana soal yang kami bagikan yaitu hasil dari rangkuman soal-soal pada modul dan materi, jadi tentunya besar kemungkinan jikalau Anda mempelajari soal-soal ini Anda bisa memahami materi yang ada pada modul secara cepat.

Banyaknya Mata Kuliah yang harus diujiankan belum lagi ditambah Anda mengulang Mata Kuliah sebelumnya, tentu Anda akan sangat direpotkan untuk mempelajari tiruana materi Mata Kuliah Anda. Tutorial tatap muka yang spesialuntuk dilakukan beberapa kali saja dalam satu semester tentu tak banyak memmenolong Anda untuk menguasai materi yang ada. Untuk itu mempelajari soal-soal ujian menyerupai ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal akan lebih megampangkan Anda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian selesai semester nantinya.

Soal UT PGPAUD ini tak spesialuntuk kami posting dalam bentuk artikel saja, namun kami juga sudah mempersiapkan soal ini dalam bentuk file PDF yang mana bisa Anda unduh pribadi pada link di selesai artikel ini. melaluiataubersamaini mempelajari soal dan mengingat kunci jawabanannya akan lebih mempersiapkan diri Anda dalam mengikuti ujian akir semester nantinya.

Soal Ujian UT PGPAUD Semester 8 lainnya:
  1. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4403 Seni Keterampilan Anak
  2. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD
  3. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4409 Kurikulum PAUD
  4. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4405 Profesionalitas Guru PAUD
  5. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4406 Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini
  6. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4408 Komputer dalam Kegiatan Pengembangan AUD

Soal Ujian UT PGPAUD yang kai bagikan ini sangat besar kemungkinan akan muncul atau sama persis dengan soal ujian selesai semester nantinya. Makara Anda sangat perlu memepelajari soal ini dan mengingat kunci jawabanannya, alasannya yaitu besar kemungkinan akan keluar soal yang sama pada waktu ujian selesai semester nantinya.

 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD beserta kunci jawabanan Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD Beserta Kunci Jawaban

Kami memposting lengkap kumpulan soal-soal ujian UT PGPAUD mulai dari semester 1 hingga dengan semester 9. Tak spesialuntuk soal saja, namun kami juga membagikan pola laporan UT dan hal lainnya yang berkaitan dengan Universitas Terbuka. Nah untuk melihat tiruana daftar soal untuk jurusan S1 PGPAUD silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD. Berikut ini kami bagikan pada Anda Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407

1. Menurut NAEYC, definisi pendidikan anak usia dini yaitu pendidikan yang ….
A. melayani anak usia lahir–8 tahun yang dilakukan di rumah maupun di luar rumah (suatu lembaga)
B. memmenolong anak usia 0–6 tahun untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangannya
C. menyediakan agenda petes untuk belum dewasa yang masih kecil
D. memfasilitasi perkembangan anak usia 3 – 6 tahun biar berkembang secara optimal
Jawab:
A. Benar, PAUD melayani anak usia lahir–8 tahun yang dilakukan oleh keluarga (rumah) maupun forum (instansi luar)
Pembahasan:
Pelajari modul 1 acara berguru 2 ihwal hakikat dalam pengelolaan acara di KB

2. Berikut yaitu tujuan khusus pengelolaan acara di Kelompok Bermain, kecuali….
A. mengembangkan pemahaman agama sedini mungkin
B. mempersembahkan pelayanan pada anak usia 2 – 4 tahun di Kelompok Bermain
C. mengembangkan agenda acara secara sistematik dan berkesinambungan
D. memfasilitasi pengembangan kemampuan anak usia 0 – 6 tahun
Jawab:
B. Pernyataan itu ialah tujuan umum pengelolaan acara di KB dan jikalau Anda menjawaban B maka Anda benar
Pembahasan:
Pelajari modul 1 acara berguru 2 ihwal tujuan dalam pengelolaan acara di KB

3. Anak-anak di forum PAUD dilatih untuk sanggup mandiri, disiplin dan bisa bersosialisasi serta mempunyai keterampilan dasar hidup. Hal tersebut memberikan salah satu prinsip PAUD, yaitu....
A. berorientasi pada kebutuhan anak
B. mengembangkan kecakapan hidup anak
C. merangsang seluruh aspek perkembangan anak
D. acara pengembangan dilakukan melalui bermain
Jawab:
B. Benar, pernyataan tersebut menggambarkan prinsip bahwa forum PAUD mengembangkan kecakapan hidup
Pembahasan:
Pelajari modul 1 Kegiatan Belajar 2 ihwal pendekatan dlm pengelolaan acara di KB

