loading...
Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen EKMA4414 Manajemen Strategik lengkap dengan kunci jawabanan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) Non Pendas yang kini ini sedang menempuh pendidikan pada semester 8. Pada postingan kami sebelumnya kami sudah aneka macam Soal Ujian UT Manajemen EKMA4316 Hukum Bisnis, kami konsisten membangun blog Soal UAS UT sebagai wadah untuk membagikan kumpulan soal-soal ujian final semester Universitas Terbuka. Yang kemudian bisa Anda pelajari sebelum menghadapi ujian nantinya. Setiap soal yang kami posting atau bagikan tentu sudah disertakan dengan kunci jawabanan dan pembahasan kunci jawabanannya. Tentu dengan hal tersebut Anda akan lebih digampangkan dalam mempelajari materi yang ada pada madul Anda. Tak spesialuntuk Soal Ujian UT saja, kami juga mempersembahkan aneka macam hal lainnya terkait kiprah Anda sebagai Mahasiswa Universitas Terbuka, ibarat Soal Ujian UT Manajemen dan aneka macam Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang sudah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih digampangkan dalam mempelajari isi materi pada modul. melaluiataubersamaini hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari tiruana materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal ibarat ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini sebab tiruana soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.Soal Ujian UT Manajemen Semester 8 lainnya:
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4265 Manajemen Kualitas
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4316 Hukum Bisnis
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4414 Manajemen Strategik
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4478 Analisis Kasus Bisnis
- Soal Ujian UT Manajemen EKMA4569 Perencanaan Pemamasukan
Tentunya Anda akan sangat digampangkan dengan adanya soal ibarat ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, sebab dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanannya. Makara Anda sangat digampangkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada final artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan eksklusif pada link downloadnya. Makara Anda tidak perlu lagi melaksanakan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 hingga semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.
Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 hingga dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Manajemen.
Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4414 Manajemen Strategik lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian final semester nantinya.
A. Proses yang melibatkan individu dan kelompok untuk mendapat apa yang mereka butuhkan melalui penawaran produk dan jasa nilai dengan pihak lain
B. proses pengkoordinasian dan pengintegrasian acara kerja biar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain.
C. Usaha manajerial meningkatkan kekuatan perusahaan untuk mendapat peluang bisnis dan mengurangi kelemahannya.
D. Usaha manajerial untuk memasuki pasar baru.
Jawab:
C. Benar, Ini ialah definisi Manajemen Stratejik
2. Sebutkan komponen apa saja yang harus ada dalam Manajemen Stratejik
A. Perencanaan, Pengorganisasian, Pengkoordinasian, Pengawasan
B. Stratejik Korporat, Stratejik Bisnis Unit
C. Strengthening, Weakness, Oppportunity, Threathen.
D. Analisis Lingkungan Bisnis, Analisis Profil Perusahaan, Strategi Bisnis yang diperlukan, Visi dan Misi
Jawab:
D. Benar, Ini ialah Komponen Manajemen Sratejik
3. Sebutkan mazhab atau ajaran dalam Manajemen Stratejik
A. Manajemen Stratejik sebagai seni dan ilmu
B. Stratejik Action Plan dan Tactical Action Plan
C. Lingkungan Bisnis dan Lingkungan Internal sebagai determinan
D. Stratejik Korporat, Stratejik Bisnis Unit
Jawab:
C. Benar, Ada ajaran yang menyebut Lingkungan Bisnis sebagai determinan, ada juga yang menyebut lingkungan internal.
4. Tingkatan Stratejik pada pimpinan suatu unit perusahaan ialah
A. Stratejik Jaenteng.
B. Stratejik Bisnis Unit.
C. Stratejik Korporat
D. Stratejik Fungsional
Jawab:
B. Benar, Ini ialah tingkatan stratejik bagi pimpinan suatu unit usaha.
5. Perbedaan antara Manajemen Stratejik lampau dan kini adalah
A. Dahulu berorientasi jangaka panjang, kini jangka pendek.
B. Dahulu serius pada pelanggan, kini pada produk
C. Dahulu bentuk sederhana singkat padat, kini kompleks
D. Strategi rekayasa
Jawab:
A. Benar. Sekarang berorintasi jangka pendek, yaitu saat tidak efisien, segera dicara tahu penyebabnya.
6. Dalam mengantisipasi ketidakpastian lingkungan makro, taktik yang paling sering dipakai manajer adalah
A. Strategi Oposisi
B. Strategi adaptasi
C. Strategi ofensif.
D. Strategi kontinjengsi
Jawab:
B. Benar, Strategi ini yang paling sering digunakan
7. Salah satu taktik administrasi dalam mengatisipasi lingkungan markro ialah dengan sama sekali tidak mempersembahkan tanggapan. Strategi Ini disebut …..
