Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4306 Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Aud Beserta Kunci Jawaban

loading...
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4306 Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD beserta kunci jawabanan dan pembahasan soal kami bagikan untuk Anda Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) jurusan S1 PGPAUD (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini) yang kini sedang menempuh pendidikan pada semester 6. Pada artikel kami sebelumnya kami sudah membuatkan Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4305 Dasar-dasar Matematika dan Sains. Soal Ujian UT untuk Mahasiswa Pendas ini tak spesialuntuk kami sajikan dalam bentuk artikel saja, namun kami juga sudah menyediakan soal dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda unduh eksklusif pada final artikel ini.

Soal UT yang kami bagikan ini, yang mana Anda ketahui bahwa kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanannya, jadi sangat memungkinkan sekali Anda bisa mempelajari soal secara online. Banyaknya mata kuliah yang harus diujiankan dibandingkan pertemuan yang spesialuntuk beberapa kali diadakan dalam satu semester, tentu akan menguras banyak waktu Anda bila harus mempelajari tiruana materi. melaluiataubersamaini mempelajari soal ibarat ini yang sudah lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahsan soal tentu Anda akan lebih bisa menghemat waktu dan mempelajari tiruana materi kuliah. Dan dengan demikian Anda akan lebih disiapkan untuk menghadapi ujian final semester nantinya.

Soal Ujian UT PGPAUD Semester 6 lainnya:
  1. Soal Ujian UT PGPAUD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas
  2. Soal Ujian UT PGPAUD MKDU4110 Bahasa Indonesia
  3. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4305 Dasar-dasar Matematika dan Sains
  4. Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4306 Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD
  5. Soal Ujian UT PGPAUD IDIK4006 Filsafat Ilmu
  6. Soal Ujian UT PGPAUD PEMA4210 Statistika Pendidikan

melaluiataubersamaini mempelajari soal uas ut ibarat ini Anda akan sangat digampangkan dalam memahami materi yang ada pada modul. melaluiataubersamaini itu Anda akan lebih siap dalam mengikuti ujian final semester nantinya.

 Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD beserta kunci jawabanan dan pembahasan soal Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4306 Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4306 Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD Beserta Kunci Jawaban

Menjadi salah satu Mahasiswa di Universitas Terbuka memang perlu pembelajaran secara mandiri, hal ini yang mana Anda tahu bahwa pertemuan atau tutorial yang spesialuntuk dilakukan beberapa kali dalam satu semester. Belum lagi bila Anda mengulang mata kuliah sebelumnya, tentu hal in akan memperbanyak daftar mata kuliah yang harus Anda ujiankan. melaluiataubersamaini adanya Soal Ujian UT ibarat ini tentu akan sangat menghemat waktu Anda untuk mempelajari materi yang ada. Untuk melihat banyak sekali kumpulan lengkap mata kuliah untuk jurusan S1 PGPAUD silahkan Anda menuju artikel kami di Soal Ujian UT PGPAUD. Nah diberikut ini engkau bagikan untuk Anda Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4306 Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasannya.

Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4306

1. Anak usia dini berdasarkan NAEYC yaitu anak usia 0 – 8 tahun yang tercakup dalam forum pendidikan diberikut, kecuali …
A. taman penitipan anak
B. pendidikan prasekolah
C. sekolah dasar
D. arena bermain
Jawab:
D. Benar! Arena bermain bukan forum PAUD yang direkomendasikan oleh NAEYC dan bisa berada di mana saja
Pembahasan:
Pelajari modul 1 (satu) KB 1 (satu) wacana pengertian Anak Usia Dini

2. Ani yaitu anak wanita satu-satunya dari empat bersaudarA. Ketiga kakaknya sangat aktif dan cukup berkuasa sehingga Ani seringkali harus mengalah dan berdasarkan saja bila diperintah oleh kakak-kakaknyA. Perilaku Ani terbawa hingga ke TK. Hal ini menimbulkan Ani mudah dipengaruhi oleh kawan-kawannya dan beliau sering merasa tidak bisa berperan dalam kegiatan kelompok. Perilaku Ani menggambarkan bentuk egosentrisme, yaitu anak merasA. ….
A. inferior
B. superior
C. introvert
D. ekstrovert
Jawab:
A. Benar, Perilaku Ani menggambarkan anak yang merasa inferior, yaitu merasa tidak bisa berperan dalam kelompok dan mudah dipengaruhi kawan
Pembahasan:
Baca wacana karakteristik Anak Usia Dini dan kaitkan dengan pengalaman Anda

