loading...
Soal ujian UT PGSD MKDK4005 Profesi Keguruan beserta kunci jawabanan dan pembahasan soal kami posting untuk Anda selaku Mahasiswa Universitas Terbuka yang kini ini sedang menempuh pendidikan pada jurusan S1 PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) semester 7. Pada artikel kami sebelumnya kami sudah membuatkan pada Anda Soal Ujian UT PGSD MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik lengkap dengan kunci jawabanan. Menjadi Mahasiswa di Universitas Terbuka memang diharuskan berguru secara mandiri, hal ini lantaran tutorial atau pertemuan yang spesialuntuk dilakukan beberapa kali dalam satu semester. Dari hal tersebut tentu tak tiruana materi sanggup di pelajari, belum lagi jikalau Anda mengulang mata kuliah sebelumnya, tentu akan menumpuk mata kuliah yang harus Anda ujiankan. Soal yang kami bagikan pada blog soal uas ut ini ialah hasil dari rangkuman soal-soal pada modul dan materi yang ada. melaluiataubersamaini mempelajari soal menyerupai ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya tentu akan megampangkan Anda dalam memahami materi pada modul dan mempersingkat waktu Anda.Soal UT PGSD yang kami bagikan ini bisa menjadi materi berguru Anda sebelum ujian simpulan semester dimulai. Kami tahu bahwa banyaknya mata kuliah yang akan diujiankan dan ditambah pertemuan atau tutorial yang spesialuntuk dilakukan beberapa kami dalam satu semester mengharuskan Anda selaku Mahasiswa ekstra dalam mempelajari materi secara mandiri. Oleh lantaran itu tentunya, Anda tak akan sanggup jikalau harus berguru tiruana mata kuliah dan materi tersebut. melaluiataubersamaini memanfaatkan tes menyerupai ini yang mana sudah dilengkapi oleh kunci jawabanan dan pembahasan soal, memungkinkan Anda bisa mencangkup tiruana materi pada modul Anda.
Soal Ujian UT PGSD Semester 7 lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4306 Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4401 Materi dan Pembelajaran PKn SD
- Soal Ujian UT PGSD MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik
- Soal Ujian UT PGSD MKDK4005 Profesi Keguruan
- Soal Ujian UT PGSD PEMA4210 Statistika Pendidikan
- Soal Ujian UT PGSD PKNI4317 Hak Asasi Manusia
Soal Ujian UT PGSD. Berikut ini kami bagikan pada Anda Soal Ujian UT PGSD MKDK4005 Profesi Keguruan lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.
Soal Ujian UT PGSD MKDK4005
1. Berikut ini yakni ciri-ciri dari suatu profesi, kecuali . . .A. bisa bekerja dengan baik
B. sistem imbalan yang memadai
C. ratifikasi dari masyarakat
D. mempunyai standar kerja baku
Jawab:
A. Benar
2. Diadakannya petes-petes di Balai Petes Guru (BPG) wacana hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan mengajar ialah referensi dari perjuangan pengembangan. . .
A. seni manajemen pembelajaran
B. pengetahuan
C. keterampilan mengajar
D. profesi
Jawab:
D. Benar
3. Pengertian kompetensi kepribadian guru sebagai guru pendidik mengacu pada…
A. perbuatannya yang luhur
B. pengabdiannya yang tanpa pamrih
C. perilakunya yang sanggup mendapatkan amanah dan diteladani
D. tugasnya sebagai penyampai nilai-nilai luhur masyarakat
Jawab:
C. Benar
4. Hal-hal diberikut ialah kompetensi kepribadian yang perlu dimiliki seorang guru, kecuali
A. guru harus beragama dan berkewajiban untuk meningkatkan kepercayaan dan taqwa
B. percaya pada diri sendiri
C. mempunyai sifat apriori
D. toleransi dan tenggang rasa
Jawab:
C. Benar
5. Kompetensi sosial mencakup beberapa aspek kemampuan guru untuk beradaptasi terhadap tuntutan kerja dan lingkungannyA. Pendapat ini dikemukakan oleh. . ..
