Soal Ujian Ut Pgpaud Mkdu4110 Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban

loading...
Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4110 Bahasa Indonesia beserta kunci jawabanan dan pembahasan soal kami bagikan untuk Anda Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) jurusan S1 PGPAUD (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini) yang kini sedang menempuh pendidikan pada semester 6. Pada artikel kami sebelumnya kami sudah menyebarkan Soal Ujian UT PGPAUD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas. Soal Ujian UT untuk Mahasiswa Pendas ini tak spesialuntuk kami sajikan dalam bentuk artikel saja, namun kami juga sudah menyediakan soal dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda unduh pribadi pada selesai artikel ini.

Soal UT yang kami bagikan ini, yang mana Anda ketahui bahwa kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanannya, jadi sangat memungkinkan sekali Anda bisa mempelajari soal secara online. Banyaknya mata kuliah yang harus diujiankan dibandingkan pertemuan yang spesialuntuk beberapa kali diadakan dalam satu semester, tentu akan menguras banyak waktu Anda jikalau harus mempelajari tiruana materi. melaluiataubersamaini mempelajari soal menyerupai ini yang sudah lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahsan soal tentu Anda akan lebih bisa menghemat waktu dan mempelajari tiruana materi kuliah. Dan dengan demikian Anda akan lebih disiapkan untuk menghadapi ujian selesai semester nantinya.

Soal Ujian UT PGPAUD Semester 6 lainnya:
  1. Soal Ujian UT PGPAUD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas
  2. Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4110 Bahasa Indonesia
  3. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4305 Dasar-dasar Matematika dan Sains
  4. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4306 Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD
  5. Soal Ujian UT PGPAUD IDIK4006 Filsafat Ilmu
  6. Soal Ujian UT PGPAUD PEMA4210 Statistika Pendidikan

melaluiataubersamaini mempelajari soal uas ut menyerupai ini Anda akan sangat digampangkan dalam memahami materi yang ada pada modul. melaluiataubersamaini itu Anda akan lebih siap dalam mengikuti ujian selesai semester nantinya.

 dan pembahasan soal kami bagikan untuk Anda Mahasiswa UT  Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4110 Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4110 Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban

Menjadi salah satu Mahasiswa di Universitas Terbuka memang perlu pembelajaran secara mandiri, hal ini yang mana Anda tahu bahwa pertemuan atau tutorial yang spesialuntuk dilakukan beberapa kali dalam satu semester. Belum lagi jikalau Anda mengulang mata kuliah sebelumnya, tentu hal in akan memperbanyak daftar mata kuliah yang harus Anda ujiankan. melaluiataubersamaini adanya Soal Ujian UT menyerupai ini tentu akan sangat menghemat waktu Anda untuk mempelajari materi yang ada. Untuk melihat banyak sekali kumpulan lengkap mata kuliah untuk jurusan S1 PGPAUD silahkan Anda menuju artikel kami di Soal Ujian UT PGPAUD. Nah diberikut ini engkau bagikan untuk Anda Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4110 Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasannya.

Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4110

1. Alasan bahasa Melayu menjadi dasar lahirnya bahasa Indonesia yaitu ... .
A. ialah bahasa para raja
B. sudah dikenal di banyak wilayah Nusantara
C. mempunyai fonem lebih banyak dibandingkan dengan bahasa lain
D. mempunyai sifat bersahaja
Jawab:
B. Benar, Bahasa Melayu pada ketika itu sudah dikenal dan dipakai oleh banyak sekali lapisan di banyak wilayah di Nusantara.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1

2. Butir pertama sumpah perjaka berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.” Butir ketiga berbunyi ... .
A. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
B. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bernegara yang satu, negara Indonesia.
C. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.
D. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Jawab:
D. Benar, Khusus untuk bahasa Indonesia kata mengaku dipertinggi menjadi menjunjung.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1

