loading...
Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen EKMA4366 Pengembangan SDM lengkap dengan kunci jawabanan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) non Pendas yang kini ini sedang menempuh pendidikan pada semester 3. Pada postingan kami sebelumnya kami sudah banyak banyak sekali Soal Ujian UT Manajemen EKMA4213 Manajemen Keuangan, kami konsisten membangun blog Soal UAS UT sebagai wadah untuk membagikan kumpulan soal-soal ujian final semester Soal Ujian UT saja, kami juga mempersembahkan banyak sekali hal lainnya terkait kiprah Anda sebagai Mahasiswa Universitas Terbuka, menyerupai Soal Ujian UT Manajemen dan banyak sekali Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang sudah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih digampangkan dalam mempelajari isi materi pada modul. melaluiataubersamaini hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari tiruana materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal menyerupai ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini sebab tiruana soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.Soal Ujian UT Manajemen Semester 3 lainnya:
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4213 Manajemen Keuangan
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4366 Pengembangan SDM
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4475 Pemamasukan Strategik
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4568 Pemamasukan Jasa
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4312 Ekonomi Managerial
Tentunya Anda akan sangat digampangkan dengan adanya soal menyerupai ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, sebab dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanannya. Kaprikornus Anda sangat digampangkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada final artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan pribadi pada link downloadnya. Kaprikornus Anda tidak perlu lagi melaksanakan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 hingga semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.
Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 hingga dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.
Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4366 Pengembangan SDM lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian final semester nantinya.
A. R. Smith (1988)
B. Nadler and Nadler (1989)
C. Marsick & Watkins (1994)
D. Swanson (1995)
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, berdasarkan Swanson (1995) pengembangan SDM ialah proses pengembangan keahlian seseorang melalui pengembangan organisasi dengan petes personal yang bertujuan peningkatan kinerja
2. Proses jangka panjang yang dirancang untuk meningkatkan potensi dan efektivitas ialah esensi dari…
A. training
B. development
C. learning
D. education
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, development ialah proses jangka panjang yang dirancang untuk meningkatkan potensi dan efektivitas
3. Sebaran geografi, struktur jabatan dan perbedaan generasi ialah faktor penentu pengembangan SDM pada aspek….
A. tren utama
B. kerangka kerja
C. respon individu
D. struktur
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, faktor penentu pengembangan SDM pada respon individu mencakup sebaran Geografi, struktur jabatan, dan perbedaan generasi
4. Keberhasilan jangka panjang suatu perusahaan bukan lagi ditentukan oleh modal, teknologi dan infrastruktur melainkan oleh faktor-faktor intangible, seperti…
A. profitabilitas
B. karyawan inovatif
C. biaya produksi
D. market share
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, karyawan inovatif ialah faktor intangible
5. Menurut Swanson dan Holton III (2001), salah satu dari 3 kiprah strategik pengembangan SDM bagi organisasi antara lain…
A. donasi pengembangan SDM dalam hal pemetaan keahlian individu
B. donasi pengembangan SDM membuat dan menjaga sistem pembelajaran
C. perencanaan organisasi strategik
D. pengembangan SDM berbasis kinerja
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pengembangan SDM mempunyai nilai strategik bagi organisasi mencakup 3 kiprah strategik yakni : 1. pengembangan SDM berbasis kinerja 2. pengembangan SDM dalam mendemonstrasikan kapabilitas strategik 3. pengembangan SDM bersifat responsif terhadap perubahan strategi
6. Reinvensi pengembangan SDM ialah janji untuk menambah kapasitas dan fleksibilitas dalam hal waktu dan harga yang efektif untuk megampangkan penilaian dilakukan oleh pelanggan dan praktisi pengembangan SDM, ialah esensi dari orientasi…
A. strategi
B. pelanggan
C. kinerja
D. akuntabilitas
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pada orientasi akuntabilitas, reinvensi pengembangan SDM ialah janji untuk menambah kapasitas dan fleksibilitas dalam hal waktu dan harga yang efektif untuk megampangkan penilaian dilakukan oleh pelanggan dan praktisi pengembangan SDM
7. Langkah-langkah untuk memmenolong para andal dalam meningkatkan nilai-nilai strategik pengembangan SDM, khususnya dalam menilai kinerja pengembangan SDM dan para staf pengembangan SDM yaitu…
A. mempertimbangkan kondisi bisnis organisasi dan bersikap proaktif dalam mengidentifikasi spesifikasi praktek pengembangan SDM
B. melibatkan praktek dan acara audit pengembangan SDM
C. mengembangkan visi bagi jabatan pengembangan SDM
D. melihat spesifikasi kegiatan pengembangan SDM dan mempertimbangkan kegiatan apa yang dibutuhkan pengembangan SDM
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, melibatkan praktek dan acara audit pengembangan SDM ialah langkah dalam menilai kinerja pengembangan SDM dan para staf pengembangan SDM
8. Manajer yang semakin cakap, cepat dalam mengambil keputusan yang lebih baik sebab kemampuan teknis, kemampuan individu dan kemampuan manajerial yang dimiliki, ialah tujuan dari pengembangan staf dilihat dari aspek…
A. efisiensi
B. moral
C. kepemimpinan
D. konseptual
