Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4207 Kurikulum Dan Materi Berguru Tk Beserta Kunci Jawaban

loading...
Soal ujian UT PGPAUD PAUD4207 Kurikulum dan Bahan Belajar Taman Kanak-kanak beserta kunci jawabanan yang kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurudan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini(PGPAUD) yang kini sedang menempuh pendidikan pada semester 4. Pada postingan kami sebelumnya, terakhir kami sudah mengembangkan soal ujian UT PGPAUD PAUD4206 Metode Pengembangan Seni. Soal yang kami bagikan ini ialah hasil dari materi yang ada pada modul serta tes-tes soal yang kami bagikan lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasannya. Anda bisa mempelajari tiruana soal yang kami bagikan ini sebagai bekal untuk menghadapai ujian simpulan semester nantinya.

Soal ujian UT yang kami bagikan ini sangat berkhasiat sekali bagi Anda dalam hal menguasai materi pada modul dengan menghemat waktu yang ada. Maksudnya dengan waktu yang tidak banyak dan ditambah kesibukan pekerjaan Anda, tentu jikalau Anda mempelajari materi pada modul akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dan bisa kami katakana Anda tidak akan bisa mencakup beberapa aspek tiruana mata kuliah, belum lagi jikalau ada mata kuliah yang harus diulang. Nah mempelajari soal-soal lengkap dengan kunci jawabanannya menyerupai ini tentu akan sangat menghemat waktu Anda dan akan lebih simpel untuk mengingat materi jikalau dikemudian pada waktu ujian muncul.

Soal Ujian UT PGPAUD Semester 4 lainnya:
  1. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4205 Kesehatan dan Gizi
  2. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4206 Metode Pengembangan Seni
  3. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4207 Kurikulum dan Bahan Belajar TK
  4. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4208 Penanganan Anak Berkelainan
  5. Soal Ujian UT PGPAUD MKDK4005 Profesi Keguruan

Soal ujian UT PGPAUD ini kami bagikan tak spesialuntuk dalam bentuk artikel saja, namun dalam hal ini kami juga sudah mempersiapkan materi ini dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa Anda download eksklusif pada simpulan soal. Soal yang ada sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal, jadi Anda bisa eksklusif mempelajari tiruana soal secara eksklusif atau online. Karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanan.

 Kurikulum dan Bahan Belajar Taman Kanak-kanak beserta kunci jawabanan Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4207 Kurikulum dan Bahan Belajar Taman Kanak-kanak Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4207 Kurikulum dan Bahan Belajar Taman Kanak-kanak Beserta Kunci Jawaban

Pada blog soal uas ut ini, kami tak spesialuntuk banyak sekali soal untuk jurusan PGPAUD saja, namun kami juga mengembangkan soal untuk jurudan lainnya. Soal ujian yang kami bagikan tentunya lengkap untuk tiruana semester, mulai dari semester pertama hingga akhir, dan tak spesialuntuk soal saja, kami juga membagikan banyak sekali hal lainnya, menyerupai rujukan laporan, tips dan hal lainnya. Untuk melihat kumpulan lengkap dari soal ujian UT PGPAUD ini Anda bisa eksklusif menuju artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD.

Dibawah ini sudah kami bagikan lengkap untuk Anda soal beserta kunci jawabanan dan pembahasan soal terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4207 Kurikulum dan Bahan Belajar TK.

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4207

1. Salah satu indikator kurikulum Taman Kanak-kanak yaitu meminta anak untuk mengerjakan maze atau mencari jejak. Kegiatan ini ialah salah satu tes bagi anak untuk memecahkan dilema secara sederhanA. Hal tersebut termasuk dalam salah satu fungsi kurikulum sebagai....
A. aktualisasi diri
B. rekonsiliasi sosial
C. agenda akademik
D. proses kognitif
Jawab:
D. Benar, alasannya proses kognitif yaitu mengajarkan pada anak untuk memecahkan permasalahan yang dihadapinya dalam kehidupan ini.
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 Kegiatan berguru 1 tentang fungsi kurikulum

2. Pada kurikulum tingkat SMP, mata pelajaran sejarah, ekonomi dan geografi ialah mata pelajaran yang diajarkan sendiri-sendiri. Terdapat batasan yang ketat dalam pengorganisasian materi belajarnyA. Hal itu termasuk dalam model kurikulum....
A. correlated subject
B. separated subject
C. integrated curriculum
D. connected curriculum
Jawab:
B. Benar, separated subject ialah pengorganisasian kurikulum yang didasari oleh batas yang ketat dan setiap pelajaran
Pembahasan:
Pelajari modul 1 kegiatan berguru 1 khususnya tentang model-model kurikulum

