Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4409 Kurikulum Paud Beserta Kunci Jawaban

loading...
Soal ujian UT PGPAUD PAUD4409 Kurikulum PAUD beserta kunci jawabanan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) jurusan S1 PGPAUD (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini). Pada artikel kami sebelumnya, sudah mengembangkan lengkap Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD. Seperti yang selalu kami sampaikan untuk Anda terkait soal yang kami bagikan pada blog soal uas ut ini, bahwa tiruana soal yang kami bagikan ialah hasil dari rangkuman soal-soal pada modul dan materi, jadi tentunya besar kemungkinan kalau Anda mempelajari soal-soal ini Anda bisa memahami materi yang ada pada modul secara cepat.

Banyaknya Mata Kuliah yang harus diujiankan belum lagi ditambah Anda mengulang Mata Kuliah sebelumnya, tentu Anda akan sangat direpotkan untuk mempelajari tiruana materi Mata Kuliah Anda. Tutorial tatap muka yang spesialuntuk dilakukan beberapa kali saja dalam satu semester tentu tak banyak memmenolong Anda untuk menguasai materi yang ada. Untuk itu mempelajari soal-soal ujian menyerupai ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal akan lebih megampangkan Anda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian final semester nantinya.

Soal UT PGPAUD ini tak spesialuntuk kami posting dalam bentuk artikel saja, namun kami juga sudah mempersiapkan soal ini dalam bentuk file PDF yang mana bisa Anda unduh pribadi pada link di final artikel ini. melaluiataubersamaini mempelajari soal dan mengingat kunci jawabanannya akan lebih mempersiapkan diri Anda dalam mengikuti ujian akir semester nantinya.

Soal Ujian UT PGPAUD Semester 8 lainnya:

  1. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4403 Seni Keterampilan Anak
  2. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD
  3. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4409 Kurikulum PAUD
  4. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4405 Profesionalitas Guru PAUD
  5. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4406 Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini
  6. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4408 Komputer dalam Kegiatan Pengembangan AUD

Soal Ujian UT PGPAUD
yang kai bagikan ini sangat besar kemungkinan akan muncul atau sama persis dengan soal ujian final semester nantinya. Kaprikornus Anda sangat perlu memepelajari soal ini dan mengingat kunci jawabanannya, lantaran besar kemungkinan akan keluar soal yang sama pada waktu ujian final semester nantinya.

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4409 Kurikulum PAUD Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4409 Kurikulum PAUD Beserta Kunci Jawaban

Kami memposting lengkap kumpulan soal-soal ujian UT PGPAUD mulai dari semester 1 hingga dengan semester 9. Tak spesialuntuk soal saja, namun kami juga membagikan pola laporan UT dan hal lainnya yang berkaitan dengan Universitas Terbuka. Nah untuk melihat tiruana daftar soal untuk jurusan S1 PGPAUD silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD. Berikut ini kami bagikan pada Anda Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4409 Kurikulum PAUD lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4409

1. Pendidik pada forum PAUD harus bisa mengatakan perilaku, tindakan dan sikap yang baik dalam berkehidupan di masyarakat lantaran pendidik harus sanggup menjadi pola bagi anak. Hal ini terkait dengan hakikat anak usia dini, yaitu masa….
A. peka
B. eksplorasi
C. egosentris
D. meniru
Jawab:
D. Benar, lantaran anak suka memalsukan maka pendidik harus bisa mengatakan perilaku, tindakan dan sikap yang baik
Pembahasan:
Pelajari modul 1 kegiatan berguru 1 ihwal hakikat anak berkaitan dengan PAUD

2. Di forum PAUD selain diajarkan banyak sekali konsep dan ilmu pengetahuan, bawah umur juga dilatih untuk berempati pada orang lain. Misalnya dengan berkunjung ke panti asuhan. Hal tersebut termasuk dalam salah satu tujuan utama PAUD, yaitu….
A. melatih anak mengembangkan kepekaan (sensitivitas) terhadap sesuatu
B. menanamkan keimanan dan ketaqwaan
C. meningkatkan kecakapan dan kesanggupan anak
D. menanamkan sikap disiplin
Jawab:
A. Benar, mengajak anak ke panti asuhan bertujuan untuk melatih anak mengembangkan kepekaannya terhadap orang lain
Pembahasan:
Pelajari modul 1 kegiatan berguru 1 ihwal tujuan kegiatan PAUD yang utama

3. Lembaga PAUD berperan dalam memmenolong anak beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan dengan keadaan dirinya sendiri. Hal tersebut termasuk salah satu fungsi PAUD, yaitu.….
A. pengembangan
B. bermain
C. adaptasi
D. sosialisasi
Jawab:
C. Benar, fungsi penyesuaian berarti forum PAUD sanggup memmenolong anak beradaptasi dengan lingkungan dan dirinya sendiri.
Pembahasan:
Pelajari modul 1 Kegiatan Belajar 2 ihwal Fungsi PAUD

