Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4107 Dasar-Dasar Pendidikan Tk Beserta Kunci Jawaban

loading...
Soal ujian UT PGPAUD PAUD4107 Dasar-dasar Pendidikan Taman Kanak-kanak lengkap dengan kunci jawabanan kembali kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) yang sedang menempuh pendidikan pada semester 2. Pada postingan kami sebelumnya kami juga sudah banyak sekali terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4106 Metode Pengembangan Bahasa lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya. Menjadi salah satu Mahasiswa di Universitas Terbuka memang perlu pembelajaran materi secara mandiri, hal ini yang mana kita tahu bahwa tak tiruana Mahasiswa yang bisa mengikuti tutorial secara pribadi tatap muka. Ada mahasiswa yang spesialuntuk mengikuti tutorial spesialuntuk delapan kali pertemuan selama 1 semester ada juga yang mengikuti secara online. Hal inilah yang menjadi polemik di Mahasiswa, keterbatasan waktu dan banyaknya mata kuliah yang diujiankan mengharuskan mahasiswa berguru giat. Namun tentu waktu yang dimiliki tak akan bisa meliputi beberapa aspek tiruana mata kuliah.

Untuk itu kami disini mencoba banyak sekali seputar soal ujian UT yang kami ambil dari materi pada modul dan tes-tes yang sudah kami lengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal. Kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanan, jadi Anda selaku Mahasiswa bisa mempelajari soal secara online. Dan kami juga menyiapkan soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa Anda unduh pada tamat postingan kami. Soal ujian UT PGPAUD semester 2 ini tentu akan sangat memmenolong Anda selaku Mahasiswa dalam memahami materi pada modul secara cepat dengan mempelajari soal dan mengingat jawabanan soal yang ada.

Soal Ujian UT PGPAUD Semester 2 lainnya:
  1. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4105 Bahasa Inggris
  2. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4106 Metode Pengembangan Bahasa
  3. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4107 Dasar-dasar Pendidikan TK
  4. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4108 Strategi Kegiatan Pengembangan di TK
  5. Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4004 Teori Belajar dan Pembelajaran

Soal-soal UT PGPAUD Semester 2 yang kami posting ini tentu akan sangat memmenolong Anda dalam memahami setiap materi pada modul. melaluiataubersamaini mempelajari soal-soal yang sudah ada kunci jawabanan dan pembahasan soal untuk Anda yakinkan lagi kebenaran jawabanannya pada modul akan sangat memmenolong Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian tamat semester nantinya.

dasar Pendidikan Taman Kanak-kanak lengkap dengan kunci jawabanan Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4107 Dasar-dasar Pendidikan Taman Kanak-kanak Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4107 Dasar-dasar Pendidikan Taman Kanak-kanak Beserta Kunci Jawaban

Pada umumnya tiruana soal yang akan keluar pada waktu ujian tamat semester nantinya baik itu mahasiswa pendas maupun non pendas tak akan lepas dari materi yang ada pada modul. Kaprikornus kemungkinan akan keluarnya soal-soal yang sama yang Anda pelajari pada soal ini. Untuk melihat tiruana soal terkait mahasiswa UT jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) untuk tiruana semester dari semester 1 hingga semester 9, Anda bisa pribadi menuju ke artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD.

Berikut ini kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sedang menempuh pendidikan pada semester 2 terkait Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4107 Dasar-dasar Pendidikan TK lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4107

1. Bita berusia 5 tahun sedang menggambar di ruang belajar. Selang beberapa menit kemudian Ayah Bita hadir dari kantor membawa buah tangan berupa tas sekolah untuk abang Bita. Seketika itu juga Bita merengek minta tas yang dibawa Ayahnya.Kakaknya megang taspun tidak boleh.Namun abang Bita tidak menghiraukan sehingga Bita menangis kencang-kencang. Nah! Dari bencana tersebut di atas, tunjukkan sifat egosentris yang muncul pada anak usia dini?
1. merengek minta tas yang dibawa Ayahnya
2. tas dilarang dipegang kakaknya
3. menggambar di ruang belajar
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya merengek minta tas yang dibawa Ayahnya dan tas dilarang dipegang kakaknya menawarkan sifat egosentris dari Bita yang berusia 5tahun
Pembahasan:
(Modul 1, KB 1 perihal: Hakikat Anak Usia Dini)

2. Bredekamp (1987) menyatakan bahwa aspek-aspek perkembangan anak menyerupai fisik, sosial emosional, dan kognitif satu sama lain saling terkait erat. Hal ini ditunjukkan bahwa ....
1. Perkembangan setiap anak relatif sama dan dalam rentang waktu yang sama
2. keterampilan intelektual akan menghipnotis keterampilan bahasa anak
3. keterampilan bahasa sanggup menghipnotis perkembangan intelektual
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 benar, alasannya perkembangan dalam satu ranah dapa mendukung perkembangan yang lain
Pembahasan:
(Modul 1, KB 1 perihal: Hakikat Anak Usia Dini