4. Tujuan pengelolaan acara pengembangan di Taman Penitipan Anak bagi orang tua, diantaranya yaitu ….
A. meningkatkan proses tumbuh kembang anak secara masuk akal untuk membentuk sumber daya insan berkarakter
B. mempersembahkan motivasi kepada masyarakat akan pentingnya pelayanan terpadu untuk anak usia lahir – 3 tahun
C. memmenolong memantapkan rangka fungsi keluarga khususnya dalam meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan anak
D. memmenolong anak mengembangkan jasmani dan keterampilannya
Jawab:
C. Benar, pernyataan itu ialah tujuan pengelolaan acara pengembnagan di TPA bagi orang tua
Pembahasan:
Pelajari modul 1 acara berguru 3 ihwal tujuan dalam pengelolaan acara di TPA

5. Pendekatan pengelolaan acara di TPA yang berdasar pada filsafat pendidikan, salah satunya yaitu asih yang ialah ….
A. tindakan untuk meningkatkan kondisi intelektual anak secara optimal, sehat dan berkarakter
B. tindakan untuk mewujudkan kualitas kepribadian dan jati diri anak
C. pendampingan dan donasi dan upaya mewujudkan pemenuhan kebutuhan anak usia dini
D. upaya untuk mewujudkan dan meningkatkan kualitas fisik anak usia dini
Jawab:
C. Benar, upaya pendampingan dan donasi dan mewujudkan pemenuhan kebutuhan anak disebut asih
Pembahasan:
Pelajari modul 1 acara berguru 3 ihwal pendekatan dalam pengelolaan acara di TPA

6. Salah satu kesepakatan Aksi Pendidikan untuk Semua (Education for All) menyatakan ihwal upaya memperluas dan memperbaiki keseluruhan perawatan dan pendidikan anak usia dini, terutama bagi belum dewasa yang...
A. sangat rawan dan kurang beruntung
B. cacat dan berkebutuhan khusus
C. terlantar dan yatim piatu
D. berbakat namun tidak bisa secara materi
Jawab:
A. Benar, upaya memperluas dan memperbaiki perawatan dan pendidikan ditujukan pada anak yang sangat rawan dan kurang beruntung
Pembahasan:
Pelajari modul 2 acara berguru 1 ihwal enam kesepakatan pelayanan pendidikan untuk tiruana

7. Pemerintah melalui Direktorat PAUD memfasilitasi dan memdiberi peluang pada seluruh rakyat yang mempunyai kemampuan baik finansial maupun administrasi untuk menyelenggarakan PAUD. Hal ini sesuai dengan seni administrasi pelayanan pendidikan untuk tiruana yang sudah disahkan, yaitu pada point ….
A. memanfaatkan kemampuan masyarakat untuk membangun pendidikan berkarakter
B. meningkatkan status, moral dan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan
C. menjamin keikutsertaan dan kiprah serta masyarakat madani dalam pembangunan pendidikan
D. mempromosikan kebijakan pendidikan untuk tiruana melalui kiprah serta masyarakat
Jawab:
C. Benar, pemerintah menjamin keikutsertaan dan peranserta masyarakat madani dalam membangun pendidikan di Indonesia
Pembahasan:
Pelajari modul 2 acara berguru 1 ihwal 12 seni administrasi pelayanan pendidikan untuk tiruana

8. Pada ketika inidiperkirakan jumlah anak usia dini sebanyak 26 juta lebih. Dari jumlah tersebut, yang sudah mendapat layanan pendidikan anak usia dini spesialuntuk sekitar 27 % sajA. Data tersebut termasuk dalam salah satu landasan dasar PAUD di Indonesia, yaitu landasan….
A. praktis
B. empiris
C. keilmuan
D. yuridis
Jawab:
B. Benar, data tersebut termasuk dalam landasan empiris, yaitu landasan menurut fakta yang terdapat di lapangan
Pembahasan:
Pelajari modul 2 acara berguru 1 ihwal landasan dasar PAUD di Indonesia

9. Peserta didik pada Taman Penitipan Anak yaitu sebagai diberikut, kecuali anak....
A. usia lahir – 4 tahun yang orang tuanya bekerja
B. usia lahir – 6 tahun yang tidak mendapat layanan PAUD
C. minimal berusia 8 tahun dan terlantar
D. sekurang-kurangnya berusia 3 bulan – 6 tahun
Jawab:
C. Benar, akseptor didik di TPA bukan belum dewasa yang berusia di atas 8 tahun meskipun belum dewasa ini terlantar
Pembahasan:
Pelajari modul 2 acara berguru 2 ihwal pedoman penyelenggaraan TPA

10. Masyarakat sanggup mengajukan rintisan agenda PAUD dengan mengirimkan proposal pendirian Lembaga PAUD kepada Direktorat PAUD dengan mengacu pada persyaratan yang sudah diputuskan. Pengajuan proposal ini bertujuan untuk....
A. memotivasi masyarakat dalam memperluas dan meningkatkan mutu layanan PAUD
B. meentengkan kiprah pemerintah dalam melaksanakan komitman pendidikan untuk tiruana
C. meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat ihwal pentingnya PAUD bagi mereka
D. memmenolong orang bau tanah biar menyerahkan pendidikan dan pengasuhan anaknya kepada masyarakat
Jawab:
C. Benar, pengajuan rintisan agenda bertujuan untuk memotivasi masyarakat dalam memperluas dan meningkatkan mutu layanan PAUD
Pembahasan:
pelajari modul 2 acara berguru 3 ihwal pengajuan (proposal) rintisan agenda PAUD