3. Bangsa Indonesia seharusnya mempunyai pujian dalam memakai bahasa IndonesiA. Dalam hal ini bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dengan fungsi sebagai ... .
A. lambang pujian nasional
B. lambang identitas nasional
C. alat pemersatu banyak sekali suku bangsa
D. alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
Jawab:
A. Benar, Lambang pujian nasional bermakna bangsa Indonesia selalu gembira akan bahasa nasional “Bahasa Indonesia”.
Pembahasan:
Pembahasan terkena hal tersebut terdapat pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1

4. misal penerapan kata yang benar dan berkaitan dengan pengetahuan agama yaitu ... .
A. Ka’bah yaitu bangunan berbentuk kubus yang berada di Masjidilharam di Mekah.
B. Kaabah yaitu bangunan suci yang terletak di dalam Masjidilharam di Mekah.
C. Kabah yaitu bangunan yang dikelilingi umat Islam ketika melaksanakan tawaf.
D. Kakbah yaitu kiblat umat Islam ketika melaksanakan salat, bukan bangunan yang disembah.
Jawab:
D. Benar, Kakbah kata baku, terdapat dalam engkaus.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 2

5. Pernyataan yang menyatakan bahwa pada hakikatnya bahasa yaitu ujar atau mulut yaitu ... .
A. ragam bahasa terdiri atas ragam mulut dan ragam tulis
B. komunikasi sudah terjadi semenjak insan pertama ada ketika itu belum ada bahasa tulis
C. orang lebih banyak memakai bahasa mulut ketika berkomunikasi dibandingkan dengan bahasa tulis
D. bahasa tulis spesialuntuk sanggup dipakai oleh orang-orang terpelajar
Jawab:
B. Benar, Komunikasi sudah dilakukan insan semenjak Adam lahir dengan memakai bahasa lisan. Bahasa tulis muncul berjuta tahun kemudian.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.

6. Sebagai alat komunikasi, bahasa gres dikatakan efektif jikalau dipahami oleh pelaku komunikasi. Hal ini berarti bahwa bahasa yaitu ... .
A. ujaran
B. tulisan
C. mempunyai makna
D. mempunyai fungsi
Jawab:
C. Benar, Hal yang dipahami oleh pelaku komunikasi yaitu makna-makna yang diujarkan (bahasa).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1

7. Sondang yang berasal dari Batak belum sanggup melafalkan fonem /e/ menjadi /?/, kata apel selalu dilafalkan [apel). Hal ini memberikan bahwa bahasa mempunyai sifat ... .
A. dinamis
B. variatif.
C. konvensional
D. arbitrer
Jawab:
B. Benar, Variatif yaitu sifat bahasa dengan banyak sekali variasinya menyerupai dialek dan ideolek.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.

8. Mengapa binatang kecil yang hidup bergerombol di lubang disebut tiruant bukan nyamuk atau gajah? Hal ini memberikan bahwa bahasa mempunyai sifat ... .
A. variatif
B. dinamis
C. manusiawi
B. dinamis
Jawab:
C. Benar. Manusia sebagai sifat bahasa bermakna bahwa spesialuntuk insan yang mempunyai piranti berbahasa dalam tubuhnya.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1

9. Menyimak dan membaca ialah keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Arti reseptif di sini yaitu keterampilan yang berupa kegiatan ... .
A. menerapkan sebuah pengetahuan
B. memahami pesan atau gagasan
C. memberikan pesan atau gagasan
D. mengolah pengetahuan dengan metode tertentu
Jawab:
B. Benar, Reseptif dalam keterampilan berbahasa bermakna memahami pesan atau gagasan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1

10. Menyimak yang dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia sering disebut mendengarkan yaitu kegiatan ... .
A. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
B. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
C. memberikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
D. memberikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
Jawab:
A. Benar, Menyimak yaitu kegiatan memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.

