Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4406 Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini Beserta Kunci Jawaban

loading...
Soal ujian UT PGPAUD PAUD4406 Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini beserta kunci jawabanan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) jurusan S1 PGPAUD (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini). Pada artikel kami sebelumnya, sudah mengembangkan lengkap Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4405 Profesionalitas Guru PAUD. Seperti yang selalu kami sampaikan untuk Anda terkait soal yang kami bagikan pada blog soal uas ut ini, bahwa tiruana soal yang kami bagikan yaitu hasil dari rangkuman soal-soal pada modul dan materi, jadi tentunya besar kemungkinan kalau Anda mempelajari soal-soal ini Anda bisa memahami bahan yang ada pada modul secara cepat.

Banyaknya Mata Kuliah yang harus diujiankan belum lagi ditambah Anda mengulang Mata Kuliah sebelumnya, tentu Anda akan sangat direpotkan untuk mempelajari tiruana bahan Mata Kuliah Anda. Tutorial tatap muka yang spesialuntuk dilakukan beberapa kali saja dalam satu semester tentu tak banyak memmenolong Anda untuk menguasai bahan yang ada. Untuk itu mempelajari soal-soal ujian ibarat ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal akan lebih megampangkan Anda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti ujian tamat semester nantinya.

Soal UT PGPAUD ini tak spesialuntuk kami posting dalam bentuk artikel saja, namun kami juga sudah mempersiapkan soal ini dalam bentuk file PDF yang mana bisa Anda unduh pribadi pada link di tamat artikel ini. melaluiataubersamaini mempelajari soal dan mengingat kunci jawabanannya akan lebih mempersiapkan diri Anda dalam mengikuti ujian akir semester nantinya.

Soal Ujian UT PGPAUD Semester 8 lainnya:
  1. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4403 Seni Keterampilan Anak
  2. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4407 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD
  3. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4409 Kurikulum PAUD
  4. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4405 Profesionalitas Guru PAUD
  5. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4406 Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini
  6. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4408 Komputer dalam Kegiatan Pengembangan AUD

Soal Ujian UT PGPAUD yang kai bagikan ini sangat besar kemungkinan akan muncul atau sama persis dengan soal ujian tamat semester nantinya. Kaprikornus Anda sangat perlu memepelajari soal ini dan mengingat kunci jawabanannya, lantaran besar kemungkinan akan keluar soal yang sama pada waktu ujian tamat semester nantinya.

 Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini beserta kunci jawabanan Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4406 Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4406 Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini Beserta Kunci Jawaban

Kami memposting lengkap kumpulan soal-soal ujian UT PGPAUD mulai dari semester 1 hingga dengan semester 9. Tak spesialuntuk soal saja, namun kami juga membagikan tumpuan laporan UT dan hal lainnya yang berkaitan dengan Universitas Terbuka. Nah untuk melihat tiruana daftar soal untuk jurusan S1 PGPAUD silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD. Berikut ini kami bagikan pada Anda Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4406 Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4406

1. Bimbingan pada AUD sanggup diartikan sebagai suatu perjuangan yang dilakukan oleh pembimbing semoga anak bisa ....
A. berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya
B. berkembang secara terbaik sesuai tuntutan kurikulum
C. menuntaskan pendidikan tepat waktu
D. mendapatkan pelajaran dengan baik dan lancar
Jawab:
A. Betul, lantaran bimbingan yang dilakukan bertujuan semoga anak sanggup berkembang sesuai potensi yang dimiliki
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 1 KB 1

2. Melalui jadwal bimbingan dan konseling, anak usia dini diharapkan bisa ....
A. menjadi anggota masyarakat yang baik
B. lebih berdikari dalam kehidupan sehari-hari
C. mengetahui lingkungan sekolah
D. mengenal potensi diri sendiri
Jawab:
D. Betul, lantaran untuk mengetahui potensi diri sendiri perlu bimbingan khusus secara individual
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 1 KB 1

3. Sesuai dengan prinsip bahwa bimbingan ialah cuilan penting dari proses pendidikan, maka aktivitas bimbingan pada AUD ....
A. selalu dikaitkan dengan perkembangan anak
B. harus dilakukan oleh guru pada dikala mengajar
C. dihentikan dilakukan di luar kelas
D. dilakukan pada pertama anak masuk TK
Jawab:
A. Betul, lantaran pendidikan PUD diseriuskan pada pengembangan anak
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 1 KB 1

4. Perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadikan semakin kuatnya efek lingkungan terhadap kepribadian anak. Agar anak bisa menyesuaikan diri dengan baik terhadap lingkungan yang lebih luas, orang renta sebaiknya ....
A. melarang anak main games
B. mendampingi anak pada dikala melihat televisi
C. melaksanakan pengawasan ketat
D. memperkuat iktikad dan taqwa
Jawab:
B. Betul, lantaran dengan pendampingan tersebut orang renta sanggup menerangkan hal-hal yang bersifat negatif
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 1 KB 2

5. Pada hari Sabtu belum dewasa Taman Kanak-kanak Ananda diajak untuk mengunjungi perusahaan tahu di erat sekolah. Kegiatan kunjungan tersebut termasuk dalam lingkup bimbingan ....
A. bermain
B. karir
C. pribadi
D. kepribadian
Jawab:
B. Betul, lantaran kunjungan tersebut bertujuan untuk mengenalkan anak secara aktual tentang jenis pekerjaan
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 1 KB 2

6. Bakat dan potensi anak sanggup berkembang dengan baik apabila lingkungan bisa mempersembahkan rangsangan dan instruksi pada ....
A. masa kecil di rumah
B. masa peka anak
C. masa bayi
D. dikala dalam kandungan
Jawab:
B. Betul, lantaran pada masa inilah waktu yang paling baik untuk mempersembahkan rangsangan
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 2 KB 1

7. Didi yang sedang mencoba menyusun balok kayu, tiba-tiba didekati Anto dengan maksud ingin main bersamA. Didi bukannya mendapatkan keinginan Anto, tapi ia murka dan mengusir Anto lantaran berdasarkan Didi spesialuntuk ia yang berhak main balok kayu.Sikap Didi mengatakan ciri anak yang ....
A. individualitas
B. individual
C. egois
D. egocentris
Jawab:
D. Betul, lantaran egocentris berarti berpusat pada diri sendiri
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 2 KB 1

8. Pada ahad keempat masuk TK, Anita sudah bisa menulis angka satu hingga dengan limA. Kemampuan menulis angka tersebut ialah hasil dari ....
A. kematangan
B. kegiatan
C. perkembangan
D. pertumbuhan
C. Betul , lantaran kemampuan itu ialah hasil perkembangan dari tidak bisa menjadi mampu
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 2 KB1

9. Hasil pengamatan mengatakan bahwa kemampuan anak berbicara dari kelompok anak yang sama usianya, sangat beragam. Keragaman tersebut mengambarkan bahwa ....
A. perkembangan mencakup tiruana aspek
B. tiap individu tidak sama
C. berlangsung secara bertahap
D. mengikuti pola tertentu
Jawab:
B. Betul, lantaran keragaman tersebut mengambarkan adanya perbedaan tiap anak
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 2 KB 1

10. Perkembangan struktur kognitif pada masa fasilitas sanggup diketahui dengan terjadinya ....
A. proses pembentukan pengetahuan yang baru
B. cukup elok lantaran ditulis dengan bahasa yang simpel dimengerti
C. buruk lantaran spesialuntuk megukur tingkat berpikir rendah/ranah ingatan
D. buruk lantaran ditulis dalam kalimat yang sangat pendek
Jawab:
C. Betul, lantaran soal tersebut memang buruk lantaran spesialuntuk mengukur tingkat berpikir rendah
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 2 KB 2

11. Kondisi yang paling kuat terhadap kesusahan anak dalam pengembangan fisik-motorik yaitu ....
A. mata juling
B. cacat kaki dan tangan
C. tubuh terlalu gemuk
D. tangan kidal
Jawab:
B. Betul, lantaran dengan ketaknormalan pada kaki dan tangan anak susah melaksanakan aktivitas fisik
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 2 KB 2

12. Kegiatan bimbingan yang dilakukan pembimbing untuk memmenolong anak yang mengalami kesusahan membaca, yaitu suatu bentuk pendekatan ....
A. situasional
B. remedial
C. preventif
D. kuratif
Jawab:
D. Betul, lantaran kuratif dilakukan untuk menangani masalah/penyembuhan
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 3 KB 1

13. Berdasarkan prinsip bahwa tiruana anak memerlukan bimbingan, maka aktivitas pembimbingan yang paling tepat dilakukan oleh Bu Tatmi yaitu ....
A. mempersembahkan bimbingan kepada tiruana anak untuk menemukan talenta melukis
B. mempersembahkan bimbingan kepada belum dewasa yang belum sanggup melukis
C. mengadakan lomba melukis bagi belum dewasa yang berminat
D. memdiberi kiprah kepada tiruana anak untuk membawa lukisan
Jawab:
A. Betul, lantaran memang tiruana anak perlu bimbingan
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 3 KB 1