3. Tasia seorang anak perempuan. Saat ini ia sudah sanggup berjalan kalau dipegang dan mencoba berdiri sendiri dengan berpegangan dan sudah bisa memukul-mukul mainannya. Berdasarkan ilustrasi tersebut menawarkan bahwa Tasia berusia antara....
A. 3-6 bulan
B. 6-9 bulan
C. 9-12 bulan
D. 1-2 tahun
Jawab:
C. Jawaban C benar alasannya rentang usia tersebut sesuai dengan karakteristik Tasia
Pembahasan:
materi ini terdapat dalam modul 1 tentang HAKIKAT ANAK USIA DINI DAN ANAK USIA Taman Kanak-kanak KB 1 tentang Hakikat Anak Usia Dini

4. Ani yaitu anak Taman Kanak-kanak Ananda yang berusia 5 tahun. Dalam berbicara Ani masih belum lancar, oleh karenanya guru Taman Kanak-kanak Ani selalu membimbing ia untuk sering berbicara melalui pertanyaan-pertanyaan. Menurut pakar tertentu anak usia Ani sudah sanggup membangun pengetahuannya dengan cara menyerap bencana –kejadian dalam lingkungannya kemudian diikuti dalam kehidupannya. Hal ini dialami oleh Ani. Pada dikala Ani dibawa ke pukesmas oleh Ibunya Ani melihat bayi yang sedang disuapi oleh Ibunya, maka setiba di rumah Ani main dengan bonekanya kemudian Ani menyuapi boneka tersebut memakai sendok. Dari ilustrasi tersebut pernyataan pakar pendidikan dan psikologi tentang karakteristik anak usia Taman Kanak-kanak yaitu ....
A. Maria Montessori
B. Erik Erikson
C. Froebel
D. Syamsu Yusuf
Jawab:
A. Jawaban benar, alasannya pernyataan di atas sesuai dengan pendapat Maria Montessori
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam Modul 1, KB 2 perihal: Hakikat Anak Usia Taman Kanak-kanak

5. Pertumbuhan fisik anak taman kanak-kanak sifatnya sangat individual tergantung dari cara perawatan, asupan gizi, dan kesehatan. Pernyataan ini sesuai dengan pendapat....
A. Lohman dalam Hurlock (1978)
B. Tanner dalam Hurlock (1978)
C. Froebel dalam Hurlock (1978)
D. Johnston dalam Hurlock (1978)
Jawab:
D. Jawaban D benar, alasannya pernyataan di atas sesuai dengan pendapat Johnston dalam Hurlock (1978)
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam Modul 1, KB 2 tentang Hakikat Anak Usia Taman Kanak-kanak, yaitu tentang pertumbuhan fisik anak TK

6. Perkembangan anak Taman Kanak-kanak yang benar berdasarkan Myers yaitu bahwa perkembangan ....
1. bersifat multidimensional
2. berlangsung secara berkesinambungan
3. tidak terpola, tetapi unik
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya perkembangan anak Taman Kanak-kanak yang benar berdasarkan Myers bersifat multidimensional dan berlangsung secara berkesinambungan

7. Zahra yaitu anak dari pasangan Pak Deni Setiawan dengan Ibu Ani. Zahra sudah bisa menggambar orang lengkap dengan anggota tubuhnya.Apabila sedang bermain bola dengan mitra sebaya Zahra gres sanggup melempar bola sejauh 3 meter dan sudah bisa menangkap bola dengan kedua tangan terjulur.Ciri-ciri tersebut menawarkan bahwa Zahra berusia....
A. 4-5 tahun
B. 3-4 tahun
C. 2-3 tahun
D. 1-3 tahun
Jawab:
A. Jawaban benar, alasannya pernyataan tersebut di atas menawarkan ciri-ciri usia 4-5 tahun
Pembahasan:
Materi tersebut terdapat dalam Modul 1 KB 1 tentang Hakikat Anak Usia Taman Kanak-kanak, yaitu terkena kemampuan motorik anak usia TK

8. Dimensi kesosialan yang dimiliki manusia, salah satunya ditunjukkan dengan ciri ....
A. selalu hidup menyendiri tanpa menolongan orang lain
B. yang satu dengan yang lainnya saling berkompetisi
C. dilarang melanggar hak orang lain
D. selalu saling memdiberi dan mendapatkan dengan sesama
Jawab:
D. Jawaban benar, alasannya sesuai dengan dimensi kesosialan yang dimiliki manusia
Pembahasan:
Modul 2, KB 1 perihal: Hakikat Manusia dan Pendidikan, yaitu tentang keunikan dan dinamika manusia