11. Ilustrasi ini memberikan adanya relasi antara keterampilan menulis dengan membaca.
A. Amin sedang menulis garis-garis besar pembicaraan yang akan disampaikan pada aktivitas pembukaan yayasan TPA As-Salam.
B. Rakhmat sedang membaca buku yang meliputi wacana falsafah hidup yang akan disampaikan dalam ceramahnya besok pagi.
C. Ridwan sedang menuntaskan artikelnya, sesekali ia berhenti menulis untuk membaca buku-buku yang acak-acakan di meja kerjanya.
D. Erni mendengarkan ceramah agama sambil mencatat hal-hal yang dianggapnya penting.
Jawab:
C. Benar, Penjelasan tersebut menggambarkan adanya relasi antara keterampilan menulis dan membaca.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.

12. Faktor intelegensi sangat besar lengan berkuasa terhadap daya simak kemampuan menyimak seseorang. Hal ini disebabkan oleh ... .
A. menyimak sebagai suatu keterampilan
B. menyimak ialah suatu kegiatan yang susah
C. banyaknya unsur bahasa yang harus dipahami oleh seorang penyimak
D. menyimak yaitu kegiatan yang dilakukan oleh para pelajar
Jawab:
C. Benar, Penyimak harus berakal memaknai setiap unsur bahasa yang diucapkan pembicara, itu sebabnya kemampuan menyimak seseorang terkait dengan tingkat intelegensinya.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.

13. Faktor kemampuan menarikdanunik kesimpulan sangat besar lengan berkuasa terhadap daya simak seseorang. Artinya orang yang mempunyai kemampuan menyimak yang baik akan ... .
A. mempersembahkan kesimpulan yang salah pada selesai kegiatan menyimak
B. membuktikan isi simakan yang tidak sama dengan materi simakan
C. mempersembahkan kesimpulan sesuai dengan materi yang disimaknya
D. menulis rangkuman yang tidak sesuai dengan materi simakan
Jawab:
C. Benar, Sesuai dengan klarifikasi rambu A.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan pada modul tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.

14. Kakak mitra Pak Gatot dari Jember/ gres hadir/ tadi pagi. Kalimat tersebut diucapkan oleh seorang adik kepada kakaknya dengan intonasi yang salah. Intonasi yang sempurna yaitu ... .
A. Kakak/ mitra Pak Gatot dari Jember baru/ hadir tadi pagi.
B. Kakak mitra Pak Gatot/ dari Jember gres hadir/ tadi pagi.
C. alat pemersatu banyak sekali suku bangsa
D. Kakak mitra Pak Gatot/ dari Jember/ gres hadir tadi pagi.
Jawab:
C. Benar, Yang gres hadir tadi pagi yaitu mitra Pak Gatot dari Jember.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan berguru 1.

15. Bonar sedang mencuci motor, ketika sebuah stasiun radio memperdengarkan lagu ‘Arti Sahabat’ yang dinyanyikan oleh kelompok Nidji, Bonar makin semangat mencuci motor sambil menyanyi. Jenis menyimak yang dilakukan Bonar yaitu menyimak ... .
A. estetis
B. kritis
C. kreatif
D. sekunder
Jawab:
D. Benar, Menyimak sekunder yaitu kegiatan menyimak yang dilakukan bersamaan dengan mengerjakan pekerjaan lain.
Pembahasan:
Pembahasan terkena hal tersebut terdapat pada Modul 3, Kegiatan berguru 2.

16. Para siswa dengan penuh perhatian mendengarkan pembacaan petunjuk yang dibacakan guru. Jenis kegiatan menyimak yang dilakukan para siswa yaitu menyimak ... .
A. interaktif
B. pasif
C. estetis
D. konsentratif
Jawab:
D. Benar, Menyimak pembacaan sebuah petunjuk termasuk jenis menyimak konsentratif, lantaran memerlukan daya serius yang memadai.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 2.

17. Membaca ialah suatu proses merekonstruksi maknA. Artinya membaca yaitu kegiatan ... .
A. mengubah lambang visual (katon) menjadi lambang bunyi
B. mengubah kode-kode atau lambang-lambang verbal menjadi bunyi-bunyi bahasa yang sanggup dipahami
C. menangkap informasi atau makna sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
D. membuktikan informasi sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
Jawab:
C. Benar, Proses merekonstruksi makna dalam membaca yaitu menangkap informasi yang disampaikan penulis dengan tepat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.