4. Pengertian PAUD secara filosofi ialah upaya training yang ditujukan kepada anak usia dini untuk memmenolong pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga mereka mempunyai kesiapan memasuki pendidikan selanjutnyA. Upaya ini dilakukan melalui….
A. penyediaan akomodasi yang memadai
B. pemdiberian respon secara verbal
C. pemdiberian rangsangan pendidikan
D. penyediaan waktu sepanjang hari
Jawab:
C. Benar, upaya training anak usia dini dilakukan melalui pemdiberian rangsangan pendidikan
Pembahasan:
Pelajari modul 2 kegiatan berguru 1 ihwal pengertian PAUD secara filosofi

5. Anak diajarkan untuk memahami dan diberinteraksi dengan orang lain semenjak dini biar mereka sanggup bersikap adil dan sesuai dengan norma masyarakat di sekitarnyA. Hal ini sesuai dengan Pancasila sebagai filosofi pendidikan nasional, yaitu sila.….
A. kesatu
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
Jawab:
B. Benar, sila kedua melandasi pendidikan nasional untuk mengajarkan anak memahami dan diberinteraksi dengan orang lain di sekitarnya.
Pembahasan:
Pelajari modul 2 kegiatan berguru 1 ihwal pancasila sbg filosofi pendidikan nasional

6. Sekolah bukan spesialuntuk sebagai daerah bagi anak untuk bersosialisasi, tetapi juga bermakna sebagai masukana religius dan penegakan moral. Pendapat tersebut dikemukakan oleh….
A. Martin Luther
B. John Amos Comenius
C. John Locke
D. Pestalozzy
Jawab:
A. Benar, pendapat tersebut dikemukakan oleh Martin Luther.
Pembahasan:
Pelajari modul 2 kegiatan berguru 2 ihwal salah satu sudut pandang tokoh ihwal filosofi PAUD

7. Pendidikan anak usia dini melalui bermain yang diadaptasi dengan usia anak tetapi tujuan kegiatannya dilaksanakan sama untuk tiruana usia, ialah ciri dari pendekatan.….
A. Bank Street
B. High/Scope
C. Creative Play
D. Reggia Emilia
Jawab:
A. Benar, Bank street menekankan pada bermain yang sesuai dengan usia anak namun pelaksanaannya sama untuk segala usia
Pembahasan:
Pelajari modul 2 kegiatan berguru 2 ihwal salah satu pendekatan PAUD

8. Berikut ini ialah beberapa hal yang terkait dengan Taman Penitipan Anak yang sudah berdiri semenjak sebelum Indonesia merdeka, kecuali.….
A. TPA yang sudah ada pada jaman Belanda ialah TPA di perkebunan
B. Departemen Sosial ialah forum Pemerintah Indonesia yang mendirikan TPA
C. TPA pertama yang didirikan ialah TPA Montessori yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda
D. Secara sedikit demi sedikit muncul TPA pasar, perkebunan dan perkantoran
C. Jawaban C salah, lantaran Pemerintah Hindia Belanda tidak mendirikan TPA Montessori. Namun kalau Anda menentukan C berarti Anda benar
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan berguru 1 ihwal salah satu forum PAUD yang sudah berdiri sebelum Indonesia merdeka

9. Pada tahun 1994, Dirjen Dikti melaksanakan tes kemampuan dan pemahaman proyek PGTK pada beberapa forum Pendidik Tenaga kependidikan (LPTK) sebagai salah satu bukti kepedulian pendidikan tinggi terkait dengan pendidikan anak usia dini. LPTK yang terlibat adalah.….
A. IKIP Jakarta, Surabaya, dan Medan
B. STKIP Surabaya, Jakarta, dan Bandung
C. IKIP Medan, Bandung, Malang
D. STKIP Jakarta, Malang, dan Padang
Jawab:
A. Benar, LPTK yang terlibat dalam proyek PGTK dari Dirjen Dikti ialah IKIP Jakarta, IKIP Surabaya dan IKIP Medan
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan berguru 1 ihwal tugas salah satu instansi pemerintah terkait dengan PAUD

10. Terwujudnya anak usia dini yang cerdas, sehat, ceria dan berakhlak mulia serta mempunyai kesiapan fisik dan mental dalam memasuki pendidikan selanjutnya ialah visi dari….
A. Direktorat PAUD
B. Dirjen Dikti
C. TPA
D. Taman Kanak-kanak
Jawab:
A. Benar, pernyataan tersebut ialah visi Direktorat PAUD
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan berguru 1 ihwal Direktorat PAUD