11. Guru perlu berhati-hati dalam dalam merencanakan dan mengorganisir ruang kelas dan peralatannya, karena....
A. kondisi ruangan kelas akan mempergampang guru dalam memberikan materi pembelajaran
B. suasana lingkungan selalu yang rapi dan teratur akan meningkatkan mutu layanan forum PAUD
C. faktor lingkungan sangat memilih kualitas agenda suatu forum PAUD
D. peralatan yang lengkap dan ruang kelas yang besar akan mempergampang guru mengelola pembelajaran dengan baik
Jawab:
C. Benar, faktor lingkungan apalagi yang direncanakan dan dikelola dengan baik sangat memilih kualitas agenda di forum PAUD
Pembahasan:
Pelajari modul 3 acara berguru 1 ihwal penggorganisiran dan pengelolaan lingkungan berguru indoor di forum PAUD

12. Guru yang bijaksana akan mempersembahkan label pada tiruana benda dan peralatan yang terdapat dalam ruang kelasnyA. Hal ini bertujuan untuk beberapa hal diberikut,kecuali....
A. mengajarkan pada belum dewasa bahwa setiap alat dan benda mempunyai nama
B. memmenolong anak memahami bahwa setiap jenis benda mempunyai tempatnya sendiri
C. mengenalkan pada belum dewasa nama-nama benda dan kelompok benda/alat yang ada di kelas
D. mengajarkan pada belum dewasa untuk mencari sendiri alat dan benda yang dibutuhkannya dengan membaca labelnya
Jawab:
D. Tepat sekali, alasannya yaitu anak usia dini banyak yang belum berilmu membaca maka tujuan menamai benda bukan biar anak mencari sendiri
Pembahasan:
Pelajari modul 3 acara berguru 1 ihwal bagaimana menyusun dan menata ruangan kelas untuk AUD

13. Ruangan berbentuk huruf L sangat tidak dimasukankan dalam panduan umum penataan akomodasi fisik di forum PAUD, karena....
A. membutuhkan peralatan yang lebih banyak
B. menyulitkan pengawasan terhadap anak-anak
C. memperlambat pelaksanaan acara pengembangan
D. memerlukan perawatan dan pengelolaan yang lebih rumit
Jawab:
B. Benar, pengawasan menjadi lebih susah alasannya yaitu ada bab yang tidak terpantau oleh mata pendidik atau pengasuh
Pembahasan:
Pelajari modul 3 acara berguru 1 ihwal bagaimana membuat lingkungan berguru indoor

14. Ruangan di forum PAUD sebaiknya sanggup mendorong anak untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannyA. Oleh karenanya ruangan harus sanggup ditata ulang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini berarti bahwa penataan ruangan harus bersifat....
A. mudah diawasi
B. teratur
C. fleksibel
D. aman dan nyaman
Jawab:
C. Benar, ruangan yang sanggup ditata ulang sesuai kebutuhan berarti penataan ruangan harus bersifat fleksibel
Pembahasan:
Pelajari modul 3 acara berguru 1 ihwal penataan lingkungan berguru indoor

15. Banyak hal yang dilakukan belum dewasa ketika mereka bermain dalam sentra, di antaranya adalah....
A. membuat pilihan, mengembangkan rasa percaya diri dan latihan memecahkan masalah
B. menemukan kawan, membuat alat permainan dan mengatur diri sendiri
C. meminta anak lain memahaminya, menjelajah sifat anak lain dan mempertahankan ide
D. membuat keputusan, membentuk kecerdasan dan latihan menjadi pemimpin
Jawab:
A. Benar, berguru membuat pilihan contohnya ketika anak memilih permainan yang ingin dimainkannya, mengembangkan rasa percaya diri ketika anak memilih pilihannya sendiri dan memecahkan problem ketika anak mencoba menuntaskan suatu pekerjaan.
Pembahasan:
Pelajari materi ihwal alasan penerapan pusat dalam PAUD pada modul 3 acara berguru 2

16. Jika harus menata pusat rumah tangga, maka penataan peralatan diberikut yang paling baik adalah....
A. kawasan pulas bayi diletakkan di erat peralatan memasak
B. meja rias diletakkan di erat ruang tamu
C. meja makan diletakkan di erat ruang ganti pakaian
D. televisi dan karpet diletakkan di erat rak buku
Jawab:
D. Benar, ketiga peralatan tersebut ialah acara hening sehingga sangat baik jikalau diletakkan berdekatan
Pembahasan:
Pelajari modul 3 acara berguru 2 ihwal merencanakan, mendisain dan menata sentra