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pada aspek konseptual, tujuan pengembangan SDM ialah terciptanya staf/manajer yang semakin cakap dan cepat dalam mengambil keputusan yang lebih baik sebab kemampuan teknis, kemampuan individu dan kemampuan manajerial yang dimiliki
9. Faktor-faktor yang tidak mempengaruhi kinerja atau performance yaitu…
A. ability
B. capacity
C. evaluation
D. eficiency
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, kinerja atau performance dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: ability (kemampuan pembawaan), capacity (kemampuan yang sanggup dikembangkan), incentive (insentif material dan non-material), environment (lingkungan daerah kerja), validity (pedoman, petunjuk dan uraian kerja), dan evaluation (umpan balik hasil kerja)
10. Peran untuk menilai kebutuhan petes, mengidentifikasi pengalaman belajar, membuat acara pembelajaran orang dewasa, dan melaksanakan pembiasaan terhadap lingkungan berguru untuk memastikan keberhasilan acara petes ialah kiprah dari …
A. evaluator
B. trainer
C. fasilitator
D. perancang program
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, kiprah dari perancang acara ialah menilai kebutuhan petes, mengidentifikasi pengalaman belajar, membuat acara pembelajaran orang dewasa, dan melaksanakan pembiasaan terhadap lingkungan berguru untuk memastikan keberhasilan acara petes
11. Persfektif pengembangan SDM yang berserius pada kinerja tanpa melalui proses berguru ialah paradigma…
A. pembelajaran
B. kinerja
C. organisasi
D. sumber daya manusia
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, paradigma kinerja ialah pengembangan SDM yang berupaya memperbaiki kapabilitas individual yang bekerja dalam sistem dan memperbaiki sistem pekerjaan
12. Asumsi-asumsi dari paradigma pembelajaran (learning paradigm) diantaranya adalah…
A. pengembangan individual harus holistik atau menyeluruh
B. potensi insan di dalam organisasi harus di pelihara, dihargai dan dikembangkan
C. hasil utama pengembangan SDM bukan spesialuntuk pembelajaran melainkan juga kinerja
D. pengalihan dari pembelajaran ke arah kinerja ialah sangat penting
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, pengembangan individual harus holistik atau menyeluruh ialah perkiraan paradigma pembelajaran
13. Menurut Swanson dan Holton III (2001) terdapat lima pendekatan dalam metateori pembelajaran, tiga diantaranya adalah…
A. berguru sosial, pengembangan individu dan konstruktivisme
B. behaviorisme, kognitivisme dan pengembangan SDM
C. konstruktivisme, humanisme dan pengembangan individu
D. behaviorisme, kognitivisme dan berguru sosial
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, lima pendekatan metateori pembelajaran mencakup behaviorisme, kognitivisme, humanisme, berguru sosial, dan konstruktivisme
14. Teori pembelajaran di mana penekanannya pada proses berguru yang mengharuskan individu untuk sanggup mengembangkan stimulus yang di sanggup ialah teori …
A. behaviorisme
B. kognitivisme
C. humanisme
D. konstruktivisme
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, teori kognitivisme ialah teori pembelajaran di mana penekanannya pada proses berguru yang mengharuskan individu untuk sanggup mengembangkan stimulus yang di dapat
15. Pendekatan andragogi di mana ada interaksi antara fasilitator dengan pebelajar ialah elemen…
A. mempersiapkan pebelajar
B. perencanaan
C. suasana
D. penetapan tujuan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, pendekatan andragogi di mana ada interaksi antara fasilitator dengan pebelajar ialah elemen perencanaan
16. Model yang melihat kinerja sebagai sebuah sistem dari organisasi di sebut model…
A. kinerja individual
B. kinerja multilevel
C. pembelajaran tingkat individual
D. pembelajaran tingkat organisasional
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, model kinerja multilevel melihat kinerja sebagai sebuah sistem dari organisasi
17. Penjelasan terkena apa yang terdapat dalam sebuah fenomena dan bagaimana hal tersebut berlangsung ialah pengertian teori menurut…
A. Lynham (2006) dalam Swanson & Holton III (2001)
B. Torraco (1997) dalam Swanson & Holton III (2001)
C. Warfield (1995)
D. Taliziduhu Ndraha ( 2002)
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, berdasarkan Torraco (1997) dalam Swanson & Holton III (2001) sebuah teori secara sederhana membuktikan terkena apa yang terdapat dalam sebuah fenomena dan bagaimana hal tersebut berlangsung
18. Proses yang sistematis dalam menerapkan perubahan organisasi yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja ialah pengertian operasional dari…
A. petes dan pengembangan
B. pengembangan SDM
C. pengembangan organisasi
D. perancang organisasi
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, pengembangan organisasi ialah proses yang sistematis dalam menerapkan perubahan organisasi yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja
19. Berikut ini ialah perspektif teori sistem yang digunakan untuk membangun teori sistem pengembangan SDM secara spesifik, kecuali teori…
A. sistem umum
B. psikologi
C. kekacauan
D. masa depan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, secara spesifik terdapat tiga perspektif teori sistem yang digunakan untuk membangun teori sistem pengembangan SDM, yaitu: - teori sistem umum (general system theory) - teori kekacauan (chaos theory ) - teori masa depan (future theory)
20. Sumber Daya Manusia (SDM) ialah modal yang dimiliki organisasi yang harus dikembangkan. Pernyataan tersebut ialah esensi dari teori…
A. modal manusia
B. kelangkaan sumber daya
C. sumber daya berkelanjutan
D. mempertahankan sumber
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, teori modal insan beranggapan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) ialah modal yang dimiliki organisasi yang harus dikembangkan
21. Menurut Robinson dalam Marjuki (1992), manfaat petes bagi organisasi meliputi…
A. alat untuk memperbaiki penampilan/kemampuan individu atau kelompok dengan keinginan memperbaiki performance organisasi