9. Pendidikan sanggup dikatakan sebagai proses pembentukan pribadi, alasannya untuk mewujudkan pribadi seseorang perlu adanya....
A. pengalaman khusus dalam masyarakat
B. interaksi edukatif dengan komponen pendidikan
C. tes kepribadian dijalur pendidikan
D. bimbingan dan pengalaman dijalur pendidikan
Jawab:
D. Jawaban benar, alasannya untuk mewujudkan pribadi seseorang perlu bimbingan dan pengalaman dijalur pendidikan
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat pada Modul 2 KB 1 tentang Hakikat Manusia dan Pendidikan, khususnya tentang hakikat pendidikan

10. Usia anak Taman Kanak-kanak berada dalam rentangan 4-6 tahun. Anak usia Taman Kanak-kanak didiberikan pendidikan melalui berguru seraya bermain. Oleh karenanya setiap pembelajaran harus….
1. dikemas dalam satu paket
2. menawarkan dunia bermain
3. dikemas dalam suasana bermain
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 benar alasannya sesuai dengan hakikat pendidikan anak TK

11. Pembelajaran di sebuah Taman Kanak-kanak mempunyai karakteristik tersendiri yaitu melaksanakan pembelajaran melalui masukana yang diminati anak menyerupai mengenal warna, berguru berhitung , berguru bersosial dengan mitra sebaya, mengagumi kekuasaan Tuhan , tiruana itu melalui kegiatan bermain dan bernyanyi . Ilustrasi tersebut menawarkan bahwa....
1. pembelajaran berorientasi perkembangan
2. pengembangan anak memerlukan kreativitas
3. pembelajaran seraya bermain
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 benar, alasannya pembelajaran berorientasi perkembangan dan pembelajaran seraya bermain sesuai dengan pembelajaran di taman kanak-kanak

12. Tujuan pendidikan taman kanak-kanak berdasarkan Ki Hajar Dewantara adalah....
1. menyebarkan rasa tertib, dan damai, serta pikiran yang sehat
2. membuat suasana yang sangat senang berdasarkan lingkungan anak
3. menumbuhkembangkan perkembangan anak secara terbaik
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya menyebarkan rasa tertib, dan damai, serta pikiran yang sehat dan membuat suasana yang sangat senang berdasarkan lingkungan anak sesuai dengan tujuan pendidikan taman kanak-kanak berdasarkan Ki Hajar Dewantara

13. Pendidikan di Taman Kanak-kanak sangat kuat terhadap pendidikan dasar alasannya pendidikan di Taman Kanak-kanak ....
1. ialah persiapan untuk masuk jenjang pendidikan dasar
2. bertujuan untuk memperbaiki mutu pendidikan anak
3. sanggup membuat anak menjadi cerdas dan berkarakter
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya sesuai dengan imbas pendidikan Taman Kanak-kanak terhadap pendidikan dasar

14. Pengertian berguru berdasarkan Chaplin bahwa berguru adalah....
A. proses interaksi dan bukan sekedar proses perembesan yang berlangsung tanpa usaha
B. suatu perbuatan sadar yang selalu mempunyai arah tujuan secara sadar
C. perubahan tingkah laris yang berlangsung dari yang paling sederhana menuju yang paling kompleks
D. perolehan perubahan tingkah laris yang relatif menetap sebagai akhir tes dan pengalaman
Jawab:
D. Jawaban benar, alasannya sesuai dengan pengertian berguru berdasarkan Chaplin
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam Modul 3, KB 1 perihal: Teori Belajar di Taman Kanak-kanak yaitu terkena pengertian belajar

15. Sebuah teori berguru berkembang berdasarkan hasil dari eksperimen dengan memakai sebuntut anjing untuk mengetahui relasi conditioned stimulus (CS), unconditioned stimulus (UCS) dengan conditioned respons, dan un conditioned respons. Karena fungsinya, teori berguru tersebut juga didiberi nama respondent conditioning.Teori berguru tersebut intinya sebuah mekanisme penciptaan reflex gres dengan cara menhadirkan stimulus sebelum terjadinya reflex. Teori ini dikembangkan oleh seorang ilmuwan besar yang berjulukan Pavlov. Berdasarkan ciri-ciri di atas, berdasarkan Anda teori berguru tersebut yaitu teori belajar....
A. penyesuaian sikap respons
B. pendekatan kognitif
C. penyesuaian klasik
D. koneksionisme
Jawab:
C. jawabanan benar, alasannya ciri-ciri di atas berguru di atas sesuai dengan teori penyesuaian klasik
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 3, KB 1 perihal: Teori Belajar di Taman Kanak-kanak terkena teori belajar

