loading...
Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan lengkap dengan kunci jawabanan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) non Pendas yang kini ini sedang menempuh pendidikan pada semester 3. Pada postingan kami sebelumnya kami sudah banyak banyak sekali Soal Ujian UT Manajemen EKMA4366 Pengembangan SDM, kami konsisten membangun blog Soal UAS UT sebagai wadah untuk membagikan kumpulan soal-soal ujian simpulan semester Universitas Terbuka. Yang kemudian bisa Anda pelajari sebelum menghadapi ujian nantinya. Setiap soal yang kami posting atau bagikan tentu sudah disertakan dengan kunci jawabanan dan pembahasan kunci jawabanannya. Tentu dengan hal tersebut Anda akan lebih digampangkan dalam mempelajari materi yang ada pada madul Anda. Tak spesialuntuk Soal Ujian UT saja, kami juga mempersembahkan banyak sekali hal lainnya terkait kiprah Anda sebagai Mahasiswa Universitas Terbuka, ibarat Soal Ujian UT Manajemen dan banyak sekali Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang sudah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih digampangkan dalam mempelajari isi materi pada modul. melaluiataubersamaini hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari tiruana materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal ibarat ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini alasannya yakni tiruana soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.Soal Ujian UT Manajemen Semester 3 lainnya:
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4213 Manajemen Keuangan
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4366 Pengembangan SDM
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4475 Pemamasukan Strategik
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4568 Pemamasukan Jasa
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4312 Ekonomi Managerial
Tentunya Anda akan sangat digampangkan dengan adanya soal ibarat ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, alasannya yakni dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanannya. Kaprikornus Anda sangat digampangkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada simpulan artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan eksklusif pada link downloadnya. Kaprikornus Anda tidak perlu lagi melaksanakan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 hingga semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.
Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 hingga dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.
Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian simpulan semester nantinya.
A. operasi
B. rantai pasok
C. proyek
D. stratejik
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, administrasi rantai pasok yakni integrasi aktivitas-aktivitas yang mengubah materi baku menjadi barang dalam proses dan barang jadi serta mengantarkannya kepada pelanggan dengan cara yang efisien
2. Proses yang menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dengan kemauan supply perusahaan untuk memilih apa yang akan di beli dan kapan, ialah proses bisnis inti administrasi rantai pasok yaitu...
A. customer relationship management (CRM)
B. customer service management (CSM)
C. demand management
D. customer demand fulfillment
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, demand management ialah proses yang menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dengan kemauan supply perusahaan untuk memilih apa yang akan di beli dan kapan
3. Diketahui PT. Risha mempunyai nilai persediaan Rp. 40.000.000,00 tahun lalu, dan penjualan produk yakni Rp. 160.000.000,00. Jika perusahaan mempunyai 52 ahad kerja per tahun, berapa ahad pasokan dalam persediaan?
A. 13 minggu
B. 12 minggu
C. 11 minggu
D. 10 minggu
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, Minggu pasokan = Nilai agregat rata-rata persediaan/Penjualan mingguan = 40.000.000/(160.000.000/52) =12,99 ˜ 13 minggu
4. Diketahui PT. Risha mempunyai nilai persediaan Rp. 40.000.000,00 tahun lalu, dan penjualan produk yakni Rp. 160.000.000,00. Jika perusahaan mempunyai 52 ahad kerja per tahun, bagaimana perputaran persediaannya?
A. 3 perputaran/tahun
B. 4 perputaran/tahun
C. 5 perputaran/tahun
D. 6 perputaran/tahun
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, Perputaran persediaan = penjualan tahunan/nilai agregat rata-rata persediaan Perputaran persediaan=160.000.000/40.000.000 = 4 perputaran/tahun
5. Mata rantai supply chain terdiri atas...
A. supplier - biro - retailer - customer
B. supplier - manufacturer - retailer - customer
C. supplier - biro - manufacturer - retailer - customer
D. supplier - manufacturer - biro - retailer - customer
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, mata rantai supply chain terdiri atas supplier - manufacturer - biro - retailer - customer
6. Faktor waktu yang dibutuhkan pasar untuk bisa mendapatkan dan merespon ketika ada produk gres ialah faktor yang mempengaruhi distribusi yaitu…
A. response time
B. product variety
C. time to market
D. customer experience
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, time to market ialah faktor waktu yang dibutuhkan pasar untuk bisa mendapatkan dan merespon ketika ada produk baru
7. Jenis pasar pada kuadran ketiga yaitu pasar di mana …
A. seruan dan penawaran rendah serta tidak bisa diramalkan
B. persediaan rendah dan seruan lebih tinggi
C. persediaan lebih tinggi dibandingkan permintaan
D. seruan dan penawaran tinggi
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, jenis pasar pada kuadran ketiga yaitu pasar di mana seruan dan penawaran tinggi
8. Kumpulan dari administrasi sediaan dan administrasi distribusi fisik disebut manajemen…
A. rantai pasok
B. logistik
C. pesanan
D. proyek
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, administrasi logistik ialah kumpulan dari administrasi sediaan dan administrasi distribusi fisik
9. Pajak, tarif, nilai tukar mata uang, dan faktor ekonomi yang bersifat eksternal ialah pola faktor yang mempengaruhi keputusan desain jaenteng yaitu faktor...