18. Beberapa kemampuan mikro yang harus dimiliki seorang pembaca intensif yaitu sebagai diberikut, kecuali... .
A. mengenali lambang-lambang tulis
B. memahami makna tersirat
C. memahami kata-kata susah
D. memahami informasi tersurat
Jawab:
B. Benar, Memahami makna tersirat tidak termasuk kemampuan mikro dalam membaca intensif.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1

19. Pengertian pemahaman literal dalam kegiatan membaca yaitu kemampuan pembaca dalam memahami ... .
A. makna kata yang dipakai penulis
B. makna kata-kata susah yang terdapat dalam bacaan
C. makna atau pesan secara tersurat
D. makna di balik pesan yang terdapat di dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Pemahaman literal yaitu kemampuan memahami makna tersurat yang terkandung dalam bacaan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan berguru 1.

20. Untuk memperoleh informasi dari karya-karya ilmiah pendek metode CATU sempurna untuk digunakan, yaitu dengan cara ... .
A. catat dan tulis kembali
B. catat, tulis-kembali, dan uji
C. catat, tanya, dan ulang
D. catat atau tuliskan
Jawab:
B. Benar, Teknik CATU dilakukan dengan cara catat, tulis-kembali, dan uji (informasi yang diperoleh).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.

21. Salah satu karakteristik membaca ekstensif berkaitan dengan pembaca, yaitu ... .
A. materi bacaan sesuai dengan minat atau keperluan pembaca
B. cakupannya lebih luas, lebih banyak, dan lebih variatif
C. kegiatannya bersifat individual
D. waktu membaca tidak mengikat
Jawab:
A. Benar, Pernyataan tersebut ialah karakteristik yang berkaitan dengan pembaca.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.

22. Tujuan membaca cepat dengan metode skimming yaitu ... .
A. mengisi waktu luang
B. memahami isi bacaan secara mendalam
C. mencari informasi tertentu dari sebuah bacaan
D. menghayati isi bacaan biar sanggup menceritakan isinya dengan baik
Jawab:
C. Benar, Teknik skimming dipakai dengan tujuan mencari suatu informasi tertentu dengan cara yang cepat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1

23. Karakteristik karya ilmiah terkenal yaitu ... .
A. bentuknya lebih kecil dari karya ilmiah murni
B. isinya lebih sederhana dibandingkan karya ilmiah murni
C. bahasanya lebih enteng, simpel dimengerti, dan lezat dibaca
D. ilustrasinya lebih banyak sehingga maksudnya menjadi lebih jelas
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rambu A.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.

24. Tesis yaitu sebuah karya ilmiah yang disusun oleh seorang ... .
A. calon mahasiswa
B. mahasiswa aktivitas S1
C. mahasiswa aktivitas S2
D. mahasiswa aktivitas S3
Jawab:
C. Benar, Seorang mahasiswa aktivitas S1 diwajibkan menyusun tesis untuk memperoleh ijazah.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.

25. misal karya ilmiah terkenal berbentuk deskriptif- ekspositoris yaitu ... .
A. sejarah berdirinya Candi Borobudur
B. hasil penelitian wacana ragam bahasa Betawi
C. jenis-jenis ikan hias lokal
D. kisah 26 Desember 2004
Jawab:
A. Benar, Tulisan yang meliputi hal tersebut akan mengupas secara mendalam wacana kapan, mengapa, bagaimana Candi Borobudur berdiri (ekspositoris).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.

26. Kemampuan tertinggi yang dimiliki pembaca dengan pemahaman literal yaitu ... .
A. menghubungkan simbol-simbol bahasa menjadi kata yang bermakna
B. merekonstruksi makna-makna menjadi suatu informasi yang utuh
C. menangkap pesan atau informasi yang terdapat dalam bacaan
D. menangkap makna di balik informasi yang dituangkan dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Kemampuan tersebut ialah kemampuan tertinggi yang dimiliki seorang pembaca (pemahaman literal).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.