14. Kegiatan guru yang paling tepat untuk mengeksplorasi inspirasi dari belum dewasa tentang lingkungan hidup yaitu ....
A. menceritakan di depan kelas tentang banjir
B. menerangkan sebab-sebab terjadinya banjir
C. menugaskan anak berdiskusi tentang banjir
D. mengajak anak melihat video tentang banjir
Jawab:
C. Betul, lantaran anak berpeluang mengemukakan ide
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 3 KB 1

15. Kegiatan yang sanggup mempersembahkan instruksi kepada belum dewasa semoga mempunyai pribadi sosial yang baik yaitu ....
A. mempersembahkan permainan yang membutuhkan toleransi
B. mempersembahkan permainan individual untuk tiruana anak
C. mengajarkan anak semoga selalu makan masakan sehat
D. melarang anak jajan di sembarang tempat
Jawab:
A. Betul, lantaran sifat toleransi sangat diharapkan dalam kehidupan sosial
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 3 KB 2

16. Pertanyaan yang sanggup mengarahkan serius aktivitas dalam penilaian jadwal bimbingan dan konseling pada langkah penetapan samasukan yaitu ....
A. mengapa diharapkan penilaian pada jadwal bimbingan dan konseling
B. apa dan siapa yang akan dievaluasi pada jadwal bimbingan dan konseling
C. kapan sebaiknya penilaian bimbingan dan konseling dilaksanakan
D. siapa yang sanggup melaksanakan penilaian jadwal bimbingan dan konseling
Jawab:
B. Betul, lantaran samasukan penilaian yaitu tentang aktivitas dan orang/pelaksana
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 3 KB 2

17. Kegiatan guru yang sanggup dikategorikan sebagai proses bimbingan pada dikala pembelajaran berlangsung yaitu ....
A. menghukum anak yang terlambat hadir di kelas
B. menyelidiki hasil pekerjaan rumah anak-anak
C. menerangkan pentingnya hidup rukun sesama kawan
D. menyelidiki kelengkapan belajar
Jawab:
C. Betul, lantaran dengan aktivitas tersebut anak bisa bersosialisasi dengan baik
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 4 KB 1

18. Materi yang paling tepat didiberikan pada layanan pemdiberian informasi yang ditujukan kepada orang renta anak, yaitu pemdiberian informasi terkena ....
A. perkembangan kemampuan anak dalam membaca
B. tata cara hidup sehat melalui sajian sehari-hari
C. tumbuhan pot sebagai penyejuk halaman rumah
D. nyamuk serangga penyebar maut
Jawab:
A. Betul, lantaran bahan tersebut berkaitan erat dengan problem perkembangan anak
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 4 KB 1

19. Langkah pertama yang harus dilakukan guru pada dikala menyusun kiprah dalam rangka asesmen hasil berguru yaitu ....
A. memilih kiprah yang akan dinilai
B. memilih skala yang akan digunakan
C. melakukantes kemampuan dan pemahaman
D. mengidentifikasi kemampuan siswa
Jawab:
D. Betul, lantaran langkah paling pertama yaitu identifikasi kemampuan yang akan diakses
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 4 KB 1

20. Salah satu ciri jadwal bimbingan yang baik yaitu ....
A. tujuan jadwal sangat ideal
B. jadwal bertaraf internasional
C. tersedia fasilitas yang diperlukan
D. jadwal disusun oleh kepala sekolah
Jawab:
C. Betul, lantaran dalam pelaksanaan jadwal perlu fasilitas, misal : file2 penyimpanan data siswa
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 4 KB 2

21. Dalam perencanaan jadwal Bimbingan untuk AUD, kebutuhan ialah hal yang perlu dipertimbangkan. Kebutuhan dalam hal ini berkaitan dengan ....
A. kualitas lembaga
B. masukana dan pramasukana
C. problem perkembangan anak
D. pemberian dari yayasan
Jawab:
C. Betul, lantaran bertitik tolak dari kebutuhan dalam perkembangan anak jadwal bimbingan akan dikembangkan
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 4 KB 2

22. Layanan konseling yang lebih intensif dalam rangka membina perkembangan anak semoga sanggup tercapai sesuai harapan, harus didiberikan kepada ....
A. tiruana anak
B. sebagian anak
C. anak yang bermasalah
D. anak terisolir
C. Betul , lantaran tiruana anak yang bermasalah harus mendapatkan layanan khusus/intensif
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 4 KB 2

