Soal Ujian Ut Pgpaud Mkdk4005 Profesi Keguruan Beserta Kunci Jawaban

loading...
Soal ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan beserta kunci jawabanan yang kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurudan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini(PGPAUD) yang kini sedang menempuh pendidikan pada semester 4. Pada postingan kami sebelumnya, terakhir kami sudah menyebarkan soal ujian UT PGPAUD PAUD4208 Penanganan Anak Berkelainan. Soal yang kami bagikan ini ialah hasil dari materi yang ada pada modul serta tes-tes soal yang kami bagikan lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasannya. Anda bisa mempelajari tiruana soal yang kami bagikan ini sebagai bekal untuk menghadapai ujian selesai semester nantinya.

Soal ujian UT yang kami bagikan ini sangat berkhasiat sekali bagi Anda dalam hal menguasai materi pada modul dengan menghemat waktu yang ada. Maksudnya dengan waktu yang tidak banyak dan ditambah kesibukan pekerjaan Anda, tentu kalau Anda mempelajari materi pada modul akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dan bisa kami katakana Anda tidak akan bisa mencakup beberapa aspek tiruana mata kuliah, belum lagi kalau ada mata kuliah yang harus diulang. Nah mempelajari soal-soal lengkap dengan kunci jawabanannya ibarat ini tentu akan sangat menghemat waktu Anda dan akan lebih simpel untuk mengingat materi kalau dikemudian pada waktu ujian muncul.

Soal Ujian UT PGPAUD Semester 4 lainnya:
  1. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4205 Kesehatan dan Gizi
  2. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4206 Metode Pengembangan Seni
  3. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4207 Kurikulum dan Bahan Belajar TK
  4. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4208 Penanganan Anak Berkelainan
  5. Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan

Soal ujian UT PGPAUD ini kami bagikan tak spesialuntuk dalam bentuk artikel saja, namun dalam hal ini kami juga sudah mempersiapkan materi ini dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa Anda download eksklusif pada selesai soal. Soal yang ada sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal, jadi Anda bisa eksklusif mempelajari tiruana soal secara eksklusif atau online. Karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanan.

 yang kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurudan Pendidikan Guru Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan Beserta Kunci Jawaban

Pada blog soal uas ut ini, kami tak spesialuntuk banyak sekali soal untuk jurusan PGPAUD saja, namun kami juga menyebarkan soal untuk jurudan lainnya. Soal ujian yang kami bagikan tentunya lengkap untuk tiruana semester, mulai dari semester pertama hingga akhir, dan tak spesialuntuk soal saja, kami juga membagikan banyak sekali hal lainnya, ibarat referensi laporan, tips dan hal lainnya. Untuk melihat kumpulan lengkap dari soal ujian UT PGPAUD ini Anda bisa eksklusif menuju artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD.

Dibawah ini sudah kami bagikan lengkap untuk Anda soal beserta kunci jawabanan dan pembahasan soal terkait soal ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan.

Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4005

1. Berikut ini ialah ciri-ciri dari suatu profesi, kecuali . . .
A. bisa bekerja dengan baik
B. sistem imbalan yang memadai
C. legalisasi dari masyarakat
D. mempunyai standar kerja baku
Jawab:
A. Benar

2. Diadakannya petes-petes di Balai Petes Guru (BPG) tentang hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan mengajar ialah referensi dari perjuangan pengembangan. . .
A. taktik pembelajaran
B. pengetahuan
C. keterampilan mengajar
D. profesi
Jawab:
Benar

3. Pengertian kompetensi kepribadian guru sebagai guru pendidik mengacu pada…
A. perbuatannya yang luhur
B. pengabdiannya yang tanpa pamrih
C. perilakunya yang sanggup mendapatkan amanah dan diteladani
D. tugasnya sebagai penyampai nilai-nilai luhur masyarakat
Jawab:
D. Benar

4. Hal-hal diberikut ialah kompetensi kepribadian yang perlu dimiliki seorang guru, kecuali
A. guru harus beragama dan berkewajiban untuk meningkatkan iman dan taqwa
B. percaya pada diri sendiri
C. mempunyai sifat apriori
D. toleransi dan tenggang rasa
Jawab:
C. Benar

