loading...
Soal ujian UT PGPAUD PAUD4303 Manajemen Pendidikan Taman Kanak-kanak serta kunci jawabanan bisa Anda, selaku mahasiswa UT (Universitas Terbuka) jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) pelajari sebagai bekal dalam mengikuti ujian simpulan semester nantinya. Soal ujian UT PGPAUD ini kami posting lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan pada setiap soal. Pada postingan kami sebelumnya kami sudah mengembangkan atau memposting soal UT terkait Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4302 Pembelajaran Terpadu. Seperti yang selalu kami sampaikan terkait soal ujian ut yang kami bagikan pada blog soal uas ut ini, bahwa tiruana soal yang ada ialah hasil dari rangkuman pada setiap modul dan tes-tes yang ada yang kemudian kami rangkum menjadi soal lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasannya.Soal ujian UT yang kami bagikan ini bisa Anda pelajari secaa online, lantaran dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanannya. Dan pada simpulan soal kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal dalam bentuk dokumen PDF yang mana bisa Anda simpan langsung. Kami yakin dengan mempelajari soal-soal ini Anda akan lebih bisa membagi waktu untuk mempelajari tiruana mata kuliah yang akan diujiankan nantinya. melaluiataubersamaini itu tentunya Anda akan lebih siap dalam mengikuti ujian simpulan semester.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 5 lainnya:
- Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4111 Pendidikan Kewargguagaraan
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4301 Pembaharuan Pendidikan TK
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4302 Pembelajaran Terpadu
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4303 Manajemen Pendidikan TK
- misal Laporan Praktek UT PGPAUD PAUD4304 Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)
Soal UAS UT ini tentunya akan sangat memmenolong Anda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian simpulan semester nantinya. melaluiataubersamaini kesibukan pekerjaan dan banyaknya mata kuliah yang akan diujiankan tentu akan sagat merepotkan Anda kalau harus mempelajari tiruana materi pada modul. Nah dengan cara ibarat inilah yang perlu Anda lakukan, dengan mempelajari dan memahami setiap soal yang ada dan mengingat jawabanannya Anda akan sangat termenolong, saat soal yang sama keluar pada ujian nantinya.
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4303 Manajemen Pendidikan Taman Kanak-kanak Beserta Kunci Jawaban
Memang tak simpel untuk menghadapi ujian simpulan semester, yang mana kita tahu bahwa pertemuan yang spesialuntuk dilakukan beberapa kali dalam satu semester, tentu mewajibkan mahasiswa untuk mempelajari materi yang ada secara mandiri. Belum lagi kalau mahasiswa tersebut spesialuntuk mengikuti pembelajaran secara online, tentu akan sangat memerlukan waktu yang ekstra untuk mempelajari tiruana materi pada modul. Nah dengan mempelajari soal ujian ut ibarat ini kami berharap Anda akan dimenolong untuk memahami materi yang ada.Pada blog soal uas ut ini kami memposting tiruana soal-soal ujian ut lengkap mulai dari semester 1 hingga dengan semester 9, tak spesialuntuk soal saja, namun beberapa hal terkait juga kami posting dan bagikan untuk Anda selaku mahasiswa, ibarat contoh laporan dan tugas-tugas lainnnya. Nah untuk melihat kumpulan lengkap soal ujian UT PGPAUD, silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD.
Berikut ini kami bagikan untuk Anda soal ujian UT PGPAUD semester 5, lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasannya dengan mata kuliah Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4303 Manajemen Pendidikan TK.
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4303
1. Maksud dari efektifitas dalam tujuan manajemen pendidikan Taman Kanak-kanak ialah ... .A. Upaya meminimalisasi tiruana biaya
B. Upaya meminimalisasi penerapan sumber daya
C. Mengendalikan biaya perbelanjaan banyak sekali masukana pendidikan
D. Melaksanakan hal-hal yang sempurna samasukan sehingga berhasil guna dan berdaya guna
Jawab:
D. Benar, lantaran efektif ialah perjuangan pencapaian tujuan dengan tepat
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 1 KB 1 tentang Makna manajemen Pendidikan TK
2. Di dalam melaksanakan manajemen ini biasanya didasari oleh contoh konsep atau model yang digunakan dan contoh waktu yang dipakai. Uraian ini ialah klarifikasi dari manajemen ... .
A. input
B. proses
C. hasil
D. pendidik
Jawab:
B. Benar, alasannya ialah penyelenggaraan manajemen proses laksanakan berdasarkan pada contoh konsep atau model yang digunakan dan waktu yang dipakai
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 1 KB 1 tentang Makna manajemen Pendidikan TK
3. Sebelum menyelenggarakan pendidikan TK, seorang manajer sudah harus memikirkan visi dan misi dari forum Taman Kanak-kanak yang didirikannyA. Pernyataan tersebut ialah bab dari fungsi manajemen pendidikan Taman Kanak-kanak dalam … .