17. Pada setiap forum PAUD sebaiknya tersedia lingkungan berguru outdoor. Lingkungan ini sangat penting bagi anak, alasannya adalah....
A. acara bermain di luar ruangan ialah acara yang sangat sangat senang bagi anak
B. acara bermain di luar lebih bermacam-macam dan bervariasi
C. area bermain outdoor lebih aman bagi anak
D. area bermain outdoor lebih mudah ditata dan dikelola oleh guru
Jawab:
B. Benar, acara bermain di luar sangat sangat senang bagi anak, alasannya yaitu anak sanggup bergerak bebas dan mereka menyalurkan minatnya untuk bergerak
Pembahasan:
Pelajari modul 4 acara berguru 1 ihwal pengertian lingkungan berguru outdoor di KB dan TPA

18. Berikut ini yaitu beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan untuk menganalisis arena bermain biar memenuhi prinsip keamanan, kecuali....
A. Apakah tersedia peralatan P3K?
B. Apakah jumlah guru yang mengawasi sesuai dengan jumlah anak yang bermain?
C. Apakah batas-batas kawasan bermain cukup jelas?
D. Apakah tiruana lubang, kabel listrik, stop kontak, dan peralatan berbahaya sudah tertutupi atau terlindung?
Jawab:
B. Benar, jumlah guru yang mengawasi tidak termasuk dalam pertimbangan keamanan arena bermain
Pembahasan:
Pelajari modul 4 acara berguru 1 ihwal prinsip penataan arena bermain outdoor pd AUD

19. Perlengkapan yang ada di taman bermain menyerupai perosotan, ayunan, papan titian dan jungkat jungkit perlu disediakan di forum PAUD, alasannya yaitu peralatan tersebut sanggup dipakai untuk mengembangkan potensi anak, diantaranya adalah....
A. kesetiakawanan, keberanian dan keseimbangan dan kelembutan.
B. kelentukan tubuh, keterampilan motorik halus, keberanian dan keramahan.
C. kekuatan tubuh, koordinasi tubuh, keseimbangan dan rasa percaya diri
D. keseimbangan, kesabaran, tenggang rasa dan kekuatan otot kaki
Jawab:
C. Benar, seluruh potensi ini sanggup dikembangkan dengan memakai alat-alat tersebut.
Pembahasan:
Pelajari materi ihwal metode menata lingkungan belajr outdoor pada setiap area pada modul 4 acara berguru 2

20. Pelaksanaan acara pengembangan pembentukan sikap melalui adaptasi di Kelompok Bermain perlu memperhatikan beberapa prinsip diberikut, kecuali....
A. penciptaan pembelajaran yang aman sehingga anak terangsang untuk belajar
B. pemdiberian motivasi biar anak selalu bersemangat mengikuti kegiatan
C. pemdiberian pola dan teladan yang baik pada anak.
D. penciptaan pola sikap gres yang disahkan di dalam kelas.
Jawab:
D. Benar, penciptaan pola sikap gres yang disahkan dalam kelas tidak termasuk salah satu prinsip pelaksanaan pengembangan perilaku.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 acara berguru 1 ihwal pengertian pelaksanaan acara pengembangan di KB

21. Pendidik di Kelompok Bermain harus mempunyai jasmani dan rohani yang sehat dan mempunyai sifat dan sikap sabar, keibuan dan mengasihi anak. Semua kriteria itu termasuk dalam kompetensi....
A. pedagogik
B. kepribadian
C. profesional
D. sosial
Jawab:
B. Benar, sehat jasmani rohani, sabar dan akung anak ialah kompetensi kepribadian.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 acara berguru 1 ihwal mekanisme pelaksanaan acara pengelolaan di KB

22. Wahana pendidikan dan training kesejahteraan anak yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk waktu tertentu selama orang bau tanah berhalangan atau tidak mempunyai waktu untuk mengasuh dan merawat anak, disebut....
A. Taman Kanak-kanak
B. kelompok bermain
C. Taman Penitipan Anak
D. Pos PAUD
Jawab:
C. Benar, TPA yaitu wahana pendidikan dan training kesejahteraan sebagai penganti keluarga untuk waktu tertentu.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 acara berguru 2 ihwal pengertian TPA

23. Program di TPA direncanakan dan dilaksanakan dalam satu kesatuan yang utuh dan terintegrasi yang dilakukan melalui bermain. Program training tersebut meliputi....
A. pengasuhan, perawatan, bimbingan sosial dan pendidikan.
B. perlindungan, perawatan, pertolongan dan pengobatan.
C. pendidikan, pengasuhan, donasi dan kesehatan
D. kesehatan, gizi, pengawasan dan pendisiplinan.
Jawab:
A. Benar, training di TPA meliputi pengasuhan, perawatan, bimbingan sosial dan pendidikan.
Pembahasan:
Pelajari modul 5 acara berguru 2 ihwal mekanisme pelaksanaan acara pengelolaan di TPA