16. Pemikiran Jeans Jaques Rousseau tentang pembelajaran anak usia Taman Kanak-kanak adalah....
A. pembelajaran yang utama di sekolah yaitu pelajaran agama
B. pembelajaran lebih efektif apabila dilakukan melalui bermain di luar rumah
C. anak harus dibimbing secara perlahan-lahan dan dengan perjuangan anak itu sendiri
D. pendidikan bersifat ilmiah dan menyarankan kembali ke alam
Jawab:
D. Jawaban benar, alasannya sesuai dengan pemikiran Jeans Jaques Rousseau tentang pembelajaran anak usia TK
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat Modul 3, KB 1 perihal: Teori Belajar di Taman Kanak-kanak tentang pemikiran pemikiran para tokoh tentang pembelajaran anak usia TK

17. Oliva mengemukakan, bahwa model pembelajaran itu harus mengandung sesuatu yang rasional dan didasarkan pada teori serta meliputi serangkaian taktik ….
A. yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik mata pelajaran dan kemampuan anak
B. yang dilakukan oleh guru maupun anak didik dan didukung oleh akomodasi pembelajaran
C. pengembangan sejumlah pengalaman berguru melalui kegiatan bermain
D. meyakini bahwa pengembangan kurikulum berafiliasi dengan mutu pembelajaran
Jawab:
B. Jawaban benar, alasannya bahwa model pembelajaran itu harus mengandung sesuatu yang rasional dan didasarkan pada teori serta meliputi serangkaian taktik yang dilakukan oleh guru maupun siswa dan didukung oleh akomodasi pembelajaran sesuai dengan pendapat Oliva
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul3, KB 2 perihal: Model Inovasi Pendidikan di Taman Kanak-kanak khususnya terkena landasan pengembangan model pendidikan di TK

18. Seorang pakar kurikulum beropini bahwa tujuan pengembangan kurikulum yang fundamental yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan anak melalui lingkungannya. Oleh karenanya kurikulum untuk anak Taman Kanak-kanak harus memseriuskan pada perkembangan anak melalui linkungan sekitar anak , sehingga sanggup menggali banyak sekali potensi melalui permainan. Menurut pendapat Anda pernyataan tersebut di atas termasuk….
A. tujuan kurikulum berdasarkan Catron dan Allen
B. pengembangan kurikulum berdasarkan Bredekamp
C. pengembangan kurikulum berdasarkan Kitano dan Kirby
D. Pembelajaran melalui pendekatan konstruktivisme
Jawab:
A. Jawaban benar, alasannya sesuai dengan tujuan pengembangan kurikulum
Pembahasan:
Modul 3, KB 2 Model Inovasi Pendidikan di TK, perihal: tujuan pengembangan kurikulum berdasarkan Catron dan Allen

19. Bu Santi mengajar di Taman Kanak-kanak Lebah Lestari. RKH yang dibentuk Bu Santi nampak menentukan tema terlebih lampau dengan judul“Keluargaku”. Sesudah melaksanakan kegiatan pertama Bu Santi menandakan anggota keluarga, kemudian memdiberi kiprah pada masing-masing anak mewarnai gambar anggota keluarga yang sudah disiapkan oleh Bu Ita. Selain mewarnai anak disuruh menghitung jumlah anggota keluarga mereka dirumah. Pada tamat kegiatan anak didiberi kiprah untuk menghitung anggota keluarga wanita dan anggota keluarga laki-laki. Dari ilustrasi tersebut menawarkan bahwa Bu Ita menerapkan model pembelajaran tematik yang mempunyai keunikan, yaitu....
A. pembelajaran berpusat pada anak
B. kelas dibagi menjadi kelompok-kelompok
C. pengaturan kelas yaitu kunci utama dari pembelajaran
D. melibatkan beberapa bidang pengembangan
Jawab:
D. jawabanan benar, alasannya keunikan pembelajaran tematik yaitu melibatkan beberapa bidang pengembangan
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 3, KB 2 perihal: Model Inovasi Pendidikan di TK

20. Sarana permainan yaitu tiruana peralatan yang sanggup dipakai untuk melatih psikis dan fisik dalam proses tumbuh kembang anak. Bentuk masukana bermain sanggup berupa....
1. gedung
2. air
3. kertas
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 benar, alasannya air dan kertas ialah bentuk masukana bermain

21. Pembentukan kepribadian anak usia Taman Kanak-kanak sanggup dilakukan melalui bermain. Permainan yang sanggup membentuk pribadi anak yaitu permainan....
A. individu
B. Kelompok
C. yang mendidik
D. yang mutakhir
Jawab:
C. Jawaban benar, alasannya permainan yang mendidik sanggup menghipnotis pembentukan yang terjadi dalam diri anak usia
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam Modul 4, KB 1 perihal: Pengembangan Program Bermain Sambil Belajar di TK