11. Kualitas sumber daya insan Indonesia ketika ini berada di peringkat 109 dari 174 negarA. Oleh karenanya Pemerintah menggalakkan tumbuh dan berkembangnya forum PAUD di seluruh Nusantara biar sanggup memmenolong mengoptimalisasi perkembangan bawah umur usia dini sebagai aset dan investasi masa depan sehingga peringkat Indonesia bisa menjadi lebih baik. Hal tersebut ialah salah satu alasan diperlukannya PAUD tersebut adalah….
A. mencapai pemerataan pendidikan, ekonomi dan sosial di seluruh pelosok tanah air
B. meningkatkan SDM dan mengejar ketinggalan dari negara-negara lain.
C. memmenolong kaum ibu dan orang renta yang bekerja dan tidak mempunyai peluang mengasuh sendiri anaknya
D. membuat sumber daya insan yang sanggup bersaing di kala globalisasi
Jawab:
B. Benar, alasan yang dikemukakan memang untuk meningkatkan SDM dan mengejar ketinggalan dari negara lain.
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan berguru 1 ihwal alasan mengapa PAUD diperlukan

12. Arah kebijakan pemerintah Indonesia di bidang PAUD non formal untuk memberdayakan tiruana potensi yang ada di masyarakat, dilakukan dengan cara….
A. mempersembahkan petes kepada orang renta ihwal pentingnya PAUD
B. meningkatkan kapasitas forum PAUD
C. mendorong dan memfasilitasi tugas masyarakat terhadap forum PAUD biar semakin optimal
D. berperan sebagai perantara bagi masyarakat
Jawab:
C. Benar, pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan mendorong dan memfasilitasi masyarakat terhadap forum PAUD.
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan berguru 2 ihwal arah kebijakan pemerintah di bidang PAUD pada jalur non formal

13. Pemerintah melaksanakan banyak sekali upaya terobosan untuk menjalin kerjasama dengan organisasi kawan PAUD yang dilakukan dengan memfasilitasi terbentuknya organisasi….
A. Forum PAUD, konsorsium PAUD dan HIMPAUDI
B. IGTKI, Forum Pendidikan, dan Pos PAUD
C. HIMPAUDI, Posyandu, dan BKB
D. Posyandu, Kelompok Bermain, TPA dan Pos PAUD
Jawab:
A. Benar, organisasi tersebut ialah kawan PAUD yang pendiriannya difasilitasi oleh Pemerintah
Pembahasan:
Pelajari modul 3 kegiatan berguru 2 ihwal arah kebijakan pemerintah terkait dengan organisasi kawan PAUD di Indonesia

14. Develompentally Appropriate Practice ialah kerangka kerja, filosofi atau pendekatan yang dipakai ketika bekerja dengan anak. Pendapat ini disampaikan oleh….
A. Sue Bredecamp
B. Vygotsky
C. Jean Piaget
D. Montessori
Jawab:
A. Benar, pengertian DAP tersebut dikemukakan oleh Sue Bredecamp sebagai pencetusnya.
Pembahasan:
Pelajari modul 4 kegiatan berguru 1 ihwal Pengertian DAP

15. Kurikulum sebagai salah satu landasan Developmentally Appropriate Practice (DAP) harus sesuai dengan ….
A. kebutuhan wilayah, masyarakat, dan kemampuan forum PAUD yang akan melaksanakannya
B. rentang usia anak, dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan, minat dan tingkat perkembangan setiap anak
C. potensi anak, latar belakang sosial dan ekonomi anak dan karakteristik pendidik yang akan mengajar
D. karakteristik anak, keinginan dan kebutuhan anak, dan kondisi forum PAUD tersebut
Jawab:
B. Benar, kurikulum sebagai landasan DAP harus sesuai dengan rentang usia anak, dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan, minat dan tingkat perkembangan setiap anak
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 kegiatan berguru 1 ihwal landasan DAP

16. Anak-anak mempunyai gaya belajarnya masing-masing yang tidak sama antara satu dengan lainnyA. Oleh karenanya kegiatan pengembangan di forum PAUD dilaksanakan dengan banyak sekali metode dan taktik yang disampaikan secara terpadu dan holistik. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip Developmentally Appropriate Practice (DAP), yaitu….
A. keseimbangan antara pengarahan pendidik dan kebebasan anak
B. taktik pembelajaran yang beragam
C. pengalaman pembelajaran aktif
D. kurikulum terintegrasi dengan area pembelajaran
Jawab:
B. Benar, klarifikasi tersebut menggambarkan prindip DAP yaitu taktik pembelajaran yang beragam
Pembahasan:
Pelajari modul 4 kegiatan berguru 1 ihwal prinsip-prinsip DAP

17. Banyak kegiatan di forum PAUD yang sanggup dilakukan untuk mengembangkan perkembangan fisik anak usia dini khususnya kemampuan motorik halus anak, diantaranya ialah kegiatan….
A. berjinjit, melompat, memanjat dan lomba mengambil bendera
B. menggunting, melipat, meronce dan mewarnai gambar.
C. membaca, menulis, mendengarkan dongeng dan bermain peran.
D. berlomba lari, merobek, mencoret dan mengenal alam sekitar
Jawab:
B. Benar, menggunting, melipat, meronce dan mewarnai gambar termasuk kegiatan untuk mengembangkan motorik halus
Pembahasan:
Pelajari modul 4 kegiatan berguru 2 ihwal DAP untuk salah satu perkembengan fisik