27. Seorang pembaca yang mempunyai tingkat pemahaman interpretatif bisa ... .
A. menangkap makna kata-kata
B. menangkap makna tersurat
C. menangkap makna tersirat
D. menilai isi bacaan
Jawab:
C. Benar, Menangkap makna tersirat dimiliki oleh pembaca yang berada pada tingkat pemahaman interpretatif.
Pembahasan:
Anda dapt melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan berguru 1.

28. ”Tsunami yang menimpa Aceh terjadi pada tanggal 25 Desember 2004.” Seorang pembaca kritis yang membaca wacana tersebut akan ... .
A. menangkap informasi tersebut apa adanya
B. menangkap makna di balik insiden yang terdapat dalam bacaan tersebut
C. membuat dongeng atau puisi menurut bacaan tersebut
D. memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam wacana itu
Jawab:
D. Benar, Pembaca kritis akan memperbaiki fakta yang tertulis dalam bacaan (tanggal yang benar yaitu 26 bukan tanggal 25).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.

29. Sesudah membaca bacaan yang meliputi tingkah laris sebuntut binatang yang lucu, Anggi membuat sebuah puisi wacana kebemasukan Allah. Dalam hal ini Anggi tergolong pembaca dengan tingkat pemahaman ... .
A. literal
B. interpretatif
C. kritis
D. kreatif
Jawab:
D. Benar, Tingkat pemahaman kreatif bisa mencipta karya gres menurut isi bacaan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.

30. Peletak dasar utama teknologi pertelevisian yaitu Paul Nipkow dari Jerman. Pada tahun 1884 ia menemukan sebuah alat, kemudian disebut sebagai Jantra Nipkow. Penemuan tersebut sudah melahirkan electrische teleskop atau televisi elektris. Isi paragraf di atas yaitu ... .
A. kehidupan Paul Nipkow
B. penemu televisi elektris
C. stasiun televisi di Jerman
D. teknologi pertelevisian
Jawab:
B. Benar, Kata kunci wacana tersebut yaitu teknologi pertelevisian, Paul Nipkow, dan electrische teleskop.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan berguru 1.

31. Rina membaca sebuah wacana yang terdiri atas 1200 kata dalam waktu 3 menit. Ia mejawaban dengan benar 7 dari 10 pertanyaan bacaan yang diajukan. melaluiataubersamaini demikian, dikatakan Sella mempunyai kemampuan efektif membaca (KEM) yaitu ... .
A. 240 KPM
B. 260 KPM
C. 280 KPM
D. 300 KPM
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rumus mencari KEM yang terdapat pada modul 5.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.

32. Salah satu cara untuk mengetahui baik buruknya sebuah goresan pena yaitu menilai organisasi goresan pena yaitu ... .
A. penlampauan, isi, dan penutup
B. pilihan kata, penyusunan kalimat, dan penyusunan paragraf
C. daftar isi, kata pengantar, dan isi
D. daftar isi, isi, dan daftar pustaka
Jawab:
A. Benar, Organisasi dasar sebuah goresan pena meliputi penggalan penlampauan, isi, dan penutup.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 2

33. melaluiataubersamaini berbicara seseorang sanggup menyatakan perasaan dan pikirannyA. Pernyataan ini membuktikan bahwa berbicara ialah kegiatan ... .
A. yang dilakukan secara secara lisan
B. mengekspresikan diri
C. yang bersifat produktif
D. berbahasa yang unik
Jawab:
B. Benar, Melihat pernyataan tersebut maka dalam hal ini berbicara diartikan sebagai kegiatan mengekspresikan diri.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.