A. Strategi Rekayasa
B. Strategi adaptasi
C. Strategi pasif
D. Strategi Menarik Diri
Jawab:
C. Benar. Strategi ini dilakukan dengan sama sekali tidak mempersembahkan respon.
8. Faktor politik memdiberi efek pada lingkungan makro. Ini banyak ditemukan di negara ….
A. Negara sedang berkembang
B. Negara maju
C. Negara Industri
D. Negara beraliran komunis
Jawab:
A. Benar. Analisis lingkungan politik banyak ditemukan pada negara sedang berkembang
9. Salah satu pola efek faktor politik adalah…
A. Intervensi pemerintah untuk pemerataan pembangunan
B. Laisses Faire
C. Kemampuan manajer dalam melaksanakan penyesuaian dengan lingkungannya yang tidak sama.
D. Sistem aturan yang belum mandiri
Jawab:
A. Benar. Di negara sedang berkembag sebab kondisi belum stabil, diharapkan campur tangan pemerintah.
10. Jenis pasar yang jarang dijumpai di negara maju adalah
A. Pasar Monopoli
B. Pasar Oligopoli dominan
C. Pasar Oligopoli pekat
D. Pasar persaingan sempurna
Jawab:
A. Benar, Rendahnya campur tangan pemerintah, dan pasar diserahkan ke prosedur pasar bebas, maka jarang terjadi pasar monopoli.
11. Berikut ini ialah ciri-ciri dari jenis perusahaan Oligopoli dominan, yaitu sbb :
A. Empat Perusahan terbesar menguasai 60 sd 100 %, interdepen di dalam penetapan harga
B. Satu perusahaan menguasai 50 % sd 100 %
C. Banyak pesaing, tetapi tidak ada yang menguasai lebih dari 10 sd 20 %
D. Satu perusahaan mengusai 100 %
Jawab:
B. Benar. Ini ialah Oligopoli Dominan
12. Menurut Joe Bain, halangan memasuki pasar yang paling penting ialah :
A. Skala Ekonomi
B. Persyaratan Modal
C. Diferensiasi produk
D. Keunggulan Biaya
Jawab:
C. Benar, Ini ialah halangan yang terpenting
13. Fokus pada salah satu keunggulan perusahaan termasuk pendekatan faktor internal jenis ….
A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. Unit Keunggulan Bersaing
D. Pendekatan PIMS
Jawab:
C. Benar, Pada pendektan ini perusahaan serius pada salah satu produk yang menjadi keunggulannnya.
14. Pendekatan yang paling sederhana dan paling banyak dipakai dalam mengindentifikasi keunggulan faktor internal adalah
A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. Unit Keunggulan Bersaig
D. Pendekatan PIMS
Jawab:
C. Benar
15. Pendekatan yang dilakukan dengan cara mencari keterlkaitan antara kinerja dan biaya suatu potongan dengan kinerja dan biaya bagia lain ialah poendekatan
A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. 7-s
D. Pendekatan PIMS
Jawab:
B. Benar, Pendekatan ini dikenalkan oleh Michael Porter, yaitu pendekatan yang melihat keterkaitan antara rantai nilai.
16. Tipe pemimpin yang serius pada peningkatan penjualan melalui pengenalan produk gres dan peningkatan pangsa pasar ialah ….