A. pengorganisasian
B. perencanaan
C. pengawasan
D. memimpin
Jawab:
B. Benar, perencanaan meliputi beberapa aspek visi dan misi suatu organisasi
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 1 KB 2 tentang Fungsi dan prinsip-prinsip dasar manajemen pendidikan TK
4. Faktor yang paling penting dalam penyelenggaraan pendidikan Taman Kanak-kanak ialah dimana kesesuaian landasan konseptual dan praktik penyelenggaraan pendidikan TK. Pernyataan tersebut ialah prinsip dari … .
A. komitmen
B. profesionalitas
C. koordinasi (kesatuan kerja)
D. kepemimpinan (leadership)
Jawab:
B. Benar, lantaran profesionalitas penyelenggaraan forum pendidikan Taman Kanak-kanak ialah prinsip yang paling mendasar
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 1 KB 2 tentang Fungsi dan prinsip-prinsip dasar manajemen pendidikan TK
5. Taman Kanak-kanak diputuskan sebagai salah satu forum pendidikan anak usia dini yang terdapat dijalur formal, peraturan tersebut tertuang dalam … .
A. Undang-undang Nomor 2 tahun 1989
B. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003
C. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0518/Kep Dikbud/97
D. Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 0571/Kep-Dikbud/97
Jawab:
B. Benar, Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 yang sudah menetapkan forum pendidikan Taman Kanak-kanak sebagai forum pendidikan anak usia dini yang ada pada jalur formal
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 1 KB 3 tentang Landasan penyelenggaraan pendidikan TK
6. Salah satu landasan konseptual (teoretik) penyelenggaraan pendidikan Taman Kanak-kanak ialah model pembelajaran Montessori yang mencakupkan tentang … .
A. tiruana bentuk pendidikan intinya pendidikan diri sendiri dan fungsi panca indra harus mendapat peluang yang besar
B. pembelajaran harus memungkinkan anak sanggup bebas bergerak bebas sesuai dengan impian anak
C. proses pendidikan anak lebih ditekankan kepada learning by doing (belajar sambil bekerja)
D. lebih menekankan kepada pengajaran proyek dimana anak mengolah sendiri dan menguasai materi pelajaran yang dilakukan guru
Jawab:
A. Benar, lantaran pendidikan berdasarkan Montessori menitikberatkan pada ”pendidikan pedosentris” (pusat acara pendidikan terletak pada anak didik itu sendiri
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 1 KB 3 tentang Landasan penyelenggaraan pendidikan TK
7. Salah satu persyaratan pendirian forum pendidikan Taman Kanak-kanak ialah adanya kurikulum. Faktor yang termasuk kedalam aspek kurikulum tersebut ialah ... .
A. masukana dan pramasukana
B. akseptor didik
C. tenaga pendidik dan kependidikan
D. penilaian berbasis kelas
Jawab:
D. Benar, penilaian berbasis kelas ialah faktor yang ada pada aspek kurikulum
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 2 KB1 tentang Persyaratan dan prosedur pendirian forum pendidikan TK
8. Salah satu panduan dalam KBK ialah ... .
A. kegiatan pembelajaran
B. penerapan banyak sekali macam metode pembelajaran
C. panduan pengembangan penyusunan satuan kegiatan harian
D. panduan pelaksanaan mencar ilmu tuntas
Jawab:
A. Benar, lantaran kegiatan pembelajaran ialah panduan yang ada pada KBK
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 2 KB1 tentang Persyaratan dan prosedur pendirian forum pendidikan TK
9. Jika Anda akan mendirikan forum pendidikan TK, Bagaimanakah prosedur pelaksanaannya? ... .
A. melengkapi syarat-syarat kemudian dikirim pribadi ke Departemen Pendidikan Pusat
B. cukup melalui konsultasi dengan Dinas Pendidikan setempat
C. melengkapi tiruana persyaratan, kemudian dikirim kepada Kepala Dinas Pendidikan Nasional kota/kabupaten
D. meminta izin kepada kepala dinas pendidikan kabupaten/kota, kemudian mengoperasikan forum pendidikan TK, sementara persyaratan akan menyusul kemudian
Jawab:
C. Benar, tiruana syarat (tujuh macam) harus dilengkapi dan cukup dikirm kepala Dinas Pendidikan kabupaten/kota
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 2 KB1 tentang Persyaratan dan prosedur pendirian forum pendidikan TK