18. Kegiatan di forum PAUD yang sanggup dilakukan untuk mengembangkan sosial emosi anak usia dini khususnya kemampuan mengontrol emosi melalui penanaman rasa kondusif dalam diri anak, diantaranya ialah kegiatan….
A. bercakap-cakap ihwal perasaan, bermain tugas dan kegiatan bermain bebas
B. menceritakan, bermain peran, menyanyi lagu dengan irama riang dan sendu
C. berlomba lari, merobek dan mencoret dan mengenal alam sekitar
D. bermain tanpa kompetisi, kegiatan yang selalu berhasil dan memdiberi perasaan sukses.
Jawab:
D. Benar, kegiatan bermain tanpa kompetisi dan kegiatan yang berhasil akan mempersembahkan perasaan sukses sehingga anak merasa aman.
Pembahasan:
Pelajari modul 4 kegiatan berguru 2 ihwal DAP untuk salah satu perkembangan sosial emosional

19. Anak-anak berusia di bawah 6 tahun masih kesusahan memahami bahwa huruf ialah pecahan dari katA. Mereka juga belum memahami bahwa air dalam gelas dan botol mempunyai volume yang sama atau berbedA. Kemampuan ini dalam perkembangan kognitif yang sesuai Developmentally Appropriate Practice (DAP) disebut dengan istilah….
A. konkretasi
B. konsentrat
C. sentrasi
D. deserius
Jawab:
C. Benar, istilah ini ialah kecenderungan anak untuk memseriuskan spesialuntuk pada satu aspek saja
Pembahasan:
Pelajari modul 4 kegiatan berguru 2 ihwal DAP untuk salah satu perkembangan kognitif

20. Salah satu perkembangan bahasa ialah komponen keaksaraan atau dasar penting dalam keaksaraan. Keterampilan mendengarkan dan memahami pola yang tidak sama dari bahasa verbal ialah salah satu dari komponen keaksaraan yang termasuk dalam….
A. pengetahuan ihwal tulisan
B. pemahaman makna
C. kesadaran fonologi
D. kesadaran ihwal buku
Jawab:
C. Benar, kesadaran goresan pena termasuk di dalamnya mendengarkan dan memahami pola yang tidak sama dari bahasa lisan
Pembahasan:
Pelajari modul 4 kegiatan berguru 2 ihwal DAP untuk salah satu perkembangan bahasa

21. Kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut, kecuali ....
A. anak berguru sebaik-baiknya bila kebutuhan fisiknya terpenuhi
B. talenta dan potensi anak akan berkembang dengan intervensi yang terbaik.
C. minat dan rasa ingin tahunya memotivasi belajarnya
D. anak berguru melalui interaksi dengan orang remaja dan kawan sebayanya
B. Jawaban B tidak termasuk dalam ciri pembelajaran yang sesuai DAP dan kalau Anda menentukan B maka jawabanan Anda benar
Pembahasan:
Pelajari modul 5 kegiatan berguru 1 ihwal ciri keg pembel yang berorientasi pada prinsip perkembangan anak

22. Dalam penerapannya, pelaksanaan kegiatan pengembangan yang sesuai hidangan pembelajaran generik untuk PAUD harus diarahkan pada....
A. pencapaian kompetensi sesuai tingkat kemampuan anak.
B. pemenuhan kebutuhan anak secara individual
C. keinginan stake holder, dalam hal ini ialah orang renta anak
D. kemajuan dan keberhasilan forum mencetak anak bangsa yang berkarakter
Jawab:
A. Benar, kegiatan pengembangan harus diarahkan pada pencapaian kompetensi yang sesuai dengan tingkat kemampuan setiap anak
Pembahasan:
Pelajari modul 5 kegiatan be;lajar 1 ihwal rambu- rambu penerapan hidangan pembelajaran generik

23. Kemampuan untuk membangkitkan kapasitas dalam berpikir secara tiga dimensi dan kemampuan untuk mencicipi bayangan secara eksternal dan internal sehingga sanggup melukiskannya kembali dalam bentuk yang nyata, termasuk dalam kecerdasan....
A. spatial
B. logical-mathematical
C. linguistic
D. naturalist
Jawab:
A. Benar, kemampuan tersebut termasuk adalam kecerdasan spatial atau pemahaman ruang
Pembahasan:
Pelajari modul 5 kegiatan berguru 1 ihwal sembilan kecerdasan yang hrs diperhatikan pendidik