24. Posyandu ialahwahana kesejahteraan ibu dan anak yang berfungsi sebagai kawasan pelayanan terpadu yang meliputi beberapa aspek aspek perawatan kesehatan dan gizi, terutama bagi....
A. anak terlantar dan kurang mampu.
B. orang tua, pengasuh dan anak usia dibawah 3 tahun.
C. ibu hamil dan anak usia lahir – 5 tahun.
D. calon ibu, ibu dan bayi berusia di bawah 3 tahun
Jawab:
C. Benar, samasukan posyandu terutama ibu hamil dan anakusia lahir hingga 5 tahun
Pembahasan:
Pelajari modul 6 acara berguru 2 ihwal ruang lingkup pengelolaan acara pengembangan Satuan PAUD Sejenis

25. Kehadiran Pos PAUD mendukung keberadaan posyandu dan Bina Keluarga Balita yang mempersembahkan mempersembahkan layanan kesehatan dan gizi untuk balita dan memdiberi pengetahuan dan keterampilan pada orang tuA. Pernyataan tersebut dalam prinsip optimalisasi ....
A. ketenagaan
B. pramasukana
C. masukana
D. program
Jawab:
D. Tepat sekali, pernyataan tersebut memang termasuk optimalisasi agenda pos PAUD
Pembahasan:
Pelajari pendekatan pengelolaan acara pengembangan SPS pada modul 6 acara berguru 1

26. Penilaian terhadap anak usia dini harus dilakukan secara terencana, sedikit demi sedikit dan terus menerus sehingga citra yang didapat lebih menyeluruh. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip penilaian, yaitu....
A. berkesinambungan
B. menyeluruh
C. adil
D. bermakna
Jawab:
A. Benar, evaluasi yang dilakukan secara sedikit demi sedikit dan terus menerus sesuai prinsip berkesinambungan
Pembahasan:
Pelajari modul 6 acara berguru 2 ihwal evaluasi acara pengembangan pada forum SPS

27. Kegiatan yang dilakukan untuk membangun jembatan dan memfasilitasi percakapan antara anak dengan anak dan anak dengan orang remaja yang dilakukan dalam kelompok kecil disebut....
A. circle time
B. square time
C. circle place
D. square place
Jawab:
A. Benar, acara itu disebut circle time
Pembahasan:
Pelajari modul 7 acara berguru 1 ihwal pengertian acara circle time bagi AUD

28. Salah satu hal yang perlu dan sanggup dilakukan dalam memdiberi pijakan adalah....
A. merancang evaluasi terhadap proses dan hasil pengembangan
B. mendiskusikan hukum dan impian untuk pengalaman bermain.
C. membuktikan jumlah peralatan dan materi yang tersedia.
D. mengulas pengelolaan acara pengembangan
Jawab:
B. Benar, hukum dan impian selama main harus didiskusikan dalam memdiberi pijakan main.
Pembahasan:
Pelajari materi ihwal penerapan acara yg perlu dan sanggup dilakukan dalam mempersembahkan pijakan yang terdapat dalam acara berguru 2 modul 7

29. Sebelum memulai acara bermain di sentra, belum dewasa perlu didiberitahu terlebih lampau ihwal aneka macam acara yang akan dilakukan di dalam sentrA. Penjelasan yang didiberikan harus....
A. cepat, sempurna dan tegas
B. perlahan-lahan, panjang dan diulang-ulang
C. rinci, detil dan panjang lebar.
D. singkat, jelas, dan mudah dipahami.
Jawab:
D. Benar, membuktikan sesuatu pada anak usia dini sebaiknya secara singkat, terang dan memakai bahasa yang mudah dipahami anak.
Pembahasan:
Pelajari modul 7 acara berguru 2 ihwal pelaksanaan acara circle time yg efektif yang sanggup dilakukan guru

30. Sesudah belum dewasa membentuk lingkaran. Ibu guru meminta setiap anak menceritakan ihwal benda yang mereka bawa dari rumah pada hari itu. Sesudah itu Ibu guru dan anak lainnya mengajukan satu pertanyaan pada anak yang gres saja berceritA. Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih anak....
A. menyusun karangan dan dongeng dengan kaidah yang benar.
B. menyusun pertanyaan sesuai tema yang didiberikan
C. menjawaban pertanyaan dan memdiberi kepuasan pada yang bertanya.
D. mengemukakan pendapat, gagasan dan ide.
Jawab:
D. Benar, acara itu untuk melatih anak memberikan gagasan, wangsit dan pendapat
Pembahasan:
Pelajari modul 7 acara berguru 2 ihwal aplikasi acara circle time di KB atau TPA