3. Kegiatan Pengembangan pada forum PAUD seringkali diulang-ulang, namun anak tidak pernah merasa bosan bahkan sebaliknya semakin senang hingga mereka menguasai suatu keterampilan tertentu. Hal itu ialah salah satu titik kritis yang harus diperhatikan, yaitu anak usia dini membutuhkan. ….
A. menolongan dan penjelasan
B. tes dan rutinitas
C. pembelajaran dan drill
D. coba-coba dan salah
Jawab:
B. Benar sekali! Anak membutuhkan tes dan rutinitas yang berulang untuk sanggup menguasai suatu keterampilan
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 (satu) KB 1 (satu) wacana titik kritis yang perlu diperhatikan

4. Pendidik di forum PAUD tidak sanggup menyamaratakan kemampuan tiruana anak didiknya alasannya yaitu salah satu prinsip perkembangan anak usia dini yaitu bahwa perkembangan berlangsung dalam….
A. waktu yang bersamaan
B. pola yang relatif sama
C. rentang yang bervariasi
D. arah yang khusus
Jawab:
C. Benar!, rentang perkembangan anak usia dini sangat bervariasi. Ada yang singkat/cepat dan ada yang lama
Pembahasan:
Lihat pembahasan wacana prinsip perkembangan anak Usia Dini pada Modul satu Kegiatan Belajar 1

5. Pelaksanaan pendidikan di forum PAUD bersifat luwes dan fleksibel. Perencanaan yang sudah isiapkan pendidik sanggup berubah setiap dikala sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi dengan tetap memperhatikan perbedaan individual anak. Hal itu menggambarkan prinsip utama penyelenggaraan PAUD, yaitu berorientasi pada ….
A. keterpaduan
B. perkembangan
C. keilmuan
D. pengembangan
B. Betul! Perencanaan pembelajaran di forum PAUD memang bersifat fleksibel namun tetap memperhatikan perkembangan anak
Pembahasan:
Baca Modul 1 KB 2 wacana Prinsip Utama Penyelenggaraan PAUD

6. Bertambahnya ukuran fisik dan struktur badan baik sebagian maupun keseluruhannya sehingga sanggup diukur dengan satuan panjang atau satuan berat disebut proses ….
A. peningkatan
B. pertumbuhan
C. perkembangan
D. pertambahan
Jawab:
B. Benar sekali!! Anda mendapat point!
Pembahasan:
Pelajari pengertian pertumbuhan dan perkembangan

7. Terjadinya pertumbuhan menuju pembentukan jasad insan yang tepat dan alat-alat badan sudah terbentuk dan mulai berfungsi disebut masa ….
A. zygot pertama
B. embrio lanjut
C. fetus lanjut
D. fetus dini
Jawab:
D. Benar! Pada masa ini terjadi suatu proses yang berlangsung cepat dalam apembentukan sistem organ tubuh
Pembahasan:
Baca Modul 2 KB 1 wacana periode proses tumbuh kembang pralahir

8. Bahan masakan yang mengandung asam lemak Omega-3 mempunyai kiprah yang sangat penting dalam pembentukan kecerdasan otak alasannya yaitu asam ini mengandung ….
A. Hidro Quinon dan DHA
B. DHA dan EPA
C. DHA dan lipid
D. EPA dan ADD
Jawab:
B. Betul! DHA dan EPA ialah kandungan dalam Omega-3 yang memacu perkembangan otak
Pembahasan:
Lihat Modul 2 KB 1 wacana Tumbuh Kembang Pralahir

9. Berikut ini yaitu ciri-ciri yang diperlihatkan oleh bawah umur pada masa prasekolah, kecuali bahwa anak….
A. mulai berkenalan dengan lingkungan di luar rumah
B. sudah sanggup menghitung benda di sekitarnya
C. bisa berguru dengan baik
D. mulai sanggup mengenal orang lain di luar anggota keluarga
Jawab:
B. Benar!, anak memang sudah sanggup mengenal konsep berhitung sederhana namun bukan yang kompleks
Pembahasan:
Baca Modul 2 KB 2 wacana tumbuh kembang anak pascalahir khususnya wacana masa anak prasekolah

10. Bayi yang gres lahir direkomendasikanuntuk didiberikan ASI khusus selama enam bulan. Salah satu alasannya yaitu alasannya yaitu dalam ASI terkandung sel makrofag. Fungsi sel ini yaitu untuk….
A. membunuh bakteri, fungi dan virus
B. meningkatkan sumber energi
C. membentuk struktur otak
D. mencegah gangguan terhadap kelainan otak
Jawab:
A. Benar sekali! Sel mikrofaq berfungsi untuk membunuh bakteri, fungi dan virus
Pembahasan:
Lihat Modul 2 KB 2 wacana perkembangan otak dan fungsinya. Khususnya materi wacana kebutuhan gizi untuk perkembangan otak

11. Imunisasi yang didiberikan spesialuntuk sekali pada anak di bawah lima tahun (balita) yaitu imunisasi….
A. tetanus
B. DPT
C. Polio
D. Dipteri
Jawab:
D. Tepat, Imunisasi Dipteri didiberikan sekali ketika bayi berusia 2 bulan
Pembahasan:
Baca Modul 2 KB 2 wacana perkembangan imunitas