A. Defender
B. Analyzer
C. Reactor
D. Prospector
Jawab:
D. Benar. Ini ialah tipe pemimpin yang serius pada peningkatan penjualan.
17. Tipe pemimpin yang tidak mempunyai perilaku yang niscaya dan konsisten dalam menghadapi perubahan bisnis ialah :
A. Defender
B. Analyzer
C. Reactor
D. Prospector
Jawab:
C. Benar. Ini tipe pemimipin yang tidak mempunyai taktik niscaya dan konsistensi dalam menyikapi perubahan pasar.
18. Dalam melaksanakan investasi, seorang manajer yang mempunyai sifat cenderung mencari kondusif (safety first) ialah tipe manajer….
A. Agresif
B. Pasif
C. Supoptimal
D. Superior
Jawab:
B. Benar, Ini ialah jenia pemimpin yang bersifat mencari kondusif (safety first), tidak berani mengambil resiko
19. Seorang pemimpin yang kharismatik, powerful, berpikiran intuitif, menyeluruh, dalam mitos Yunani Kuno ialah tipe pemimpin dengan karakter….
A. Zeus
B. Apollo
C. Athena
D. Dyionisius
Jawab:
A. Benar, Tipe pemimipin Zeus menunjukkan bahwa kekuatan organisasi terletak pada sentra kekuasaan
20. Berikut ialah ciri tipe pememipinan Dewa Athena
A. Pantang diketahui mempunyai kelemahan, mempunyai kedekatan dengan anak buah
B. Lebih menyukai extrinsict reward
C. Lebih menyukai intrinsict reward
D. Jika organisasi pro ke pekerja , mau mengorbankan kepentingan pribadi
Jawab:
C. Benar, Tipe Athena lebih mementingkan intrinsict reward
21. Tipe pemimipin dalam administrasi operasi yang memalsukan produk yang sudah masuk untuk mendapat return dan meminimalkan resiko. Ini ialah tipe pemimpin :
A. Inovator
B. Low Cost
C. Inisiator
D. Diferensiasi
Jawab:
C. Benar. Tipe ini cenderung menunggu untuk melaksanakan produk baru.
22. Tipe pemimpin manajer operasi yang menseriuskan pada terciptanya produk yang mempunyai keunggulan tertentu ialah tipe pemimpin…
A. Inovator
B. Low Cost
C. Inisiator
D. Diferensiasi
Jawab:
D. Benar, Tipe ini menekankan pada terciptanya produk gres yang mempunyai keunggulan tertentu
23. Dalam matriks TOW-K, taktik bertahan sanggup dilihat pada jenis strategi
A. SO
B. ST
C. WO
D. WT
Jawab:
D. Benar, Ini ialah taktik bertahan yang dipilih
24. Strategi WO yang dipilih oleh perusahaan kendaraan beroda empat glamor Daimler Benz ialah …
A. Pengembangan Model Baru dan Harga Premium
B. Efisensi Biaya, reorganisasi perusahaan holding.
C. Transformasi menuju produsen barang konsumsi, model baru
D. Penciutan di Afrika, aliansi dengan Mitsubishi
Jawab:
B. Benar, Ini ialah tipe WO
25. Matrik Pertumbuhan Pangsa Pasar dibentuk oleh…
A. Michael Porter
B. General Electric-MC. Kinsey
C. Jauch dan Whittener
D. Boston Consulting Group
Jawab:
D. Benar. Ini ialah yang membuat Matrik Pertumbuhan Pangsa Pasar (MPS)
26. Matriks Pertumbuhan Pangsa Pasar (MPS) banyak diKoreksi sebab kesederhanaannya, terutama dalam hal…
A. MPS memakai terlalu banyak variabel eskternal dan internal
B. MPS spesialuntuk memakai 1 variabel internal dan eksternal
C. MPS tidak sesuai perkembangan
D. MPS terlalu kompleks
Jawab:
B. Benar, MPS spesialuntuk memakai 1 variabel internal dan eksternal
27. Matriks Daya Tarik Industri dibentuk oleh…
A. Michael Porter
B. General Electric-MC. Kinsey
C. Jauch dan Whittguar
D. Boston Consulting Group
Jawab:
D. Benar. Ini yang membuat Matrisk Pertumbuhan Pangsa Pasar
28. Matriks Daya Tarik Indutrsi (MDTI) tidak sama dengan Matrik Pertumbuhan Pangsa Pasar dalam hal…
A. MDTI terdiri dari 4 sel
B. MDTI terdiri dari 6 sel
C. MDTI terdiri dari 9 Sel
D. MDTI terdiri dari 12 sel
Jawab:
C. Benar
29. Dari aneka macam metode riset, yang paling banyak mendapat data/informasi yang dibutuhkan untuk riset pemamasukan yaitu
A. Produk, Pasar, dan Teknologi
B. Pemerintah, Pesaing, dan Pasar
C. Produk, Harga, dan Promosi
D. Pasar, Saluran Distribusi, dan Teknologi
Jawab:
A. Benar. Tiga hal inilah yang pokok selalu ada dalam misi perusahaan
30. Yang ialah kiprah pokok korporat adalah…
A. Memiliki kekerabatan bisnis dengan konsumen
B. Memiliki intervensi terhadap tiruana unit perjuangan strategis
C. Memiliki pendapatan yang berasal dari konsumen
D. Hubungan dengan Unit Usaha strategis ialah bersifat kemitraan
Jawab:
B. Benar, Korporat harus sanggup mengintervensi Unit perjuangan Strategis.
31. Keberasilan korporat membangun keunggulan tergantung pada :
A. Kemampuan Unit Usaha Strategis menghasilkan profit
B. Kemampuan Korporat menghasilkan profit
C. Model dan proses intervensi yang pas antara Korporat dan Unit Usaha Strategis
D. Model dan proses intervensi antara Korporat, Unit Usaha, dan Konsumen
Jawab:
B. Benar, Karena ada kaitan antara gosip yang dikumpulkan dengan hasil yang sebelumnya sudah diketahui.
32. Ada beberapa sistem pengendalian strategis Korporat terhadap Unit Usaha Strategis, yaitu
A. Sistem Pengenadlian Sumber Daya Manusia
B. Sistem Pengendalian Keuangan
C. Sistem Pengendalian Operasional
D. Sistem pengendalianPemamasukan
Jawab:
B. Benar
33. Strategi pertumbuhan yang paling banyak dijumpai adalah…
A. Strategi pertumbuhan
B. Strategi perluasan
C. Strategi pengembangan produk
D. Integrasi Horisontal
Jawab:
A. Benar, Ini ialah taktik yang paling banyak digunakan
34. Strategi yang dilakukan dengan menambahkan unit perjuangan yang sama dengan produk sebelumnnya disebut…
A. Strategi intergrasi transfersal
B. Strategi integrasi horisontal
C. Strategi inegrasi vertikal
D. Strategi intergrasi longitudinal
Jawab:
B. Benar, Ini ialah bila menambahkan jenis perjuangan yang sama dengan jenis perjuangan sebelumnya.
35. Strategi ekspansi perjuangan yang mana sebelumnya ialah menjadi bidang perjuangan pemasok ialah strategi…
A. Strategi ekspansi usaha
B. Strategi integrasi horisontal
C. Strategi integrasi vertikal
D. Strategi integrasi longitudinal
Jawab:
C. Benar
36. Diversikasi perjuangan dengan menambah bidang perjuangan gres yang masih berkaitan dengan bidang perjuangan usang adalah….
A. Diversifikasi konsentrik
B. Diversifikasi berjenjang
C. Diversifikasi konglomerasi
D. Diversifikasi bertingkat
Jawab:
A. Benar. Ini ialah diversikasi perjuangan dengan menambah bidang perjuangan gres yang masih berkaitan dengan bidang perjuangan usang adalah
37. Berbagai alasan perisahaan melaksanakan divestasi adalah
A. Mempertahankan posisi pasar
B. Meningkatkan hasil usaha
C. Memperbaikai posisi ajaran kas
D. Permintaan konsumen
Jawab:
C. Benar, melaluiataubersamaini keluar dari pasar, diharapkan posisi kas yang selama ini menurun sanggup diperbaiki.
38. Salah satu resiko dalam menerapkan taktik keunggulan biaya adalah…
A. Dukungan manajemen
B. Perubahan teknologi
C. Loyalitas konsumen
D. Sumber daya alam
Jawab:
B. Benar, Strategi keunggulan biaya bersiko bila ada perubahan teknologi maka rawan tidak terbeli.
39. Untuk sanggup melaksanakan taktik keunggulan bersaing, maka hal yang harus dilakukan perusahaan adalah…
A. Modal yang besar untuk memperoleh teknologi
B. Produk yang dihasilkan harus dalam jumlah banyak
C. Produk yang dihasilkan harus dalam jumlah kecil.
D. Produk yang dihasilkan harus spesifik.
Jawab:
A. Benar. Modal besar membuat perusahan sanggup memakai teknologi terkini sehingga tetap diminati
40. Ada 2 cara yang dilakukan produsen dalam menerpakan harga, yaitu disguised price war dan phantom price war. Yang dimaksud dengang phantom price war ialah :
A. Penetapan harga secara sembunyi
B. Harga pertama rendah, tetapi kemudian ada biaya tambahan
C. Ada perang harga terbuka dengan perusahaan pesaing
D. Harga didiberikan setinggi mungkin untuk memperoleh keuntungan
Jawab:
B. Benar, Ini ialah definisi phantom
Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk eksklusif menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian final semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4414 Manajemen Strategik, semoga soal ini sanggup memmenolong Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca aneka macam soal lainnya spesialuntuk di blog soal uas ut, dan tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog ini pada kawan Anda yang lainnya dan membuatkan artikel ini ke sosial media, terima kasih.
Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4414 Manajemen Strategik lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian final semester nantinya.
Soal Ujian UT Manajemen EKMA4414
1. Yang dimaksud dengan Manajemen Stratejik adalahA. Proses yang melibatkan individu dan kelompok untuk mendapat apa yang mereka butuhkan melalui penawaran produk dan jasa nilai dengan pihak lain
B. proses pengkoordinasian dan pengintegrasian acara kerja biar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain.
C. Usaha manajerial meningkatkan kekuatan perusahaan untuk mendapat peluang bisnis dan mengurangi kelemahannya.
D. Usaha manajerial untuk memasuki pasar baru.
Jawab:
C. Benar, Ini ialah definisi Manajemen Stratejik
2. Sebutkan komponen apa saja yang harus ada dalam Manajemen Stratejik
A. Perencanaan, Pengorganisasian, Pengkoordinasian, Pengawasan
B. Stratejik Korporat, Stratejik Bisnis Unit
C. Strengthening, Weakness, Oppportunity, Threathen.
D. Analisis Lingkungan Bisnis, Analisis Profil Perusahaan, Strategi Bisnis yang diperlukan, Visi dan Misi
Jawab:
D. Benar, Ini ialah Komponen Manajemen Sratejik
3. Sebutkan mazhab atau ajaran dalam Manajemen Stratejik
A. Manajemen Stratejik sebagai seni dan ilmu
B. Stratejik Action Plan dan Tactical Action Plan
C. Lingkungan Bisnis dan Lingkungan Internal sebagai determinan
D. Stratejik Korporat, Stratejik Bisnis Unit
Jawab:
C. Benar, Ada ajaran yang menyebut Lingkungan Bisnis sebagai determinan, ada juga yang menyebut lingkungan internal.
4. Tingkatan Stratejik pada pimpinan suatu unit perusahaan ialah
A. Stratejik Jaenteng.
B. Stratejik Bisnis Unit.
C. Stratejik Korporat
D. Stratejik Fungsional
Jawab:
B. Benar, Ini ialah tingkatan stratejik bagi pimpinan suatu unit usaha.
5. Perbedaan antara Manajemen Stratejik lampau dan kini adalah
A. Dahulu berorientasi jangaka panjang, kini jangka pendek.
B. Dahulu serius pada pelanggan, kini pada produk
C. Dahulu bentuk sederhana singkat padat, kini kompleks
D. Strategi rekayasa
Jawab:
A. Benar. Sekarang berorintasi jangka pendek, yaitu saat tidak efisien, segera dicara tahu penyebabnya.
6. Dalam mengantisipasi ketidakpastian lingkungan makro, taktik yang paling sering dipakai manajer adalah
A. Strategi Oposisi
B. Strategi adaptasi
C. Strategi ofensif.
D. Strategi kontinjengsi
Jawab:
B. Benar, Strategi ini yang paling sering digunakan
7. Salah satu taktik administrasi dalam mengatisipasi lingkungan markro ialah dengan sama sekali tidak mempersembahkan tanggapan. Strategi Ini disebut …..