A. stratejik
B. pesaing
C. makroekonomi
D. biaya logistik dan fasilitas
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, pajak, tarif, nilai tukar mata uang, dan faktor ekonomi yang bersifat eksternal ialah pola faktor yang mempengaruhi keputusan desain jaenteng yaitu faktor makroekonomi
10. Pertimbangan untuk memilih di mana barang di simpan dan bagaimana cara pengirimannya menggunakan..
A. desain jaenteng rantai pasok
B. logistik
C. inventory
D. value density
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pertimbangan untuk memilih di mana barang di simpan dan bagaimana cara pengirimannya memakai value density
11. Salah satu pola dari faktor eksternal yang mempengaruhi seruan yaitu...
A. harga dan promosi periklanan
B. perubahan selera konsumen
C. desain pengepakan
D. ekspansi
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, salah satu pola dari faktor eksternal yang mempengaruhi seruan yaitu perubahan selera konsumen
12. Pola yang tidak termasuk dalam tipe sikap seruan yaitu pola....
A. tren
B. siklus
C. siklus tren
D. musiman
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, pola yang tidak termasuk dalam tipe sikap seruan yaitu pola siklus tren
13. Pola seruan di mana ada pergerakan bebas dan muncul secara periodik dalam jangka pendek dan berulang ialah esensi dari pola...
A. siklus
B. siklus tren
C. tren
D. musiman
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pola seruan di mana ada pergerakan bebas dan muncul secara periodik dalam jangka pendek dan berulang ialah esensi dari pola musiman
14. Metode yang mengembangkan model cause-and-effect antara seruan dan variabel lainnya disebut metode peramalan...
A. kausal
B. kualitatif
C. simulasi
D. time series
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, metode yang mengembangkan model cause-and-effect antara seruan dan variabel lainnya disebut metode peramalan kausal
15. Rumus untuk menghitung persamaan pada metode exponential smoothing yaitu...
A. Dt = at+b
B. Dt = L+T
C. At = aDt+ (1+a)
D. At = aDt+ (1+a)At-1
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, persamaan untuk metode exponential smoothing yaitu: At = aDt+ (1+a)At-1
16. Variabel utama dalam peramalan yang berkombinasi akan memilih kondisi pasar, 3 diantaranya adalah...
A. penawaran, persediaan, dan karakteristik produk
B. permintaan, penawaran, dan karakteristik produk
C. permintaan, persediaan, dan lingkungan kompetitif
D. permintaan, penawaran, dan lingkungan kompetitif
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, variabel utama dalam peramalan yang berkombinasi akan memilih kondisi pasar yaitu: 1. seruan 2. persediaan 3. karakteristik produk 4. lingkungan kompetitif
17. Salah satu fungsi penting dari persediaan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan adalah...
A. memilih jumlah stok persediaan
B. menghilangkan resiko terhadap kenaikan harga barang atau inflasi
C. memilih berapa banyak materi baku yang harus di pesan
D. menyimpan materi baku yang dihasilkan secara massal
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, fungsi penting dari persediaan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan adalah:
1. menghilangkan resiko keterlambatan pengiriman materi baku atau barang yang dibutuhkan perusahaan
2. menghilangkan resiko jikalau material yang di pesan tidak baik sehingga harus dikembalikan
3. menghilangkan resiko terhadap kenaikan harga barang atau inflasi
4. untuk menyimpan materi baku yang dihasilkan secara musiman
5. mendapatkan laba dari pembelian menurut cuilan kuantitas
6. mempersembahkan pelayanan kepada pelanggan dengan tersedianya barang yang diperlukan
18. Jenis persediaan untuk menjaga terjadinya fluktuasi seruan yang tidak diperkirakan sebelumnya dan untuk mengatasi jikalau terjadi penyimpangan dalam prakiraan penjualan disebut...
A. anticipation stock
B. lot-size inventory
C. pipeline inventory
D. fluctuation stock
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, fluctuation stock ialah jenis persediaan untuk menjaga terjadinya fluktuasi seruan yang tidak diperkirakan sebelumnya dan untuk mengatasi jikalau terjadi penyimpangan dalam prakiraan penjualan, waktu produksi atau pengiriman barang
19. Kegagalan untuk membuat estimasi yang akurat terhadap seruan konsumen dan pelanggan serta keterbatasan tukar isu antar anggota dalam rantai pasok yang menyebabkan membengkaknya tingkat persediaan di seluruh sistem, ialah esensi dari...
A. buy back
B. bullwhip effect
C. buffer stock
D. stock out
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, bullwhip effect ialah kegagalan untuk membuat estimasi yang akurat terhadap seruan konsumen dan pelanggan serta keterbatasan tukar isu antar anggota dalam rantai pasok yang menyebabkan membengkaknya tingkat persediaan di seluruh sistem
20. Teknik penghitungan persediaan secara fisik yang dilakukan menurut continuous basis sehingga sanggup menyediakan isu pada ketika level tertentu disebut...
A. continuous system
B. basic system
C. interval system
D. periodic system
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, continuous system ialah cara penghitungan persediaan secara fisik yang dilakukan menurut continuous basis sehingga sanggup menyediakan isu pada ketika level tertentu
21. Manajer toko secara mingguan mengusut ketersediaan barang di rak ialah salah satu pola sistem penghitungan persediaan yaitu...