12. Pendidikan yang sesuai perkembangan (developmentally Appropriate practice) tergantung pada ststus perkembangan anak dan dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal diberikut, kecuali ….
A. kekuatan, minat dan kebutuhan tiap anak
B. pengalaman anak yang bermakna dan bermain sambil belajar
C. relevan, bertanggung balasan sesuai konteks sosial budaya anak
D. relevan, serius dan menitik beratkan pada pengembangan perilaku
Jawab:
D. Tepat, Pendidikan yang sesuai DAP tidak harus relevan, serius dan menitik beratkan pada pengembangan sikap saja tetapi seluruh aspek termasuk kemampuan dasar
Pembahasan:
Baca Modul 2 KB 2 wacana perkembangan imunitas

13. Perkembangan seorang anak dipengaruhi hal-hal di sekitarnya ibarat pekerjaan orang tua, kebijakan pemerintah dan kehidupan rumah tangga orang tuanyA. Pengaruh tersebut oleh Bronfrenbrener disebut ….
A. mikrosistem
B. mesosistem
C. Ekosistem
D.makrosistem
Jawab:
C. Benar! Ekosistem mencakup hal-hal di sekitar anak
Pembahasan:
Baca pembahasan terkena Landasan DAP pada Modul 3 KB 1

14. Seorang anak sanggup berguru dengan baik bila anak dalam kondisi tidak terancam dan ia merasa gembirA. Hal itu dalam brain based learning termasuk prinsip….
A. otak selalu mencari makna atas informasi secara alami
B. otak memroses informasi secara keseluruhan maupun perbagian secara bersamaan
C. faktor motivasi berguru tergantung pada kondisi lingkungan
D. Faktor emosi mempengaruhi proses belajar
Jawab:
D. Tepat, Bila emosi besar hati dan tidak terancam, anak akan mudah menyerap informasi
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 KB 1 terkena hasil penelitian Brain Based Learning

15. Pendidik di forum PAUD harus memperhatikan waktu istirahat untuk anak-anak, alasannya yaitu meskipun bawah umur senang bergerak dan bermain namun badan mereka juga membutuhkan waktu untuk relaksasi. Oleh karenanya dalam merencanakan kurikulum perlu diperhatikan….
A. kesinambungan anak dalam melaksanakan kegiatan
B. Keseimbangan anak dalam acara dan istirahat
C. keseragaman anak dalam acara dan istirahat
D. keteraturan acara dan istirahat sehari-hari
Jawab:
B. Benar! Keseimbangan anak dalam beraktivitas dan diberistirahat harus mendapat perhatian dalam merencanakan kurikulum
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 KB 1 terkena prinsip-prinsip pelaksanaan DAP

16. Pendidik di forum PAUD hrus mengnal anak didiknya secara individual sehingga setiap perubahan sikap yang terjadi sanggup diketahui dan problem yang dihadapi anak sanggup diatasi dengan segerA. Oleh alasannya yaitu itu pendidik di forum PAUD perlu mempunyai pengatahuan perihal….
A. kurikulum pembelajaran anak usia dini
B. seni administrasi berguru dan mengajar
C. gejala stress pada anak dan cara mengatasinya
D. ilmu gizi untuk anak usia dini
Jawab:
C. Benar! Pengetahuan ini dibutuhkan untuk mengetahui perubahan sikap anak dan bagaimana mengatasi problem yang dihadapi anak
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 KB 1 wacana Interaksi antara anak dan pendidik

17. Salah satu rambu perencanaan DAP untuk perkembangan sosial emosional anak usia dini adalah….
A. menyediakan arena bermain yang luas dan menantang
B. mengenali potensi kreatif dari tiap anak
C. menanggapi anak dengan cara yang positif dan sensitif
D. melibatkan anak dalam kegiatan membaca dan menceritakan
Jawab:
C. Benar! Opsi ini untuk perkembangan sosial emosional anak
Pembahasan:
Lihat Rambu-rambu perencanaan DAP yang terdapat pada Modul 3 KB 2

18. Anak usia 2 tahun sudah sanggup berjalan, namun beliau belum sanggup memegang bola atau benda-benda dengan baik. Hal itu alasannya yaitu perkembangan motorik bergerak dari….
A. motorik bergairah ke motorik halus
B. badan bab tengah ke arah bab luar
C. bab atas badan ke bab bawah tubuh
D. motorik kecil ke motorik yang lebih besar
Jawab:
A. Benar! Motorik berkembang dari motorik bergairah ke motorik halus
Pembahasan:
Lihat klarifikasi wacana pola perkembangan fisik pada Modul 4 KB 1