A. Cece Wijaya
B. D.T Amijaya
C. Achmad Sanusi
D. K.H. Dewantara
Jawab:
C. Benar
6. Guru hendaknya berperan sebagai motivator dan inovator dalam pembangunan pendidikan dengan memahami dunia sekitar dan lingkungannyA. Tugas ini ialah kaitan kompetensi sosial guru antara fungsi kompetensi dengan…
A. sosial guru dengan sifat kompetensi guru
B. sosial guru dengan ruang lingkup kompetensi guru
C. kepribadian guru dengan ruang lingkup kepribadian guru
D. sosial guru dengan kepribadian guru
Jawab:
C. Benar
7. Salah satu kompetensi sosial guru berdasarkan Cece Wijaya yakni bersikap...
A. ramah tamah dan murah senyum
B. pemarah dan pendendam
C. bersikap simpatik
D. masa ndeso dan arogan
Jawab:
C. Benar
8. Kemampuan mengetahui, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, menyintesiskan dan mengevaluasi sejumlah pengetahuan yang diajarkan ialah aspek-aspek dari kompetensi ...
A. penguasaan materi bidang studi
B. pengelolaan aktivitas berguru mengajar
C. pengelolaan kelas
D. penerapan media
Jawab:
A. Benar
9. Penguasaan materi dan kemampuan mengajar yang tepat sanggup ditentukan oleh guru apabila ia mengetahui cara-cara dalam . . .
A. menentukan metode yang tepat
B. memberikan materi bidang studi
C. analisis bidang studi
D. membuat rincian materi
Jawab:
B. Benar
10. Pengetahuan wacana perkembangan anak sangat diharapkan oleh guru untuk....
A. menentukan posisi anak di dalam keluarga
B. mengidentifikasi materi bimbing yang sesuai bagi kelompok
C. menentukan pengelompokan kelas
D. menyesuaikan metode pembelajaran
Jawab:
B. Benar
11. Interaksi yang baik yang terjadi antara guru dan siswa di sekolah seharusnya bersifat....
A. guru mempersembahkan kemajuan kepada para siswa
B. guru menjaga jarak dengan siswa supaya mereka tidak terlalu bersahabat dengannya
C. mempergampang segala urusan, bukan sebaliknya
D. selalu mempersembahkan kebanggaan kepada tiruana siswa dan dalam segala hal
Jawab:
C. Benar
12. Jika pendidikan dipandang dari sudut kata kerja, maka pendidikan ialah...
A. sesuatu yang sudah diperoleh
B. proses inkuiri yang berkelanjutan
C. kegiatan yang berlangsung antara guru dan siswa
D. kegiatan yang terjadi lantaran adanya kurikulum, materi ajar, metode, dan media
Jawab:
B. Benar
13. Ciri-ciri konsep diri yang berorientasi pada diri sendiri yakni . . .
A. menghargai orang lain
B. bisa bekerja sama
C. menonjolkan diri
D. bertanggung jawaban
Jawab:
C. Benar
14. Mengapa seorang guru perlu melaksanakan analisis kurikulum? Agar kurikulum yang digunakan....
A. dipahami betul oleh para guru
B. diadaptasi dengan metode yang digunakan
C. tidak menyimpang dari kurikulum yang ideal
D. diadaptasi dengan lingkungan akseptor didik
Jawab:
C. Benar
15. Manakah kegiatan guru di bawah ini yang tidak termasuk pada kegiatan pertama pembelajaran?
A. menghubungkan materi yang sudah dipelajari dengan materi yang belum dipelajari
B. selalu menumbuhkan hasrat berguru siswa
C. mengantarkan siswa kepada informasi baru
D. menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini
Jawab:
C. Benar
16. Bila suatu tujuan pembelajaran berbunyi: siswa sanggup menyatakan bagaimana perasaannya dikala mengalami suatu musibah, maka tujuan tersebut termasuk tipe tujuan..
A. keperilakuan
B. afektif
C. psikomotorik
D. ekspresif
Jawab:
D. Benar
17. Kegiatan epilog pembelajaran bertujuan untuk..
A. mengakhiri kegiatan pembelajaran
B. menandakan adanya kegiatan pertama dan kegiatan inti
C. siswa sanggup merefleksikan materi pelajaran
D. siswa mempunyai ingatan terhadap pelajaran yang gres diterimanya
Jawab:
C. Benar
18. Kegiatan mengajar tidak sama dengan kegiatan manajerial, salah satu kegiatan manajerial yang nampak di bawah ini adalah....