B. memperbaiki sikap terhadap pekerjaan, pimpinan atau karyawan
C. memperbaiki standar keselamatan kerja
D. Jawaban A, B, dan C tiruana benar
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, Robinson dalam Marjuki (1992) menyatakan bahwa bagi sebuah organisasi, petes sanggup mempersembahkan manfaat, yaitu: -alat untuk memperbaiki penampilan/kemampuan individu atau kelompok dengan keinginan memperbaiki performance organisasi -keterampilan tertentu diajarkan biar para karyawan sanggup melaksanakan kiprah sesuai dengan standar yang diinginkan -memperbaiki sikap terhadap pekerjaan, pimpinan atau karyawan -memperbaiki standar keselamatan kerja
22. Anggota tim yang berperan menerjemahkan ide-ide ke dalam realitas sehingga berfungsi sebagai implementator, yaitu…
A. ideator
B. inventor
C. technical gatekeeper
D. market gatekeeper
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, seorang penemu atau inventor menerjemahkan ide-ide ke realitas sehingga berfungsi sebagai implementator
23. Salah satu metode petes karyawan operasional di mana cara pengajarannya ialah dengan mempersembahkan tes-tes terhadap apa yang sudah dipelajari trainee sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu disebut…
A. tanya-jawaban
B. drill
C. diskusi
D. pemdiberian kiprah belajar
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, metode petes atau drill ialah suatu cara mengajar dengan mempersembahkan tes-tes terhadap apa yang sudah dipelajari trainee sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu
24. Salah satu prinsip dalam membuat performance sasaran yang efektif ialah setiap pemimpin harus berperan menyerupai seorang ‘coach’, di mana beliau harus memimpin karyawannya untuk menghadapi kompetitor dalam waktu yang sudah ditentukan, yaitu disebut…
A. spesific
B. agreed
C. realistic
D. time-bound
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pada time-bound setiap pemimpin harus berperan menyerupai seorang 'coach', di mana harus memimpin karyawannya untuk menghadapi kompetitor dalam waktu yang sudah ditentukan
25. Kemampuan yang harus dimiliki seorang manajer dan administrator organisasi, antara lain…
A. pintar berfantasi
B. berpikir secara lokal dan bertindak secara global
C. tidak mendapatkan suasana chaos
D. menggerakkan keinginan dan keyakinan diri para staf
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, kemampuan yang harus dimiliki seorang manajer dan administrator organisasi antara lain menggerakkan keinginan dan keyakinan diri para staf
26. Suatu acara yang mendefinisikan bagaimana tugas, kewenangan, dan sistem diorganisasikan serta diintegrasikan dalam unit organisasi dan pekerjaan individu, disebut…
A. pengembangan organisasi
B. desain jabatan/organisasi
C. perencanaan SDM
D. petes dan pengembangan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, desain jabatan/organisasi yaitu mendefinisikan bagaimana tugas, kewenangan, dan sistem diorganisasikan dan diintegrasikan dalam unit organisasi dan pekerjaan individu
27. Konsep yang mempersembahkan citra terkena riset SDM dan sistem info adalah…
A. memilih kebutuhan, taktik dan filosofi SDM yang utama dalam organisasi
B. menjamin kesehatan hubungan antar dan intra unit kerja, dan memmenolong kelompok dalam organisasi memulai dan mengelola perubahan
C. menjamin basis data dan info SDM dalam organisasi
D. menjamin hubungan yang sehat antara karyawan dan administrasi dalam organisasi
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, konsep yang mempersembahkan citra terkena riset SDM dan sistem Informasi ialah menjamin basis data dan info SDM dalam organisasi
28. Salah satu persyaratan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai tujuannya, yaitu...
A. misi
B. motivasi
C. komunikasi
D. kapabilitas
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, persyaratan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan organisasi mencapai tujuannya yaitu: - misi - kompetensi - info - kultur
29. Konsep yang mempersembahkan rumusan terkena kapabilitas yang harus dimiliki individu untuk melaksanakan suatu jabatan atau pekerjaan berdasar pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan kinerja yang dipersyaratkan, disebut…
A. kompetensi
B. model kompetensi
C. standar kompetensi
D. petes berbasis kompetensi
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, standar kompetensi ialah rumusan terkena kapabilitas yang harus dimiliki individu untuk melaksanakan suatu jabatan atau pekerjaan berdasar pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan kinerja
30. Salah satu keterbatasan dari petes berbasis kompetensi adalah…
A. lebih banyak waktu digunakan untuk bekerja sama dengan penerima secara individual atau kelompok kecil, bukan mempersembahkan ceramah
B. lebih banyak waktu digunakan untuk mengevaluasi kemampuan penerima dalam melaksanakan keterampilan kerja yang esensial
C. kiprah instruktur ialah sebagai fasilitator belajar, bukan penyedia informasi
D. acara akan seefektif proses yang digunakan untuk mengidentifikasi kompetensi, namun bila kurang dalam mengidentifikasi keterampilan kerja yang esensial, maka hasil acara akan kurang efektif
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, salah satu keterbatasan dari petes berbasis kompetensi ialah acara akan seefektif proses yang digunakan untuk mengidentifikasi kompetensi, bila kurang dalam mengidentifikasi keterampilan kerja yang esensial, maka hasil acara akan kurang efektif
31. Organisasi harus bisa untuk mengklarifikasi dan mendalami visi pribadi, memseriuskan energi, mengembangkan kesabaran, dan memandang realitas secara adil ialah salah satu the fifth dicipline,yaitu…
A. berpikir sistem
B. pola mental
C. penguasaan pribadi
D. visi bersama
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, organisasi harus bisa untuk mengklarifikasi dan mendalami visi pribadi, memseriuskan energi, mengembangkan kesabaran, dan memandang realitas secara adil ialah salah satu the fifth dicipline, yaitu penguasaan pribadi