31. Dalam pusat belum dewasa menyalurkan rasa ingin tahunya dengan melaksanakan acara yang diinginkan dan disukainyA. Hal ini sesuai dengan keterkaitan pengertian pusat dengan pandangan hebat menyerupai yang dikemukakan John Dewey, yaitu bahwa anak belajar....
A. melalui interaksi pribadi dengan anak lain dan lingkungannya
B. melalui alat berguru yang disipkan dengan hati-hati
C. sambil bekerja
D. atas kehendak sendiri
Jawab:
C. Benar, berguru sambil bekerja ialah pendapat yang disampaikan oleh John Dewey
Pembahasan:
Pelajari modul 8 acara berguru 1 ihwal pengertian sentra

32. Anak-anak senang sekali bermain dengan bahan-bahan menyerupai pasir, air, lumpur, gabungan tepung maupun materi cair lainnyA. Kegiatan bermain dengan bahan-bahan tersebut dikenal dengan sebutan main....
A. peran
B. sensorimotor
C. pembangunan
D. tradisional
Jawab:
C. Benar, main pembangunan dilakukan anak dengan memakai benda-benda yang terdapat disekitarnya menyerupai materi sifat cair dan terstruktur
Pembahasan:
Pelajari modul 8 acara berguru 1 ihwal jenis bermain dan tahap-tahapnya

33. Pelaksanaan acara pengembangan pembentukan sikap melalui adaptasi di Kelompok Bermain perlu memperhatikan beberapa prinsip diberikut, kecuali....
A. penciptaan pembelajaran yang aman sehingga anak terangsang untuk belajar
B. pemdiberian motivasi biar anak selalu bersemangat mengikuti kegiatan.
C. pemdiberian pola dan teladan yang baik pada anak
D. penciptaan pola sikap gres yang disahkan di dalam kelas
Jawab:
D. Benar, penciptaan pola sikap gres yang disahkan dalam kelas tidak termasuk salah satu prinsip pelaksanaan pengembangan perilaku.
Pembahasan:
Pelajari modul 8 acara berguru 2 ihwal prinsip umum pendekatan pusat di KB dan TPA

34. Dalam merencanakan dan mengembangkan sentra, pendidik harus memilih dan memperhatikan pusat yang paling membutuhkan dan cukup tinggi aksesnya dengan sumber listrik. Hal ini alasannya yaitu pusat ini membutuhkan ....
A. pengawasan secara khusus
B. area yang tidak mudah diakses anak-anak
C. area yang luas
D. peralatan khusus
Jawab:
A. Benar, pengawasan khusus diharapkan alasannya yaitu pusat ini beresiko tinggi bagi anak
Pembahasan:
Pelajari modul 8 acara berguru 2 ihwal rambu-rambu pelaksanaan pendekatan pusat di KB dan TPA

35. Sentra persiapan diadakan untuk mengembangkan keaksaraan anak di forum PAUD. Dinamakan pusat persiapan alasannya yaitu pusat ini....
A. membuat tantangan yang harus selalu dihadapi anak dengan kesiapan mental dan fisik
B. memmenolong anak menyiapkan dirinya untuk memasuki jenjang selanjutnya
C. mengajarkan pada anak untuk selalu berkemas-kemas menghadapi aneka macam tantangan kehidupannya.
D. selalu dipersiapkan guru dengan matang dan penuh kehati-hatian
Jawab:
B. Benar, alasannya yaitu pusat ini memmenolong anak menyiapkan dirinya memasuki jenjang pensisikan selanjutnya meliputi kesiapan membaca dan menulis
Pembahasan:
pelajari modul 9 acara berguru 2 ihwal pengertian pusat persiapan

36. Pendidik PAUD harus mempersembahkan informasi pada anak didiknya ihwal alat, materi dan acara yang akan dilakukan belum dewasa ketika mereka bermain di dalam pusat persiapan. Penjelasan ini termasuk dalam pijakan....
A. sehabis main
B. sebelum main
C. selama main
D. lingkungan main
Jawab:
B. Benar, memdiberi informasi alat materi dan acara yang akan dilakukan termasuk pijakan sebelum main
Pembahasan:
Pelajari modul 9 acara berguru 1 ihwal langkah-langkah melaksanakan 4 jenis pijakan yang terdapat pada pusat persiapan

37. Perhatikan urutan diberikut: (1) menggunting sekitar pinggiran kertas; (2) menggunting di antara 2 garis lurus; (3) menggunting dengan sepenuh bukaan gunting; (4) membuka dan menggunting secara terus menerus sepanjang kertas (5) menggunting bentuk tetapi tidak sempurna mengikuti garis. Urutan tahapan menggunting pada anak usia dini adalah....
A. 3 – 4 – 2 – 1 – 5
B. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
C. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
D. 1 – 3 – 4 – 2 – 5
Jawab:
D. Benar, urutan ini yaitu yang paling sempurna untuk tahapan kemampuan menggunting anak usia dini
Pembahasan:
Pelajari modul 9 acara berguru 1 ihwal tahapan perkembangan anak dalam menggunting