19. Hal-hal yang mempengaruhi ukuran badan antara lain….
A. gizi, keamanan, kesehatan dan kelahiran
B. jenis kelabuin, gizi, kelahiran dan suku bangsa
C. kecerdasan, gizi, kesehatan dan suku bangsa
D.suku bangsa, keadaan tulang, gizi dan ilmu pengetahuan
Jawab:
C. Benar! Semua hal itu mempengaruhi ukuran tubuh
Pembahasan:
Baca kembali klarifikasi wacana tinggi dan berat pada Modul 4 KB 1

20. Kegiatan makan bersama dilembaga PAUD adakala dilakukan dengan cara prasmanan. Kegiatan semacam itu dilakukan untuk melatih anak bagaimana bersilaturahmi atau bagaimana melaksanakan jamuan untuk tamu atau menjadi tamu yang baik. misal tersebut termasuk salah satu fungsi sosial dalam makanan, yaitu fungsi….
A. komunikasi
B. kekuatan
C. ekonomis
D. organoleptik
Jawab:
A. Benar! Prasmanan menupakan pola masakan sebagai fungsi komunikasi
Pembahasan:
Pelajari materi wacana sikap makan pada modul 4 KB 1

21. Tingkat daya rusak cacat jasmani pada sikap anak bergantung pada beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah….
A. banyaknya kemampuan yang dimilikinya
B. rasa senasib sepenanggungan yang diterimanya
C. banyaknya kasih akung yang didapatnya
D. rasa belas kasihan yang diterimanya
Jawab:
D. Benar! Semakin banyak orang merasa kasihan padanya maka anak yang cacat akan semakin minder dan mengasihani dirinya sendiri sehingga daya rusaknya semakin tinggi
Pembahasan:
Lihat pembahasan wacana ancaman perkembangan fisik pada Modul 4 KB 1

22. Di Lembaga PAUD kegiatan pengembangan motorik dirancang dari kegiatan yang paling mudah dan sederhana ke kegiatan yang lebih sukar dan semakin kompleks. Misalnya dari kegiatan jalan pelan – jalan cepat – berlari jarak akrab – berlari cepat dengan jarak yang semakin jauh. Ilustrasi tersebut menggambarkan salah satu prinsip perkembangan motorik, yaitu….
A. dimungkinkan untuk sanggup ditentukan
B. cenderung mengikuti pola yang sanggup diramalkan
C. dimungkinkan bila anak sudah matang
D. cenderung bergantung pada kekuatan otot
Jawab:
A. Benar! Ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa perkembangan sangat mungkin untuk sanggup ditentukan
Pembahasan:
Bacalah prinsip perkembangan motorik yang terdapat pada Modul 4 KB 2

23. Salah satu cara yang dipakai untuk mempelajari keterampilan motorik yaitu dengan cara memperhatikan orang lain melaksanakan keterampilan tertentu. Teknik tersebut termasuk dalam ….
A. trial and error
B. imitation
C. interaction
D. true and false
Jawab:
B. Benar! Imitation yaitu cara berguru keterampilan motorik dengan cara melihat dan memalsukan orang lain melaksanakan keterampilan tersebut
Pembahasan:
Lihat Modul 4 KB 2 wacana pengembangan keterampilan motorik

24. Suatu penyakit mungkin saja akan menyebar dan menular dari satu anak ke anak yang lainnyA. Salah satu seni administrasi untuk menghentikannya yaitu dengan....
A. menjaga kemembersihkanan, sanitasi dan bersih secara praktis
B. mempersembahkan imunisasi pada anak secara berkala
C. melindungi bawah umur dengan asupan gizi yang terbaik
D. menyediakan obat-obatan dan peralatan kesehatan selengkap mungkin
Jawab:
A. Benar! Untuk menghentikan penyebaran dan penularan penyakit sanggup dilakukan dengan menjaga kemembersihkanan, sanitasi, dan bersih secara prakt
Pembahasan:
Jawaban untuk soal ini sanggup Anda lihat pada Modul 4 KB 2 wacana bagaimana mencegah problem kesehatan pada anak-anak

25. Bayi memandang sebuah kaleng bekas susu sebagai benda yang sanggup digelindingkan atau dipukul-pukul untuk menghasilkan bunyi. Menurut Piaget dalam bagan kognitif, hal yang ibarat itu termasuk dalam bagan ….
A. simbolik
B. perilaku
C. operasional
D. inteligensi
Jawab:
B. Benar! Tindakan bayi tersebut tersebut menggambarkan bagan perilaku
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban pertanyaan ini, Anda sanggup membaca pembahasan terkena Teori Piaget wacana perkembangan kognitif