A. memmenolong siswa mencapai tujuan pembelajara
B. mendiagnosis kebutuhan siswa
C. memberikan materi pembelajaran
D. mengembangkan kekerabatan yang baik dengan guru dan siswa
Jawab:
D. Benar
19. Pilihlah salah satu referensi kegiatan yang paling secara umum dikuasai dilakukan guru pada tingkat kelas tengah....
A. berperilaku sangat senang siswa secara individual
B. mengubah peranan dari adikara kepada lebih demokratis
C. lebih memperhatikan secara kelompok
D. melaksanakan sosialisasi terhadap kedisiplinan dan hukum sekolah lainnya
Jawab:
D. Benar
20. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru secara cermat kemungkinan besar sanggup menghindari munculnya sikap yang bermasalah. Penjelasan ini ialah bentuk dari pendekatan....
A. instruksional
B. pendekatan modifikasi perilaku
C. sosio-emosional yang positif
D. menempatkan kelas sebagai suatu sistem sosial
Jawab:
A. Benar
21. Proses penilaian terdiri dari beberapa aspek menyerupai di bawah ini, kecuali....
A. memperoleh informasi
B. membentuk judgement
C. mengambil keputusan
D. mempersembahkan penilaian
Jawab:
D. Benar
22. Proses judgement dilakukan oleh seorang guru sesudah....
A. merumuskan definisi evaluasi
B. memperoleh informasi yang tepat
C. menulis butir-butir soal yang efektif
D. mengolah hasil pengukuran
Jawab:
B. Benar
23. Teknik inkuiri tidak sama dengan metode observasi. Salah satu metode inkuiri yang nampak di bawah ini adalah....
A. guru selalu bertanya kepada siswanya wacana apa yang sedang dipikirkan
B. guru selalu melihat dan mencicipi apa yang diungkapkan siswa
C. memilah dan menentukan materi pelajaran yang paling sesuai
D. mempersembahkan nilai kepada siswa yang selalu merespons pelajaran
Jawab:
A. Benar
24. Kelemahan tipe soal jawabanan singkat dibandingkan dengan tipe soal uraian, adalah...
A. susah menentukan skor secara adil
B. lebih bersifat subjektif
C. susah membuat butir soal
D. sering kali bersifat ambigu
Jawab:
D. Benar
25. Menyusun butir soal uraian mempunyai syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain....
A. menentukan topik yang akan diujikan dan mewakili seluruh materi yang sudah diajarkan
B. sanggup mengukur hasil berguru yang akan diuji
C. merumuskan jawabanan dalam bentuk homogen
D. antara soal dengan jawabanan mempunyai kesinambungan
Jawab:
A. Benar
26. Selain untuk keberhasilan proses mengajar, tes formatif juga bertujuan untuk...
A. pengolahan data hasil evaluasi
B. menguji banyak fakta dalam waktu singkat
C. menguji hasil berguru yang lengkap
D. melaksanakan perbaikan terhadap proses pembelajaran
Jawab:
D. Benar
27. Memmenolong memecahkan dilema yang dihadapi akseptor didik, ialah kewajiban guru BP dalam menjalankan profesinyA. Pengertian bimbingan dan konseling berkaitan dengan kegiatan…
A. mengarahkan sikap siswa sesuai tingkat perkembangannya
B. mempersembahkan pandangan sesuai dengan talenta minat siswa
C. menunjukkan sikap kreatif dan prinsip berdikari sesuai dengan kemampuan siswa
D. mempersembahkan pendidikan mental sesuai dengan tujuan
Jawab:
A. Benar
28. Anak sanggup menentukan dan menetapkan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya dan keterampilan yang dimiliki. Hal tersebut berkaitan dengan....
A. tujuan bimbingan
B. fungsi bimbingan
C. prinsip bimbingan
D. asas bimbingan
Jawab:
C. Benar
29. Layanan bimbingan hendaknya berkesinambungan dan berdasar pada potensialitas siswA. Hal ini berafiliasi dengan . . . .