10. Persyaratan untuk memperoleh izin mendirikan Taman Kanak-kanak ialah ... .
A. tiruana lembaga/yayasan pendidikan boleh mengajukan usulan pendirian TK
B. yayasan yang berbadan aturan mengajukan surat resmi dan melampirkan anjuran kepada kepala dinas pendidikan kabupaten/kota
C. izin pendirian boleh dilakukan oleh siapa saja
D. usulan pendirian harus dilakukan oleh sebuah yayasan
Jawab:
B. Benar, yayasan yang sudah berbadan aturan harus mengajukan surat resmi dan anjuran kepada kepala dinas pendidikan, kalau akan mengajukan pendirian TK
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 2 KB1 tentang Persyaratan dan prosedur pendirian forum pendidikan TK
11. Fungsi struktur forum penyelenggara TK, khususnya kepala Taman Kanak-kanak ataupun guru ialah … .
A. berperan aktif dalam adonan organisasi penyelenggara (GOP) TK
B. sebagai wakil forum untuk berperan aktif dalam ikatan guru Taman Kanak-kanak (IGTK)
C. aktif membelajarkan anak di kelas
D. mengikuti kegiatan rapat yang dilaksanakan sekali setiap bulan di kantor Dinas Pendidikan
Jawab:
B. Benar, alasannya ialah salah satu fingsi Kepala maupun guru harus aktif sebagai anggota dari IGTK biar tidak ketinggalan informasi tentang ke Taman Kanak-kanak an
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 2 KB 2 tentang Struktur forum penyelenggara TK
12. Jelaskan struktur organisasi forum pendidikan Taman Kanak-kanak ... .
A. Kepala TK, guru, wali anakdidik, dan penjaga sekolah
B. Ketua yayasan, kepala TK, guru, dan pengawas
C. Kepala Dinas pendidikan, ketua yayasan, kepala TK, dan guru
D. Dewan pembina/pendiri, pengawas, pengurus yayasan, kepala TK, dan dewan guru
Jawab:
D. Benar, spesialuntuk pada gambar struktur, pengawas berada disisi kanan antara dewan pembina/pendiri dengan pengurus yayasan
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 2 KB 2 tentang Struktur forum penyelenggara TK
13. Agar TK/sekolah yang gres didirikan sanggup dikenal oleh banyak orang, diharapkan adanya promosi, yang berfungsi sebagai ... .
A. masukana untuk memberikan pertanggungjawabanan publik tentang proses dan hasil pendidikan
B. masukana untuk memperkenalkan diri
C. biar pada tahun aliran gres banyak mendapat anak didik
D. promosi melalui audio visual akan lebih efektif bila dibandingkan dengan promosi melalui audio atau visual saja
Jawab:
A. Benar, lantaran salah satu fungsi promosi ialah memberikan pertanggungjawabanan publik tentang proses dan hasil pendidikan
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 3 KB1 tentang Dasar Pemikiran Marketing forum pendidikan TK
14. Mengapa seseorang perlu mengetahui tujuan penyelenggaraan Taman Kanak-kanak dalam rangka melaksanakan pemamasukan forum pendidikan TK? … .
A. untuk mengetahui kualitas Taman Kanak-kanak yang akan dipasarkan
B. untuk mengetahui keuangan forum Taman Kanak-kanak yang dipasarkan biar sanggup menuntaskan pembayaran jasa pemamasukan dengan sebaik-baiknya
C. biar sanggup memenuhi kebutuhan konsumen
D. untuk memastikan bahwa Taman Kanak-kanak yang akan dipasarkan sudah berbadan hukum
Jawab:
C. Benar, alasannya ialah salah satu tujuan dipasarkannya sebuah Taman Kanak-kanak ialah untuk memenuhi kebutuhan konsumen
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 3 KB1 tentang Dasar Pemikiran Marketing forum pendidikan TK
15. Jelaskan hal-hal yang mensugesti penentuan sasaran market? ... .
A. tiruana guru pengajarnya berpendidikan sarjana
B. masukana dan pramasukana pendidikan yang tersedia di Taman Kanak-kanak tersebut
C. Taman Kanak-kanak tersebut berada di bawah yayasan milik pejabat tinggi negara
D. berada dilingkungan elit kota
Jawab:
B. Benar, alasannya ialah masukana dan pramasukana sekolah ialah salah satu penentuan sasaran market
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 3 KB1 tentang Dasar Pemikiran Marketing forum pendidikan TK
16. Alasan mengapa riset pemamasukan perlu dilakukan ialah ... .
A. melatih para guru Taman Kanak-kanak untuk melaksanakan penelitian sederhana
B. melalui riset diharapkan lembaga/sekolah sanggup berlangsung secara berkesinambungan
C. untuk menelusuri kebaikan dan kelemahan agenda pendidikan TK
D. biar produk/lulusan mempunyai kualitas yang baik
Jawab:
C. Benar, riset pemamasukan dilakukan untuk memperoleh data tentang kelemahan dan kebaikan agenda yang ditawarkan oleh forum pendidikan TK
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 3 KB1 tentang Dasar Pemikiran Marketing forum pendidikan TK
17. Jelaskan apa yang menjadi sasaran dari konsep pemamasukan forum pendidikan TK? … .
A. kepuasan konsumen
B. kualitas kepala sekolah dan para guru
C. kesejahteraan kepala sekolah dan para guru
D. penerapan aturan sekolah secara konsekuen baik terhadap anak maupun para guru
Jawab:
A. Benar, lantaran kepuasan konsumen ialah bab terdepan dari sasaran konsep pemamasukan
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 3 KB1 tentang Dasar Pemikiran Marketing forum pendidikan TK
18. Salah satu konsep dalam seni manajemen produk ialah menekankan ketidakpastian, hal ini berarti bahwa Taman Kanak-kanak ... .