5. Kompetensi sosial mencakup beberapa aspek kemampuan guru untuk mengikuti keadaan terhadap tuntutan kerja dan lingkungannyA. Pendapat ini dikemukakan oleh. . ..
A. Cece Wijaya
B. D.T Amijaya
C. Achmad Sanusi
D. K.H. Dewantara
Jawab:
C. Benar

6. Guru hendaknya berperan sebagai motivator dan inovator dalam pembangunan pendidikan dengan memahami dunia sekitar dan lingkungannyA. Tugas ini ialah kaitan kompetensi sosial guru antara fungsi kompetensi dengan…
A. sosial guru dengan sifat kompetensi guru
B. sosial guru dengan ruang lingkup kompetensi guru
C. kepribadian guru dengan ruang lingkup kepribadian guru
D. sosial guru dengan kepribadian guru
Jawab:
C. Benar

7. Salah satu kompetensi sosial guru berdasarkan Cece Wijaya ialah bersikap...
A. ramah tamah dan murah senyum
B. pemarah dan pendendam
C. bersikap simpatik
D. masa kurang pintar dan arogan
Jawab:
C. Benar

8. Kemampuan mengetahui, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, menyintesiskan dan mengevaluasi sejumlah pengetahuan yang diajarkan ialah aspek-aspek dari kompetensi ...
A. penguasaan materi bidang studi
B. pengelolaan kegiatan berguru mengajar
C. pengelolaan kelas
D. penerapan media
Jawab:
A. Benar

9. Penguasaan materi dan kemampuan mengajar yang tepat sanggup ditentukan oleh guru apabila ia mengetahui cara-cara dalam . . .
A. menentukan metode yang tepat
B. memberikan materi bidang studi
C. analisis bidang studi
D. membuat rincian materi
Jawab:
B. Benar

10. Pengetahuan tentang perkembangan anak sangat diharapkan oleh guru untuk....
A. menentukan posisi anak di dalam keluarga
B. mengidentifikasi materi didik yang sesuai bagi kelompok
C. menentukan pengelompokan kelas
D. menyesuaikan metode pembelajaran
Jawab:
B. Benar

11. Interaksi yang baik yang terjadi antara guru dan siswa di sekolah seharusnya bersifat....
A. guru mempersembahkan kemajuan kepada para siswa
B. guru menjaga jarak dengan siswa biar mereka tidak terlalu akrab dengannya
C. mempergampang segala urusan, bukan sebaliknya
D. selalu mempersembahkan kebanggaan kepada tiruana siswa dan dalam segala hal
Jawab:
C. Benar

12. Jika pendidikan dipandang dari sudut kata kerja, maka pendidikan ialah...
A. sesuatu yang sudah diperoleh
B. proses inkuiri yang berkelanjutan
C. kegiatan yang berlangsung antara guru dan siswa
D. kegiatan yang terjadi lantaran adanya kurikulum, materi ajar, metode, dan media
Jawab:
B. Benar

13. Ciri-ciri konsep diri yang berorientasi pada diri sendiri ialah . . .
A. menghargai orang lain
B. bisa bekerja sama
C. menonjolkan diri
D. bertanggung jawaban
Jawab:
C. Benar

14. Mengapa seorang guru perlu melaksanakan analisis kurikulum? Agar kurikulum yang digunakan....
A. dipahami betul oleh para guru
B. diubahsuaikan dengan metode yang digunakan
C. tidak menyimpang dari kurikulum yang ideal
D. diubahsuaikan dengan lingkungan penerima didik
Jawab:
C. Benar

15. Manakah kegiatan guru di bawah ini yang tidak termasuk pada kegiatan pertama pembelajaran?
A. menghubungkan materi yang sudah dipelajari dengan materi yang belum dipelajari
B. selalu menumbuhkan hasrat berguru siswa
C. mengantarkan siswa kepada informasi baru
D. menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini
Jawab:
C. Benar

16. Bila suatu tujuan pembelajaran berbunyi: siswa sanggup menyatakan bagaimana perasaannya dikala mengalami suatu musibah, maka tujuan tersebut termasuk tipe tujuan..
A. keperilakuan
B. afektif
C. psikomotorik
D. ekspresif
Jawab:
D. Benar

17. Kegiatan epilog pembelajaran bertujuan untuk..
A. mengakhiri kegiatan pembelajaran
B. menunjukan adanya kegiatan pertama dan kegiatan inti
C. siswa sanggup merefleksikan materi pelajaran
D. siswa mempunyai ingatan terhadap pelajaran yang gres diterimanya
Jawab:
C. Benar