22. Melalui bermain sanggup menyebarkan kemampuan bahasa anak TK, alasannya pada dikala bermain....
1. akseptor didik selalu memakai bahasa untuk berkomunikasi dengan mitra sebaya, berarti secara tidak pribadi berguru bahasa
2. sendiri anak usia Taman Kanak-kanak suka mengucapkan kata-kata sendiri , seraya bercakap-cakap dengan diri sendir
3. anak latihan menyesuaikan antara pikiran dan gerakan menjadi suatu keseimbangan sehingga anak sanggup bergerak bebas
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya melalui bermain sanggup menyebarkan kemampuan bahasa anak TK

23. Andi anak Taman Kanak-kanak kelas B sedang bermain di halaman sekolah. Permainan mereka banyak memakai kegiatan fisik. Berikan pola jenis permainan apa saja yang ialah pola dari permainan fisik?
1. Go bang Sodor
2. Suda mandah
3. Lowok
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya go bang so dor dan suda mandah yaitu pola dari permainan fisik

24. Bermain eksploratoris yaitu kegiatan bermain yang sanggup mempersembahkan peluang pada setiap anak untuk....
1. menemukan hal –hal yang baru
2. merangsang rasa ingin tahu
3. menyebarkan kemampuan berpikir
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya menemukan hal –hal yang gres dan merangsang rasa ingin tahu anak sesuai dengan kegiatan bermain eksploratoris berdasarkan kemampuan anak

25. Ibu Eka setiap tamat bulan selalu menemui Kepala Sekolah di Taman Kanak-kanak Purnama tempat anaknya sekolah. Tujuann Bu Eka yaitu untuk menanyakan kemajuan berguru anaknya. Hal ini dilakukan Bu Eka karena....
1. melalui kunjungan ke sekolah Bu Eka sanggup mengetahui perkembangan kemampuan anak selama belajar
2. Bu Eka selalu tanggap bahwa ada acara pelibatan orang bau tanah dalam hal relasi keluarga dengan
3. acara pelibatan orang bau tanah di Taman Kanak-kanak dalam relasi keluarga dengan sekolah mengakibatkan anak semakin percaya diri
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya kedua pernyataan tersebut termasuk pola cara menyebarkan acara pelibatan orang bau tanah di Taman Kanak-kanak dalam hal relasi keluarga dengan sekolah.

26. Tias anak Taman Kanak-kanak kelas C. Dia punya talenta menyanyi. Hal itu nampak setiap disuruh menyanyi di kelas, ia sangat bersemangat. Apabila di sekolah didiberi pelajaran beryanyi yang gres ia cepat hafal dan cepat sanggup menirukan lagu gres tersebut dengan tepat . Untuk menyebarkan talenta Tias, maka Ibu Tias setiap malam sebelum Tias pulas selalu....
1. menyuruh berguru menulis lagu –lagu kawasan milik kakaknya
2. melatih vokal Tias melalui lagu bawah umur yang sedang beredar
3. meminta Tias untuk latihan menyanyi dengan Ayahnya
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 benar, alasannya melatih vocal Tias melalui lagu bawah umur yang sedang beredar dan meminta Tias untuk latihan menyanyi dengan Ayahnya, yaitu perjuangan yang sesuai untuk menyebarkan talenta Tias

27. Tito anak lulusan dari sebuah sekolah Taman Kanak-kanak di Jakarta Timur. Seusai tamat dari Taman Kanak-kanak Tito pribadi diterima di SD negeri yang tidak jauh dari rumahnya. Teman-kawan Tito yang lain tiruananya diterima di SD negeri, tidak ada satupun yang tidak diterima di SD. Dari ilustrasi tersebut silakan analisis bagaimana kurikulum di TK?
1. sangat efektif dan efisien untuk pendidikan di SD, sehingga tiruana siswa lulusan Taman Kanak-kanak diterima di seluruh SD negeri
2. sesuai dengan kebutuhan di jenjang pendidikan dasar, sehingga tiruana lulusan Taman Kanak-kanak memenuhi persyaratan untuk masuk SD
3. sangat relevan dengan persyaratan yang diharapkan untuk masuk di sekolah dasar, sehingga tiruana lulusan Taman Kanak-kanak diterima di SD
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 benar, alasannya sesuai dengan prinsip relevansi kurikulum TK

28. Kompetensi guru Taman Kanak-kanak antara lain memahami karakteristik akseptor didik usia Taman Kanak-kanak yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya, serta mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dan diberinteraksi secara efektif dengan akseptor didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali anakdidik dan masyarakat. Dari ilustrasi tersebut menawarkan bahwa kompetensi tersebut termasuk kompetensi ....
1. paedagogik
2. sosial
3. profesional
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya kompetensi pedagogik dan sosial sesuai dengan ilustrasi di atas (Modul 5KB 1 perihal: Analisis Kurikulum dan Pemetaan Kompetensi di TK)