A. harus mempersembahkan manfaat bagi orang tua, anak-anak, dan lingkungan sekitar TK
B. sanggup memahami problem yang dihadapi oleh para anak
C. bersifat fleksibel
D. spesialuntuk menanamkan fondasi dasar kepribadian biar anak menjadi sosok insan yang lebih baik
Jawab:
D. Benar, lantaran tidak ada satu manusiapun yang sanggup memastikan bahwa IQ anak yang bersekolah disuatu Taman Kanak-kanak akan berubah naik
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 3 KB2 tentang Strategi marketing forum pendidikan TK
19. Dalam menentukan seni manajemen harga harus memakai patokan harga yang benar lantaran ... .
A. kualitas sekolah tetap sanggup dipertahankan
B. forum pendidikan harus tetap mendapat keuntungan/laba
C. jumlah anak terus bertambah
D. disiplin guru terus berkelanjutan
Jawab:
B. Benar, alasannya ialah dengan mendapat laba, forum pendidikan sanggup membiayai seluruh kegiatannya
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 3 KB 2 tentang Strategi marketing forum pendidikan TK
20. Teknik promosi yang terbaik yang sanggup digunakan forum pendidikan Taman Kanak-kanak ialah ... .
A. mengutamakan promosi melalui media massa
B. disampaikan dari verbal kemulut
C. membuka hubungan dengan masyarakat dengan menjadi sponsorship pada setiap kegiatan anak
D. dengan tetap menjaga kualitas pendidikan
Jawab:
C. Benar, dengan membuka hubungan dengan masyarakat sekitar , mereka merasa dihargai sehingga mau memasukkan anak-anaknya ke Taman Kanak-kanak tersebut
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 3 KB 2 tentang Strategi marketing forum pendidikan TK
21. Persyaratan yang harus dipenuhi dalam menentukan lokasi forum pendidikan Taman Kanak-kanak ialah ... .
A. lokasi strategis dan simpel dijangkau oleh anak-anak
B. harus terletak di bersahabat pasar sehingga megampangkan mencari dan menghubunginya
C. gedung Taman Kanak-kanak harus terletak ditepi jalan raya yang dilewati kendaraan umum
D. lokasinya harus yang sepi dan tenang, untuk itu lebih baik kalau gedung Taman Kanak-kanak berdekatan dengan makam umum
Jawab:
A. Benar, lokasi strategis dan simpel dijangkau oleh belum dewasa akan mengakibatkan rasa kondusif baik terhadap anak maupun orang tua
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 3 KB 2 tentang Strategi marketing forum pendidikan TK
22. Dalam pengembangan kurikulum Taman Kanak-kanak mengacu kepada pendapat yang menyatakan bahwa perkembangan anak ialah perpaduan antara hereditas dan imbas lingkungan. Pendekatan model yang dimaksud ialah ... .
A. pendekatan model pematangan
B. pembelajaran kelas rangkap
C. model aliran tingkah laris lingkungan
D. model interaksi
Jawab:
D. Benar, lantaran model interaksi yang sebut bahwa perkembangan akan terjadi pada diri seseorang saat orang tersebut melaksanakan pengorganisasian diri secara optimal sehabis diekspresikan
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 4 KB1 tentang Dasar Pengemb dan perencanaan kurikulum TK
23. Salah satu hal yang harus diperhitungkan dalam penerapan model pematangan ialah mempersembahkan kebebasan kepada belum dewasa untuk menentukan acara yang diinginkan sesuai dengan tema yang sudah disusun melalui permainan. Pernyataan tersebut ialah bab dari aspek ... .
A. administrasi
B. pendidikan
C. penilaian program
D. pembelajaran
Jawab:
B. Benar, acara anak terdiri dari unit dan tema yang luas yang didasarkan pada stuidi minat anak
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 4 KB1 tentang Dasar Pengemb dan perencanaan kurikulum TK
24. Salah satu komponen dalam penerapan model aliran tingkah laris lingkungan menunjukan bahwa model pembelajaran disajikan dalam bentuk agenda tersendiri sesuai dengan samasukan dan melayani satu bentuk kegiatan ekspresi tertentu. Komponen yang dimaksud ialah … .