32. Tentukan mana yang bukan menjadi pokok pikiran penting yang mencirikan organisasi belajar….
A. memakai hasil berguru untuk mencapai kinerja yang lebih baik
B. adaptif terhadap lingkungan internal
C. mengembangkan kemampuan untuk berguru secara individual dan kolektif
D. meningkatkan kapabilitas untuk berubah secara berkelanjutan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, pokok pikiran penting yang mencirikan organisasi berguru yaitu: -adaptif terhadap lingkungan eksternal -meningkatkan kapabilitas untuk berubah secara berkelanjutan -mengembangkan kemampuan untuk berguru secara individual dan kolektif -menggunakan hasil berguru untuk mencapai kinerja yang lebih baik
33. Empat tipe pembelajaran yang dikembangkan dalam organisasi berguru sanggup diaplikasikan kepada tiga tingkat penerima belajar, yaitu…
A. individu – organisasi – kelompok
B. kelompok – organisasi – individu
C. individu – kelompok – organisasi
D. organisasi – individu – kelompok
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, empat tipe pembelajaran yang dikembangkan dalam organisasi berguru sanggup diaplikasikan kepada tiga tingkat penerima belajar, yaitu individu – kelompok – organisasi
34. Peningkatan intelektual dan kapabilitas produksi yang diperoleh dari janji organisasi dan peluang untuk melaksanakan perbaikan secara berkelanjutan ialah salah satu tingkatan berguru atau level of learning, yaitu…
A. individual learning
B. group or team learning
C. learning organization
D. organizational learning
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, organizational learning ialah peningkatan intelektual dan kapabilitas produksi yang diperoleh dari janji organisasi dan peluang untuk melaksanakan perbaikan secara berkelanjutan
35. Pendekatan yang tidak digunakan dalam membangun organisasi berguru yaitu pendekatan…
A. pendekatan sistem
B. pendekatan sistematik
C. pendekatan proses
D. pengembangan organisasi
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, pendekatan yang digunakan dalam membangun organisasi berguru mencakup pendekatan sistem, pendekatan sistematik dan pengembangan organisasi
36. Semua pekerjaan atau jabatan yang ditangani atau di pegang selama kehidupan kerja seseorang ialah definisi karier menurut…
A. Hguaman et al. (1983)
B. Handoko (2000)
C. Simamora (2001)
D. Soetjipto, dkk. (2002)
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, tiruana pekerjaan atau jabatan yang ditangani atau di pegang selama kehidupan kerja seseorang ialah definisi karier berdasarkan Handoko (2000)
37. Elemen utama perencanaan karier yaitu perencanaan karier…
A. individual
B. organisasional
C. internal
D. Jawaban A dan B, benar
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, perencanaan karier terdiri atas dua elemen utama yaitu perencanaan karier individual (individual career planning) dan perencanaan karier organisasional (organizational career planning)
38. Akuntan dan bankir ialah pola dari jenis orientasi pribadi, yaitu orientasi…
A. konvensional
B. investigatif
C. perusahaan
D. realistik
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, akuntan dan bankir ialah pola dari jenis orientasi pribadi yaitu orientasi konvensional
39. Sebuah proses yang dilakukan untuk memotivasi dan meningkatkan kreativitas serta memdiberi ide kepada klien untuk meterbaikkan potensi personal dan profesionalnya ialah esensi dari…
A. counseling
B. training
C. coaching
D. controlling
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, coaching ialah sebuah proses yang dilakukan untuk memotivasi dan meningkatkan kreativitas serta memdiberi ide kepada klien untuk meterbaikkan potensi personal dan profesionalnya
40. Jenis konseling di mana kiprah konselor cenderung lebih banyak didominasi atau berserius pada kelancaran kiprah dan fungsi organisasi, yaitu…
A. nondirecting conseling
B. directive conseling
C. cooperative counseling
D. noncooperative counseling
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, jenis konseling di mana kiprah konselor cenderung lebih banyak didominasi atau berserius pada kelancaran kiprah dan fungsi organisasi ialah tipe directive conseling
41. Salah satu manfaat dari penilaian pengembangan SDM dan pembelajaran yaitu…
A. mempersiapkan pegawai biar bisa mencapai standar kualitas kerja
B. menyegarkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki
C. menyiapkan pegawai menghadapi pekerjaan baru
D. pimpinan lebih bisa memprediksi potensi karyawan
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, salah satu manfaat dari penilaian pengembangan SDM dan pembelajaran yaitu pimpinan lebih bisa memprediksi potensi karyawan
42. Berikut ini ialah tindakan yang dilakukan para profesional SDM untuk mengatasi kendala pada penilaian pengembangan SDM, kecuali…
A. membuat sasaran proporsi petes dan anggaran SDM pada proses evaluasi
B. melaksanakan metode Total Quality Management (TQM ) dalam pengembangan SDM
C. mendidik para administrator untuk penilaian yang tepat
D. meminimalisir pengambilan risiko untuk mencapai tujuan evaluasi
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, tindakan yang tidak dilakukan para profesional SDM untuk mengatasi kendala pada penilaian pengembangan SDM, yaitu melaksanakan metode TQM dalam pengembangan SDM
43. Evaluasi yang berserius pada pengoperasian pengembangan SDM dengan pemfokusan pada bagaimana dan mengapa pekerjaan tidak sanggup berlangsung, yaitu evaluasi…
A. usaha
B. proses
C. efisiensi
D. pelaksanaan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, Evaluasi proses berserius pada pengoperasian pengembangan SDM, dengan pemfokusan pada bagaimana dan mengapa pekerjaan tidak sanggup berlangsung
44. Salah satu level penilaian berdasarkan Kirkpatrick, D. L. ialah level…
A. proses
B. konten
C. dampak
D. hasil
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, level penilaian berdasarkan Kirkpatrick, D. L. (1994) yaitu level reaksi, pembelajaran, sikap dan dampak
45. Model benchmarking yang paling sederhana berdasarkan Deming terdiri atas 4 tahap yaitu ...
A. POAC
B. PDCA
C. CIPP
D. ARCH
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, model benchmarking yang paling sederhana berdasarkan Deming terdiri atas 4 tahap yaitu plan, do, check, dan act atau PDCA
Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk pribadi menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian final semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4366 Pengembangan SDM, semoga soal ini sanggup memmenolong Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca banyak sekali soal lainnya spesialuntuk di blog soal uas ut, dan tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog ini pada mitra Anda yang lainnya dan menyebarkan artikel ini ke sosial media, terima kasih.
Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4366 Pengembangan SDM lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian final semester nantinya.
Soal Ujian UT Manajemen EKMA4366
1. Pengembangan SDM ialah proses pengembangan keahlian seseorang melalui pengembangan organisasi dengan petes personal yang bertujuan meningkatan kinerjA. Pernyataan tersebut ialah pengertian pengembangan SDM menurut...A. R. Smith (1988)
B. Nadler and Nadler (1989)
C. Marsick & Watkins (1994)
D. Swanson (1995)
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, berdasarkan Swanson (1995) pengembangan SDM ialah proses pengembangan keahlian seseorang melalui pengembangan organisasi dengan petes personal yang bertujuan peningkatan kinerja
2. Proses jangka panjang yang dirancang untuk meningkatkan potensi dan efektivitas ialah esensi dari…
A. training
B. development
C. learning
D. education
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, development ialah proses jangka panjang yang dirancang untuk meningkatkan potensi dan efektivitas
3. Sebaran geografi, struktur jabatan dan perbedaan generasi ialah faktor penentu pengembangan SDM pada aspek….
A. tren utama
B. kerangka kerja
C. respon individu
D. struktur
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, faktor penentu pengembangan SDM pada respon individu mencakup sebaran Geografi, struktur jabatan, dan perbedaan generasi
4. Keberhasilan jangka panjang suatu perusahaan bukan lagi ditentukan oleh modal, teknologi dan infrastruktur melainkan oleh faktor-faktor intangible, seperti…
A. profitabilitas
B. karyawan inovatif
C. biaya produksi
D. market share
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, karyawan inovatif ialah faktor intangible
5. Menurut Swanson dan Holton III (2001), salah satu dari 3 kiprah strategik pengembangan SDM bagi organisasi antara lain…
A. donasi pengembangan SDM dalam hal pemetaan keahlian individu
B. donasi pengembangan SDM membuat dan menjaga sistem pembelajaran
C. perencanaan organisasi strategik
D. pengembangan SDM berbasis kinerja
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pengembangan SDM mempunyai nilai strategik bagi organisasi mencakup 3 kiprah strategik yakni : 1. pengembangan SDM berbasis kinerja 2. pengembangan SDM dalam mendemonstrasikan kapabilitas strategik 3. pengembangan SDM bersifat responsif terhadap perubahan strategi
6. Reinvensi pengembangan SDM ialah janji untuk menambah kapasitas dan fleksibilitas dalam hal waktu dan harga yang efektif untuk megampangkan penilaian dilakukan oleh pelanggan dan praktisi pengembangan SDM, ialah esensi dari orientasi…
A. strategi
B. pelanggan
C. kinerja
D. akuntabilitas
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pada orientasi akuntabilitas, reinvensi pengembangan SDM ialah janji untuk menambah kapasitas dan fleksibilitas dalam hal waktu dan harga yang efektif untuk megampangkan penilaian dilakukan oleh pelanggan dan praktisi pengembangan SDM
7. Langkah-langkah untuk memmenolong para andal dalam meningkatkan nilai-nilai strategik pengembangan SDM, khususnya dalam menilai kinerja pengembangan SDM dan para staf pengembangan SDM yaitu…
A. mempertimbangkan kondisi bisnis organisasi dan bersikap proaktif dalam mengidentifikasi spesifikasi praktek pengembangan SDM
B. melibatkan praktek dan acara audit pengembangan SDM
C. mengembangkan visi bagi jabatan pengembangan SDM
D. melihat spesifikasi kegiatan pengembangan SDM dan mempertimbangkan kegiatan apa yang dibutuhkan pengembangan SDM
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, melibatkan praktek dan acara audit pengembangan SDM ialah langkah dalam menilai kinerja pengembangan SDM dan para staf pengembangan SDM
8. Manajer yang semakin cakap, cepat dalam mengambil keputusan yang lebih baik sebab kemampuan teknis, kemampuan individu dan kemampuan manajerial yang dimiliki, ialah tujuan dari pengembangan staf dilihat dari aspek…
A. efisiensi
B. moral
C. kepemimpinan
D. konseptual
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pada aspek konseptual, tujuan pengembangan SDM ialah terciptanya staf/manajer yang semakin cakap dan cepat dalam mengambil keputusan yang lebih baik sebab kemampuan teknis, kemampuan individu dan kemampuan manajerial yang dimiliki
9. Faktor-faktor yang tidak mempengaruhi kinerja atau performance yaitu…
A. ability
B. capacity
C. evaluation
D. eficiency
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, kinerja atau performance dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: ability (kemampuan pembawaan), capacity (kemampuan yang sanggup dikembangkan), incentive (insentif material dan non-material), environment (lingkungan daerah kerja), validity (pedoman, petunjuk dan uraian kerja), dan evaluation (umpan balik hasil kerja)
10. Peran untuk menilai kebutuhan petes, mengidentifikasi pengalaman belajar, membuat acara pembelajaran orang dewasa, dan melaksanakan pembiasaan terhadap lingkungan berguru untuk memastikan keberhasilan acara petes ialah kiprah dari …
A. evaluator
B. trainer
C. fasilitator
D. perancang program
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, kiprah dari perancang acara ialah menilai kebutuhan petes, mengidentifikasi pengalaman belajar, membuat acara pembelajaran orang dewasa, dan melaksanakan pembiasaan terhadap lingkungan berguru untuk memastikan keberhasilan acara petes