A. pengembangan dan keutuhannya
B. proses dan individualitas
C. keutuhan dan berkegiatan
D. untuk tiruana siswa dan kemandirian
Jawab:
B. Benar
30. Guru ialah tangan pertama dalam menangani dan melaksanakan pembimbingan dan konseling kepada akseptor didik karena….
A. siswa bersahabat dengan guru
B. guru yang menemukan dilema dan memahami latar belakang siswa
C. guru lebih mengetahui minat dan talenta siswa
D. kedekatan siswa dan guru akan memperjelas talenta dan minat siswa
Jawab:
D. Benar
31. Memdiberikan menolongan pemecahan dilema berdasarkan prinsip bimbingan, ialah kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan….
A. azas bimbingan
B. tujuan bimbingan
C. kaidah bimbingan
D. struktur bimbingan
Jawab:
A. Benar
32. Di bawah ini ialah peranan guru dalam memmenolong perkembangan pribadi siswa, kecuali . ..
A. peduli
B. konsisten
C. permisif
D. lingkungan yang goyah
Jawab:
D. Benar
33. Sebagai administrator, kepala sekolah melaksanakan tugasnya dengan cara…
A. mengkoordinasikan kebutuhan pelaksanaan pendidikan
B. mengklasifikasikan kegiatan pendidikan
C. mengelola kebutuhan pramasukana
D. mengelola manajemen pendidikan
Jawab:
A. Benar
34. Berikut ini dilema siswa yang perlu menolongan bimbingan guru kecuali masalah…
A. hasil berguru rendah
B. takut berbicara di depan kelas
C. belum sempurnanya uang
D. kurang percaya diri
Jawab:
C. Benar
35. Berikut ini yakni menolongan untuk menumbuhkan sikap berguru pada siswa kelas 4 SD, kecuali…
A. membiasakan mengerjakan PR dengan tertib
B. membuat catatan yang terang dan rapi
C. melatih siswa membaca dengan cermat
D. mengganti guru yang disukai siswa
Jawab:
D. Benar
36. Siswa yang kurang bisa menguasai diri sering membuat keributan di kelas, dan sering tidak masuk lantaran kurang diperhatikan oleh guru. Gejala tersebut ialah stres yang disebabkan oleh faktor....
A. iklim kehidupan keluarga
B. fisik-biologik
C. pekerjaan
D. psikologik
Jawab:
D. Benar
37. Tipe kepribadian yang sanggup menangkal atau mengurangi kadar stres pada diri seseorang adalah....
A. emotional support
B. optimisme
C. appraisal support
D. hardiness
Jawab:
D. Benar
38. misal coping positif/ konstruktif adalah....
A. setiap mempunyai masalah, saya selalu membicarakannya dengan orang lain
B. setiap mempunyai masalah, saya mengira niscaya disebabkan oleh orang lain
C. saya menunda satu kegiatan supaya sanggup mengerjakan kegiatan yang lain
D. saya lebih suka membaca buku dari pada membicarakan orang lain
Jawab:
D. Benar
39. Teknik atau metode yang sanggup dilakukan seseorang dalam melaksanakan pendekatan coping positif yakni menyerupai di bawah ini, kecuali...
A. memahami dan mengerti tingkatan stress
B. memahami sebab-sebab timbulnya stress
C. memelihara stres dengan sebaik-baiknya
D. sanggup menemukan solusi mengatasi stress
Jawab:
C. Benar
40. Guru dalam mempersiapkan materi pelajaran didasarkan pada kebutuhan siswanya, hal ini diadaptasi dengan karakteristik kode etik suatu profesi ditinjau dari aspek….
A. filosofis – kontekstual
B. etis – psikologis
C. etis – pragmatis
D. pengabdian
Jawab:
C. Benar
41. Makna yang terkandung dari kode etik guru Indonesia ( PGRI)yang kedelapan adalah....
A. ialah organisasi pendidikan guru republik Indonesia
B. dihentikan bersikap sewenang-wenang terhadap guru
C. harus menghentikan praktek monopoli profesi terhadap guru
D. mengurus tiruana kebutuhan guru
Jawab:
C. Benar
42. Seorang guru dipilih, ditugaskan, disediakan, dan ditempatkan sesuai dengan jenjang pendidikan dengan mengindahkan kriteria standar kualifikasi profesional. Tindakan ini ialah kegiatan di tingkat....