3. melaluiataubersamaini adanya tujuan dalam kurikulum, guru sanggup menentukan jenis dan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakannya di kelas untuk mengembangkan kemampuan anak didiknyA. Hal tersebut mengatakan salah satu fungsi tujuan dalam kurikulum, yaitu sebagai.….
A. penentu arah dan corak kegiatan pendidikan yang akan dilaksanakan.
B. penentu dalam memutuskan komponen diberikutnya.
C. tolok ukur keberhasilan pelaksanaan pendidikan.
D. pegangan dalam perjuangan penyelenggaraan pendidikan
Jawab:
A. Benar, sebagai penentu arah dan corak kegiatan maka tujuan sanggup memmenolong guru menentukan bentuk dan jenis kegiatan yang akan dilaksanakannya
Pembahasan:
Pelajari modul 1 Kegiatan Belajar 2 terutama tentang menandakan fungsi tujuan pendidikan

4. Berikut ini yaitu beberapa kriteria yang yang harus diindahkan dalam setiap menentukan dan menentukan materi kurikulum, kecuali bahwa isi kurikulum harus....
A. sesuai, tepat dan bermakna bagi perkembangan anak didik
B. mencerminkan idealisme bangsa dan negara serta masyarakat
C. mendukung pencapaian tujuan yang komprehensif
D. mengandung pengetahuan ilmiah yang sudah teruji kebenarannya
Jawab:
B. Benar, alasannya isi kurikulum yang mencerminkan idealisme bangsa, negara dan masyarakat bukan ialah kriteria pemilihan dan penentuan isi kurikulum
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 Kegiatan berguru 2 tentang kriteria pemilihan dan penentuan materi kurikulum

5. Evaluasi yang dipakai untuk menilai tiruana sumber daya sebelum suatu agenda dimulai yaitu evaluasi….
A. dampak
B. hasil
C. masukan
D. proses
C. Tepat sekali, penilaian masukan menilai tiruana sumber daya, menyerupai dana, tenaga, masukana, kemudahan dan anak didik
Pembahasan:
Pelajari modul 1 kegiatan berguru 2 tentang samasukan evaluasi

6. Kurikulum berfungsi sebagai alat pendidikan yang terkait dengan kebutuhan manusiA. Oleh karenanya pengembangan kurikulum membutuhkan pemikiran yang mendalam dan komprehensif. Terkait dengan hal tersebut maka salah satu fungsi filsafat dalam pengembangan kurikulum adalah….
A. menentukan arah pendidikan.
B. memenuhi tiruana kebutuhan
C. memmenolong mewujudkan keinginan manusia
D.menetapkan batas waktu pencapaian keberhasilan pendidikan
Jawab:
A. Benar, menentukan arah pendidikan ialah salah satu fungsi filsafat dalam pengembangan kurikulum
Pembahasan:
Pelajari modul dua kegiatan berguru satu tentang landasan pengembangan kurikulum

7. Pengembangan kurikulum yang pada dasarnya lebih memseriuskan pada upaya mengembangkan kurikulum sebagai suatu proses perbaikan dan penyempurnaan ialah pendekatan model….
A. Olivia
B. Tyler
C. Beaucham
D. Taba
Jawab:
D. Benar, model Taba memseriuskan pengembangan sebagai upaya perbaikan dan penyempurnaan
Pembahasan:
Pelajari Modul dua kegiatan berguru 2 tentang pendekatan dalam pengembangan kurikulum

8. Pengembangan kurikulum harus sanggup mempersembahkan peluang pada guru-guru dan pelaksana pendidikan di lapangan untuk melaksanakan penyesuaian berdasarkan situasi dan kondisi yang dihadapinya serta keadaan lingkungan setempat. Hal tersebut sesuai dengan prinsip fleksibilitas, yaitu bahwa kurikulum harus bersifat….
A. statis, komprehensif dan sistematik
B. berkesinambungan, holistik dan valid
C. luwes, elastis dan sanggup dimodifikasi
D. relevan, efektif dan efisien
Jawab:
C. Benar, prinsip fleksibilitas yaitu bahwa pengembangan kurikulum harus bersifat luwes, elastis dan sanggup dimodifikasi
Pembahasan:
Pelajari modul 2 kegiatan berguru 3 khususnya tentang prinsip-prinsip pengembangan kurikulum

9. Hakikat Taman Kanak-kanak yang sesuai dengan kurikulum tahun 1968 yaitu forum pendidikan ….
A. resmi yang memmenolong anak meningkatkan kemampuan intelektual, sosial emosional dan spiritualnya
B. pertama yang mempersembahkan bimbingan dan training secara sistematis baik jasmani maupun rohani anak semoga berkembang secara harmonis.
C. formal yang melayani dan mengasuh anak usia 4 – 6 tahun untuk mengoptimalkan seluruh aspek perkembangannya
D. dasar yang bersifat non formal untuk memmenolong anak mengembangkan potensi, talenta dan minatnya seoptimal mungkin
Jawab:
B. Benar, pernyataan tersebut ialah hakikat Taman Kanak-kanak yang terdapat dalam kurikulum tahun 1968
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan berguru 1 tentang kurikulum Taman Kanak-kanak tahun 1968