34. Salah satu rujukan konteks fisik yang besar lengan berkuasa terhadap kegiatan berbicara nonformal yaitu ... .
A. penerima komunikasi
B. emosi para pelaku komunikasi
C. karakteristik budaya
D. malam hari
Jawab:
A. Benar, Konteks fisik berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan fisik menyerupai iklim, cuaca, suhu udara, bentuk ruangan, warna dinding, penataan tempat duduk, dan jumlah penerima komunikasi.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.

35. Para jagoan nasional yang ... di medan perang tergolong orang-orang yang mati sahiD. Kata yang sempurna untuk mengisi penggalan yang kosong pada kalimat tersebut yaitu ... .
A. gugur
B. meninggal
C. wafat
D. mati
Jawab:
A. Benar, Kata yang sempurna untuk para jagoan yang sudah mengorbankan nyawanya yaitu ‘gugur’.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.

36. Pandangan mata sebagai faktor nonkebahasaan sangat penting dalam kegiatan berbicara formal, lantaran ... .
A. sanggup memmenolong pendengar dalam memahami apa yang dibicarakan
B. menumbuhkan relasi psikologis antara pembicara dengan pendengar
C. sanggup mengundang perhatian pendengar sehingga menjadi lebih serius
D. akan membangun penampilan dan percaya diri pembicara
Jawab:
B. Benar, Pandangan mata sanggup menumbuhkan relasi psikologi atau kontak antara pembicara dan pendengar.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.

37. Hal yang pertama dan sangat penting, harus dilakukan seorang pembicara yaitu ... .
A. membuat persiapan
B. mencari referensi
C. latihan
D. membuat simpulan
Jawab:
A. Benar, Tanpa persiapan yang baik, seorang pembicara tidak akan memperoleh hasil yang baik.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.

38. Isi penggalan pembuka sebuah goresan pena yang baik yaitu ... .
A. pengantar menuju inti kasus yang hendak disajikannya pada penggalan isi
B. pengalaman hidup si penulis
C. paparan pokok-pokok inti tulisan
D. simpulan, keinginan-keinginan, atau harapan-harapan yang ingin dicapai
Jawab:
A. Benar, Bagian pembuka sebuah goresan pena yang baik akan meliputi pengantar wacana apap yang akan dituangkan di dalam penggalan isi.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, kegiatan berguru 1.

39. Satu dari beberapa syarat kalimat efektif yaitu mempunyai bentuk yang sejajar, misalnya yaitu ... .
A. Dia berguru dengan sungguh-sungguh biar memperoleh nilai yang baik.
B. Dia sangat tidak suka dengan orang yang memmembuang sampah tidak pada tempatnya.
C. Dia yang mencari uang, membeli materi makanan, memasak, dan menyajikan kuliner tersebut untuk keluarganya.
D. Dia orang yang tidak pernah mengeluh, apapun kasus yang menimpanya dihadapinya dengan sabar.
Jawab:
C. Benar, Kalimat tersebut rujukan kalimat efektif yang memenuhi syarat kesejajaran/paralel (perhatikan penerapan kata berpertamaan/kata kerjanya).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan wacana hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 1.

40. Sebuah goresan pena dikatakan baik jikalau kalimat-kalimatnya disusun secara efektif. Kalimat yang tidak efektif akan membuat pembaca menjadi resah dan sanggup menimbulkan salah penafsiran, menyerupai rujukan diberikut ini “Gempa bumi di Tasikmalaya banyak memakan korban, 60 orang meninggal, tetapi tidak ada yang melapor.” Jenis paragraf di atas yaitu ... .
A. narasi
B. argumentasi
C. deskripsi
D. persuasi
Jawab:
B. Benar, Paragraf tersebut pendapat dan alasan, tidak menceritakan sebuah insiden atau kejadian.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

41. Unsur-unsur bahasa diberikut ini terdapat dalam sebuah paragraf yang memenuhi syarat kepaduan, kecuali ... .
A. repetisi atau pengulangan kata kunci
B. kata ganti (orang, tunjuk)
C. tiruana kalimat saling berkaitan satu dengan lainnya
D. kata transisi dan paralelisme
Jawab:
C. Benar, Terkaitnya satu kalimat dengan kalimat yang lain ialah ciri kesatuan sebuah paragraf (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