A. administrasi
B. pendidikan
C. penilaian program
D. pembelajaran
Jawab:
A. Benar, lantaran komponen manajemen memakai model tingkah laris lingkungan dengan memperhitungkan sentra kegiatan anak serta menghindari terhadap hal-hal yang sanggup mengganggunya
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 4 KB1 tentang Dasar Pengemb dan perencanaan kurikulum TK
25. Lingkungan ruangan pada komponen ini dirancang untuk mempersembahkan keuntungan pada belum dewasa dalam mencapai banyak sekali aktivitas. Hal ini perlu diperhitungkan dalam penerapan model interaksi dari komponen … .
A. administrasi
B. Pendidikan
C. Evaluasi program
D. pembelajaran
Jawab:
A. Benar, lantaran komponen manajemen yang menetapkan bahwa sentra pembelajaran lebih dibatasi tetapi anak- anak lebih sanggup diberinteraksi dengan banyak sekali sentra pembelajaran
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 4 KB1 tentang Dasar Pengemb dan perencanaan kurikulum TK
26. Dari klarifikasi ini, guru sanggup mengidentifikasi batasan pengembangan kurikulum yang sanggup dilakukan pada tingkat sekolah, sehingga pemahaman dan pelaksaaan kurikulum oleh para guru tidak kaku (luwes) dan dinamis. Pernyataan tersebut ialah perwujudan dari … .
A. landasan aturan forum pendidikan TK
B. Garis-garis besar agenda kegiatan pendidikan TK
C. Isi agenda pengejaran
D. Rambu pengembangan kurikulum TK
Jawab:
D. Benar, lantaran rambu pengembangan kurikulum Taman Kanak-kanak berada pada tingkat nasiona, daerah, dan sekolah
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 4 KB2 tentang Manajemen kurikulum TK
27. Isi dari Garis Besar Program Kegiatan dalam Panduan penyelenggaraan Kurikulum 1994 ialah … .
A. cara membaca aksara dan angka
B. agenda pengembangan bahasa, daya pikir, keterampilan jasmani, dan sikap anak
C. membaca, menulis, dan berhitung (calistung)
D. banyak sekali mata pelajaran ibarat matematika, bahasa, IPS, dan IPA
Jawab:
B. Benar, agenda pengembangan bahsa, daya pikir, ketrampilan jasmani, dan sikap anak ialah pembagian terstruktur mengenai terperinci dalam GBPKB TK
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 4 KB 2 tentang Manajemen kurikulum TK
28. Salah satu isi dari pedoman kegiatan pembelajaran dalam kurikulum 1994 ialah inti. Sifat anak dalam memusatkan perhatian melalui kegiatan inti ini adalahk kegiatan yang ... .
A. bekerjasama dengan tema dan sub tema
B. mengaktifkan perhatian kemampuan dan sosial emosional anak
C. hendak dicapai yang berkaitan dengan kegiatan makan
D. bersifat menenangkan anak yang didiberikan secara klasikal
Jawab:
B. Benar, kegiatan yang mengaktifkan perhatian kemampuan dan sosial emosional anak termasuk pada kegiatan inti
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 4 KB 2 tentang Manajemen kurikulum TK
29. Mencatat kejadian-kejadian penting yang terjadi pada hari itu yang dilakukan oleh guru selama di sekolah, ialah kegiatan yang termasuk kedalam pedoman … .
A. Landasan, agenda dan pengembangan kegiatan belajar
B. Garis-garis besar agenda kegiatan pendidikan
C. kegiatan mencar ilmu mengajar (KBM)
D. Evaluasi
/Jawab:
D. Benar, alasannya ialah penilaian yang dilakukan oleh guru terhadap siswa TK, ialah bentuk catatan kegiatan siswa sehari-hari
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 4 KB 2 tentang Manajemen kurikulum TK
30. Banyak cara yang sanggup dilakukan untuk kegiatan pelatihan staf, salah satunya ialah melalui pemdiberian umpan balik dari kepala sekolah tentang observasi dan diskusi kepada seorang staf yang sesuai dalam bidang profesinyA. Pembinaan staf ibarat ini ialah bentuk dari ... .
A. pengamatan mengajar (teaching observation)
B. diskusi
C. Pengamatan perkembangan anak
D. konferensi individual
Jawab:
D. Benar, pelatihan staf melalui kenferensi individual dilakukan melalui konferensi dimana pimpinan memberikan beberapa masuka atau masukan sebagai pembinaan
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 5 KB1 tentang Manajemen Staf
31. Jelaskan salah satu kiprah guru TK
A. mengidentifikasi dan mengatasi banyak sekali permasalahan anak TK
B. mempersembahkan pengarahan tentang perkembangan anak
C. memmenolong kepala sekolah dalam merencanakan anggaran sekolah
D. mempersembahkan banyak sekali alternatif penemuan dan pengembangan pembelajaran di TK
Jawab:
A. Benar, salah satu kiprah guru Taman Kanak-kanak ialah mengidentifikasi dan mengatasi banyak sekali permasalahan anak TK
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 5 KB 2 tentang Persyaratan dan Deskripsi Tugas Staf pada Lembaga Pendidikan TK