29. Andi termasuk kategori anak yang cerdas di Taman Kanak-kanak kelompok A, padahal usia Andi masih 4 tahun. Setiap kali memdiberi kiprah pada Andi , Ibu Guru selalu memdiberi kiprah yang lebih tinggi tingkat kesusahannya dari pada mitra –kawannya. Perlakuan guru terhadap Andi berdasarkan perbedaan....
A. tingkat kecerdasan
B. Latar belakang keluarga
C. kreativitas
D. usia
Jawab:
A. Jawaban benar, alasannya perlakuan guru sesuai dengan kompetensi dan pengemasan materi di Taman Kanak-kanak berdasarkan perbedaan tingkat kecerdasan
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat pada Modul 5, KB 2 perihal: Prosedur Pengemasan Materi di TK)

30. Bu Tika guru Taman Kanak-kanak di kelas A yang tergolong guru yang kreatif. Sebelum membimbing bawah umur untuk berguru sambil bermain, Bu Tika terlebih lampau melaksanakan wawancara pribadi terhadap tiruana orang bau tanah anakdidik waktu mengantar anaknya ke sekolah tentang sifat atau kebiasaan anak, kemampuan anak, termasuk makanan kesukaan anak, dll. Nah setelah itu Bu Tika gres membuat materi asuh untuk kelas A yang diasuhnya. Bu Tika melaksanakan hal ini setiap akan dimulainya tahun anutan baru. Dari ilustrasi tersebut menawarkan bahwa bu Tika melaksanakan mekanisme pengemasan materi berguru di Taman Kanak-kanak berdasarkan....
1. analisis kebutuhan
2. kondisi lingkungan anak
3. latar belakang keluarga
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya sesuai dengan mekanisme pengemasan materi berguru di Taman Kanak-kanak (Modul 5, KB 2 perihal: Prosedur Pengemasan Materi di TK)

31. Isi pembelajaran dalam perencanaan pembelajaran di TK,seyogianya....
A. sesuai dengan tujuan yang akan dicapai
B. Materi ialah komponen utama
C. Selaras dengan jenis dan jumlah materi
D. memuat hal-hal yang mutakhir
Jawab:
A. Jawaban benar, alasannya sesuai dengan isi pembelajaran dalam perencanaan pembelajaran di TK
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada Modul 6, KB 1 perihal: Perencanaan dan Pengelolaan Taman Kanak-kanak)

32. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kelas yaitu....
1. membut anak tunduk dan taat
2. mempunyai metode menenangkan kelas
3. menyajikan kegiatan yang menarikdanunik
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 benar, alasannya sesuai dengan cara pengelolaan kelas taman kanak-kanak (Modul 6, KB 1 perihal: Perencanaan dan Pengelolaan Taman Kanak-kanak)

33. Yang dimaksud keluarga dalam lingkungan sosial Taman Kanak-kanak yaitu bahwa keluarga ialah ....
1. anggota masyarakat yang berperan dalam mendidik anak
2. tempat untuk berkonsultasi antara guru dengan akseptor didik
3. tempat pertama dan utama bagi anak dalam mendapatkan pendidikan
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 benar, alasannya sesuai dengan lingkungan sosial TK, yang berkaitan dengan keluarga (Modul 6, KB 1 perihal: Perencanaan dan Pengelolaan Lingkungan Sosial TK)

34. Prinsip-prinsip pembelajaran di Taman Kanak-kanak yang berorientasi pada berguru seraya bermain adalah....
1. pendidik harus menentukan permainan dan media yang modern untuk pembelajaran di TK
2. kegiatan pembelajaran hendaknya dilakukan dalam situasi yang sangat senang dan menarikdanunik anak
3. melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi, dan memanfaatkan objek-objek yang bersahabat dengan anak
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 benar, alasannya sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran di Taman Kanak-kanak yang berorientasi pada berguru seraya bermain (Modul 6, KB 4 perihal: Pengelolaan Kegiatan Belajar Anak Usia TK)

35. Salah satu cara menyusun silabus dalam kegiatan di Taman Kanak-kanak adalah....
A. harus disusun secara sistematik
B. sesuai usulan masyarakat setempat
C. sesuai otonomi daerah
D. harus memuat seluruh mata pelajarn
Jawab:
A. jawabanan benar, alasannya sesuai dengan cara menyusun silabus dalam kegiatan di TK
Pembahasan:
Pelajari materi dalam Modul 6, KB 4 perihal: Pengelolaan Kegiatan Belajar Anak Usia TK