26. Zona dimana kemampuan seorang anak akan sanggup berkembang secara optimal apabila didiberikan intervensi yang tepat dari orang yang lebih bau tanah disebut ….
A. Zone of Proxima Development
B. Zone of Proxima Distal
C. Developmentally Appropriate Practice
D. Development of Proportion Zone
Jawab:
A. Betul sekali jawabanan Anda!
Pembahasan:
Bacalah pembahasan wacana sudut pandang sosiokultural Vygotsky khususnya wacana Zona of Proxima Development pada Modul 5 KB 1

27. Berikut yaitu beberapa alasan mengapa berguru berkolaborasi dianggap sangat efektif bagi anak, kecuali dalam berguru kerja sama anak ….
A. lebih termotivasi ketika mengerjakan problem secara bersama
B. dituntut untuk membuktikan wangsit masing-masing sehingga mudah dipahami
C. lebih sanggup memakai seni administrasi kognitif kualitas tinggi dikala bekerja bersama
D. dituntut untuk berusaha seterbaik mungkin semoga idenya sanggup diterima dalam kelompok
Jawab:
D. Benar! Alasan ini tidak mendukung pernyataan dalam stem
Pembahasan:
Pahami pembahasan wacana implikasi teori Piaget dan Vygotsky dalam Pendidikan Anak Usia Dini Modul 5 KB 2

28. Anak-anak Taman Kanak-kanak A diajak Ibu Dian menghitung panjang langkah kaki masing-masing memakai jengkal secara berkelompok. Menurut Anda, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenal konsep ….
A. urutan
B. ukuran
C. bentuk
D. kelompok
Jawab:
B. Benar! misal tersebut menggambarkan kegiatan untuk mengenalkan konsep ukuran
Pembahasan:
Lihat pembahasan wacana bagaimana mendorong perkembangan kognitif pada modul 5 KB 2

29. Reno sering berpura-pura membaca dengan memakai kalimat sendiri sambil membuka dan menunjuk gambar dalam buku yang dibacanyA. Dia mulai mengetahui bahwa setiap dongeng yang baik mempunyai alur, yaitu ada bab pertama, tengah dan akhir. Reno juga mulai mengenal kata-kata yang sering didengarnya dan menyadari bahwa dunia dipenuhi dengan huruf-huruf. Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan membaca anak usia ….
A. 0 – 2 tahun
B. 2 – 3 tahun
C. 3 – 4 tahun
D. 4 – 5 tahun
Jawab:
C. Benar! Ilustrasi tersebut memang menggambarkan perkembangan membaca anak usia 3 – 4 tahun
Pembahasan:
Lihat pembahasan wacana perkembangan membaca anak pada modul 6 KB 1

30. “Sandi, Tolong ambilkan map Ibu guru yang berwarna biru di ruang guru dan diberikan kepada Ibu dewi di perpustakaan”. Perintah Ibu Tina kepada Sandi. melaluiataubersamaini cepat anak itu berlari ke ruang guru dan mengambil map warna biru kemudian beliau berlari kembali menuju perpustakaan dan menyerahkan map tersebut kepada Ibu Dewi. Hal itu mengatakan bahwa Sandi sudah memahami perintah yang lebih panjang dan kompleks. Ilustrasi tersebut ialah citra perkembangaaan mendengar anak usia ….
A. Taman Kanak-kanak
B. kelompok bermain
C. Toddler
D. bayi
Jawab:
B. Benar! Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan mendengar anak usia KB
Pembahasan:
Lihat pembahasan wacana perkembangan mendengar anak pada modul 6 KB 1

31. Ibu Lusi yaitu pendidik di kelompok bermain. Dia bertanya pada anak didiknyA. “ Anak-anak, apa yang tadi pagi kalian lakukan sebelum berangkat ke sekolah?” Kegiatan tersebut dilakukannya alasannya yaitu Ibu Lusi mengetahui bahwa dalam perkembangan bicara anak usia KB sudah dapat....
A. berbicara dengan gaya bahasa yang baik sesuai kaidah bahasa
B. berpartisipasi dalam percakapan yang lebih panjang dan serius
C. memotivasi diri untuk berani mengemukakan pendapatnya
D. mendengarkan dan bicara secara sistematis dan tertata rapi
Jawab:
B. Benar! Anak usia KB sudah sanggup berpartisipasi dalam percakapan yang lebih panjang dan serius
Pembahasan:
Pelajari perkembangan berbicara anak pada modul 6 KB 1

32. Semua benda yang terdapat dalam ruang kelas di Kelompok Bermain Permata mempunyai label yang mengatakan namanyA. Peraturan-peraturan yang berlaku dalam kelompok tersebut juga terpampang di banyak sekali sudut kelas dalam bentuk goresan pena dan gambar. Misalnya: “tidakboleh berlari-lari”, “Cuci tangan sebelum makan”, Letakkan tasmu di sini” dan lain-lain. Ilustrasi tersebut menujukkan salah satu cara mendorong perkembangan …
A. mendengar
B. berbicara
C. menyimak
D. menulis
Jawab:
D. Benar sekali! Ilustrasi tersebut menggambarkan kegiatan untuk mendorong perkembangan menulis anak usia KB
Pembahasan:
Pelajari cara mendorong perkembangan literasi pada anak usia KB pada modul 6 KB 2