10. Berikut ini yaitu beberapa hakikat Taman Kanak-kanak yang disebutkan dalam kurikulum tahun 1976, kecuali….
A. sentra perkembangan kepribadian anak
B. sentra kesejahteraan anak
C. perjuangan memmenolong keluarga memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani anak yang dibutuhkan bagi perkembangan kepribadiannya
D. perjuangan masyarakat dan pemerintah untuk memajukan dan memodernisasi kehidupan bangsa dan negara
Jawab:
D. Pernyataan tersebut tidak benar dan jikalau Anda menentukan D sebagai Jawaban maka Anda benar
Pembahasan:
Pelajari modul modul 3 kegiatan berguru 1 tentang kurikulum Taman Kanak-kanak tahun 1976

11. Salah satu tujuan pendidikan Taman Kanak-kanak berdasarkan kurikulum tahun 1987 adalah….
A. meletakkan dasar-dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diharapkan untuk hidup di lingkungan masyarakat.
B. mempersembahkan segala pengetahuan dasar semoga anak sanggup diterima di sekolah dasar
C. membuat anak yang mandiri, bertakwa dan sanggup menjalani kehidupan tanpa menolongan dari orang-orang di sekitarnya
D. memmenolong anak mengembangkan kemampuannya secara mandiri
Jawab:
A. Benar, Pernyataan tersebut ialah salah satu tujuan dari pendidikan Taman Kanak-kanak dalam kurikulum 1987
Pembahasan:
Pelajari modul tiga kegiatan berguru 2 tentang kurikulum Taman Kanak-kanak tahun 1987

12. Pada kurikulum Taman Kanak-kanak 1994 terdapat pengembangan daya cipta yang bertujuan untuk….
A. membuat anak terampil
B. membuat anak kreatif
C. membuat anak yang cerdas
D. mengakibatkan anak yang mandiri
Jawab:
B. Benar, pengembangan daya cipta bertujuan membuat anak menjadi kreatif yaitu lancar, fleksibel dan asli dalam bertutur kata, berolah tangan dan berpikir
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan berguru 3 tentang agenda peng Taman Kanak-kanak berdasarkan kur. 1994

13. Setiap individu berhak mendapat pendidikan semenjak dilahirkan hingga ia meninggal duniA. Pendidikan tersebut sanggup berbentuk informal, formal maupun non formal. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip pengembangan kurikulum, yaitu prinsip....
A. berpusat pada anak
B. kesamaan memperoleh peluang
C. komprehensif dan berkesinambungan
D. berguru sepanjang hayat
Jawab:
D. Benar, prinsip ini berarti bahwa setiap individu berhak mendapat pendidikan sepanjang kehidupannya
Pembahasan:
Pelajari modul 4 kegiatan berguru 1 tentang prinsip-prinsip KBK

14. Penilaian berbasis kelas sanggup bermanfaa bagi anak didik sebagai umpan balik artinya dengan penilaian ini anak didik dapat....
A. mengetahui kemampuan berpikirnya semoga sanggup berprestasi di kelasnya
B. mengetahui kemampuan dan belum sempurnanyanya sehingga sanggup menumbuhkan motivasi intrinsik untuk memperbaikinya
C. mengenal seluruh kelasnya dengan baik sehingga ia sanggup menyesuaikan diri dan berguru di kelas dengan baik
D. mengenal gurunya sehingga sanggup meminta menolongan untuk membimbing belajarnya dengan baik
Jawab:
B. Benar, pernyataan tersebut benar sehingga motivasi akan muncul dari dalam diri anak didik itu sendiri
Pembahasan:
Pelajari materi tentang penilaian berbasis kompetensi pada modul 4 kegiatan berguru 2

15. Setiap sekolah di Indonesia memakai kurikulum nasional sebagai pedoman, namun pelaksanaan pembelajarannya diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan di mana sekolah tersebut berada dan sesuai dengan kemampuan sekolah tersebut. Pernyataan tersebut ialah implementasi dari kurikulum….
A. standar nasional
B. standar minimal
C. berbasis sekolah
D. berbasis lingkungan
Jawab:
C. Benar, pernyataan itu ialah implementasi adanya kurikulum berbasis sekolah
Pembahasan:
Pelajari materi tentang pengelolaan kurikulum berbasis kompetensi pada modul 4 kegiatan berguru 2

16. Program pengembangan sosial dan kemandirian dalam kurikulum Taman Kanak-kanak dimaksudkan untuk membina anak dalam hal-hal diberikut, kecuali mampu....
A. mengendalikan emosinya secara wajar
B. diberinteraksi dengan sebayanya dan orang sampaumur di sekitarnya
C. menolong dirinya sendiri dan menguasai kecakapan hidup
D. meningkatkan intelektualnya bersama dengan kawan-kawannya
Jawab:
D. Jawaban D tidak termasuk dalam ruang lingkup pengembangan sosial dan kemadirian, namun jikalau Anda menentukan ini berarti Jawaban Anda benar
Pembahasan:
Pelajari meteri tentang ruang lingkup kurikulum Taman Kanak-kanak pada modul 4 kegiatan berguru 2