42. Predikat yaitu penggalan kallimat yang memdiberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Subjek yaitu penggalan kalimat yang bertindak sebagai pelaku. Predikat sanggup berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Paragraf tersebut tidak memenuhi syarat kesatuan. Hal ini disebabkan oleh adanya kalimat ... .
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. ketiga
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua menyimpang dari kalimat topik/inti yang berbicara wacana predikat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2

43. Predikat yaitu penggalan kallimat yang memdiberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Predikat sanggup berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Ia juga senantiasa diikuti oleh objek. Teknik yang dipakai dalam mengembangkan paragraf di atas yaitu … .
A. secara alamiah
B. titikpuncak
C. perbandingan
D. lantaran akibat
Jawab:
A. Benar, Paragraf tersebut dikembangkan dengan memakai metode alamiah; mengikuti susunan logis objek yang ditulis yakni predikat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

44. Indonesia ialah satu-satunya negara paling guah di duniA. Orang Barat terheran-heran mendengarkan nada-nada musik tradisional Indonesia yang pentatonis itu, tidak sanggup diukur oleh garpu talA. Orang-orang dari negara tetangga juga heran melihat sikap bangsa ini yang katanya murah senyum, tetapi sering kali bersikap anarkis (tawuran, merusak, membunuh) dan kekerasan yang lain. Katanya 90% penduduknya penganut agama yang baik, tetapi bahagia sekali menyusahkan orang lain. Negaranya sangat kaya dengan hasil pertanian/perkebunan, barang tambang, dan hasil hutan kayu, rotan, dan flora obat-obatan, tetapi rakyatnya banyak yang kelaparan. Peringkat orang kaya meningkat, tetapi jumlah si miskinnya bertambah. Teknik pengembangan yang dipakai dalam menyusun paragraf tersebut yaitu pengembangan ... .
A. analogi
B. contoh-contoh
C. perbandingan
D. lantaran akibat
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua dan seterusnya ialah klarifikasi berupa contoh-contoh wacana keguahan yang ada di Indonesia.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

45. Bogor dikenal dengan sebutannya sebagai Kota Hujan. Bogor memang berada di ketinggian beberapa ribu kaki di atas permukaan laut. Letaknya yang tinggi ini membuat awan-awan tebal di atas kota Bogor cepat mencair menjadi hujan. Di samping itu, Bogor juga dikelilingi pegunungan dan perbukitan dengan hutannya yang masih rimbun. Keadaan alam inilah yang sering kali bisa menahan awan-awan tebal untuk kemudian menghasilkan curahan hujan yang cukup banyak. Teknik pengembangan yang dipakai dalam menyusun paragraf di atas yaitu pengembangan ... .
A. deduktif
B. induktif
C. titikpuncak
D. antititikpuncak
Jawab:
A. Benar, Kalimat pertama meliputi pengetahuan yang bersifat umum, sedangkan kalimat-kalimat diberikutnya bersifat khusus sebagai penjelas.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

46. Membaca yaitu kegiatan yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang penulis ringkasan. Kegiatan ini dilakukan untuk ... .
A. mengenali pengarang secara lebih dalam
B. memilah-milah penggalan inti dan bukan inti
C. mengetahui tujuan penulis, pokok kasus atau tema tulisan
D. gaya yang dipakai penulis dalam tulisannya
Jawab:
C. Benar, Pada tahap/kegiatan membaca buku yang akan diringkas, peringkas harus memperhatikan tujuan penulis dan kasus yang diungkap dalam buku.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.

47. Abstrak yaitu ringkasan sebuah karya ilmiah yang disusun dengan memenuhi kriteria sebagai diberikut, kecuali ... .
A. disajikan dalam bentuk paparan informatif
B. bahasa yang dipakai lugas, singkat, padat, dan jelas
C. sekurang-kurangnya meliputi masalah, tujuan, kesimpulan dan masukan
D. riwayat hidup penulis
Jawab:
D. Benar, Abstrak tidak memerlukan riwayat hidup penulis (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 1.