11. Persfektif pengembangan SDM yang berserius pada kinerja tanpa melalui proses berguru ialah paradigma…
A. pembelajaran
B. kinerja
C. organisasi
D. sumber daya manusia
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, paradigma kinerja ialah pengembangan SDM yang berupaya memperbaiki kapabilitas individual yang bekerja dalam sistem dan memperbaiki sistem pekerjaan
12. Asumsi-asumsi dari paradigma pembelajaran (learning paradigm) diantaranya adalah…
A. pengembangan individual harus holistik atau menyeluruh
B. potensi insan di dalam organisasi harus di pelihara, dihargai dan dikembangkan
C. hasil utama pengembangan SDM bukan spesialuntuk pembelajaran melainkan juga kinerja
D. pengalihan dari pembelajaran ke arah kinerja ialah sangat penting
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, pengembangan individual harus holistik atau menyeluruh ialah perkiraan paradigma pembelajaran
13. Menurut Swanson dan Holton III (2001) terdapat lima pendekatan dalam metateori pembelajaran, tiga diantaranya adalah…
A. berguru sosial, pengembangan individu dan konstruktivisme
B. behaviorisme, kognitivisme dan pengembangan SDM
C. konstruktivisme, humanisme dan pengembangan individu
D. behaviorisme, kognitivisme dan berguru sosial
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, lima pendekatan metateori pembelajaran mencakup behaviorisme, kognitivisme, humanisme, berguru sosial, dan konstruktivisme
14. Teori pembelajaran di mana penekanannya pada proses berguru yang mengharuskan individu untuk sanggup mengembangkan stimulus yang di sanggup ialah teori …
A. behaviorisme
B. kognitivisme
C. humanisme
D. konstruktivisme
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, teori kognitivisme ialah teori pembelajaran di mana penekanannya pada proses berguru yang mengharuskan individu untuk sanggup mengembangkan stimulus yang di dapat
15. Pendekatan andragogi di mana ada interaksi antara fasilitator dengan pebelajar ialah elemen…
A. mempersiapkan pebelajar
B. perencanaan
C. suasana
D. penetapan tujuan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, pendekatan andragogi di mana ada interaksi antara fasilitator dengan pebelajar ialah elemen perencanaan
16. Model yang melihat kinerja sebagai sebuah sistem dari organisasi di sebut model…
A. kinerja individual
B. kinerja multilevel
C. pembelajaran tingkat individual
D. pembelajaran tingkat organisasional
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, model kinerja multilevel melihat kinerja sebagai sebuah sistem dari organisasi
17. Penjelasan terkena apa yang terdapat dalam sebuah fenomena dan bagaimana hal tersebut berlangsung ialah pengertian teori menurut…
A. Lynham (2006) dalam Swanson & Holton III (2001)
B. Torraco (1997) dalam Swanson & Holton III (2001)
C. Warfield (1995)
D. Taliziduhu Ndraha ( 2002)
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, berdasarkan Torraco (1997) dalam Swanson & Holton III (2001) sebuah teori secara sederhana membuktikan terkena apa yang terdapat dalam sebuah fenomena dan bagaimana hal tersebut berlangsung
18. Proses yang sistematis dalam menerapkan perubahan organisasi yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja ialah pengertian operasional dari…
A. petes dan pengembangan
B. pengembangan SDM
C. pengembangan organisasi
D. perancang organisasi
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, pengembangan organisasi ialah proses yang sistematis dalam menerapkan perubahan organisasi yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja
19. Berikut ini ialah perspektif teori sistem yang digunakan untuk membangun teori sistem pengembangan SDM secara spesifik, kecuali teori…
A. sistem umum
B. psikologi
C. kekacauan
D. masa depan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, secara spesifik terdapat tiga perspektif teori sistem yang digunakan untuk membangun teori sistem pengembangan SDM, yaitu: - teori sistem umum (general system theory) - teori kekacauan (chaos theory ) - teori masa depan (future theory)
20. Sumber Daya Manusia (SDM) ialah modal yang dimiliki organisasi yang harus dikembangkan. Pernyataan tersebut ialah esensi dari teori…
A. modal manusia
B. kelangkaan sumber daya
C. sumber daya berkelanjutan
D. mempertahankan sumber
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, teori modal insan beranggapan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) ialah modal yang dimiliki organisasi yang harus dikembangkan
21. Menurut Robinson dalam Marjuki (1992), manfaat petes bagi organisasi meliputi…
A. alat untuk memperbaiki penampilan/kemampuan individu atau kelompok dengan keinginan memperbaiki performance organisasi
B. memperbaiki sikap terhadap pekerjaan, pimpinan atau karyawan
C. memperbaiki standar keselamatan kerja
D. Jawaban A, B, dan C tiruana benar
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, Robinson dalam Marjuki (1992) menyatakan bahwa bagi sebuah organisasi, petes sanggup mempersembahkan manfaat, yaitu: -alat untuk memperbaiki penampilan/kemampuan individu atau kelompok dengan keinginan memperbaiki performance organisasi -keterampilan tertentu diajarkan biar para karyawan sanggup melaksanakan kiprah sesuai dengan standar yang diinginkan -memperbaiki sikap terhadap pekerjaan, pimpinan atau karyawan -memperbaiki standar keselamatan kerja