17. Pendidik harus menyediakan lingkungan yang aman bagi perkembangan dan berguru anak. Lingkungan tersebut yaitu lingkungan yang….
A. aman, nyaman, menarikdanunik dan memungkinkan anak untuk melaksanakan acara secara optimal
B. luas, tidak kotor, bebas dari kendala dan memungkinkan banyak anak sanggup bermain secara leluasa
C. teduh, sejuk, luas dan dilengkapi dengan mainan yang berguaka ragam yang sanggup dipilih anak sesuka hati
D. luas, lapang dan tidak ada benda yang sanggup menghalangi mobilitas anak
Jawab:
A. Benar, lingkungan yang paling tepat yaitu yang aman, nyaman, menarikdanunik dan memungkinkan anak melaksanakan acara secara optimal dan mempunyai kualitas yang baik
Pembahasan:
Pelajari materi tentang kegiatan dasar untuk memfasilitasi perkembangan dan berguru anak Taman Kanak-kanak pada modul 5 kegiatan berguru 1

18. Kegiatan pengembangan di Taman Kanak-kanak banyak dilakukan melalui kegiatan bermain yang sangat senang dan diubahsuaikan dengan minat dan kebutuhan belum dewasa usia 4 – 6 tahun. Pelaksanaan kegiatan pengembangan tersebut berorientasi pada….
A. developmentally appropriate practice
B. zona of proximal development
C. learning by doing
D. quantum learning with playing and fun
Jawab:
A. Benar, kegiatan untuk anak Taman Kanak-kanak harus berorientasi pada perkembangan anak yang dilakukan melalui bermain, sangat senang dan sesuai kebutuhan anak
Pembahasan:
Pelajari modul 5 kegiatan berguru 1 terutama tentang prinsip-prinsipn kegiatan pengembangan di TK

19. Conny R Semiawan menyatakan keunggulan dan pentingnya kegiatan pengembangan di Taman Kanak-kanak melalui cara terpadu, yaitu bahwa dengan cara ini anak mulai terlatih untuk mengkaitkan pengetahuan dan informasi untuk dapat....
A. menyebarluaskan ilmu dan informasi yang sudah didapatnya pada orang lain
B. menemukan jati dirinya sendiri sehingga sanggup mengaktualisasikan kemampuannya di hadapan orang lain
C. menghadapi silang lingkungan sehingga bisa bertahan menghadapi banyak sekali dilema kehidupan.
D. merespon stimuli yang dihadapinya untuk mengembangkan dunia di sekitarnya
Jawab:
C. Benar, dengan cara ini anak sanggup menghadapi silang lingkungan sehingga bisa bertahan menghadapi banyak sekali dilema dalam kehidupan
Pembahasan:
Pelajari modul 5 kegiatan berguru 2 pada materi tentang taktik pengembangan

20. Pada Taman Kanak-kanak Aktraktif terdapat metode pengajaran bunyi bentuk dan bilangan yang dikemukakan oleh Pestalozi. Pada pengajaran suara, materi pengembangan yang diajarkan menitik beratkan pada beberapa hal diberikut, kecuali....
A. bangkit ruang, interaksi, kemampuan bicara, pemecahan dilema dan adaptasi
B. mendengar, menyimak, menjawaban pertanyaan, kemampuan mengurutkan dan mengelompokkan
C. komunikasi, perbendaharaan kosa kata, pengetahuan sejarah dan pengetahuan bumi
D. menulis, membaca, mengungkapkan ide, menggambar dan menyanyi
Jawab:
C. Benar, pengajaran bunyi menitik beratkan pada komunikasi, perbendaharaan kosa kata, pengetahuan sejarah dan pengetahuan bumi
Pembahasan:
Pelajari materi tentang model-model pengembangan kegiatan pengembangan di Taman Kanak-kanak yang terdapat pada modul 6 kegiatan berguru 1

21. Ibu Sinta mengajak belum dewasa untuk membuat banyak sekali bentuk bangunan dari banyak sekali media yang sudah disiapkannya, menyerupai lego, bombiq, dan lasy. Kegiatan ini dalam pembelajaran Taman Kanak-kanak Atraktif termasuk salah satu rujukan metode pengajaran….
A. Spielfomen
B. Vygotsky
C. Suara, bentuk dan bilangan
D. proyek
Jawab:
A. Benar, penerapan lego, bombiq dan lasy termasuk materi asuh dalam metode Spielformen
Pembahasan:
Pelajari materi tentang mekanisme pengembangan mdel pendidikan Taman Kanak-kanak Atraktif dalam kegiatan pengembangan di Taman Kanak-kanak pada modul 6 kegiatan berguru 2