33. Di Lembaga PAUD, pendidik selalu mengpertamai kegiatan pembelajaran dengan kegiatan bercakap-cakap dengan banyak sekali topik yang dipilih yang menarikdanunik minat anak. Pendidik biasanya akan bertanya mulai dari hal-hal yang terdapat atau terjadi di sekitar anak hingga hal-hal lain yang belum terjadi dan meminta bawah umur untuk berandai-andai. Kegiatan tersebut ialah salah satu cara untuk mendorong perkembangan ….
A. berbicara
B. menulis
C. mendengar
D. menyimak
Jawab:
A. Benar sekali! Ilustrasi tersebut menggambarkan kegiatan untuk mendorong perkembangan berbicara anak usia TK
Pembahasan:
Bacalah klarifikasi cara mendorong perkembangan literasi pada anak usia Taman Kanak-kanak pada modul 6 KB 2

34. Andi sedang menggambar pemandangan. Dia sudah sanggup memakai warna sesuai dengan gambar sebenarnyA. Bentuk gambarnya juga semakin realistis. Dia memulai gambarnya dengan membuat garis cakrpertamaa yang ialah batas antara langit dan bumi. Andi berada dalam tahap perkembangan menggambar...
A. abstract
B. Schematic
C. preschematic
D. scribble
Jawab:
B. Tepat! Ciri-ciri gambar Andi termasuk gambar anak pada tahap skematik
Pembahasan:
Pelajari tahapan perkembangan menggambar anak pada modul 7 KB 1

35. Sebuah forum Pendidikan Anak Usia Dini di kawasan pertanian, mengajak bawah umur ke sawah yang gres dibajak. Kemudian bawah umur diminta untuk mengambil tanah disitu untuk dibentuk menjadi banyak sekali macam bentuk. Sesudah selesai hasil karya anak tersebut dijemur. Sesudah kering, hasil karya bawah umur dipajang di sekolah. Kegiatan tersebut ialah pola dari penyajian seni berdimensi....
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat
Jawab:
C. Benar! Kegiatan membentuk dengan tanah liat yaitu salah satu bentuk penyajian tiga dimensi
Pembahasan:
Pelajari materi wacana penyajian seni dua dimensi daqn tiga dimensi pada modul 7 KB 1

36. Ibu Leni tidak sanggup memaksa bawah umur untuk ikut menyanyi atau menari dikala kegiatan tersebut dilaksanakan. Dia harus menunggu hingga bawah umur mengatakan rasa senang terhadap kegiatan tersebut dengan cara mengajak anak menceritakan wacana asyiknya kegiatan tersebut. Ketika rasa senang dan antusiasme bawah umur muncul barulah Ibu Leni mengajak mereka untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Ilustrasi tersebut mengatakan bahwa kegiatan musik dan gerakan bersifat ....
A. spontan
B. sangat bahagia
C. sukarela
D. terpimpin
Jawab:
C. Benar! Kegiatan musik dan gerak bersifat sukarela sehingga guru harus menunggu dampai bawah umur itu benar-benar menginginkan untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut
Pembahasan:
Baca materi wacana alasan bawah umur merespon kegiatan musik dan gerakan dengan antusias pada modul 7 KB 1

37. Dibanding kawan-kawannya Dimas mempunyai perasaan yang lebih halus. Dia senang sekali melihat suasana kelas yang rapi dan indah. Dia mudah trenyuh bila melihat ada kawannya yang bersedih. Ciri-ciri yang ditunjukkan Dimas mengatakan salah satu ciri anak yang mempunyai talenta seni, yaitu ciri ....
A. lebih peka
B. mudah menangis
C. tidak sabar
C. suka menyendiri
Jawab:
A. Benar! Salah satu ciri anak yang mempunyai talenta seni yaitu mempunyai perasaan yang lebih peka38.
Pembahasan:
Pelajari materi wacana ciri-ciri untuk mendeteksi talenta seni yang dimiliki anak pada modul 7 KB 1

38. Salah satu tujuan acara pendidikan seni pada anak usia dini yaitu membiarkan bawah umur tumbuh dan berkembang dengan kecepatan masing-masing. Pendidik sanggup saja merencanakan kegiatan untuk merangsang perkembangan potensi anak, namun bersama-sama perkembangan terjadi sesuai dengan diri anak sendiri. Tujuan tersebut yaitu ....
A. proses bukan produk
B. kebutuhan anak
C. berpikir kreatif
D. kemajuan individual
Jawab:
D. Tepat sekali, dengan membiarkan bawah umur tumbuh kembang dengan sendirinya maka kemajuan anak akan terjadi secara individual
Pembahasan:
Pelajari materi wacana ciri-ciri untuk mendeteksi talenta seni yang dimiliki anak pada modul 7 KB 1