A. struktural
B. institusional
C. operasional
D. instruksional
Jawab:
B. Benar
43. Menurut Sutan Zanti dan Syamsiar Syahrun, setiap profesi mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut, kecuali....
A. setiap pekerjaan dipersiapkan melalui pendidikan dan tes yang bersifat formal
B. pekerjaan yang dilakukannya mendapatkan ratifikasi dari masyarakat
C. memerlukan tes yang cukup usang dan pengetahuan yang cukup tinggi
D. membutuhkan pengawasan dari organisasi tertentu
Jawab:
C. Benar
44. Peningkatan profesional guru sudah diatur dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005 wacana guru dan dosen. Bentuk peningkatan kemampuan profesional guru yang dimaksud adalah....
A. dalam pembelajaran, guru harus memakai Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
B. proses pembelajaran tidak lagi bersifat teacher central (pembelajaran berpusat kepada guru)
C. pendidikan guru minimal strata 1 atau D4
D. mengutamakan pengembangan kompetensi tiap pribadi
Jawab:
C. Benar
45. Salah satu tujuan organisasi profesi kependidikan yakni meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggotanya, hal ini berarti dengan adanya kekuatan dan kewibawaan organisasi akan berdampak kepada para anggotanya terutama dalam hal....
A. pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah diputuskan
B. kemampuan memberikan proses pembelajaran
C. kegampangan memperoleh kemudahan pembelajaran
D. kegampangan dalam meningkatkan kemampuannya
Jawab:
D. Benar
46. Tina lebih suka menentukan menjadi guru dibandingkan sebagai ekonom atau arsitektur, lantaran Tina beranggapan profesi guru mempunyai ciri-ciri yang spesifik. Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah…
1). mengajar yakni jabatan yang mempunyai nilai sosial tinggi
2). mengajar ialah jabatan yang disegani
3). jabatan guru mempunyai laba rohaniah dibandingkan ekonomi
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar
47. Ruang lingkup kerja guru yang berkaitan dengan aspek kemampuan profesional mencakup beberapa aspek klarifikasi . . .
1). substansi ilmu
2). landasan pendidikan
3). proses kependidikan dan keguruan serta pembelajaran
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
48. Kompetensi sosial guru ialah kemampuan guru untuk….
1). memahami dirinya sebagai pecahan yang tidak terpisahkan dari masyarakat
2). melaksanakan tindakan sesuai dengan kehendak hatinya
3). bisa mengembangkan kiprah sebagai anggota masyarakat dan masyarakat negara
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar
49. Menurut Udi Turmudi (1987;8) faktor-faktor penentu aktualisasi insiden berguru mengajar adalah
1). tujuan, siswa, pengajar
2). materi pelajaran, alat-alat
3). faktor ekonomi, administrasi, besar kelas, ruangan, jumlah jam pelajaran
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
50. Berikut ini yakni beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam manajemen kelas yaitu ...
1). keragaman usia
2). kecakapan
3). etnik dan kesiapan belajar
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
Download Soal Ujian UT PGSD MKDK4005
Seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa selain artikel, kami juga sudah menyiapkan soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda simpan pribadi dengan cara mendownloadnya. Soal ini tentunya bisa Anda pelajari di rumah untuk mempersiapkan diri Anda dalam mengikuti ujian simpulan semester nantinya. Nah diberikut ini Anda bisa Download MKDK4005 Profesi Keguruan lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.Kami berharap dengan adanya soal-soal menyerupai ini bisa atau sanggup megampangkan Anda dalam mempelajari dan memahami tiruana materi pada modul. Agar nantinya bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.
Sekian artikel terkait soal ujian UT PGSD MKDK4005 Profesi Keguruan, semoga soal yang kami bagikan ini bisa mempunyai kegunaan dan bermanfaa untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian simpulan semester nantinya, tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada kawan-kawan Anda lainnya, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgsd Mkdk4005 Profesi Keguruan Beserta Kunci Jawaban"