48. Resensi sanggup diartikan sebagai ... .
A. goresan pena dalam bentuk buku
B. goresan pena yang meliputi ulasan terkena nilai sebuah buku
C. lukisan/gambar yang dipakai sebagai gambaran sebuah buku
D. lukisan/gambar yang dipakai sebagai sampul depan sebuah buku
Jawab:
B. Benar, Resensi yaitu goresan pena yang meliputi ulasan terkena nilai sebuah buku atau ada juga yang menyebut timbangan buku.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat Pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.

49. Resensi biasanya disusun dengan memakai pola sebagai diberikut ... .
A. judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
B. perwajahan, judul, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
C. pembukaan, judul, perwajahan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
D. identitas peresensi, judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup
Jawab:
A. Benar, Sistematika penulisan resensi pada umumnya memakai pola tersebut.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.

50. Teknik cutting and glueing dalam pembuatan resensi yaitu … .
A. memotong-motong bagian-bagian buku yang sedang diresensi
B. memotong bagian-bagian penting dan menarikdanunik dari isi buku dan merekatkan satu dengan yang lainnya
C. mengambil penggalan penting isi buku dan memadukannya dengan isi buku lain yang bertema sama
D. mengambil penggalan yang sangat penting dalam buku yang sedang diresensi
Jawab:
B. Benar, Bagian-bagian buku yang dipotong yaitu penggalan yang penting dan menarikdanunik, kemudian direkatkan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2

51. Penulisan resensi yang berserius pada penggalan yang sangat penting atau sangat menarikdanunik yaitu penulisan yang memakai metode ... .
A. cutting and glueing
B. comparing
C. focusing.
D. scanning
Jawab:
C. Benar, Teknik untuk kegiatan menyerupai itu disebut metode comparing.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.

52. Pengertian kerangka karangan dalam proses menulis yaitu ... .
A. bahan-bahan yang akan dipakai di dalam kegiatan menulis
B. alat-alat yang akan dipakai di dalam kegiatan menulis
C. rencana atau rancangan yang meliputi topik dan subtopik yang disusun secara sistematis
D. inspirasi atau gagasan yang akan dikembangkan menjadi sebuah kasus yang akan ditulis
Jawab:
C. Benar, Kerangka karang ialah rencana berupa taktik dalam menuangkan gagasan berupa tulisan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan pada Modul 9, Kegiatan Belajar 1.

53. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990). Penulisan daftar pustaka tersebut tidak tepat, yang sempurna yaitu … .
A. M., Akhmadi. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
B. M., Akhmadi. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
C. Akhmadi, M. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
D. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
Jawab:
D. Benar, Perhatikan tiruana rambu (A, B, dan C)
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.

54 ... Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”. Jika ini sebuah kutipan langsung, maka terdapat beberapa kesalahan, seharusnya yaitu ... .
A. Lis beropini bahwa, “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
B. Lis beropini (2000: 14) ; “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
C. Lis beropini bahwa “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
D. Lis (2000: 14) beropini bahwa “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
Jawab:
D. Benar, Terdapat nama tokoh, tahun terbit, tanda kutip disusun sesuai kaidah.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.

Download Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4110

sepertiyang yang sudah kami sampaikan diatas bahwa selain dalam bentuk artikel, Anda juga bisa pribadi mendownload soal ini dalam bentuk dokumen PDF. Nah diberikut ini Anda bisa Mendownload Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4110 Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahsan soalnya.


Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD MKDU4110 Bahasa Indonesia, semoga soal ini bisa memmenolong Anda dalam memahami materi pada mata kuliah ini dan mempersiapkan diri Anda untuk menghadapi ujian kahir semester nantinya. Jangan lupa untuk menyebarkan artikel kami pada mitra kuliah Anda yang lainnya, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgpaud Mkdu4110 Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban"

Back To Top