32. Salah satu kiprah tenaga manajemen ialah ... .
A. membina kegiatan manajemen kelembagaan
B. membuat rekapitulasi dan pelaporan perkembangan anak
C. membuat grafik keadaan anak dan profil guru
D. membuat perencanaan anggaran sekolah
Jawab:
C. Benar, membuat grafik keadaan anak dan profil guru ialah salah satu kiprah tenaga adminstrasi
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 5 KB 2 tentang Persyaratan dan Deskripsi Tugas Staf pada Lembaga Pendidikan TK
33. Salah satu manfaat hasil asesmen ialah untuk … .
A. memdiberi nilai hasil ulangan anak
B. mengelompokkan anak berdasarkan latar belakang sikap yang relatif sama
C. menentukan apakah anak tersebut lulus dan pindah ke SD, atau harus mengulang di Taman Kanak-kanak tersebut pada tahun diberikutnya
D. mempersembahkan penilaian terhadap kemampuan anak dalam berhitung
Jawab:
B. Benar, alasannya ialah penempatan siswa dalam kelas yang sama seringkali ditentukan seleksi latar belakang sikap yang relatif sama
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 6 KB 1 tentang Penelaahan Perilaku Anak
34. Masalah yang mungkin terjadi apabila jumlah anak cukup banyak dalam satu kelas (kelas besar) ialah … .
A. belum dewasa menjadi ribut dan berkelahi
B. belum dewasa menjadi senang lantaran mereka banyak kawan
C. belum dewasa simpel termotivasi belajarnya apabila melihat kawannya bisa menjawaban pertanyaan guru
D. kegiatan yang dilakukan anak tidak sesuai dengan karakteristik anak
Jawab:
D. Benar, penanganan anak tidak bisa dilaksanakan secara individual
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 6 KB 1 tentang Penelaahan Perilaku Anak
35. Pengelolaan pola pengelompokkan anak berdasarkan pendekatan ini memandang acara pelayanan fisik digunakan sebagai proses sosialisasi dan pengayaan kognitif. Pernyataan tersebut dikemukakan berdasarkan pada pendekatan ... .
A. tingkah laku
B. Kaum interactionist
C. pengamatan mengajar (teaching learning)
D. pengamatan perkembangan anak
Jawab:
B. Benar, lantaran kaum interactionist memandang acara pelayanan fisik digunakan sebagai proses sosialisasi
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 6 KB 2 tentang Menyusun Aktivitas sehari-hari anak di Lembaga TK
36. Sistem pelayanan yang memungkinkan anak merasa kondusif dan nyaman saat mengikuti dan terlibat pribadi dalam acara sehari-hari. Oleh alasannya ialah itu sistem pelayanan yang disediakan harus ... .
A. mengakomodasi kemampuan, minat, dan kebutuhan anak
B. memakai masukana dan pramasukana yang anggun dan mahal
C. sistem pelayanannya memakai masukana yang mutakhir dan canggih
D. sederhana
Jawab:
A. Benar, lantaran sistem pelayanan yang sanggup mengakomodasi kemampuan, minat, dan kebutuhan anak mengakibatkan anak menjadi senang disamping itu sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan anak dan bersifat fleksibel
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 6 KB 2 tentang Menyusun Aktivitas sehari-hari anak di Lembaga TK
37. Salah satu hal yang perlu diperhatikan kalau Anda hendak menyusun acara sehari-hari untuk anak ialah … .
A. sajian makanan yang diubahsuaikan dengan waktu makan
B. kebutuhan fisik anak
C. agenda bermain dan mencar ilmu yang porsinya 90 – 10
D. disiplin dalam pengawasan
Jawab:
B. Benar, kebutuhan fisik anak ibarat ketoilet, dan makan harus diperhatikan setiap istirahat dari bermain
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 6 KB 2 tentang Menyusun Aktivitas sehari-hari anak di Lembaga TK
38. Dalam penataan masukana dan pramasukana, guru perlu memperhatikan dari segi tata letak (tata artistik), tata warna, dan kebutuhan dalam setiap program. Penataan yang dimaksud ialah ... .
A. tipe atau jenis program
B. keselamatan
C. variasi
D. fleksibilitas
Jawab:
C. Benar, lantaran semakin bervariasinya penataan, semakin menarikdanunik dan indah dipandang mata sehingga siswa tertantang untuk memperhatikan dan mengamatinya
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 7 KB 1 tentang Penataan Sarana dan Pramasukana Lembaga Pendidikan TK
39. Dalam pendirian Taman Kanak-kanak sebaiknya tidak berdekatan dengan pabrik/bengkel/pasar dan sentra keramaian yang sanggup mengakibatkan acara anak terganggu. Syarat tersebut termasuk kedalam syarat ... .