38. Sudut buku pada pusat persiapan sebaiknya diisi aneka macam buku dengan kriteria yang sesuai untuk anak, yaitu....
A. alur dongeng sederhana, halaman penuh warna, ilustrasi gambar lebih utama dan banyak pengulangan kata.
B. memakai bahasa sastra yang indah, gambar besar-besar dan meliputi banyak kata-kata baru
C. alur dongeng sederhana, ceritanya mengandung pemecahan problem dengan sedikit gambar
D. meliputi gambar dengan percakapan langsung, warna dibatasi spesialuntuk dua saja dan goresan pena berukuran standar
Jawab:
A. Benar, kriteria tersebut sangat sesuai untuk buku-buku yang ditujukan untuk anak-anak
Pembahasan:
pelajari modul 9 acara berguru 2 ihwal bahan-bahan yg dibutuhkn di pusat persiapan menurut BCCT

39. Dalam pusat persiapan belum dewasa dilatih keterampilan motorik halusnya sebagai tes pra menulis, hal ini sesuai dengan rambu-rambu pelaksanaan pusat persiapan, salah satunya adalah....
A. memmenolong anak menyadari materi yang sedang dipelajarinya
B. mengembangkan kemampuan keaksaraan semenjak dini.
C. mengembangkan tahap perkembangan bahasa dan seni anak
D. membuktikan pada anak cara melaksanakan dan memakai peralatan yang ada
Jawab:
B. Benar, pernyataan itu sesuai dengan rambu bahwa pusat persiapan mengembangkan kemampuan keaksaraan anak semenjak dini
Pembahasan:
pelajari modul 9 acara berguru 2 ihwal rambu-rambu pelaksanaan acara di pusat persiapan di KB & TPA

40. Dalam pusat bermain peran, belum dewasa berguru ihwal kehidupan dalam keluarga dan masyarakat. Oleh alasannya yaitu itu pusat bermain kiprah sangat penting bagi anak alasannya yaitu dalam pusat ini....
A. latihan cara bertinteraksi dengan orang lain
B. mengenal silsilah keluarga dan garis keturunannya
C. mendidik anak menjadi orang bau tanah yang baik bagi anak-anaknya kelak
D. berguru mengenal dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya
Jawab:
D. Benar, kalimat dalam stem menggambarkan pusat bermain peran, penting biar anak mengenal diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya
Pembahasan:
Pelajari modul 10 acara berguru 2 ihwal pentingnya pusat main peran

41. Anak usia satu tahun senang sekali bermain menjawaban telepon atu membaca koran. Hal itu termasuk tahapan bermain kiprah pada tahap pertama, yaitu permainan peran....
A. soliter
B. sosio drama
C. meniru
D. khayalan
Jawab:
C. Benar, tahap ini termasuk tahap main kiprah menggandakan dimana anak menirukan tingkah laris orang di sekelilingnya
Pembahasan:
Pelajari materi ihwal tahapan main kiprah menurut pendekatan BCCT pada modul 10 acara berguru 1

42. Kegiatan bermain kiprah di pantai sanggup dilakukan belum dewasa di forum PAUD. Kegiatan main kiprah ini sanggup dilakukan untuk memperdalam tema....
A. binatang; tanaman; kesukaan; pekerjaan dan alat transportasi
B. pekerjaan; kesukaan; diri sendiri; keselamatan dan keamanan, bulan bintang dan matahari
C. rumah; sekolah; pekerjaan; alat transportasi dan kehidupan di pantai.
D. rekreasi; kehidupan di pesisir dan di pepegununganan; pakaian; keamanan, kesehatan dan keselamatan.
Jawab:
D. Benar, acara bermain kiprah di pantai sanggup dilakukan untuk memperdalam tema-tema tersebut.
Pembahasan:
Pelajari modul 10 acara berguru 1 ihwal pola acara main kiprah di TPA dan KB

43. Anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar dan mereka juga senang mengeksplorasi lingkungannya untuk mencari jawabanan atas pertanyaan yang timbul dalam dirinyA. Semua karakteristik itu sanggup difasilitasi dalam sentra....
A. balok
B. sains
C. seni
D. persiapan
Jawab:
B. Benar, pusat sains ialah kawasan dimana anak sanggup mengeksplorasi untuk memuaskan rasa ingintahunya
Pembahasan:
Pelajari modul 10 acara berguru 2 ihwal pengertian pusat sains

44. Salah satu acara yang sanggup dilakukan di pusat sains untuk mengajarkan anak ihwal asal mula terjadinya sesuatu, adalah....
A. melukis dengan memakai aneka macam media menyerupai cat, krayon dan gabungan tepung.
B. mengamati kupu-kupu dengan beling pembesar.
C. menanam biji kacang hijau.
D. membuat diorama pedesaan dari bubur koran.
Jawab:
C. Benar, acara ini mengajak belum dewasa mengamati proses pertumbuhan dan terjadinya kecambah.
Pembahasan:
Pelajari modul 10 acara berguru 2 ihwal pola acara di pusat sains di KB & TPA