22. Dalam kegiatan pembelajaran kooperatif, ruang kelas harus ditata sedemikian rupa semoga proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Berikut yaitu beberapa faktor yang perlu diperhatikan, kecuali....
A. ukuran ruang kelas
B. tingkat kedewasaan anak didik
C. toleransi orang tua
D. pengalaman guru
Jawab:
C. Benar, toleransi orang bau tanah tidak termasuk faktor pengelolaan yang perlu diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran kooperatif
Pembahasan:
Pelajari materi tentang faktor - faktor pengelolaan kelas dalam kegiatan pembelajaran kooperatif

23. Melalui bermain belum dewasa sanggup mengembangkan seluruh aspek perkembangannyA. Selain itu bermain juga ialah pekerjaan anak-anak. Oleh karenanya kegiatan pengembangan di Taman Kanak-kanak berdasarkan pada prinsip....
A. bermain dan belajar
B. bermain sambil belajar
C. berguru sambil bermain
D. berguru untuk bermain
Jawab:
B. Benar, dalam bermain anak berguru sesuatu
Pembahasan:
Pelajari kegiatan berguru 3 pada modul 6 terutama materi tentang prinsip-prinsip pengembangan kegiatan pengembangan

24. Rumusan kualifikasi kemampuan/kompetensiyang harus dimiliki atau dilakukan anak didik setiap kali selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran disebut….
A. media
B. materi
C. harapan
D. tujuan
Jawab:
D. Benar, tujuan ialah rumusan kualifikasi kemampuan/kompetensi yang harus dimiliki/dilakukan anak setelah selesai pembelajaran
Pembahasan:
Pelajari materi tentang komponen-komponen pembelajaran pada modul 7 kegiatan berguru 1

25. Anak sanggup menandakan manfaat buah mangga bagi badan insan dengan baik. misal tujuan pembelajaran tersebut sesuai dengan kriteria rumusan tujuan. Beberapa kriteria tersebut yaitu sebagai diberikut, kecuali....
A. analitis
B. spesifik
C. realistis
D. komprehensif
Jawab:
A. Benar, rumusan tujuan tidak harus analitis
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan berguru 1 tentang kriteria rumusan tujuan pembelajaran

26. Anak usia Taman Kanak-kanak sudah sanggup diajarkan berbaris dengan tertib atau senam fantasi dengan banyak sekali gerakan yang bervariasi. Hal ini dimungkinkan alasannya anak Taman Kanak-kanak mempunyai karakteristik fisik ….
A. berpengaruh dan sanggup melaksanakan tiruana kegiatan dengan baik
B. cepat dan mempunyai keseimbangan yang sangat baik
C. aktif dan sudah mempunyai kontrol terhadap tubuhnya
C. stabil dan sudah mempunyai kemampuan menelaah setiap gerakan yang dilakukannya
Jawab:
C. Benar, anak Taman Kanak-kanak gerakannya aktif dan sudah mempunyai kontrol terhadap tubuhnya dengan baik
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan berguru 2 tentang karakteristik anak TK

27. Guru Taman Kanak-kanak sanggup mengetahui atau mengidentifikasi karakteristik anak didiknya dengan banyak sekali carA. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan setiap tindakan dan sikap anak dalam waktu tertentu. Teknik ini dikenal dengan istilah ….
A.cumulative record
B. observasi
C. sosiometri
D. guacdotal record
Jawab:
B. Benar, observasi yaitu pengamatan yang dilakukan dengan cara memperhatikan tindakan dan sikap anak
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan berguru 2 tentang cara mengidentifikasi karakteristik anak TK

28. Kegiatan pengembangan yang dipilih dan diputuskan guru untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran mengacu pada....
A. satuan kegiatan harian
B. penilaian yang akan dilakukan
C. rancangan yang sudah disusun
D. bidang pengembangan yang dipilih
Jawab:
D. Benar, kegiatan pengembangan disusun guru dengan mengacu pada bidang pengembangan atau aspek perkembangan yang dipilih
Pembahasan:
Pelajari materi tentang hubungan bidang pengembangan agenda kegiatan dan penilaian yang terdapat pada modul 8 kegiatan berguru 1

29. Titik sentra atau samasukan penilaian di Taman Kanak-kanak yaitu sikap fundamental (umum) sifat-ekspresi insan dalam lingkungannyA. Menurut Bloom, ranah yang menjadi samasukan penilaian adalah….
A.kognitif, seni, fisik-motorik dan bahasa
B. afektif, kognitif dan psikomotor
C. daya cipta, daya pikir, jasmani, bahasa dan keterampilan
D. ketrampilan pra menulis, pra membaca, emosi, sosial, motorik aksar dan halus, bahasa dan seni
Jawab:
B. Benar, ranah afektif, kognitif dan psikomotor ialah samasukan penilaian yang dikemukakan oleh Bloom.
Pembahasan:
Pelajari materi tentang samasukan penilaian di Taman Kanak-kanak pada modul 8 kegiatan berguru 1