24. Pengembangan fisik-motorik pada anak usia dini harus dilakukan mulai dari yang praktis ke yang sukar, lantaran perkembangan fisik anak usia dini berlangsung secara terus menerus dan tidak pernah berhenti. Hal ini tergambar dalam pola umum perkembangan fisik anak, yaitu.....
A. uniform sequence
B. continuity
C. maturity
D. proximodistal
Jawab:
B. Benar, continuity berarti bahwa perkembangan berlangsung secara terus menerus dan gres berhenti ketika anak tersebut dewasa
Pembahasan:
Pelajari modul 5 kegiatan berguru 2 ihwal aspek-aspek pengembangan anak yang harus dikembangkan pendidik

25. Guru PAUD perlu membuat perencanaan pengembangan yang didokumentasikan dalam bentuk tertulis. Hal itu akan sangat memmenolong guru dalam ....
A. melaksanakan pembelajaran, mengikuti sertifikasi dan memonitor kegiatan pengembangan
B. mencapai tujuan, menyiapkan kegiatan dan masukana, dan melaksanakan pelaporan.
C. menentukan harapan, penilaian dan pelaksanaan pembelajaran secara teratur
D. mengontrol anak didik, merapikan kelas dan melaporkan hasil pengembangan
Jawab:
B. Benar, perencanaan secara tertulis memmenolong guru untuk mencapai tujuan, menyiapkan kegiatan, masukana dan melaksanakan pelaporan
Pembahasan:
Pelajari modul 6 kegiatan berguru 1 ihwal pentingnya perencanaan dalam melaksanakan suatu kegiatan

26. Sebelum membuat perencanaan Ibu Dini melaksanakan pengamatan terhadap anak didiknya untuk mengetahui kebutuhan, minat dan potensi yang dimiliki tiap anak. Hasil pengamatan tersebut akan dijadikan dasar untuk menentukan indikator keberhasilan dan kegiatan yang akan dilakukannyA. Proses pengamatan tersebut dalam perencanaan aktivitas termasuk dalam langkah ke....
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat
Jawab:
A. Benar, pengamatan untuk mengidentifikasi kebutuhan, minat dan potensi anak termasuk dalam langkah pertama
Pembahasan:
Pelajari modul 6 kegiatan berguru 1 ihwal melaksanakan perencanaan dalam melaksanakan suatu kegiatan

27. Saat liburan final tahun, guru-guru Taman Kanak-kanak Indah mengisinya dengan menyusun planning aktivitas yang akan dilaksanakan pada tahun pembelajaran diberikutnyA. Mereka menentukan aktivitas kegiatan, estimasi waktu dan penanggung jawabannyA. Perencanaan ini disebut....
A. kegiatan mingguan
B. planning bulanan
C. planning tahunan
D. kegiatan harian
Jawab:
C. Benar, pola tersebut ialah perencanaan tahunan lantaran spesialuntuk meliputi nama kegiatan, estimasi waktu dan penanggung jawaban
Pembahasan:
Pelajari modul 6 kegiatan berguru 2 ihwal penyusunan planning kegiatan di forum PAUD

28.

Tabel di atas ialah pola format untuk menyusun...
A. planning harian
B. planning mingguan
C. aktivitas rutin
D. aktivitas tahunan
Jawab:
B. Benar, format tersebut ialah salah satu pola planning mingguan untuk tiap aspek perkembangan.
Pembahasan:
Pelajari modul 6 kegiatan berguru 2 ihwal penyusunan planning kegiatan di forum PAUD

29. Menurut Erikson tahap perkembangan sosial pada tahun pertama kehidupan anak disebut tahapan menumbuhkan rasa percaya dan tidak percayA. Pada masa ini bayi akan mempelajari rasa percaya apabila mereka diasuh dengan cara....
A. konsisten, hangat dan penuh kasih akung
B. bebas, tidak terlalu banyak hukum dan sesuai keinginan anak
C. tegas, bebas dan pengawasan yang sangat ketat
D. tegas, disiplin dan banyak penugasan
Jawab:
A. Benar, rasa percaya bayi akan tumbuh bila ia diasuh dengan cara konsisten, hangat dan penuh kasih akung
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan berguru 1 ihwal perkembangan anak usia lahir - 8 bulan

30. Bayi selalu bergerak ke segala arah dan tidak bisa diam. Terkait dengan hal itu maka penataan lingkungan yang sesuai dengan perspektif Beyond Center and Circle Time (BCCT) yang perlu diperhatikan pendidik ialah ....
A. daerah mengganti popok harus terpisah dan higienis
B. tersedia teras biar bayi sanggup berguru ihwal alam dan lingkungan sekitar
C. ruangan ditata dengan lebih lapang sehingga bayi leluasa bergerak
D. ruangan harus ditata dengan pembatas yang permguan biar bayi tidak praktis keluar ruangan.
Jawab:
C. Benar, ruangan perlu ditata dengan lebih lapang untuk memfasilitasi bayi yang suka bergerak
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan berguru 1 ihwal penataan lingkungan yang sesuai dengan perkembangan bayi 0–8 bulan dalam perspektif BCCT