36. Bu Susi yaitu Kepala Taman Kanak-kanak Dharmakarya. Bu Susi selalu mendorong para guru untuk selalu meningkatkan kualitas kinerjanya, dan memdiberi motivasi pada para guru untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya guna memperbaiki kualitas SDM dan sekolah yang dibinanya. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk….
1. melaksanakan pengembangan kerier terhadap para guru secara terbaik
2. menghindarkan diri dari sikap, dan perbuatan yang bersifat memaksa
3. meningkatkan kualitas SDM di Taman Kanak-kanak serta memperbaiki mutu pendidikan di TK
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 benar, alasannya sesuai dengan peranan Kepala Sekolah dalam pengelolaan sumber daya manusia

37. Prosedur penilaian kegiatan untuk anak usia 3-6 tahun diantaranya....
1. rambu-rambu penilaian harus terpisah dengan kurikulum
2. hasil penilaian diupayakan menguntungkan anak
3. penilaian harus meliputi beberapa aspek tiruana aspek perkembangan
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 benar, alasannya sesuai dengan mekanisme penilaian kegiatan untuk anak usia 3-6 tahun (Modul 7, KB 1 perihal: Ruang Lingkup Asesmen Evaluasi Kegiatan di TK)

38. Karakteristik penilaian pembelajaran di Taman Kanak-kanak adalah....
1. penilaian kegiatan berguru di kelas harus merespons kebutuhan anak
2. metode penilaian di Taman Kanak-kanak terdiri dari penilaian unjuk kerja, sikap, dan portofolio
3. alat penilaian yang dipakai dilarang sesuai dengan SKH yang disusun
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya sesuai dengan karakteristik penilaian pembelajaran di TK

39. Asumsi dasar 1 penilaian kegiatan berguru di kelas bertujuan untuk....
A. mengukur efektivitas pendidikan
B. memperbaiki pembelajaran
C. menilai ruang kelas
D. meningkatkan efektivitas pembelajaran
Jawab:
D. Jawaban benar alasannya sesuai dengan tujuan perkiraan dasar 1 penilaian kegiatan berguru di kelas
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam Modul 7, KB 2: Tujuan Evaluasi di PAUD khususnya tujuan perkiraan dasar penilaian kegiatan berguru di kelas

40. Evaluasi proses tidak sama dengan penilaian bulanan, alasannya penilaian proses dilakukan pada dikala proses kegiatan belajar-mengajar berlangsung sedangkan penilaian bulanan dilakukan setiap bulan berupa laporan yang bertujuan untuk....
A. memdiberi laporan perkembangan anak
B. mengetahui tolok ukur keberhasilan program
C. menentukan bawah umur berbakat
D. mengelompokkan anak berdasarkan usia
Jawab:
A. Jawaban benar, alasannya memdiberi laporan perkembangan anak ialah tujuan penilaian bulanan
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam Modul 7, KB 3: Model Evaluasi untuk Anak Usia Dini khususnya tentang evalusi proses, bulanan, dan semester atau catur wulan

41. Hakikat kompetensi guru PAUD yaitu seseorang yang mempunyai kemampuan....
1. sebagai pendidik professional dengan kiprah utama mendidik dan membimbing anak usia dini pada jalur formal
2. mengajar di Taman Kanak-kanak pada jalur formal maupun non formal dan berkualifikasi Diploma III dari tiruana bidang ilmu
3. menyebarkan potensi anak usia dini serta berkualifikasi Sarjana atau Diploma IV dari forum yang diakui
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 benar, alasannya sesuai dengan hakikat kompetensi guru PAUD

42. Bu Ambar yaitu guru PAUD di kelas A. Anak-anak nampak sangat bersahabat dengan Bu Ambar yang sabar, ramah, cantik, dan disegani anak. Penampilan Bu Ambar tersebut menawarkan salah satu pola dari kompetensi kepribadian seorang guru Taman Kanak-kanak antara lain....
1. lemah lembut
2. penyayang anak
3. harus pandai
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya sifat yang lemah lembut dan penyayang anak menawarkan kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh seorang guru PAUD

43. Bu Atika seorang guru PAUD . Pendidikan terakhir Bu Atika S1 Pendidikan usia dini. Bu Atika mempunyai pembawaan sebagai guru yang ceria, akung pada anak, dan berilmu bergaul. Ciri-ciri tersebut ialah profil umum pendidik PAUD. Selain itu guru mempunyai kiprah yang mengakibatkan anak sebagai subjek dalam menyebarkan pembelajaran. Pernyataan ini sesuai pendapat....
A. Amien (Ali Nugraha, 2008)
B. Amien (Ali Nugraha, 2005)
C. Sahertian (Hadiyanto, 2004)
D. Hoyley (Hadiyanto, 2004)
Jawab:
A. Jawaban benar, alasannya yang menyatakan bahwa guru mempunyai kiprah yang mengakibatkan anak sebagai subjek dalam menyebarkan pembelajaran yaitu Amien (Ali Nugraha, 2008)
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam Modul 8, KB 2 perihal: Profil Umum Pendidik PAUD tentang profil pendidik PAUD