A. continuous system
B. basic system
C. interval system
D. periodic system
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, alasannya yakni hal tersebut ialah salah satu pola sistem penghitungan persediaan periodic system
22. Biaya yang timbul ketika seruan melebihi persediaan di tangan termasuk opportunity cost alasannya yakni tidak melaksanakan penjualan disebut biaya...
A. penyimpanan
B. pemesanan
C. belum sempurnanya
D. keusangan
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, biaya belum sempurnanya yakni biaya yang timbul ketika seruan melebihi persediaan di tangan termasuk opportunity cost alasannya yakni tidak melaksanakan penjualan, kehilangan kepercayaan konsumen dan keterlambatan pembayaran
23. Metode penentuan jumlah optimal yang menekankan pada pemesanan yang paling hemat disebut...
A. EOQ
B. EPQ
C. reorder point
D. safety stock
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, Economic Order Quantity (EOQ) yakni metode penentuan jumlah optimal yang menekankan pada pemesanan yang paling ekonomis, yaitu jumlah pembelian barang
24. Data diberikut dipakai untuk menjawaban pertanyaan No. 24 dan 25. Diketahui seruan rata-rata jarum suntik per tahun PT. Alfath yakni 3.000 unit, biaya pemesanan yakni sebesar Rp. 300.000,00 per pemesanan, dan biaya penyimpanan per unit per tahun yakni sebesar Rp. 10.000,00. Pembelian optimal untuk tiap kali pemesanan adalah...
A. 300 unit
B. 325 unit
C. 424 unit
D. 450 unit
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, Diketahui : D = 3.000 unit, S = Rp 300.000/pesanan, dan H = Rp 10.000 Q=v2DS/H Q=v2x3000x300000/10000 Q=v180000 Q=424 Unit
25. Jumlah pemesanan dalam setahun adalah...
A. 4 kali pemesanan per tahun
B. 5 kali pemesanan per tahun
C. 6 kali pemesanan per tahun
D. 7 kali pemesanan per tahun
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, N=D/Q N=3000/424 = 7 kali pemesanan per tahun
26. Rumus untuk menghitung persediaan yang di buat sendiri adalah...
A. Q0 = v2DS/H vP/P-u
B. Q0 = v2DS/H
C. Q0 = vP/P-u
D. Q0 = v2DS/H vP-u/P
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, rumus untuk menghitung persediaan yang di buat sendiri yakni Q0 = v2DS/H vP/P-u
27. Berikut ini yakni langkah-langkah untuk mencapai taktik yang tepat terkait dengan kemampuan rantai pasok dalam memenuhi kepuasan pelanggan, kecuali....
A. pencapaian taktik yang tepat
B. memahami kemampuan rantai pasok
C. memenuhi tingkat pelayanan yang tinggi
D. memahami pelanggan dan ketidakpastian dari rantai pasok
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, Menurut Chopra dan Meindl (2004), ada tiga langkah untuk mencapai taktik yang tepat yaitu: 1. memahami pelanggan dan ketidakpastian dari rantai pasok 2. memahami kemampuan rantai pasok 3. pencapaian taktik yang tepat
28. Kaitan antara aktivitas-aktivitas utama dan pendukung dalam perusahaan untuk mencapai taktik kompetitif perusahaan ialah esensi dari...
A. supply chain
B. value chain
C. demand uncertainty
D. implied demand uncertainty
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, value chain yakni kaitan antara aktivitas-aktivitas utama dalam perusahaan dan di dukung oleh aktivitas-aktivitas pendukung untuk mencapai taktik kompetitif perusahaan
29. Tujuan utama dari efficient supply chain dalam taktik rantai pasok yaitu...
A. respon cepat terhadap permintaan
B. meminimalkan persediaan supaya biaya rendah
C. menurunkan harga produk
D. memasok seruan pada biaya terendah
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, tujuan utama dari efficient supply chain dalam taktik rantai pasok yaitu memasok seruan pada biaya terendah
30. Hal-hal diberikut sanggup mengurangi dampak bullwhip effect dalam rantai pasok, kecuali...
A. mengurangi variabilitas
B. taktik partnership
C. pengurangan lead time
D. membangun produk yang inovatif
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, hal-hal yang sanggup mengurangi dampak bullwhip effect meliputi: 1. mengurangi ketidakpastian 2. mengurangi variabilitas 3. pengurangan lead time 4. taktik partnership
31. Kemampuan perusahaan untuk memenuhi seruan konsumen dalam waktu yang secepat mungkin ialah esensi dari...
A. kustomisasi
B. fleksibilitas volume
C. kompetisi berbasis waktu
D. lead time
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, kemampuan perusahaan untuk memenuhi seruan konsumen dalam waktu yang secepat mungkin ialah esensi dari kompetisi berbasis waktu
32. Salah satu kemungkinan prioritas persaingan dalam hal kualitas yaitu....
A. desain dengan performa yang tinggi
B. kustomisasi
C. ketepatan pengiriman
D. kecepatan layanan
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, kemungkinan prioritas persaingan dalam hal kualitas yaitu: 1. desain dengan performa yang tinggi 2. kualitas yang konsisten
33. Berikut ini yakni tujuan dari administrasi logistik pipeline, kecuali...
A. waktu respon yang lebih cepat
B. biaya yang lebih rendah
C. peningkatan variabilitas produk
D. kualitas yang lebih tinggi
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, tujuan dari administrasi logistik pipeline yaitu: 1. biaya yang lebih rendah 2. kualitas yang lebih tinggi 3. waktu respons yang lebih cepat 4. fleksibilitas yang lebih tinggi
34. Komponen utama dari Order Cycle Time (OCT), 3 diantaranya adalah...
A. peramalan permintaan, perakitan pesanan, dan transportasi
B. transportasi, penerimaan pesanan, dan pengiriman
C. peramalan permintaan, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
D. penempatan pemesanan konsumen, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, komponen utama dari Order Cycle Time (OCT) yaitu: penempatan pemesanan konsumen - penerimaan pesanan - pemrosesan pesanan - perakitan pesanan - transportasi - penerimaan pesanan
35. Pengukuran terhadap tingkat ketersediaan produk yang berupa matriks dari jumlah kepuasan seruan pelanggan terhadap ketersediaan produk disebut...