39. Latihan fisik bagi bawah umur ialah suatu hal yang sangat senang dan disukai oleh merekA. Hal ini alasannya yaitu bawah umur kecil....
A. memperoleh macam-macam kesibukan dan keterampilan motorik baik bergairah maupun halus
B. mudah merasa lelah dan tidak mudah berserius sehingga tidak bisa diam
C. menemukan sesuatu dikala mereka melaksanakan acara untuk masa depannya kelak
D. menyalurkan seluruh energinya untuk kegiatan fisik dan motorik sepanjang hari
Jawab:
A. Benar! Anak senang melaksanakan kegiatan fisik alasannya yaitu beliau memperoleh bermacam kesibukan dan keterampilan motorik
Pembahasan:
Untuk sanggup menjawaban pertanyaan ini, Anda harus membaca materi wacana pengalaman gerak anak pada modul 7 KB 2

40. Istilah yang berafiliasi dengan personality atau kepribadian dan mengatakan bagaimana cara seseorang bertingkah laris disebut ....
A. moralitas
B. karakter
C. etika
D. estetika
Jawab:
B. Benar! Istilah tersebut memang disebut karakter
Pembahasan:
Agar sanggup menjawaban pertanyaan dengan benar, Anda harus mempelajari klarifikasi wacana pengertian moral, moralitas, etika, nilai dan karakter pada modul 8 KB 1

41. Salah satu pokok dalam berguru menjadi orang yang bermoral yaitu pengembangan rasa bersalah dan rasa malu. Namun sebelum rasa bersalah dialami oleh seorang anak, mereka harus mengalami empat kondisi, salah satu diantaranya yaitu ....
A. memilih standar yang sesuai dengan diri dan kebutuhannya
B. mencari standar yang paling tepat bagi dirinya
C. bertanggung balasan terhadap penyelewengan dari standar tertentu yang sudah disahkan
D. bisa menilai sikap orang lain yang tidak sesuai dengan standar yang sudah diputuskan
Jawab:
C. Benar! Setiap orang harus bertanggung balasan dari penyelewengan terhadap standar yang sudah diputuskan
Pembahasan:
Anda sanggup menjawaban pertanyaan ini bila Anda sudah memahami bagaimana moralitas dipelajari dalam modul 8 KB 1

42. Dita sangat keras kepala dan tidak mempunyai sopan santun. Dia seringkali membentak-bentak ibunya atau pengasuhnyA. Dia juga selalu ingin menang sendiri dan tidak peduli pada perasaan orang lain. Ciri-ciri Dito tersebut mengatakan bahwa beliau tidak mempunyai kecerdasan ....
A. emosional
B. spiritual
C. natural
D. moral
Jawab:
D. Benar!, Ciri kecerdasan moral yaitu lembut hati dan peduli pada perasaan orang lain
Pembahasan:
Anda sanggup menjawaban pertanyaan ini dengan mempelajari materi wacana Kecerdasan moral dan spiritual pada modul 8 KB 1

43. Keluarga ialah tempat yang paling pertama dan efektif untuk mengajarkan kebiasaan yang baik yang perlu dimiliki oleh seorang anak, alasannya yaitu itu keluarga di sebut tempat ....
A. pertama dan terbaik
B. pertama dan utama
C. terakhir dan utama
D. terakhir dan terbaik
Jawab:
B. Benar! Keluarga yaitu tempat yang pertama dan utama
Pembahasan:
Bacalah pembahasan terkena konsep dasar pengem,bangan moral Anak Usia Dini pada modul 8 KB 2

44. Anak harus mendapat cinta dan kasih akung dari orang tuanya, sehingga anak akan berguru dari pola dan cara orangtua berkomunikasi dikala mencurahkan kasih akung. Hal tersebut termasuk salah satu dari sepuluh wangsit besar Thomas Lickona dalam membentuk karakter yang baik, yaitu....
A. mengasihi anak
B. mendidik untuk mengemban tanggung jawaban
C. membuat kebersamaan
D. mengajarkan keseimbangan
Jawab:
A. Benar! Cinta orang bau tanah pada anaknya memdiberi donasi yang sangat besar terhadap pembentukan karakter anak
Pembahasan:
Bacalah sepuluh wangsit besar dari Thomas Lickona dalam membentuk karakter yang baik dalam keluarga pada modul 8 KB