30. Penilaian yang dilakukan terhadap anak Taman Kanak-kanak harus menyeluruh dan mencakup seluruh aspek perkembangan anak baik terhadap proses maupun hasil kegiatan pembelajaran. Pernyataan tersebut termasuk dalam prinsip penilaian di TK, yaitu….
A. komprehensif
B. edukatif
C. adil
D. selektif
Jawab:
A. Benar, komprehensif berarti bahwa penilaian harus menyeluruh dan mencakup seluruh aspek perkembangan anak
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan berguru 1 tentang prinsip-prinsip penilaian di TK

31. Pada mekanisme penilaian anak TK, langkah pertama yang harus dilakukan guru dalam menilai anak didiknya adalah….
A. menentukan alat penilaian yang akan digunakan
B. merumuskan tujuan secara terperinci dalam definisi yang operasional
C. memutuskan nama-anak anak yang akan dinilai kemampuannya
D. menganalis data yang diperoleh dari pengamatan
Jawab:
B. Benar, langkah pertama dalam mekanisme penilaian anak di Taman Kanak-kanak yaitu guru harus merumuskan tujuan atau indikator perkembangan anak yang akan dinilai
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan berguru 2 tentang mekanisme penilaian di TK

32. Suatu metode penilaian yang dilakukan guru dengan cara meminta belum dewasa melaksanakan sesuatu untuk kemudian dilihat proses dan hasil simpulan performa yang ditunjukkan anak, disebut….
A. portofolio
B. percakapan
C. pemdiberian tugas
D. observasi
Jawab:
C. Benar, pemberuan kiprah yaitu metode yang dilakukan dengan meminta anak melaksanakan sesuatu untuk kemudian diamati proses dan hasilnya
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan berguru 2 materi tentang jenis-jenis metode penilaian di TK

33. Kegiatan pengembangan etika dan nilai agama di Taman Kanak-kanak bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan anak terhadap Tuhan dan membina sikap anak dalam rangka….
A. meningkatkan kemampuan berpikir kritis untuk membedakan ciptaan Tuhan dan manusia.
B. memupuk rasa percaya diri anak dalam mengahadapi masa global
C. memotivasi anak untuk menjadi yang terbaik diantara mitra sebayanya
D. meletakkan dasar semoga anak menjadi masyarakat negara yang baik.
Jawab:
D. Benar, pengembangan etika bertujuan untuk membina anak dalam rangka meletakkan dasar semoga anak menjadi masyarakat negara yang baik
Pembahasan:
Pelajari modul 9 kegiatan berguru 1 tentang menandakan materi kegiatan pengembangan di TK

34. Anak Taman Kanak-kanak kelompok A yang sudah sanggup mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain dan tidak mengganggu orang lain yang sedang diberibadah mengatakan bahwa anak tersebut sudah sanggup memenuhi salah satu indikator kemampuan di TK, yaitu….
A. mengucap salam dan bersikap sopan santun
B. mengenal tata krama dan baik hati
C. berperilaku menyerupai orang dewasa
D. bersikap ramah dan saling mencintai sesama
Jawab:
A. Benar, berarti anak tersebut sudah sanggup mengucap salam dan bersikap sopan santun
Pembahasan:
Pelajari materi tentang kemampuan yg hrs dimiliki anak Taman Kanak-kanak pada modul 9 kegiatan berguru 2

35. Di Taman Kanak-kanak Dinda, belum dewasa diajarkan membaca dan menulis dengan cara yang sangat senang dan tidak membebani anak-anak. Mereka berguru membaca dan menulis tanpa mereka sadari bahwa mereka sedang berguru membaca dan menulis. Hal ini mengatakan bahwa Taman Kanak-kanak Dinda melaksanakan kegiatan sesuai prinsip pengembangan yang berorientasi pada….
A. learning by reading
B. learning by doing
C. berguru sambil bermain
D. kebutuhan anak
Jawab:
D. Benar, pernyataan tersebut menggambarkan prinsip kegiatan pengembangan yang berorientasi pada kebutuhan anak
Pembahasan:
Pelajari modul 9 kegiatan berguru 3 tentang prinsip pembelajarn di TK

36. Saat menentukan alat-alat pembelajaran di TK, guru harus memperhatikan bahan-bahan pembuatnya semoga belum dewasa terhindar dari ancaman dikala menggunakannya dan belum dewasa sanggup bermain dengan damai dan merasa senang. Hal itu termasuk dalam syarat masukana pembelajaran, yaitu….
A. bermakna
B. aman dan nyaman
C. murah dan simpel diperoleh
D.estetis dan indah
Jawab:
B. Benar, aman dan nyaman mengandung arti bahwa alat pembelajaran harus mempersembahkan rasa aman dan nyaman dikala anak menggunakannya
Pembahasan:
Pelajari modul 9 kegiatan berguru 3 tentang syarat-syarat masukana pembelajaran di TK