22. Anggota tim yang berperan menerjemahkan ide-ide ke dalam realitas sehingga berfungsi sebagai implementator, yaitu…
A. ideator
B. inventor
C. technical gatekeeper
D. market gatekeeper
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, seorang penemu atau inventor menerjemahkan ide-ide ke realitas sehingga berfungsi sebagai implementator
23. Salah satu metode petes karyawan operasional di mana cara pengajarannya ialah dengan mempersembahkan tes-tes terhadap apa yang sudah dipelajari trainee sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu disebut…
A. tanya-jawaban
B. drill
C. diskusi
D. pemdiberian kiprah belajar
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, metode petes atau drill ialah suatu cara mengajar dengan mempersembahkan tes-tes terhadap apa yang sudah dipelajari trainee sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu
24. Salah satu prinsip dalam membuat performance sasaran yang efektif ialah setiap pemimpin harus berperan menyerupai seorang ‘coach’, di mana beliau harus memimpin karyawannya untuk menghadapi kompetitor dalam waktu yang sudah ditentukan, yaitu disebut…
A. spesific
B. agreed
C. realistic
D. time-bound
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, pada time-bound setiap pemimpin harus berperan menyerupai seorang 'coach', di mana harus memimpin karyawannya untuk menghadapi kompetitor dalam waktu yang sudah ditentukan
25. Kemampuan yang harus dimiliki seorang manajer dan administrator organisasi, antara lain…
A. pintar berfantasi
B. berpikir secara lokal dan bertindak secara global
C. tidak mendapatkan suasana chaos
D. menggerakkan keinginan dan keyakinan diri para staf
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, kemampuan yang harus dimiliki seorang manajer dan administrator organisasi antara lain menggerakkan keinginan dan keyakinan diri para staf
26. Suatu acara yang mendefinisikan bagaimana tugas, kewenangan, dan sistem diorganisasikan serta diintegrasikan dalam unit organisasi dan pekerjaan individu, disebut…
A. pengembangan organisasi
B. desain jabatan/organisasi
C. perencanaan SDM
D. petes dan pengembangan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, desain jabatan/organisasi yaitu mendefinisikan bagaimana tugas, kewenangan, dan sistem diorganisasikan dan diintegrasikan dalam unit organisasi dan pekerjaan individu
27. Konsep yang mempersembahkan citra terkena riset SDM dan sistem info adalah…
A. memilih kebutuhan, taktik dan filosofi SDM yang utama dalam organisasi
B. menjamin kesehatan hubungan antar dan intra unit kerja, dan memmenolong kelompok dalam organisasi memulai dan mengelola perubahan
C. menjamin basis data dan info SDM dalam organisasi
D. menjamin hubungan yang sehat antara karyawan dan administrasi dalam organisasi
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, konsep yang mempersembahkan citra terkena riset SDM dan sistem Informasi ialah menjamin basis data dan info SDM dalam organisasi
28. Salah satu persyaratan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai tujuannya, yaitu...
A. misi
B. motivasi
C. komunikasi
D. kapabilitas
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, persyaratan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan organisasi mencapai tujuannya yaitu: - misi - kompetensi - info - kultur
29. Konsep yang mempersembahkan rumusan terkena kapabilitas yang harus dimiliki individu untuk melaksanakan suatu jabatan atau pekerjaan berdasar pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan kinerja yang dipersyaratkan, disebut…
A. kompetensi
B. model kompetensi
C. standar kompetensi
D. petes berbasis kompetensi
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, standar kompetensi ialah rumusan terkena kapabilitas yang harus dimiliki individu untuk melaksanakan suatu jabatan atau pekerjaan berdasar pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan kinerja
30. Salah satu keterbatasan dari petes berbasis kompetensi adalah…
A. lebih banyak waktu digunakan untuk bekerja sama dengan penerima secara individual atau kelompok kecil, bukan mempersembahkan ceramah
B. lebih banyak waktu digunakan untuk mengevaluasi kemampuan penerima dalam melaksanakan keterampilan kerja yang esensial
C. kiprah instruktur ialah sebagai fasilitator belajar, bukan penyedia informasi
D. acara akan seefektif proses yang digunakan untuk mengidentifikasi kompetensi, namun bila kurang dalam mengidentifikasi keterampilan kerja yang esensial, maka hasil acara akan kurang efektif
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, salah satu keterbatasan dari petes berbasis kompetensi ialah acara akan seefektif proses yang digunakan untuk mengidentifikasi kompetensi, bila kurang dalam mengidentifikasi keterampilan kerja yang esensial, maka hasil acara akan kurang efektif
31. Organisasi harus bisa untuk mengklarifikasi dan mendalami visi pribadi, memseriuskan energi, mengembangkan kesabaran, dan memandang realitas secara adil ialah salah satu the fifth dicipline,yaitu…
A. berpikir sistem
B. pola mental
C. penguasaan pribadi
D. visi bersama
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, organisasi harus bisa untuk mengklarifikasi dan mendalami visi pribadi, memseriuskan energi, mengembangkan kesabaran, dan memandang realitas secara adil ialah salah satu the fifth dicipline, yaitu penguasaan pribadi