A. Strategi Rekayasa
B. Strategi adaptasi
C. Strategi pasif
D. Strategi Menarik Diri
Jawab:
C. Benar. Strategi ini dilakukan dengan sama sekali tidak mempersembahkan respon.
8. Faktor politik memdiberi efek pada lingkungan makro. Ini banyak ditemukan di negara ….
A. Negara sedang berkembang
B. Negara maju
C. Negara Industri
D. Negara beraliran komunis
Jawab:
A. Benar. Analisis lingkungan politik banyak ditemukan pada negara sedang berkembang
9. Salah satu pola efek faktor politik adalah…
A. Intervensi pemerintah untuk pemerataan pembangunan
B. Laisses Faire
C. Kemampuan manajer dalam melaksanakan penyesuaian dengan lingkungannya yang tidak sama.
D. Sistem aturan yang belum mandiri
Jawab:
A. Benar. Di negara sedang berkembag sebab kondisi belum stabil, diharapkan campur tangan pemerintah.
10. Jenis pasar yang jarang dijumpai di negara maju adalah
A. Pasar Monopoli
B. Pasar Oligopoli dominan
C. Pasar Oligopoli pekat
D. Pasar persaingan sempurna
Jawab:
A. Benar, Rendahnya campur tangan pemerintah, dan pasar diserahkan ke prosedur pasar bebas, maka jarang terjadi pasar monopoli.
11. Berikut ini ialah ciri-ciri dari jenis perusahaan Oligopoli dominan, yaitu sbb :
A. Empat Perusahan terbesar menguasai 60 sd 100 %, interdepen di dalam penetapan harga
B. Satu perusahaan menguasai 50 % sd 100 %
C. Banyak pesaing, tetapi tidak ada yang menguasai lebih dari 10 sd 20 %
D. Satu perusahaan mengusai 100 %
Jawab:
B. Benar. Ini ialah Oligopoli Dominan
12. Menurut Joe Bain, halangan memasuki pasar yang paling penting ialah :
A. Skala Ekonomi
B. Persyaratan Modal
C. Diferensiasi produk
D. Keunggulan Biaya
Jawab:
C. Benar, Ini ialah halangan yang terpenting
13. Fokus pada salah satu keunggulan perusahaan termasuk pendekatan faktor internal jenis ….
A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. Unit Keunggulan Bersaing
D. Pendekatan PIMS
Jawab:
C. Benar, Pada pendektan ini perusahaan serius pada salah satu produk yang menjadi keunggulannnya.
14. Pendekatan yang paling sederhana dan paling banyak dipakai dalam mengindentifikasi keunggulan faktor internal adalah
A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. Unit Keunggulan Bersaig
D. Pendekatan PIMS
Jawab:
C. Benar
15. Pendekatan yang dilakukan dengan cara mencari keterlkaitan antara kinerja dan biaya suatu potongan dengan kinerja dan biaya bagia lain ialah poendekatan
A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. 7-s
D. Pendekatan PIMS
Jawab:
B. Benar, Pendekatan ini dikenalkan oleh Michael Porter, yaitu pendekatan yang melihat keterkaitan antara rantai nilai.
16. Tipe pemimpin yang serius pada peningkatan penjualan melalui pengenalan produk gres dan peningkatan pangsa pasar ialah ….
A. Defender
B. Analyzer
C. Reactor
D. Prospector
Jawab:
D. Benar. Ini ialah tipe pemimpin yang serius pada peningkatan penjualan.
17. Tipe pemimpin yang tidak mempunyai perilaku yang niscaya dan konsisten dalam menghadapi perubahan bisnis ialah :
A. Defender
B. Analyzer
C. Reactor
D. Prospector
Jawab:
C. Benar. Ini tipe pemimipin yang tidak mempunyai taktik niscaya dan konsistensi dalam menyikapi perubahan pasar.
18. Dalam melaksanakan investasi, seorang manajer yang mempunyai sifat cenderung mencari kondusif (safety first) ialah tipe manajer….