37. Ibu Sinta sering mengajak belum dewasa didiknya ke kebun belakang sekolah untuk berguru tentang sains dan matematika sederhanA. Misalnya berguru tentang pengelompokan daun, pohon dan batu. Hal yang dilakukan Ibu Sinta termasuk dalam prinsip pengembangan masukana pembelajaran, yaitu....
A. memanfaatkan lingkungan
B. memanfaatkan sumber daya setempat
C. berakar pada budaya setempat
D. berakar pada kebutuhan lingkungan
Jawab:
A. Benar, Ibu Sinta melaksanakan prinsip memanfaatkan lingkungan dalam pengembangan masukana pembelajaran
Pembahasan:
Pelajari materi tentang prinsip-prinsip pengembangan masukana pembelajaran

38. Kegiatan mengumpulkan informasi dan referensi serta mengidentifikasi sumber berguru yang diharapkan untuk kegiatan pembelajaran dalam pengembangan silabus termasuk dalam langkah....
A. perencanaan
B. pelaksanaan
C. penilaian
D. revisi
Jawab:
A. Benar, dalam pengembangan silabus, mengumpulkan informasi dan referensi dan menentukan sumber balajar termasuk dalam perencanaan
Pembahasan:
Pelajari langkah-langkah pengembangan silabus pada modul 10 kegiatan berguru 1

39. Materi standar dalam pengembangan silabus harus mempertimbangan tingkat kesesuaian dan keterujian materi yang akan diajarkan dan materi tersebut sanggup dipertanggungjawabankan secara ilmiah. Hal itu sesuai dengan kriteria pembagian terstruktur mengenai materi standar, yaitu....
A. significance
B. utility
C. validity
D. learnability
Jawab:
C. Benar, berkaitan dengan tingkat kesesuaian dan keterujian materi dan sanggup dipertanggungjawabankan secara ilmiah
Pembahasan:
pelajari modul 10 kegiatan berguru 1 tentang kriteria pembagian terstruktur mengenai materi standar

40. Pengembangan kognisi anak sanggup dilakukan memakai metode yang bisa menggerakkan kamampuan anak untuk berpikir, manarik kesimpulan dan menggeneralisasi. Hal itu mengatakan bahwa pemilihan metode harus sesuai dengan ....
A. karakteristik anak
B. karakteristik tujuan
C. jenis kegiatan
D. jenis penilaian
Jawab:
B. Benar, klarifikasi tersebut tidak berkaitan dengan karakteristik tujuan, yaitu pengembangan kognitif, bahasa, fisik motorik dan seni
Pembahasan:
pelajari modul tentang faktor-faktor pemilhn metode yang akan dipakai dalam agenda kegiatan di TK

41. Keterampilan motorik halus sanggup dikembangkan di Taman Kanak-kanak melalui kegiatan yang bervariasi. Beberapa alat yang sanggup dipakai untuk pengembangan mototik halus yaitu ....
A. lilin/plastisin, alat Montessori, gunting dan kertas
B. lilin/plastisin, papan titian, bola bekel dan bola besar
C. alat Montessori, gunting, bola besar, panjatan dan perosotan
D. papan titian, panjatan, perosotan dan ayunan
Jawab:
A. Benar, alat-alat tersebut sanggup dipakai untuk pengembangan motorik halus
Pembahasan:
Pelajari modul 10 kegiatan berguru 3 tentang menentukan alat permainan yg dpt memmenolong perk anak TK

42. Silabus yang disusun oleh guru Taman Kanak-kanak harus menggambarkan materi yang saling berkaitan. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan silabus, yaitu ....
A. ilmiah
B. valid
C. relevan
D. sistematis
Jawab:
D. Benar, sistematis berarti bahwa materi tersebut saling berkaitan
Pembahasan:
Pelajari materi tentang prinsip-prinsip pengembangan silabus pada modul 11 kegiatan berguru 1

43. Komponen silabus yang ialah pengembangan potensi perkembangan anak dan direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai usianya yaitu ....
A. penilaian
B. kompetensi dasar
C. Indikator
D. hasil belajar
Jawab:
B. Benar, kompetensi dasar ialah pengembangan potensi perkembangan anak yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai usia anak
Pembahasan:
Pelajari materi tentang komponen-komponen silabus pada modul 11 kegiatan berguru 1

44. Salah satu komponen yang harus dijabarkan dalam Satuan Kegiatan Mingguan di Taman Kanak-kanak yaitu komponen kompetensi yang terdiri dari ....
A. kelompok usia 4 – 5 tahun dan 5 – 6 tahun
B. jumlah minggu dan tahun pelajaran
C. konsep yang akan disampaikan dan kegiatan yang akan disajikan
D. kompetensi umumdan kompetensi dasar
Jawab:
C. Benar, konsep yang akan disampaikan dan kegiatan yang akan disajikan
Pembahasan:
Pelajari modul 11 kegiatan berguru 2 tentang komponen-komponen Satuan Kegiatan Mingguan