31. Menempatkan bayi dalam posisi tengkurap di kasur/lantai dan meletakkan mainan di dekatnya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan diberikut ini, kecuali ....
A. kekuatan badan pecahan atas
B. melatih kemampuan menggenggam
C. menguatkan pengindraan
D. menguatkan otot wajah
Jawab:
D. Benar, menguatkan otot wajah bukan tujuan yang ingin dicapai ketika meletakkan bayi dalam posisi tengkurap
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan berguru 1 ihwal stimulasi yang sesuai dengan perkembangan bayi 0–8 bulandalam perspektif BCCT

32. Pada subtahap Reaksi Sirkuler Sekunder bayi sanggup mengkombinasi ulang denah yang sudah dipelajarinya dengan cara yang lebih terkoordinasi. Bayi juga sanggup melihat benda dan menggenggamnya secara sekaligus. Hal ini mengatakan bahwa bayi pada tahap ini sudah dapat...
A. bergerak keluar dirinya dengan sengaja dan lebih terarah.
B. memahami bahwa tiruana benda sanggup bergerak
C. menjangkau tiruana benda yang berada di depannya.
D. mengambil benda di dekatnya sambil berdiam diri
Jawab:
A. Benar, hal itu mengatakan bahwa bayi sanggup bergerak keluar dirinya dengan sengaja dan lebih terarah
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan berguru 2 ihwal perkembangan anak usia 8 – 18 bulan

33. Salah satu cara memmenolong mengembangkan aspek perkembangan fisik anak usia 8 – 18 bulan sesuai perspektif BCCT ialah sebagai diberikut, kecuali....
A. menempatkan tiruana mainan di daerah yang tinggi biar anak berusaha menjangkaunya
B. mempersembahkan mainan yang modern dan canggih biar bayi sanggup bergerak sendiri
C. memegangi tangan anak dan menggerak-gerakkannya secara terus menerus
D. mengajak anak bermain lempar tangkap bola tanpa bosan.
Jawab:
D. Benar, mengajak anak bermain lempar tangkap memmenolong anak mengembangkan fisiknya khususnya keterampilan tangannya.
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan berguru 2 ihwal cara memmenolong mengembangkan aspkek-aspek perkembangan anak usia 8–18 bulan sesuai perspektif BCCT

34. Pada usia 18 – 24 bulan anak membutuhkan orang remaja yang penuh cinta dan sanggup mengemban amanah sehingga anak menyadari akan kekuatannyA. Oleh karenanya pendidik harus selalu melaksanakan tindakan dan ucapan yang ....
A. positif dan menantang
B. positif dan protektif
C. negatif dan menantang
D. negatif dan protektif
Jawab:
A. Benar, pendidik harus selalu melaksanakan tindakan dan ucapan yang positif dan menantang sehingga anak menyadari kekuatannya
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan berguru 3 ihwal perkembangan anak usia 18 – 24 bulan

35. Aspek perkembangan anak usia 18 - 24 bulan sanggup distimulasi dengan menyediakan pengalaman main yang seimbang. Salah satu stimulasi yang sanggup dilakukan untuk pengembangan fisik motorik adalah....
A. menyediakan peralatan memanjat yang besar dan komplek
B. menempatkan arena bermain pasir dan air di daerah yang praktis diakses anak
C. memmenolong melindungi anak dalam setiap peluang bermain
D. menempatkan tiruana alat permainan outdoor dalam satu area
Jawab:
B. Benar, menempatkan arena bermain pasir dan air di daerah yang praktis diakses ialah stimulasi fisik motorik yang sempurna bagi anak
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan berguru 3 ihwal stimulasi bagi perkembangan anak usia 18 – 24 bulan sesuai perspektif BCCT

36. Pada usia 3 tahun, anak anak membutuhkan orang remaja atau pengasuh untuk berada di dekatnyA. Dia membutuhkan hal ini biar pengasuhnya sanggup melihat kemampuan atau keterampilan barunyA. Perhatian orang remaja atau pengasuh terhadap anak ialah hal penting bagi perkembangan....
A. emosi dan sosial anak
B. intelektual dan berpikir anak
C. jati diri dan konsep diri anak
D. seni dan bahasa anak
Jawab:
C. Benar, orang remaja yang senantiasa berada di akrab anak sanggup memmenolong mengembangkan jati diri dan konsep diri anak
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan berguru 4 ihwal perkembangan anak usia 24 – 36 bulan