A. replenishment lot size
B. responsive supply chain
C. cycle service level
D. supply chain
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, cycle service level ialah suatu pengukuran terhadap tingkat ketersediaan produk yang berupa matriks dari jumlah kepuasan seruan pelanggan terhadap ketersediaan produk
36. Rumus untuk menghitung tingkat optimal Cycle Service Level (CSL) yaitu...
A. CSL* = 1-HQ/DCu
B. CSL* = 1+HQ/DCu
C. CSL* = 1-HQ/ HQ+DCu
D. CSL* = 1+HQ/HQ+DCu
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, rumus untuk menghitung tingkat optimal Cycle Service Level (CSL) yaitu: CSL* = 1-HQ/DCu
37. Sekumpulan tindakan rantai pasok untuk mengurangi replenishment lead-time disebut...
A. penundaan
B. tailored sourcing
C. memperbaiki peramalan
D. tanggapan cepat
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, tanggapan cepat yakni mengurangi replenishment lead-time sehingga kelipatan pesanan sanggup ditempatkan pada ekspresi dominan penjualan
38. Teknik-cara diberikut ialah pengaturan untuk tingkat optimal ketersediaan produk, kecuali...
A. mengatur tingkat ketersediaan produk
B. memperhitungkan rentangan untuk biaya kehabisan barang
C. memastikan tingkat ketersediaan barang
D. memperbaiki peramalan seruan produk
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, Teknik-cara dalam pengaturan tingkat optimal ketersediaan produk meliputi: 1. kerangka analitik yang sanggup dipakai untuk meningkatkan laba 2. berhati-hati mengatur tingkat ketersediaan 3. perhitungkan rentangan untuk biaya kehabisan barang 4. pastikan tingkat ketersediaan barang produk sesuai dengan strategi
39. Mengelola pengaturan produk yang dipakai dan meminimalisasi pengembalian di masa yang akan hadir ialah salah satu kunci utama proses bisnis rantai pasok yaitu...
A. demand management
B. customer service management
C. returns management
D. customer relationship management
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, mengelola pengaturan produk yang dipakai dan meminimalisasi pengembalian di masa yang akan hadir ialah salah satu kunci utama proses bisnis rantai pasok yaitu returns management
40. Kelemahan dalam melihat citra besar dan bertindak spesialuntuk pada satu bab dalam perusahaan ialah salah satu kendala dalam integrasi rantai pasok yaitu...
A. lack of trust
B. silo mentality
C. lack of knowledge
D. lack of supply chain visibility
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, kelemahan dalam melihat citra besar dan bertindak spesialuntuk pada satu bab dalam perusahaan ialah salah satu kendala dalam integrasi rantai pasok yaitu silo mentality
41. Strategi pembeli untuk meningkatkan pesanan ketika terjadi kelebihan seruan disebut...
A. rationing
B. bullwhip effect
C. order batching
D. shortage gaming
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, shortage gaming ialah taktik yang dilakukan pembeli untuk meningkatkan pesanan ketika terjadi kelebihan permintaan. Misalnya, ketika pasokan minyak tanah berkurang maka konsumen cenderung untuk melaksanakan pembelian secara berlebih
42. Hubungan menurut kepercayaan antara dua tingkatan dalam rantai pasok ialah esensi dari...
A. power-based relationship
B. trust-based relationship
C. deterrence-based view
D. process-based view
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, trust-based relationship ialah hubungan menurut kepercayaan antara dua tingkatan dalam rantai pasok mencakup beberapa aspek adanya saling ketergantungan antara dua tingkatan tersebut dan kemampuan untuk mempercayai setiap tingkatan dalam rantai pasok
43. Proses makro yang serius pada interaksi fatwa atas antara perusahaan dan pemasok disebut...
A. customer relationship mangement (CRM)
B. supplier relationship management (SRM)
C. internal supply chain management (ISCM)
D. transaction management foundation (TMF)
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, supplier relationship management (SRM) yakni proses makro yang serius pada interaksi fatwa atas antara perusahaan dan pemasok
44. Perencanaan stratejik, seruan dan penawaran ialah proses makro dalam rantai pasok yaitu...
A. customer relationship management (CRM)
B. supplier relationship management (SRM)
C. internal supply chain management (ISCM)
D. transaction management foundation (TMF)
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, banyak sekali proses yang termasuk dalam ISCM meliputi: 1.perencanaan stratejik 2.perencanaan seruan 3.perencanaan penawaran 4.pemenuhan 5.bidang pelayanan
45. Salah satu proses makro dalam rantai pasok Customer Relationship Mangement (CRM) adalah...
A. penjualan
B. pelayanan
C. pembelian
D. desain kolaborasi
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, proses makro dalam rantai pasok CRM meliputi: 1. pemamasukan 2. penjualan 3. administrasi pemesanan 4. sentra panggilan/pelayanan
Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk eksklusif menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian simpulan semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan, biar soal ini sanggup memmenolong Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca banyak sekali soal lainnya spesialuntuk di blog soal uas ut, dan tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog ini pada mitra Anda yang lainnya dan membuatkan artikel ini ke sosial media, terima kasih.
Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian simpulan semester nantinya.
Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371
1. Integrasi aktivitas-aktivitas yang mengubah materi baku menjadi barang dalam proses dan barang jadi serta mengantarkannya kepada pelanggan dengan cara yang efisien, ialah esensi dari manajemen....A. operasi
B. rantai pasok
C. proyek
D. stratejik
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, administrasi rantai pasok yakni integrasi aktivitas-aktivitas yang mengubah materi baku menjadi barang dalam proses dan barang jadi serta mengantarkannya kepada pelanggan dengan cara yang efisien
2. Proses yang menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dengan kemauan supply perusahaan untuk memilih apa yang akan di beli dan kapan, ialah proses bisnis inti administrasi rantai pasok yaitu...
A. customer relationship management (CRM)
B. customer service management (CSM)
C. demand management
D. customer demand fulfillment
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, demand management ialah proses yang menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dengan kemauan supply perusahaan untuk memilih apa yang akan di beli dan kapan
3. Diketahui PT. Risha mempunyai nilai persediaan Rp. 40.000.000,00 tahun lalu, dan penjualan produk yakni Rp. 160.000.000,00. Jika perusahaan mempunyai 52 ahad kerja per tahun, berapa ahad pasokan dalam persediaan?
A. 13 minggu
B. 12 minggu
C. 11 minggu
D. 10 minggu
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, Minggu pasokan = Nilai agregat rata-rata persediaan/Penjualan mingguan = 40.000.000/(160.000.000/52) =12,99 ˜ 13 minggu
4. Diketahui PT. Risha mempunyai nilai persediaan Rp. 40.000.000,00 tahun lalu, dan penjualan produk yakni Rp. 160.000.000,00. Jika perusahaan mempunyai 52 ahad kerja per tahun, bagaimana perputaran persediaannya?
A. 3 perputaran/tahun
B. 4 perputaran/tahun
C. 5 perputaran/tahun
D. 6 perputaran/tahun
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, Perputaran persediaan = penjualan tahunan/nilai agregat rata-rata persediaan Perputaran persediaan=160.000.000/40.000.000 = 4 perputaran/tahun
5. Mata rantai supply chain terdiri atas...
A. supplier - biro - retailer - customer
B. supplier - manufacturer - retailer - customer
C. supplier - biro - manufacturer - retailer - customer
D. supplier - manufacturer - biro - retailer - customer
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, mata rantai supply chain terdiri atas supplier - manufacturer - biro - retailer - customer
6. Faktor waktu yang dibutuhkan pasar untuk bisa mendapatkan dan merespon ketika ada produk gres ialah faktor yang mempengaruhi distribusi yaitu…
A. response time
B. product variety
C. time to market
D. customer experience
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, time to market ialah faktor waktu yang dibutuhkan pasar untuk bisa mendapatkan dan merespon ketika ada produk baru
7. Jenis pasar pada kuadran ketiga yaitu pasar di mana …
A. seruan dan penawaran rendah serta tidak bisa diramalkan
B. persediaan rendah dan seruan lebih tinggi
C. persediaan lebih tinggi dibandingkan permintaan
D. seruan dan penawaran tinggi
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, jenis pasar pada kuadran ketiga yaitu pasar di mana seruan dan penawaran tinggi
8. Kumpulan dari administrasi sediaan dan administrasi distribusi fisik disebut manajemen…
A. rantai pasok
B. logistik
C. pesanan
D. proyek
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, administrasi logistik ialah kumpulan dari administrasi sediaan dan administrasi distribusi fisik
9. Pajak, tarif, nilai tukar mata uang, dan faktor ekonomi yang bersifat eksternal ialah pola faktor yang mempengaruhi keputusan desain jaenteng yaitu faktor...
A. stratejik
B. pesaing
C. makroekonomi
D. biaya logistik dan fasilitas
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, pajak, tarif, nilai tukar mata uang, dan faktor ekonomi yang bersifat eksternal ialah pola faktor yang mempengaruhi keputusan desain jaenteng yaitu faktor makroekonomi
10. Pertimbangan untuk memilih di mana barang di simpan dan bagaimana cara pengirimannya menggunakan..
A. desain jaenteng rantai pasok
B. logistik
C. inventory
D. value density
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pertimbangan untuk memilih di mana barang di simpan dan bagaimana cara pengirimannya memakai value density
11. Salah satu pola dari faktor eksternal yang mempengaruhi seruan yaitu...
A. harga dan promosi periklanan
B. perubahan selera konsumen
C. desain pengepakan
D. ekspansi
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, salah satu pola dari faktor eksternal yang mempengaruhi seruan yaitu perubahan selera konsumen
12. Pola yang tidak termasuk dalam tipe sikap seruan yaitu pola....
A. tren
B. siklus
C. siklus tren
D. musiman
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, pola yang tidak termasuk dalam tipe sikap seruan yaitu pola siklus tren
13. Pola seruan di mana ada pergerakan bebas dan muncul secara periodik dalam jangka pendek dan berulang ialah esensi dari pola...