18. Kegiatan mengajar tidak sama dengan kegiatan manajerial, salah satu kegiatan manajerial yang nampak di bawah ini adalah....
A. memmenolong siswa mencapai tujuan pembelajara
B. mendiagnosis kebutuhan siswa
C. memberikan materi pembelajaran
D. mengembangkan kekerabatan yang baik dengan guru dan siswa
Jawab:
D. Benar

19. Pilihlah salah satu referensi kegiatan yang paling mayoritas dilakukan guru pada tingkat kelas tengah....
A. berperilaku sangat senang siswa secara individual
B. mengubah peranan dari diktatorial kepada lebih demokratis
C. lebih memperhatikan secara kelompok
D. melaksanakan sosialisasi terhadap kedisiplinan dan hukum sekolah lainnya
Jawab:
D. Benar

20. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru secara cermat kemungkinan besar sanggup menghindari munculnya sikap yang bermasalah. Penjelasan ini ialah bentuk dari pendekatan....
A. instruksional
B. pendekatan modifikasi perilaku
C. sosio-emosional yang positif
D. menempatkan kelas sebagai suatu sistem sosial
A. Benar

21. Proses penilaian terdiri dari beberapa aspek ibarat di bawah ini, kecuali....
A. memperoleh informasi
B. membentuk judgement
C. mengambil keputusan
D. mempersembahkan penilaian
Jawab:
D. Benar

22. Proses judgement dilakukan oleh seorang guru sesudah....
A. merumuskan definisi evaluasi
B. memperoleh informasi yang tepat
C. menulis butir-butir soal yang efektif
D. mengolah hasil pengukuran
Jawab:
B. Benar

23. Teknik inkuiri tidak sama dengan metode observasi. Salah satu metode inkuiri yang nampak di bawah ini adalah....
A. guru selalu bertanya kepada siswanya tentang apa yang sedang dipikirkan
B. guru selalu melihat dan mencicipi apa yang diungkapkan siswa
C. memilah dan menentukan materi pelajaran yang paling sesuai
D. mempersembahkan nilai kepada siswa yang selalu merespons pelajaran
Jawab:
A. Benar

24. Kelemahan tipe soal jawabanan singkat dibandingkan dengan tipe soal uraian, adalah...
A. susah menentukan skor secara adil
B. lebih bersifat subjektif
C. susah membuat butir soal
D. sering kali bersifat ambigu
Jawab:
D. Benar

25. Menyusun butir soal uraian mempunyai syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain....
A. menentukan topik yang akan diujikan dan mewakili seluruh materi yang sudah diajarkan
B. sanggup mengukur hasil berguru yang akan diuji
C. merumuskan jawabanan dalam bentuk homogen
D. antara soal dengan jawabanan mempunyai kesinambungan
Jawab:
A. Benar

26. Selain untuk keberhasilan proses mengajar, tes formatif juga bertujuan untuk...
A. pengolahan data hasil evaluasi
B. menguji banyak fakta dalam waktu singkat
C. menguji hasil berguru yang lengkap
D. melaksanakan perbaikan terhadap proses pembelajaran
Jawab:
D. Benar

27. Memmenolong memecahkan problem yang dihadapi penerima didik, ialah kewajiban guru BP dalam menjalankan profesinyA. Pengertian bimbingan dan konseling berkaitan dengan kegiatan…
A. mengarahkan sikap siswa sesuai tingkat perkembangannya
B. mempersembahkan pandangan sesuai dengan talenta minat siswa
C. menunjukkan sikap kreatif dan prinsip berdikari sesuai dengan kemampuan siswa
D. mempersembahkan pendidikan mental sesuai dengan tujuan
Jawab:
A. Benar

28. Anak sanggup menentukan dan tetapkan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya dan keterampilan yang dimiliki. Hal tersebut berkaitan dengan....
A. tujuan bimbingan
B. fungsi bimbingan
C. prinsip bimbingan
D. asas bimbingan
Jawab:
C. Benar

29. Layanan bimbingan hendaknya berkesinambungan dan berdasar pada potensialitas siswA. Hal ini bekerjasama dengan . . . .
A. pengembangan dan keutuhannya
B. proses dan individualitas
C. keutuhan dan berkegiatan
D. untuk tiruana siswa dan kemandirian
Jawab:
B. Benar