A. keamanan
B. ketenangan
C. kemembersihkanan
D. penduduk
Jawab:
B. Benar, alasannya ialah dengan jauh dari pabrik/pasar/bengkel, akan terhindar dari polusi udara dan polusi suara
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 7 KB 1 tentang Penataan Sarana dan Pramasukana Lembaga Pendidikan TK
40. Jelaskan kriteria yang perlu diperhatikan di dalam melaksanakan pemilihan dan penataan alat perlengkapan yang dipergunakan oleh forum Taman Kanak-kanak … .
A. berdasarkan pengalaman ilmiah
B. luas tanah
C. bangunan gedung
D. kesesuaian dengan anggaran yang ada
Jawab:
D. Benar, lantaran alat perlengkapan yang dipilih/dibeli, harus diubahsuaikan dengan anggaran yang tersedia
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 7 KB 1 tentang Penataan Sarana dan Pramasukana Lembaga Pendidikan TK
41. Komponen yang mengulas tentang latar belakang atau dasar pemikiran yang menjadi alasan didirikannya sebuah forum pendidikan dalam penyusunan anjuran ialah … .
A. judul proposal
B. rasional
C. visi dan misi lembaga
D. tujuan dan kompetensi lulusan
Jawab:
B. Benar, alasannya ialah rasional ialah dasar pemikiran atau latar belakang yang menggambarkan tentang hal-hal ideal serta banyak sekali kondisi atau kenyataan yang menjadi latar belakang
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 8 KB 1 tentang Komponen Proposal pendirian forum pendidikan TK
42. Survey pemetaan anak dan keluarga ialah langkah pertama yang harus dilakukan untuk menyusun anjuran pendirian forum pendidikan Taman Kanak-kanak lantaran ... .
A. forum pendidikan Taman Kanak-kanak banyak peminatnya
B. Taman Kanak-kanak tersebut nantinya akan menjadi baik kualitasnya
C. sanggup mempersembahkan keyakinan kepada dinas pendidikan setempat dalam memenuhi usulan proposal
D. diharapkan informasi dan promosi kepada masyarakat
Jawab:
C. Benar, lantaran dengan data jumlah anak, akan sanggup mempersembahkan keyakinan kepada pihak-pihak yang berwenang dalam usulan yang terdapat dalam proposal
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 8 KB 2 tentang Langkah-langkah penyusunan anjuran pendirian forum pendidikan TK
43. Kelebihan dari salah satu media promosi diberikut ini ialah : 1)tidak terdapat batasan dalam penerapan ruang, 2) sanggup dibagikan secara cuma-cuma, secara pribadi atau diposkan dan dengan jumlah tertentu, sehingga sasaran market nya sanggup dihitung. Media promosi yang dimaksud ialah … .
A. Brosur
B. Poster
C. iklan cetak
D. spanduk
Jawab:
A. Benar, lantaran bentuk brosur fleksibel, semakin banyak isi pesan maka kapasitasnya sanggup diperbanyak
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 9 KB 1 tentang Media Pemamasukan di Lembaga Pendidikan TK
44. Upaya yang sanggup dilakukan biar media media marketing menarikdanunik ialah ... .
A. memakai warna yang berguaka ragam
B. membuat goresan pena dengan memakai aksara yang terbaik
C. menarikdanunik perhatian, minat, mengakibatkan keinginan, dan mengundang tindakan
D. dibentuk secara sederhana, dan dengan memakai bahasa yang baik dan benar
Jawab:
C. Benar, media marketing yang baik ialah yang mengandung unsur attention, interest, desire, dan action (AIDA
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 9 KB 2 tentang Membuat Media Marketing
45. Agar pembelajaran aman, nyaman, dan sangat senang sehingga sanggup mensugesti kualitas pembelajaran secara umum, perlu adanya penataan ruang acara kelas. Oleh lantaran itu dalam pengelolaannya Anda perlu memperhatikan penataan ibarat diberikut ... .
A. orientasi arah ruangan
B. penataan area bermain
C. pembangunan kantin sekolah
D. penataan ruang guru dan kepala sekolah
Jawab:
A. Benar, lantaran orientasi arah ruangan ialah satu kegiatan penataan yang terjadpada ruang acara sekolah
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 10 KB 1 tentang Penataan lingkungan di dlm Taman Kanak-kanak atau Indoor Space Manajemen
46. Untuk penataan outdoor jenis ini diharapkan adanya analisis kebutuhan yang dilakukan dengan mengidentifikasi banyak sekali potensi perkembangan pada anak usia Taman Kanak-kanak khususnya dalam aspek fisik-motorik, intelektual, seni, bahasa, agama, dan sosial emosional. Penataan yang dimaksud ialah … .