A. siklus
B. siklus tren
C. tren
D. musiman
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pola seruan di mana ada pergerakan bebas dan muncul secara periodik dalam jangka pendek dan berulang ialah esensi dari pola musiman
14. Metode yang mengembangkan model cause-and-effect antara seruan dan variabel lainnya disebut metode peramalan...
A. kausal
B. kualitatif
C. simulasi
D. time series
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, metode yang mengembangkan model cause-and-effect antara seruan dan variabel lainnya disebut metode peramalan kausal
15. Rumus untuk menghitung persamaan pada metode exponential smoothing yaitu...
A. Dt = at+b
B. Dt = L+T
C. At = aDt+ (1+a)
D. At = aDt+ (1+a)At-1
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, persamaan untuk metode exponential smoothing yaitu: At = aDt+ (1+a)At-1
16. Variabel utama dalam peramalan yang berkombinasi akan memilih kondisi pasar, 3 diantaranya adalah...
A. penawaran, persediaan, dan karakteristik produk
B. permintaan, penawaran, dan karakteristik produk
C. permintaan, persediaan, dan lingkungan kompetitif
D. permintaan, penawaran, dan lingkungan kompetitif
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, variabel utama dalam peramalan yang berkombinasi akan memilih kondisi pasar yaitu: 1. seruan 2. persediaan 3. karakteristik produk 4. lingkungan kompetitif
17. Salah satu fungsi penting dari persediaan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan adalah...
A. memilih jumlah stok persediaan
B. menghilangkan resiko terhadap kenaikan harga barang atau inflasi
C. memilih berapa banyak materi baku yang harus di pesan
D. menyimpan materi baku yang dihasilkan secara massal
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, fungsi penting dari persediaan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan adalah:
1. menghilangkan resiko keterlambatan pengiriman materi baku atau barang yang dibutuhkan perusahaan
2. menghilangkan resiko jikalau material yang di pesan tidak baik sehingga harus dikembalikan
3. menghilangkan resiko terhadap kenaikan harga barang atau inflasi
4. untuk menyimpan materi baku yang dihasilkan secara musiman
5. mendapatkan laba dari pembelian menurut cuilan kuantitas
6. mempersembahkan pelayanan kepada pelanggan dengan tersedianya barang yang diperlukan
18. Jenis persediaan untuk menjaga terjadinya fluktuasi seruan yang tidak diperkirakan sebelumnya dan untuk mengatasi jikalau terjadi penyimpangan dalam prakiraan penjualan disebut...
A. anticipation stock
B. lot-size inventory
C. pipeline inventory
D. fluctuation stock
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, fluctuation stock ialah jenis persediaan untuk menjaga terjadinya fluktuasi seruan yang tidak diperkirakan sebelumnya dan untuk mengatasi jikalau terjadi penyimpangan dalam prakiraan penjualan, waktu produksi atau pengiriman barang
19. Kegagalan untuk membuat estimasi yang akurat terhadap seruan konsumen dan pelanggan serta keterbatasan tukar isu antar anggota dalam rantai pasok yang menyebabkan membengkaknya tingkat persediaan di seluruh sistem, ialah esensi dari...
A. buy back
B. bullwhip effect
C. buffer stock
D. stock out
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, bullwhip effect ialah kegagalan untuk membuat estimasi yang akurat terhadap seruan konsumen dan pelanggan serta keterbatasan tukar isu antar anggota dalam rantai pasok yang menyebabkan membengkaknya tingkat persediaan di seluruh sistem
20. Teknik penghitungan persediaan secara fisik yang dilakukan menurut continuous basis sehingga sanggup menyediakan isu pada ketika level tertentu disebut...
A. continuous system
B. basic system
C. interval system
D. periodic system
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, continuous system ialah cara penghitungan persediaan secara fisik yang dilakukan menurut continuous basis sehingga sanggup menyediakan isu pada ketika level tertentu
21. Manajer toko secara mingguan mengusut ketersediaan barang di rak ialah salah satu pola sistem penghitungan persediaan yaitu...
A. continuous system
B. basic system
C. interval system
D. periodic system
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, alasannya yakni hal tersebut ialah salah satu pola sistem penghitungan persediaan periodic system
22. Biaya yang timbul ketika seruan melebihi persediaan di tangan termasuk opportunity cost alasannya yakni tidak melaksanakan penjualan disebut biaya...
A. penyimpanan
B. pemesanan
C. belum sempurnanya
D. keusangan
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, biaya belum sempurnanya yakni biaya yang timbul ketika seruan melebihi persediaan di tangan termasuk opportunity cost alasannya yakni tidak melaksanakan penjualan, kehilangan kepercayaan konsumen dan keterlambatan pembayaran
23. Metode penentuan jumlah optimal yang menekankan pada pemesanan yang paling hemat disebut...
A. EOQ
B. EPQ
C. reorder point
D. safety stock
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, Economic Order Quantity (EOQ) yakni metode penentuan jumlah optimal yang menekankan pada pemesanan yang paling ekonomis, yaitu jumlah pembelian barang
24. Data diberikut dipakai untuk menjawaban pertanyaan No. 24 dan 25. Diketahui seruan rata-rata jarum suntik per tahun PT. Alfath yakni 3.000 unit, biaya pemesanan yakni sebesar Rp. 300.000,00 per pemesanan, dan biaya penyimpanan per unit per tahun yakni sebesar Rp. 10.000,00. Pembelian optimal untuk tiap kali pemesanan adalah...