45. Ketika anak melaksanakan kesalahan, maka pendidik atau orang bau tanah harus memdiberitahu atau mengajarkan anak untuk mengetahui kesalahannya sehingga anak akan mempunyai adaptasi untuk merasa bersalah dan tidak akan mengulangi kesalahan tersebut. Hal ini termasuk dalam pengembangan....
A. rasa simpati
B. hati nurani
C. rasa empati
D. sikap hati-hati
Jawab:
B. Benar! Ilustrasi tersebut termasuk dalam pengembangan hati nurani
Pembahasan:
Pelajari materi wacana bentuk layanan dan pendidikan untuk mengembangkan moral dan spiritual pada KB 2 modul 8

46. Berikut ini beberapa rekasi bayi pada usia 3 atau 4 bulan pertama yang mengisyaratkan keadaan emosi, kecuali....
A. terjadinya penurunan gerakan motorik ketika merespon kejadian yang tak terduga
B. timbulnya rasa tertekan sebagai respon terhadap belum sempurnanya yang dialami fisiknya
C. perasaan puas akan muncul ditandai dengan menurunnya ketegangan otot
D. tangisan akan muncul secara terus menerus dan susah dikendalikan
Jawab:
D. Anda menjawaban dengan tepat! Tangisan tidak termasuk yang dibahas dalam modul ini
Pembahasan:
Pertanyaan ini sanggup Anda balasan dengan benar bila Anda sudah memahami materi wacana citra perkembangan emosional pada modul 9 KB 1

47. Anak usia Dini kadang tidak harus bicara bila mencicipi sesuatu. Mereka sanggup menunjukkannya dengan ekspresi wajahnyA. Hal tersebut mengatakan bahwa keadaan emosi ....
A. ialah suatu bentuk komunikasi
B. ialah acara mental
C. mempengaruhi interaksi sosial
D. mewarnai pandangan terhadap diri sendiri
Jawab:
A. Benar! melaluiataubersamaini ekspresi wajah anak sanggup berkomunikasi dengan orang lain
Pembahasan:
Pelajari pembahasan wacana beberapa keaadaan emosi yang mempengaruhi penyesuaian pribadi dan sosial anak pada modul 9 KB 1

48. Dino tampak marah-marah alasannya yaitu kolase yang sedang dikerjakannya tidak kunjung usai, bahkan kolase karyanya semakin awut-awutan dan potongan kertas yang melekat ditangannya semakin banyak. Ibu guru segera menghampirinya dan mencoba menenangkannyA. Ilustrasi tersebut menggambarkan Dino sedang mengalami problem emosi, yaitu....
A. malu
B. terlalu emosional
C. pemarah
D. frustrasi
Jawab:
D. Benar! Karena anak tidak berhasil menuntaskan tugasnya maka beliau mengalami frustrasi
Pembahasan:
Bacalah problem emosi pada anak yang terdapat dalam modul 9 KB 1

49. Ketika anak mulai menemukan dan mengenal dunia yang lebih luas di luar dirinya, beliau juga mulai menemukan cara lain untuk mengungkapkan perasaannya dan mengingat sesuatu objek tanpa perlu menatapnya.Keterampilan tersebut ditunjukkan oleh anak yang berusia....
A. 0 – 3 bulan
B. 6 – 8 bulan
C. 9 – 12 bulan
D. 1 – 3 tahun
Jawab:
B. Benar! Keterampilan tersebut dimiliki oleh anak berusia 6 – 8 bulan
Pembahasan:
Bacalah keterampilan emosi dan sosial anak dalam sub bahasan wacana berkembangnya kecerdasan emosi pada modul 9 KB 1

50. Perasaan yang bergantung dari cara seseorang berpikir dan mencicipi wacana dirinya sendiri dan perasaan cinta, saling menghormati dan penerimaan terhadap orang lain. Perasaan tersebut termasuk salah satu perkembangan yang perlu dikembangkan semenjak dini, yaitu....
A. harga diri
B. kontrol diri
C. emosi diri
D. konsep diri
Jawab:
A. Benar! Perasaan tersebut termasuk dalam perkembangan harga diri
Pembahasan:
Pelajari modul 9 KB 2 wacana perkembangan sosial emosional yang perlu dikembangkan semenjak dini

Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4306

sepertiyang yang sudah kami sampaikan diatas bahwa selain dalam bentuk artikel, Anda juga bisa eksklusif mendownload soal ini dalam bentuk dokumen PDF. Nah diberikut ini Anda bisa Mendownload Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4306 Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahsan soalnya.


Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4306 Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD, semoga soal ini bisa memmenolong Anda dalam memahami materi pada mata kuliah ini dan mempersiapkan diri Anda untuk menghadapi ujian kahir semester nantinya. Jangan lupa untuk membuatkan artikel kami pada mitra kuliah Anda yang lainnya, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Pgpaud Paud4306 Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Aud Beserta Kunci Jawaban"

Back To Top