44. Beberapa karakteristik yang harus dimiliki oleh pendidik dalam melaksanakan kiprah sebagai pendidik PAUD diantaranya adalah....
1. menaruh perhatian dan sikap cinta terhadap anak didik
2. sanggup mengajar diberbagai jenjang forum pendidikan
3. mempunyai pengetahuan yang cukup tentang anak didik
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 benar, alasannya sesuai dengan karakteristik yang harus dimiliki oleh pendidik dalam melaksanakan kiprah sebagai pendidik PAUD

45. Model pembelajaran berdasarkan Joyce dan Weil adalah....
1. model pembelajaran yang sanggup dijadikan bekal calon guru untuk menentukan model pembelajaran sendiri
2. suatu planning atau pola yang sanggup dipakai untuk menyusun SKH di PAUD untuk setiap semester
3. model pembelajaran yang menuntut keaktifan seimbang antara guru dan siswa setiap kegiatan pembelajaran
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 benar, alasannya model pembelajaran yang sanggup dijadikan bekal calon guru untuk menentukan model pembelajaran sendiri dan model pembelajaran yang menuntut keaktifan seimbang antara guru dan siswa setiap kegiatan belajar-mengajar sesuai dengan model pembelajaran berdasarkan Joyce dan Weil

46. Pengertian profesi yang benar berdasarkan Ornstein dan Levine adalah....
1. mempunyai kadar kepercayaan yang tinggi dari publik dibanding jabatan lainnya
2. mempunyai organisasi yang diatur oleh aggota profesi sendiri
3. suatu jabatan yang mempunyai fungsi dan signifikansi sosial yang menentukan
Jawab:
Jawaban 1 dan 2 benar, alasannya sesuai dengan pengertian profesi berdasarkan Ornstein dan Levine

47. Syarat-syarat profesi guru berdasarkan National Education Asociation (NEA, 1948) menyarankan kriteria sebagai diberikut....
1. kegiatan yang menuntut acara dan motivasi untuk berguru tuntas
2. jabatan yang mempunyai organisasi professional yang kuat
3. jabatan yang mementingkan layanan d atas laba pribadi
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 benar, alasannya memenuhi kriteria syarat-syarat profesi guru berdasarkan National Education Asociation (NEA, 1948)

48. Yang dimaksud instruksi etik guru Taman Kanak-kanak adalah....
1. pedoman sikap dan tingkah laris yang harus dimiliki untuk menjadi guru, khususnya guru TK
2. sebuah akad yang harus ditepati dan dilaksanakan oleh seseorang yang berprofesi sebagai guru
3. landasan moral dan pedoman tingkah laris guru yang sesuai dengan kiprah mulianya sebagai pendidik
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 benar, alasannya sesuai dengan instruksi etik guru TK

49. Hubungan guru dengan akseptor didik ditunjukkan dalam kegiatan....
1. tanya balasan tentang materi pelajaran
2. menyusun RPP dan instrument penilaian
3. mengulas hasil diskusi kelas
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 benar, alasannya tanya balasan tentang materi pelajaran dan mengulas hasil diskusi kelas termasuk relasi guru dengan akseptor didik

50. Yang dimaksud hakikat profesi guru Taman Kanak-kanak adalah....
A. jabatan seorang guru yang bertugas mengajar akseptor didik dengan penuh tanggung jawaban
B. suatu organisasi keguruan yang berfungsi meningkatkan profesi sebagai seorang guru TK
C. profesi yang diemban oleh tiruana guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas
D. jabatan seseorang yang berperan dalam menyebarkan potensi anak usia 4-6 tahun
Jawab:
D. Jawaban benar, alasannya sesuai dengan hakikat profesi guru TK
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul Modul 9, KB 3 perihal: Organisasi Profesi Guru Taman Kanak-kanak khususnya materi tentang hakikat profesi guru TK

Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4107

Seperti yang sudah kami sampaikan pada pertama postingan ini, bahwa soal ini juga kami siapkan salam bentuk dokumen PDF yang memungkinkan dan megampangkan Anda selaku Mahasiswa untuk menyimpan yang kemudian nanti bisa di print dan dipelajari dirumah. Nah diberikut ini kami bagikan link untuk Anda download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4107 Dasar-dasar Pendidikan TK lengkap dengan kunci jawabanannya serta pembahasan pada setiap soal.


Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk pribadi menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian tamat semester nantinya.

Sekian artikel terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4107 Dasar-dasar Pendidikan TK, biar soal yang kami bagikan ini bisa berkhasiat dan bermanfaa untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian tamat semester nantinya, tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada kawan-kawan Anda lainnya, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4107 Dasar-Dasar Pendidikan Tk Beserta Kunci Jawaban"

Back To Top