A. 300 unit
B. 325 unit
C. 424 unit
D. 450 unit
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, Diketahui : D = 3.000 unit, S = Rp 300.000/pesanan, dan H = Rp 10.000 Q=v2DS/H Q=v2x3000x300000/10000 Q=v180000 Q=424 Unit
25. Jumlah pemesanan dalam setahun adalah...
A. 4 kali pemesanan per tahun
B. 5 kali pemesanan per tahun
C. 6 kali pemesanan per tahun
D. 7 kali pemesanan per tahun
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, N=D/Q N=3000/424 = 7 kali pemesanan per tahun
26. Rumus untuk menghitung persediaan yang di buat sendiri adalah...
A. Q0 = v2DS/H vP/P-u
B. Q0 = v2DS/H
C. Q0 = vP/P-u
D. Q0 = v2DS/H vP-u/P
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, rumus untuk menghitung persediaan yang di buat sendiri yakni Q0 = v2DS/H vP/P-u
27. Berikut ini yakni langkah-langkah untuk mencapai taktik yang tepat terkait dengan kemampuan rantai pasok dalam memenuhi kepuasan pelanggan, kecuali....
A. pencapaian taktik yang tepat
B. memahami kemampuan rantai pasok
C. memenuhi tingkat pelayanan yang tinggi
D. memahami pelanggan dan ketidakpastian dari rantai pasok
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, Menurut Chopra dan Meindl (2004), ada tiga langkah untuk mencapai taktik yang tepat yaitu: 1. memahami pelanggan dan ketidakpastian dari rantai pasok 2. memahami kemampuan rantai pasok 3. pencapaian taktik yang tepat
28. Kaitan antara aktivitas-aktivitas utama dan pendukung dalam perusahaan untuk mencapai taktik kompetitif perusahaan ialah esensi dari...
A. supply chain
B. value chain
C. demand uncertainty
D. implied demand uncertainty
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, value chain yakni kaitan antara aktivitas-aktivitas utama dalam perusahaan dan di dukung oleh aktivitas-aktivitas pendukung untuk mencapai taktik kompetitif perusahaan
29. Tujuan utama dari efficient supply chain dalam taktik rantai pasok yaitu...
A. respon cepat terhadap permintaan
B. meminimalkan persediaan supaya biaya rendah
C. menurunkan harga produk
D. memasok seruan pada biaya terendah
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, tujuan utama dari efficient supply chain dalam taktik rantai pasok yaitu memasok seruan pada biaya terendah
30. Hal-hal diberikut sanggup mengurangi dampak bullwhip effect dalam rantai pasok, kecuali...
A. mengurangi variabilitas
B. taktik partnership
C. pengurangan lead time
D. membangun produk yang inovatif
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, hal-hal yang sanggup mengurangi dampak bullwhip effect meliputi: 1. mengurangi ketidakpastian 2. mengurangi variabilitas 3. pengurangan lead time 4. taktik partnership
31. Kemampuan perusahaan untuk memenuhi seruan konsumen dalam waktu yang secepat mungkin ialah esensi dari...
A. kustomisasi
B. fleksibilitas volume
C. kompetisi berbasis waktu
D. lead time
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, kemampuan perusahaan untuk memenuhi seruan konsumen dalam waktu yang secepat mungkin ialah esensi dari kompetisi berbasis waktu
32. Salah satu kemungkinan prioritas persaingan dalam hal kualitas yaitu....
A. desain dengan performa yang tinggi
B. kustomisasi
C. ketepatan pengiriman
D. kecepatan layanan
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, kemungkinan prioritas persaingan dalam hal kualitas yaitu: 1. desain dengan performa yang tinggi 2. kualitas yang konsisten
33. Berikut ini yakni tujuan dari administrasi logistik pipeline, kecuali...
A. waktu respon yang lebih cepat
B. biaya yang lebih rendah
C. peningkatan variabilitas produk
D. kualitas yang lebih tinggi
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, tujuan dari administrasi logistik pipeline yaitu: 1. biaya yang lebih rendah 2. kualitas yang lebih tinggi 3. waktu respons yang lebih cepat 4. fleksibilitas yang lebih tinggi
34. Komponen utama dari Order Cycle Time (OCT), 3 diantaranya adalah...
A. peramalan permintaan, perakitan pesanan, dan transportasi
B. transportasi, penerimaan pesanan, dan pengiriman
C. peramalan permintaan, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
D. penempatan pemesanan konsumen, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, komponen utama dari Order Cycle Time (OCT) yaitu: penempatan pemesanan konsumen - penerimaan pesanan - pemrosesan pesanan - perakitan pesanan - transportasi - penerimaan pesanan
35. Pengukuran terhadap tingkat ketersediaan produk yang berupa matriks dari jumlah kepuasan seruan pelanggan terhadap ketersediaan produk disebut...