A. perlu petunjuk keselamatan
B. perlu memelihara dan meningkatkan kesan alamiah
C. harus didasarkan pada kebutuhan anak
D. harus memungkinkan anak untuk beraktivitas yang sejalan dengan acara yang ada dalam indoor
Jawab:
C. Benar, lantaran seluruh pengembangan potensi anak harus menjadi perhatian utama dalam penataan lingkungan outdoor
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 10 KB 2 tentang Penataan lingkungan di luar TK/outdoor space manajemen
47. Salah satu manfaat penilaian hasil dan keluaran bagi sekolah guru/orang bau tanah … .
A. mempersembahkan penilaian terhadap keberhasilan anak dalam proses perkembangannya melalui tes tertulis
B. mempersembahkan citra tampilan anak secara individual
C. untuk mempersembahkan eksekusi atau hadiah kepada tiruana anak
D. bertujuan untuk memperbaiki sikap anak
Jawab:
B. Benar, mempersembahkan citra tampilan anak secara individual ialah salah satu manfaat penilaian hasil dan keluaran
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 11 KB 1 tentang Manajemen hasil & Keluaran Lembaga Pendidikan TK
48. Upaya yang sanggup dilakukan untuk menelusuri ialah dengan cara ... .
A. melaksanakan tes kepada para lulusan
B. mengadakan kunjungan rumah (home visit)
C. mencari arsip data siswa/lulusan
D. melalui wawacancara (langsung/tidak langsung), mengirim angket/kuisioner, mencari dokumen hasil mencar ilmu dan prestasi lainnya
Jawab:
D. Benar, lantaran individu ialah pribadi tersendiri yang mempunyai perbedaan dari yang lain
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 11 KB 2 Manajemen lulusan forum pendidikan TK
49. Banyak kiprah yang harus dilakukan para pelaksana pendidikan di TK, diantaranya ialah supervisi. Jelaskan lingkup kiprah yang harus dilakukan dalam supervisi tenaga kependidikan Taman Kanak-kanak ... .
A. kiprah guru ialah mempersembahkan pendidikan dan pengajaran di Taman Kanak-kanak dan kiprah lain dalam rangka pelaksanaan pendidikan
B. membimbing dan memdiberi petunjuk dalam penyusunan (peran penilik)
C. membimbing dan memdiberi petunjuk dalam penyusunan (kep tk)
D. menilai hasil pelaksanaan kurikulum berdasarkan ketepatan dan waktu (tugas penilik TK/SD)
Jawab:
A. Benar, berdasarkan Kep Menteri Pendidikan Nasional RI No 0296/0/1978, salah satu kiprah guru ialah mempersembahkan pendidikan dan pengajaran di Taman Kanak-kanak dan kiprah lain dalam rangka pelaksanaan pendidikan
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 12 KB 1 tentang Pengertian, Tugas dan Lingkup Supervisi
50. Salah satu prinsip penilaian dalam supervisi ialah ... .
A. untuk memahami lebih terang masalah-masalah dan kebutuhan anak didik di TK
B. memmenolong dalam mengadakan penilaian dan bimbingan penyuluhan
C. bersifat menyeluruh (comprehensive)
D. sebagai pendorong usaha-usaha kreatif akseptor didik
Jawab:
C. Benar, alasannya ialah prinsip penilaian harus dilakukan secara menyeluruh
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban soal ini Anda sanggup membaca Modul 12 KB 2 tentang Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Pengawasan TK
Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4303
Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa dalam hal ini kami tidak spesialuntuk menyiapkan soal ini dalam bentuk artikel saja, namun kami sudah menyiapkan soal lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasannya dalam bentuk dokumen PDF yang bisa Anda download pribadi pada link dibawah ini. Nah diberikut ini bisa Anda download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4303 Manajemen Pendidikan TK lengkap dengan kunci jawabanannya.Silahkan Anda pelajari tiruana soal-soal tersebut, pahami dan ingat-ingat jawabanan yang ada, lantaran besar kemungkinan akan keluar pada waktu ujian nantinya. Kami berharap dengan adanya soal ini bisa memmenolong Anda dalam mepeljari tiruana materi yang ada, dengan memanfaatkan waktu yang singkat, tentu cara ini akan lebih efektif dibandingkan dengan menghafal pribadi materi pada modul Anda.
Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4303 Manajemen Pendidikan TK, semoga soal ini bisa memmenolong Anda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian simpulan semester nantinya. Jangan lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada mitra Anda yang lainnya. Dan tidakboleh lupa juga untuk mengembangkan tiruana soal kami pada kawan-kawan Anda yang membutuhkan. Jika Anda mengalami kesusahan atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, tidakboleh sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4303 Administrasi Pendidikan Tk Beserta Kunci Jawaban"