32. Tentukan mana yang bukan menjadi pokok pikiran penting yang mencirikan organisasi belajar….
A. memakai hasil berguru untuk mencapai kinerja yang lebih baik
B. adaptif terhadap lingkungan internal
C. mengembangkan kemampuan untuk berguru secara individual dan kolektif
D. meningkatkan kapabilitas untuk berubah secara berkelanjutan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, pokok pikiran penting yang mencirikan organisasi berguru yaitu: -adaptif terhadap lingkungan eksternal -meningkatkan kapabilitas untuk berubah secara berkelanjutan -mengembangkan kemampuan untuk berguru secara individual dan kolektif -menggunakan hasil berguru untuk mencapai kinerja yang lebih baik
33. Empat tipe pembelajaran yang dikembangkan dalam organisasi berguru sanggup diaplikasikan kepada tiga tingkat penerima belajar, yaitu…
A. individu – organisasi – kelompok
B. kelompok – organisasi – individu
C. individu – kelompok – organisasi
D. organisasi – individu – kelompok
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, empat tipe pembelajaran yang dikembangkan dalam organisasi berguru sanggup diaplikasikan kepada tiga tingkat penerima belajar, yaitu individu – kelompok – organisasi
34. Peningkatan intelektual dan kapabilitas produksi yang diperoleh dari janji organisasi dan peluang untuk melaksanakan perbaikan secara berkelanjutan ialah salah satu tingkatan berguru atau level of learning, yaitu…
A. individual learning
B. group or team learning
C. learning organization
D. organizational learning
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, organizational learning ialah peningkatan intelektual dan kapabilitas produksi yang diperoleh dari janji organisasi dan peluang untuk melaksanakan perbaikan secara berkelanjutan
35. Pendekatan yang tidak digunakan dalam membangun organisasi berguru yaitu pendekatan…
A. pendekatan sistem
B. pendekatan sistematik
C. pendekatan proses
D. pengembangan organisasi
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, pendekatan yang digunakan dalam membangun organisasi berguru mencakup pendekatan sistem, pendekatan sistematik dan pengembangan organisasi
36. Semua pekerjaan atau jabatan yang ditangani atau di pegang selama kehidupan kerja seseorang ialah definisi karier menurut…
A. Hguaman et al. (1983)
B. Handoko (2000)
C. Simamora (2001)
D. Soetjipto, dkk. (2002)
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, tiruana pekerjaan atau jabatan yang ditangani atau di pegang selama kehidupan kerja seseorang ialah definisi karier berdasarkan Handoko (2000)
37. Elemen utama perencanaan karier yaitu perencanaan karier…
A. individual
B. organisasional
C. internal
D. Jawaban A dan B, benar
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, perencanaan karier terdiri atas dua elemen utama yaitu perencanaan karier individual (individual career planning) dan perencanaan karier organisasional (organizational career planning)
38. Akuntan dan bankir ialah pola dari jenis orientasi pribadi, yaitu orientasi…
A. konvensional
B. investigatif
C. perusahaan
D. realistik
Jawab:
A. Jawaban Anda benar, akuntan dan bankir ialah pola dari jenis orientasi pribadi yaitu orientasi konvensional
39. Sebuah proses yang dilakukan untuk memotivasi dan meningkatkan kreativitas serta memdiberi ide kepada klien untuk meterbaikkan potensi personal dan profesionalnya ialah esensi dari…
A. counseling
B. training
C. coaching
D. controlling
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, coaching ialah sebuah proses yang dilakukan untuk memotivasi dan meningkatkan kreativitas serta memdiberi ide kepada klien untuk meterbaikkan potensi personal dan profesionalnya
40. Jenis konseling di mana kiprah konselor cenderung lebih banyak didominasi atau berserius pada kelancaran kiprah dan fungsi organisasi, yaitu…
A. nondirecting conseling
B. directive conseling
C. cooperative counseling
D. noncooperative counseling
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, jenis konseling di mana kiprah konselor cenderung lebih banyak didominasi atau berserius pada kelancaran kiprah dan fungsi organisasi ialah tipe directive conseling
41. Salah satu manfaat dari penilaian pengembangan SDM dan pembelajaran yaitu…
A. mempersiapkan pegawai biar bisa mencapai standar kualitas kerja
B. menyegarkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki
C. menyiapkan pegawai menghadapi pekerjaan baru
D. pimpinan lebih bisa memprediksi potensi karyawan
Jawab:
D. Jawaban Anda benar, salah satu manfaat dari penilaian pengembangan SDM dan pembelajaran yaitu pimpinan lebih bisa memprediksi potensi karyawan
42. Berikut ini ialah tindakan yang dilakukan para profesional SDM untuk mengatasi kendala pada penilaian pengembangan SDM, kecuali…
A. membuat sasaran proporsi petes dan anggaran SDM pada proses evaluasi
B. melaksanakan metode Total Quality Management (TQM ) dalam pengembangan SDM
C. mendidik para administrator untuk penilaian yang tepat
D. meminimalisir pengambilan risiko untuk mencapai tujuan evaluasi
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, tindakan yang tidak dilakukan para profesional SDM untuk mengatasi kendala pada penilaian pengembangan SDM, yaitu melaksanakan metode TQM dalam pengembangan SDM
43. Evaluasi yang berserius pada pengoperasian pengembangan SDM dengan pemfokusan pada bagaimana dan mengapa pekerjaan tidak sanggup berlangsung, yaitu evaluasi…
A. usaha
B. proses
C. efisiensi
D. pelaksanaan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, Evaluasi proses berserius pada pengoperasian pengembangan SDM, dengan pemfokusan pada bagaimana dan mengapa pekerjaan tidak sanggup berlangsung
44. Salah satu level penilaian berdasarkan Kirkpatrick, D. L. ialah level…
A. proses
B. konten
C. dampak
D. hasil
Jawab:
C. Jawaban Anda benar, level penilaian berdasarkan Kirkpatrick, D. L. (1994) yaitu level reaksi, pembelajaran, sikap dan dampak
45. Model benchmarking yang paling sederhana berdasarkan Deming terdiri atas 4 tahap yaitu ...
A. POAC
B. PDCA
C. CIPP
D. ARCH
Jawab:
B. Jawaban Anda benar, model benchmarking yang paling sederhana berdasarkan Deming terdiri atas 4 tahap yaitu plan, do, check, dan act atau PDCA
Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4366
Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa Anda bisa mendownload soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang sudah kami sediakan untuk Anda. Hal ini kami lakukan untuk mempergampang Anda menyimpan dokumen, sebab terkadang ada dari Mahasiswa yang kesusahan untuk mengcopy-paste artikel, jadi untuk itu kami menyiapkan link download dalam bentuk file dokumen PDF. Nah untuk mendownload soal uas EKMA4366 Pengembangan SDM, silahkan Anda klik link dibahwa ini.Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk pribadi menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian final semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4366 Pengembangan SDM, semoga soal ini sanggup memmenolong Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca banyak sekali soal lainnya spesialuntuk di blog soal uas ut, dan tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog ini pada mitra Anda yang lainnya dan menyebarkan artikel ini ke sosial media, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Administrasi Ekma4366 Pengembangan Sdm Beserta Kunci Jawaban"