A. replenishment lot size
B. responsive supply chain
C. cycle service level
D. supply chain
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, cycle service level ialah suatu pengukuran terhadap tingkat ketersediaan produk yang berupa matriks dari jumlah kepuasan seruan pelanggan terhadap ketersediaan produk
36. Rumus untuk menghitung tingkat optimal Cycle Service Level (CSL) yaitu...
A. CSL* = 1-HQ/DCu
B. CSL* = 1+HQ/DCu
C. CSL* = 1-HQ/ HQ+DCu
D. CSL* = 1+HQ/HQ+DCu
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, rumus untuk menghitung tingkat optimal Cycle Service Level (CSL) yaitu: CSL* = 1-HQ/DCu
37. Sekumpulan tindakan rantai pasok untuk mengurangi replenishment lead-time disebut...
A. penundaan
B. tailored sourcing
C. memperbaiki peramalan
D. tanggapan cepat
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, tanggapan cepat yakni mengurangi replenishment lead-time sehingga kelipatan pesanan sanggup ditempatkan pada ekspresi dominan penjualan
38. Teknik-cara diberikut ialah pengaturan untuk tingkat optimal ketersediaan produk, kecuali...
A. mengatur tingkat ketersediaan produk
B. memperhitungkan rentangan untuk biaya kehabisan barang
C. memastikan tingkat ketersediaan barang
D. memperbaiki peramalan seruan produk
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, Teknik-cara dalam pengaturan tingkat optimal ketersediaan produk meliputi: 1. kerangka analitik yang sanggup dipakai untuk meningkatkan laba 2. berhati-hati mengatur tingkat ketersediaan 3. perhitungkan rentangan untuk biaya kehabisan barang 4. pastikan tingkat ketersediaan barang produk sesuai dengan strategi
39. Mengelola pengaturan produk yang dipakai dan meminimalisasi pengembalian di masa yang akan hadir ialah salah satu kunci utama proses bisnis rantai pasok yaitu...
A. demand management
B. customer service management
C. returns management
D. customer relationship management
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, mengelola pengaturan produk yang dipakai dan meminimalisasi pengembalian di masa yang akan hadir ialah salah satu kunci utama proses bisnis rantai pasok yaitu returns management
40. Kelemahan dalam melihat citra besar dan bertindak spesialuntuk pada satu bab dalam perusahaan ialah salah satu kendala dalam integrasi rantai pasok yaitu...
A. lack of trust
B. silo mentality
C. lack of knowledge
D. lack of supply chain visibility
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, kelemahan dalam melihat citra besar dan bertindak spesialuntuk pada satu bab dalam perusahaan ialah salah satu kendala dalam integrasi rantai pasok yaitu silo mentality
41. Strategi pembeli untuk meningkatkan pesanan ketika terjadi kelebihan seruan disebut...
A. rationing
B. bullwhip effect
C. order batching
D. shortage gaming
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, shortage gaming ialah taktik yang dilakukan pembeli untuk meningkatkan pesanan ketika terjadi kelebihan permintaan. Misalnya, ketika pasokan minyak tanah berkurang maka konsumen cenderung untuk melaksanakan pembelian secara berlebih
42. Hubungan menurut kepercayaan antara dua tingkatan dalam rantai pasok ialah esensi dari...
A. power-based relationship
B. trust-based relationship
C. deterrence-based view
D. process-based view
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, trust-based relationship ialah hubungan menurut kepercayaan antara dua tingkatan dalam rantai pasok mencakup beberapa aspek adanya saling ketergantungan antara dua tingkatan tersebut dan kemampuan untuk mempercayai setiap tingkatan dalam rantai pasok
43. Proses makro yang serius pada interaksi fatwa atas antara perusahaan dan pemasok disebut...
A. customer relationship mangement (CRM)
B. supplier relationship management (SRM)
C. internal supply chain management (ISCM)
D. transaction management foundation (TMF)
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, supplier relationship management (SRM) yakni proses makro yang serius pada interaksi fatwa atas antara perusahaan dan pemasok
44. Perencanaan stratejik, seruan dan penawaran ialah proses makro dalam rantai pasok yaitu...
A. customer relationship management (CRM)
B. supplier relationship management (SRM)
C. internal supply chain management (ISCM)
D. transaction management foundation (TMF)
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, banyak sekali proses yang termasuk dalam ISCM meliputi: 1.perencanaan stratejik 2.perencanaan seruan 3.perencanaan penawaran 4.pemenuhan 5.bidang pelayanan
45. Salah satu proses makro dalam rantai pasok Customer Relationship Mangement (CRM) adalah...
A. penjualan
B. pelayanan
C. pembelian
D. desain kolaborasi
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, proses makro dalam rantai pasok CRM meliputi: 1. pemamasukan 2. penjualan 3. administrasi pemesanan 4. sentra panggilan/pelayanan
Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371
Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa Anda bisa mendownload soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang sudah kami sediakan untuk Anda. Hal ini kami lakukan untuk mempergampang Anda menyimpan dokumen, alasannya yakni terkadang ada dari Mahasiswa yang kesusahan untuk mengcopy-paste artikel, jadi untuk itu kami menyiapkan link download dalam bentuk file dokumen PDF. Nah untuk mendownload soal uas EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan, silahkan Anda klik link dibahwa ini.Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk eksklusif menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian simpulan semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan, biar soal ini sanggup memmenolong Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca banyak sekali soal lainnya spesialuntuk di blog soal uas ut, dan tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog ini pada mitra Anda yang lainnya dan membuatkan artikel ini ke sosial media, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Administrasi Ekma4371 Administrasi Rantai Pasokan Beserta Kunci Jawaban"