30. Guru ialah tangan pertama dalam menangani dan melaksanakan pembimbingan dan konseling kepada penerima didik karena….
A. siswa akrab dengan guru
B. guru yang menemukan problem dan memahami latar belakang siswa
C. guru lebih mengetahui minat dan talenta siswa
D. kedekatan siswa dan guru akan memperjelas talenta dan minat siswa
D. Benar

31. Memdiberikan menolongan pemecahan problem berdasarkan prinsip bimbingan, ialah kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan….
A. azas bimbingan
B. tujuan bimbingan
C. kaidah bimbingan
D. struktur bimbingan
Jawab:
A. Benar

32. Di bawah ini ialah peranan guru dalam memmenolong perkembangan pribadi siswa, kecuali . ..
A. peduli
B. konsisten
C. permisif
D. lingkungan yang goyah
Jawab:
D. Benar

33. Sebagai administrator, kepala sekolah melaksanakan tugasnya dengan cara…
A. mengkoordinasikan kebutuhan pelaksanaan pendidikan
B. mengklasifikasikan kegiatan pendidikan
C. mengelola kebutuhan pramasukana
D. mengelola manajemen pendidikan
Jawab:
A. Benar

34. Berikut ini problem siswa yang perlu menolongan bimbingan guru kecuali masalah…
A. hasil berguru rendah
B. takut berbicara di depan kelas
C. belum sempurnanya uang
D. kurang percaya diri
Jawab:
C. Benar

35. Berikut ini ialah menolongan untuk menumbuhkan sikap berguru pada siswa kelas 4 SD, kecuali…
A. membiasakan mengerjakan PR dengan tertib
B. membuat catatan yang terang dan rapi
C. melatih siswa membaca dengan cermat
D. mengganti guru yang disukai siswa
Jawab:
D. Benar

36. Siswa yang kurang bisa menguasai diri sering membuat keributan di kelas, dan sering tidak masuk lantaran kurang diperhatikan oleh guru. Gejala tersebut ialah stres yang disebabkan oleh faktor....
A. iklim kehidupan keluarga
B. fisik-biologik
C. pekerjaan
D. psikologik
Jawab:
D. Benar

37. Tipe kepribadian yang sanggup menangkal atau mengurangi kadar stres pada diri seseorang adalah....
A. emotional support
B. optimisme
C. appraisal support
D. hardiness
Jawab:
D. Benar

38. misal coping positif/ konstruktif adalah....
A. setiap mempunyai masalah, saya selalu membicarakannya dengan orang lain
B. setiap mempunyai masalah, saya menduga niscaya disebabkan oleh orang lain
C. saya menunda satu kegiatan biar sanggup mengerjakan kegiatan yang lain
D. saya lebih suka membaca buku dari pada membicarakan orang lain
Jawab:
D. Benar

39. Teknik atau metode yang sanggup dilakukan seseorang dalam melaksanakan pendekatan coping positif ialah ibarat di bawah ini, kecuali...
A. memahami dan mengerti tingkatan stress
B. memahami sebab-sebab timbulnya stress
C. memelihara stres dengan sebaik-baiknya
D. sanggup menemukan solusi mengatasi stress
Jawab:
C. Benar

40. Guru dalam mempersiapkan materi pelajaran didasarkan pada kebutuhan siswanya, hal ini diubahsuaikan dengan karakteristik kode etik suatu profesi ditinjau dari aspek….
A. filosofis – kontekstual
B. etis – psikologis
C. etis – pragmatis
D. pengabdian
C. Benar

41. Makna yang terkandung dari kode etik guru Indonesia ( PGRI)yang kedelapan adalah....
A. ialah organisasi pendidikan guru republik Indonesia
B. dihentikan bersikap sewenang-wenang terhadap guru
C. harus menghentikan praktek monopoli profesi terhadap guru
D. mengurus tiruana kebutuhan guru
Jawab:
C. Benar

42. Seorang guru dipilih, ditugaskan, disediakan, dan ditempatkan sesuai dengan jenjang pendidikan dengan mengindahkan kriteria standar kualifikasi profesional. Tindakan ini ialah kegiatan di tingkat....
A. struktural
B. institusional
C. operasional
D. instruksional
Jawab:
B. Benar