37. Anak usia 2 – 3 tahun bahagia mengeksplor benda-benda dan lingkungan sekitarnyA. Oleh karenanya stimulasi yang sempurna bagi anak usia ini ialah sebagai diberikut, kecuali....
A. menyediakan banyak kegiatan main yang bermacam-macam dan bervariasi
B. melindungi anak seterbaik mungkin biar mereka merasa kondusif dan nyaman.
C. memdiberi peluang seluas-luasnya pada anak untuk mengeksplor lingkungannya
D. membatasi intervensi terhadap segala kegiatan anak selama kegiatan mereka positif
Jawab:
B. Benar, melindungi anak seterbaik mungkin bukan stimulasi yang sempurna bagi anak usia 2 – 3 tahun.
Pembahasan:
Pelajari modul 7 kegiatan berguru 4 ihwal stimulasi bagi perkembangan anak usia 24 – 36 bulan sesuai perspektif BCCT

38. Bermain dikatakan sebagai kegiatan yang inklusif dan inheren, maksudnya adalah....
A. motivasi untuk bermain muncul dari dalam diri anak dan tidak perlu diajarkan.
B. kegiatan bermain ialah kegiatan yang tidak melelahkan dan membosankan
C. bermain mempunyai kegunaan untuk menyalurkan kegundahan dan kegelisahan anak.
D. keinginan dari setiap permainan ialah kesenangan dan ekspresi
Jawab:
A. Benar, inklusif dan inheren maksudnya ialah bahwa motivasi untuk bermain muncul dari dalam diri anak dan tidak perlu diajarkan
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan berguru 1 ihwal pengertian bermain

39. Saat bermain anak melaksanakan banyak sekali kegiatan yang menciptakannya bergerak dan berpikir dengan memakai seluruh anggota badan dan indranyA. Selain itu ketika bermain anak aktif dalam kegiatan itu sendiri. Hal ini sesuai dengan salah satu karakteristik bermain, yaitu bahwa bermain ....
A. bersifat impulsif dan sukarela.
B. melibatkan tugas aktif anak.
C. mempunyai korelasi sistematik dengan kegiatan lainnya
D. berdasarkan motivasi intrinsik anak
Jawab:
B. Benar, citra tersebut mengatakan bahwa bermain melibatkan tugas anak secara aktif.
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan berguru 1 ihwal karakteristik bermain

40. Perbandingan persentase bermain sensorimotor, simbolik dan main pembangunan anak usia 3 – 4 tahun pada perkembangan jenis main anak berdasarkan usia adalah....
A. 50% : 40% : 10%
B. 45% : 30% : 25%
C. 30% : 30% : 40%
D. 30% : 35% : 35%
Jawab:
B. Benar, perbandingan tersebut ialah untuk anak usia 3 – 4 tahun
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan berguru 1 ihwal perkembangan jenis main pada anak

41. Berikut ialah manfaat bermain bagi perkembangan intelektual atau kognitif anak, kecuali....
A. mendapat pengetahuan ihwal alasannya akhir terjadinya sesuatu
B. memahami dunia di sekitarnya
C. melatih penerapan nalarnya
D. sebagai pelarian atas kekecewaan yang dialaminya dalam kehidupan
Jawab:
D. Benar, option ini termasuk manfaat bermain untuk perkembangan sosial emosional dan bukan perkembangan kognitif.
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan berguru 1 ihwal manfaat bermain

42. Pendidik perlu mempersembahkan stimulasi pada seluruh indra anak usia 0 – 2 tahun untuk melihat dan bersentuhan pribadi dengan lingkungan di sekitarnyA. Hal ini disebabkan lantaran pada masa ini anak....
A. membutuhkan menolongan untuk memakai indranya
B. belum sanggup mengonseptualisasikan secara abstrak
C. sudah bisa mengabstraksi pikiran dan perasaannya
D. memerlukan klarifikasi secara rinci dari orang di sekitarnya
Jawab:
B. Benar, stimulasi perlu didiberikan pendidik lantaran anak belum sanggup mengkonseptualisasikan sesuatu secara abstrak
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan berguru 2 ihwal main sensorimotor

43. Urutan materi main sifat cair berdasarkan Charles Wolfgang dimulai dari air, cat, sagu, biji-bijian hingga puzzle. Hal ini mengatakan bahwa materi main sifat cair bersifat ....
A. maksimum
B. optimum
C. minimum
D. kontinum
Jawab:
D. Benar, urutan tersebut mengatakan bahwa materi main sifat cair bersifat kontinum, yaitu dimulai dari yang paling cair ke semakin padat
Pembahasan:
pelajari modul 8 kegiatan berguru 2 ihwal main pembangunan

44. Selain mengembangkan keterampilan sosialnya, pada ketika bermain tugas bawah umur juga mengembangkan kemampuan motoriknya, diantaranya adalah....
A. mengancingkan baju boneka
B. melukis pemandangan yang tampak di hadapannya
C. menggambarkan suasana rumah secara verbal
D. menentukan pakaian atau assesoris yang ingin digunakannya
Jawab:
A. Benar, mengancingkan baju ketika bermain tugas sanggup mengembangkan kemampuan motorik anak
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan berguru 2 ihwal main peran