45. Area bermain balok sebaiknya ditempatkan di kawasan yang terlindung dari kemudian lalang, hal ini bertujuan agar....
A. anak sanggup bermain dengan aman dan bangunan balok mereka tidak mudah berbenturan satu sama lain.
B. kemampuan anak sanggup dipantau oleh pendidik secara lebih detil dan lebih mendalam
C. anak bisa bermain tanpa diketahui oleh anak lainnya dan tidak mudah beralih pada permainan lainnya
D. seluruh aspek perkembangan anak sanggup dikembangkan secara terbaik tanpa intervensi dari pihak luar.
Jawab:
A. Anda benar! melaluiataubersamaini kawasan yang terlindung dari kemudian lalang, anak sanggup bermain dengan aman dan tidak mudah berbenturan.
Pembahasan:
Pelajari modul 11 acara berguru 1 ihwal pengturan lingkungan berguru di pusat balok

46.Saat anak gres mengenal permainan balok, biasanya mereka akan membawa-bawa balok keliling area, baik dengan tangannya maupun memakai alat angkut menyerupai truk mainan. Tahapan bermain balok ini sering disebut sebagai tahap bermain....
A. dramatik
B. fungsional
C. menghubungkan
D. menumpuk
Jawab:
B. Benar, Tahapan ini disebut bermain fungsional atau membawa balok
Pembahasan:
Pelajari modul 11 acara berguru 1 ihwal mengamati dan mempromosi berguru anak di pusat balok

47. Saat bermain di pusat seni, biasanya sebelum acara berakhir langkah yang dilakukan guru adalah....
A. melaporkan acara yang sudah dilakukan.
B. memmenolong anak yang belum selesai
C. memdiberi reward atas hasil karya anak
D. memajang hasil karya anak
Jawab:
D. Benar, sebelum acara di pusat seni berakhir biasanya guru memajang hasil karya anak pada hari itu.
Pembahasan:
Pelajari modul 11 acara berguru 2 ihwal langkah-langkah acara dalam pusat seni

48. Penilaian acara pengembangan harus dilakukan secara menyeluruh terhadap tiruana aspek perkembangan anak dan acara pengembangan dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian, yaitu....
A. komprehensif
B. integratif
C. relevansi
D. adil
Jawab:
A. Benar, pernyataan itu sesuai dengan prinsip komprehensif atau menyeluruh
Pembahasan:
Pelajari modul 12 acara berguru 1 ihwal prinsip2 evaluasi acara pengembangan di KB & TPA

49. Benny dan Hughes menyatakan bahwa suatu cara atau metode yang dipakai untuk mendapat jawabanan dari responden dengan memakai tanya balasan secara sepihak, disebut….
A. dokumentasi
B. observasi
C. wawancara
D. portofolio
Jawab:
C. Benar, metode yang dipakai dengan melaksanakan Tanya balasan untuk mendapat jawabanan responden disebut wawancara.
Pembahasan:
Pelajari modul 12 acara berguru 1 ihwal bentuk-bentuk evaluasi acara pengembangan di KB & TPA

50. Ibu Sinta mengambil gambar dengan kamera video ketika belum dewasa sedang melaksanakan acara melompat dengan satu kaki dan dua kaki. Tindakan yang dilakukan Ibu Sinta termasuk dalam….
A. merekap data dengan aneka macam alat
B. merekam data melalui aneka macam metode
C. menganalisis data dengan aneka macam cara
D. menilai data melalui aneka macam media
Jawab:
B. Benar, merekam data berarti mengumpulkan atau mengambil data dengan memakai aneka macam cara menyerupai pada contoh
Pembahasan:
Pelajari modul 12 acara berguru 2 ihwal pengembangan evaluasi di KB dan TPA

Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa selain artikel, kami juga sudah menyiapkan soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda simpan pribadi dengan cara mendownloadnya. Soal ini tentunya bisa Anda pelajari di rumah untuk mempersiapkan diri Anda dalam mengikuti ujian selesai semester nantinya. Nah diberikut ini Anda bisa Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.


Sangat besar kemungkinan soal-soal yang Anda pelajari akan keluar pada waktu ujian selesai semester nantinya. Dan selain itu dengan mempelajari soal-soal yang sudah disertakan kunci jawabanan akan lebih memungkinkan Mahasiswa sanggup memahami tiruana mata kuliah. Tak spesialuntuk persiapan pada materi, dalam menghadapi ujian nantinya Anda juga perlu menyiapkan hal-hal lainnya sepeti, mental dan persiapan alat tulis biar siap pada waktu ujian.

Sekian artikel terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD, semoga soal yang kami bagikan ini bisa mempunyai kegunaan dan bermanfaa untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian selesai semester nantinya, tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada kawan-kawan Anda lainnya, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4407 Pengelolaan Aktivitas Pengembangan Aud Beserta Kunci Jawaban"

Back To Top