45. Pada pengembangan Satuan Kegiatan Mingguan (SKM) dengan memakai bentuk, langkah pertama yang harus dilakukan guru yaitu ....
A. menentukan alat penilaian yang akan digunakan
B. menentukan indikator yang akan dikembangkan
C. menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan
D. menentukan serius atau tema
Jawab:
A. Benar, serius atau tema ditentukan paling pertama dikala pengembangan SKM
Pembahasan:
Pelajari materi tentang langkah-langkah pengembangan SKM pada modul 11 kegiatan berguru 2

46. Kegiatan pembukaan di Taman Kanak-kanak biasanya dilakukan secara klasikal dan dilakukan di pertama kegiatan pembelajaran sesaat setelah belum dewasa masuk kelas. Kegiatan yang sanggup dilakukan diantaranya yaitu ....
A. berdoa, mengucap salam, mengembangkan dongeng tentang tema dan menyanyi bersama.
B. bermain puzzle, berdoa, mendengarkan cerita, melipat
C. kolase, bermain balok, berbaris dan mengucap ikrar
D. mengucap salam, ikrar, berbaris dan ulasan
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut dilakukan pada pembukaan
Pembahasan:
Pelajari materi tentang komponen - komponen SKH berdasarkan kompetensi yg dikembangkn

47. Untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan suatu kegiatan/program maka kita harus melaksanakan evaluasi. Keterlaksanaan penilaian hingga sanggup diketahuinya ketercapaian tujuan yang sudah diputuskan berpatokan pada....
A. harapan evaluator
B. indikator keberhasilan
C. alat evaluasi
D. keahlian evaluator
Jawab:
B. Benar, ketercapaian tujuan sanggup diketahui dengan penilaian yang berpatokan pada indikator keberhasilan
Pembahasan:
pelajari modul 12 kegiatan berguru 2 tentang kriteria keterlaksanaan penilaian dengan baik

48. Pengambilan keputusan penilaian agenda atau kurikulum yang berpatokan pada perencanaan yang sudah dibentuk disebut kriteria evaluasi...
A. terbaik
B. eksternal
C. internal
D. minimal
Jawab:
C. Benar, kriteria internal berpatokan pada perencanaa yang sudah dibuat
Pembahasan:
Pelajari materi tentang kriteria penilaian program/kurikulum di TK

49. Evaluasi yang membandingkan kinerja) dari banyak sekali dimensi agenda dengan sejumlah kriteria tertentu hingga risikonya diketahui kekuatan dan kelemahan suatu program, disebut penilaian model....
A. kongruen
B. Mikro
C. makro
D. CIPP
Jawab:
D. Benar, model CIPP (Content, Input, Process, Product) membandingkan kinerja dengan sejumlah kriteria.
Pembahasan:
Pelajari modul 12 kegiatan berguru 2 tentang model - model penilaian kurikulum

50. Evaluasi yang dilakukan untuk mengukur imbas pembelajaran dengan membandingkan hasil yang dicapai anak didik sebelum dan setelah pembelajaran termasuk dalam penilaian kurikulum pada tingkat....
A. mikro
B. makro
C. dasar
D. lanjut
Jawab:
A. Benar, penilaian terhadap imbas pembelajaran termasuk eveluasi kurikulum pada tingkat mikro
Pembahasan:
Pelajari modul 12 kegiatan berguru 2 tentang pelaksanaan penilaian kurikulum

Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4207

Seperti mana yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa kami tak spesialuntuk banyak sekali soal dalam bentuk artikel saja, namun kami juga membagikan atau menyiapkan artikel ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda bisa eksklusif download pada link dibawah ini. Karena kami tahu bahwa terkadang tak tiruana Mahasiswa yang bisa mempelajari soal secara online, nah diberikut ini yaitu link menuju dokumen atau soal dalam bentuk PDF.


Kami tahu bahwa soal-soal menyerupai ini akan sangat memmenolong Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian simpulan semester nantinya. Soal yang kami bagikan yaitu murni dari materi yang ada pada modul. Kaprikornus sangat besar kemungkinan soal ini akan atau tidak jauh dari soal yang keluar pada waktu ujian nantinya. Dan bisa jadi soal yang keluar sama persis menyerupai yang Anda pelajari pada soal ini. Untuk itu silahkan Anda pelajari dan teleti setiap soal yang ada, jikalau mewaspadai silahkan cek jawabanannya pada modul Anda.

Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4207 Kurikulum dan Bahan Belajar TK, kami berharap dengan adanya soal ini bisa memmenolong dan meentengkan beban Anda dalam mempelajari materi yang ada pada modul. Dan jikalau Anda mengalami kesusahan, atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, tidakboleh sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin untuk membalas pertanyaan Anda. Jangan lupa juga untuk mengembangkan artikel atau soal yang terdapat pada blog soal uas ut ini, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4207 Kurikulum Dan Materi Berguru Tk Beserta Kunci Jawaban"

Back To Top