45. Pendidik perlu melaksanakan pijakan setelah main lantaran pijakan tersebut mempunyai kegunaan bagi anak, salah satu kegunaannya adalah....
A. mengetahui seberapa jauh pengetahuan anak ihwal materi yang akan dibahas
B. memperluas gagasan atau inspirasi bagi anak
C. membangun hukum untuk mengenalkan disiplin.
D. membiasakan bekerja secara tuntas.
Jawab:
D. Benar, membiasakan bekerja hingga tuntas ialah salah satu kegunaan pijakan setelah main
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan berguru 2 ihwal tugas guru dalam mempersembahkan pijakan main

46. Dalam penataan lingkungan main untuk anak usia dini, sebaiknya pusat materi alam letak dan posisinya berdekatan dengan sentra....
A. bermain mikro
B. perpustakaan
C. balok
C. main sifat cair
Jawab:
C. Benar, materi alam dan pusat main sifat cair ialah pusat yang sama-sama memungkinkan anak bermain kotor.
Pembahasan:
Pelajari modul 8 kegiatan berguru 2 ihwal penataan lingkungan main

47. Seluruh area dan alat permainan di forum PAUD harus terbebas dari segala kemungkinan yang sanggup menimbulkan kecelakaan bagi anak. Hal ini termasuk dalam salah satu prinsip pengelolaan PAUD, yaitu ....
A. holistik
B. kesehatan
C. keamanan
D. integratif
Jawab:
C. Benar, prinsip keamanan berarti bahwa seluruh area dan alat permainan harus kondusif dan nyaman dipakai anak
Pembahasan:
Pelajari modul 9kegiatan berguru 1 ihwal prinsip pengelolaan PAUD

48. Pendidik ialah sosok yang paling besar lengan berkuasa dalam proses pengembangan aspek perkembangan anak di forum PAUD. Salah satu kiprahnya ialah menyediakan kegiatan bermain yang menarikdanunik dan bermaknA. Peran ini ialah sebagai ....
A. inspirator
B. fasilitator
C. model
D. motivator
Jawab:
B. Benar, sebagai fasilitator pendidik harus menyediakan kegiatan bermain yang menarikdanunik dan bermakna bagi anak didiknya
Pembahasan:
Pelajari modul 9 kegiatan berguru 2 ihwal salah satu faktor yg menentukan kualitas aktivitas PAUD

49. Anak usia dini membutuhkan perhatian secara individual meskipun berada dalam kelompoknyA. Oleh lantaran itu, jumlah anak usia 1 – 2 tahun yang ideal dan rasio pendidik adalah....
A. 10 anak dan 1 : 5
B. 8 anak dan 1 : 5
C. 10 anak dan 1 : 6
D. 12 anak dan 1 : 7
Jawab:
A. Benar, rasio anak usia 1 – 2 tahun dengan jumlah anak 10 orang ialah 1 : 5
Pembahasan:
Pelajari modul 9 kegiatan berguru 2 ihwal ukuran dan rasio kelompok

50. Perencanaan ialah langkah pertama dalam taktik mengembangkan aktivitas di forum PAUD. Salah satu hal yang dilakukan sebelum merencanakan dan menetapkan layanan yang akan diterapkan di forum tersebut ialah dengan mencari tahu jumlah samasukan dan kelompok usia yang banyak terdapat di sekitar forum dan kondisi sosial ekonomi keluarga calon penerima didik. Untuk mengetahui hal tersebut forum PAUD perlu melakukan....
A. evaluasi
B. verifikasi
C. identifikasi
D. aplikasi
Jawab:
C. Benar, identifikasi ialah mencari tahu jumlah samasukan dan jumlah anak usia dini sebelum perencanaan dibuat
Pembahasan:
Pelajari modul 9 kegiatan berguru 3 ihwal taktik pengembangan aktivitas di forum PAUD

Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4409

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa selain artikel, kami juga sudah menyiapkan soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda simpan pribadi dengan cara mendownloadnya. Soal ini tentunya bisa Anda pelajari di rumah untuk mempersiapkan diri Anda dalam mengikuti ujian final semester nantinya. Nah diberikut ini Anda bisa Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4409 Kurikulum PAUD lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.


Sangat besar kemungkinan soal-soal yang Anda pelajari akan keluar pada waktu ujian final semester nantinya. Dan selain itu dengan mempelajari soal-soal yang sudah disertakan kunci jawabanan akan lebih memungkinkan Mahasiswa sanggup memahami tiruana mata kuliah. Tak spesialuntuk persiapan pada materi, dalam menghadapi ujian nantinya Anda juga perlu menyiapkan hal-hal lainnya sepeti, mental dan persiapan alat tulis biar siap pada waktu ujian.

Sekian artikel terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4409 Kurikulum PAUD, semoga soal yang kami bagikan ini bisa mempunyai kegunaan dan bermanfaa untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian final semester nantinya, tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada kawan-kawan Anda lainnya, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4409 Kurikulum Paud Beserta Kunci Jawaban"

Back To Top