23. Tindakan guru untuk mengetahui akar problem yang sesungguhnya dari suatu insiden ialah langkah ....
A. identifikasi masalah
B. tindak lanjut
C. diagnosis
D. prognosis
Jawab:
A. Betul, lantaran tujuan pada langkah identivikasi problem yaitu untuk mengetahui problem yang sesungguhnya terjadi
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 4 KB 2

24. Perhatikanlah cuplikan tabel di bawah ini.

A. daftar cek terstruktur
B. daftar cek tidak terstruktur
C. lembar observasi
D. alat pengamatan
Jawab:
B. Betul, lantaran dalam instrumen di atas guru harus merumuskan sendiri hasil pengamatannya
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 5 KB 1

25. Perbedaan antara bentuk observasi terstruktur dengan yang tidak terstruktur sanggup diketahui dari ....
A. cara menyatakan hasil observasi
B. cara menuliskan kesimpulan hasil observasi
C. objek yang akan diobservasi
D. pelaksana observasi/observer
Jawab:
A. Betul, lantaran ada perbedaan dalam menyatakan hasil observasi
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 5 KB 1

26. Salah satu faktor yang menjadikan tidak sanggup dilaksanakannya observasi di lapangan, yaitu ....
A. kondisi yang tidak sanggup diprediksi
B. hambatan bahasa untuk komunikasi
C. anak sering ketakutan
D. kesusahan dalam memilih waktu
Jawab:
A. Betul, lantaran kondisi di lapangan sangat menentukan
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 5 KB 1

27. Pada wawancara tidak terstruktur akan sanggup diperoleh jawabanan dari responden yang lebih luas dan mendalam, lantaran pewawancara/guru ....
A. sanggup mempersembahkan tanda cek pada jawabanan yang sesuai
B. sanggup mengembangkan pertanyaan secara lebih detail
C. bisa mempersembahkan pertanyaan kepada siswa
D. bisa menyesuaikan diri lebih baik lagi
Jawab:
B. Betul, lantaran pertanyaan tidak terbatas pada pedoman wawancara
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 5 KB 1

28. Sikap pembimbing yang sangat baik pada langkah rapport, yaitu ....
A. jawabanan anak selalu dibenarkan
B. tidak menyalahkan anak
C. bersikap ramah dan berteman dekat
D. hati-hati dalam mengajukan pertanyaan
Jawab:
C. Betul, lantaran dengan perilaku demikian akan terjadi kekerabatan yang baik
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 5 KB 1

29. Rapport yaitu suatu keadaan yang harus dimunculkan oleh pembimbing dalam suatu konseling semoga ....
A. konselee mengetahui tujuan konseling
B. terjalin kekerabatan yang baik antara konselor-konselee
C. diperoleh data secara akurat
D. problem sanggup diselesaikan dengan cepat
Jawab:
B. Betul, lantaran fungsi rapport yaitu untuk membuat kekerabatan baik antara konselor-konselee
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 5 KB 1

30. Salah satu belum sempurnanya metode wawancara sebagai alat pengumpul data yaitu ....
A. reaksi anak sanggup diketahui oleh pewawancara
B. jawabanan anak didiberikan secara spontan
C. banyak membutuhkan waktu dalam pelaksanaannya
D. rumusan pertanyaan sangat kaku
Jawab:
C. Betul, lantaran wawancara harus satu persatu sehingga membutuhkan banyak waktu
Pembahasan:
Silahkan pelajari modul 5 KB 1

Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4406

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa selain artikel, kami juga sudah menyiapkan soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda simpan pribadi dengan cara mendownloadnya. Soal ini tentunya bisa Anda pelajari di rumah untuk mempersiapkan diri Anda dalam mengikuti ujian tamat semester nantinya. Nah diberikut ini Anda bisa Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4406 Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.


Sangat besar kemungkinan soal-soal yang Anda pelajari akan keluar pada waktu ujian tamat semester nantinya. Dan selain itu dengan mempelajari soal-soal yang sudah disertakan kunci jawabanan akan lebih memungkinkan Mahasiswa sanggup memahami tiruana mata kuliah. Tak spesialuntuk persiapan pada materi, dalam menghadapi ujian nantinya Anda juga perlu menyiapkan hal-hal lainnya sepeti, mental dan persiapan alat tulis semoga siap pada waktu ujian.

Sekian artikel terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4406 Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini, semoga soal yang kami bagikan ini bisa mempunyai kegunaan dan bermanfaa untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian tamat semester nantinya, tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada kawan-kawan Anda lainnya, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4406 Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini Beserta Kunci Jawaban"

Back To Top