43. Menurut Sutan Zanti dan Syamsiar Syahrun, setiap profesi mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut, kecuali....
A. setiap pekerjaan dipersiapkan melalui pendidikan dan tes yang bersifat formal
B. pekerjaan yang dilakukannya mendapatkan legalisasi dari masyarakat
C. memerlukan tes yang cukup usang dan pengetahuan yang cukup tinggi
D. membutuhkan pengawasan dari organisasi tertentu
Jawab:
C. Benar

44. Peningkatan profesional guru sudah diatur dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Bentuk peningkatan kemampuan profesional guru yang dimaksud adalah....
A. dalam pembelajaran, guru harus memakai Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
B. proses pembelajaran tidak lagi bersifat teacher central (pembelajaran berpusat kepada guru)
C. pendidikan guru minimal strata 1 atau D4
D. mengutamakan pengembangan kompetensi tiap pribadi
Jawab:
C. Benar

45. Salah satu tujuan organisasi profesi kependidikan ialah meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggotanya, hal ini berarti dengan adanya kekuatan dan kewibawaan organisasi akan berdampak kepada para anggotanya terutama dalam hal....
A. pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah diputuskan
B. kemampuan memberikan proses pembelajaran
C. kegampangan memperoleh kemudahan pembelajaran
D. kegampangan dalam meningkatkan kemampuannya
Jawab:
D. Benar

46. Tina lebih suka menentukan menjadi guru dibandingkan sebagai ekonom atau arsitektur, lantaran Tina beranggapan profesi guru mempunyai ciri-ciri yang spesifik. Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah…
1). mengajar ialah jabatan yang mempunyai nilai sosial tinggi
2). mengajar ialah jabatan yang disegani
3). jabatan guru mempunyai laba rohaniah dibandingkan ekonomi
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

47. Ruang lingkup kerja guru yang berkaitan dengan aspek kemampuan profesional mencakup beberapa aspek klarifikasi . . .
1). substansi ilmu
2). landasan pendidikan
3). proses kependidikan dan keguruan serta pembelajaran
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

48. Kompetensi sosial guru ialah kemampuan guru untuk….
1). memahami dirinya sebagai pecahan yang tidak terpisahkan dari masyarakat
2). melaksanakan tindakan sesuai dengan kehendak hatinya
3). bisa mengembangkan kiprah sebagai anggota masyarakat dan masyarakat negara
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar

49. Menurut Udi Turmudi (1987;8) faktor-faktor penentu aktualisasi insiden berguru mengajar adalah
1). tujuan, siswa, pengajar
2). materi pelajaran, alat-alat
3). faktor ekonomi, administrasi, besar kelas, ruangan, jumlah jam pelajaran
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

50. Berikut ini ialah beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam manajemen kelas yaitu ...
1). keragaman usia
2). kecakapan
3). etnik dan kesiapan belajar
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar

Download Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4005

Seperti mana yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa kami tak spesialuntuk banyak sekali soal dalam bentuk artikel saja, namun kami juga membagikan atau menyiapkan artikel ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda bisa eksklusif download pada link dibawah ini. Karena kami tahu bahwa terkadang tak tiruana Mahasiswa yang bisa mempelajari soal secara online, nah diberikut ini ialah link menuju dokumen atau soal dalam bentuk PDF.


Kami tahu bahwa soal-soal ibarat ini akan sangat memmenolong Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian selesai semester nantinya. Soal yang kami bagikan ialah murni dari materi yang ada pada modul. Makara sangat besar kemungkinan soal ini akan atau tidak jauh dari soal yang keluar pada waktu ujian nantinya. Dan bisa jadi soal yang keluar sama persis ibarat yang Anda pelajari pada soal ini. Untuk itu silahkan Anda pelajari dan teleti setiap soal yang ada, kalau mencurigai silahkan cek jawabanannya pada modul Anda.

Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan, kami berharap dengan adanya soal ini bisa memmenolong dan meentengkan beban Anda dalam mempelajari materi yang ada pada modul. Dan kalau Anda mengalami kesusahan, atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, tidakboleh sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin untuk membalas pertanyaan Anda. Jangan lupa juga untuk menyebarkan artikel atau soal yang terdapat pada blog soal uas ut ini, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgpaud Mkdk4005 Profesi Keguruan Beserta Kunci Jawaban"

Back To Top