A. Agresif
B. Pasif
C. Supoptimal
D. Superior
Jawab:
B. Benar, Ini ialah jenia pemimpin yang bersifat mencari kondusif (safety first), tidak berani mengambil resiko
19. Seorang pemimpin yang kharismatik, powerful, berpikiran intuitif, menyeluruh, dalam mitos Yunani Kuno ialah tipe pemimpin dengan karakter….
A. Zeus
B. Apollo
C. Athena
D. Dyionisius
Jawab:
A. Benar, Tipe pemimipin Zeus menunjukkan bahwa kekuatan organisasi terletak pada sentra kekuasaan
20. Berikut ialah ciri tipe pememipinan Dewa Athena
A. Pantang diketahui mempunyai kelemahan, mempunyai kedekatan dengan anak buah
B. Lebih menyukai extrinsict reward
C. Lebih menyukai intrinsict reward
D. Jika organisasi pro ke pekerja , mau mengorbankan kepentingan pribadi
Jawab:
C. Benar, Tipe Athena lebih mementingkan intrinsict reward
21. Tipe pemimipin dalam administrasi operasi yang memalsukan produk yang sudah masuk untuk mendapat return dan meminimalkan resiko. Ini ialah tipe pemimpin :
A. Inovator
B. Low Cost
C. Inisiator
D. Diferensiasi
Jawab:
C. Benar. Tipe ini cenderung menunggu untuk melaksanakan produk baru.
22. Tipe pemimpin manajer operasi yang menseriuskan pada terciptanya produk yang mempunyai keunggulan tertentu ialah tipe pemimpin…
A. Inovator
B. Low Cost
C. Inisiator
D. Diferensiasi
Jawab:
D. Benar, Tipe ini menekankan pada terciptanya produk gres yang mempunyai keunggulan tertentu
23. Dalam matriks TOW-K, taktik bertahan sanggup dilihat pada jenis strategi
A. SO
B. ST
C. WO
D. WT
Jawab:
D. Benar, Ini ialah taktik bertahan yang dipilih
24. Strategi WO yang dipilih oleh perusahaan kendaraan beroda empat glamor Daimler Benz ialah …
A. Pengembangan Model Baru dan Harga Premium
B. Efisensi Biaya, reorganisasi perusahaan holding.
C. Transformasi menuju produsen barang konsumsi, model baru
D. Penciutan di Afrika, aliansi dengan Mitsubishi
Jawab:
B. Benar, Ini ialah tipe WO
25. Matrik Pertumbuhan Pangsa Pasar dibentuk oleh…
A. Michael Porter
B. General Electric-MC. Kinsey
C. Jauch dan Whittener
D. Boston Consulting Group
Jawab:
D. Benar. Ini ialah yang membuat Matrik Pertumbuhan Pangsa Pasar (MPS)
26. Matriks Pertumbuhan Pangsa Pasar (MPS) banyak diKoreksi sebab kesederhanaannya, terutama dalam hal…
A. MPS memakai terlalu banyak variabel eskternal dan internal
B. MPS spesialuntuk memakai 1 variabel internal dan eksternal
C. MPS tidak sesuai perkembangan
D. MPS terlalu kompleks
Jawab:
B. Benar, MPS spesialuntuk memakai 1 variabel internal dan eksternal
27. Matriks Daya Tarik Industri dibentuk oleh…
A. Michael Porter
B. General Electric-MC. Kinsey
C. Jauch dan Whittguar
D. Boston Consulting Group
Jawab:
D. Benar. Ini yang membuat Matrisk Pertumbuhan Pangsa Pasar
28. Matriks Daya Tarik Indutrsi (MDTI) tidak sama dengan Matrik Pertumbuhan Pangsa Pasar dalam hal…
A. MDTI terdiri dari 4 sel
B. MDTI terdiri dari 6 sel
C. MDTI terdiri dari 9 Sel
D. MDTI terdiri dari 12 sel
Jawab:
C. Benar
29. Dari aneka macam metode riset, yang paling banyak mendapat data/informasi yang dibutuhkan untuk riset pemamasukan yaitu
A. Produk, Pasar, dan Teknologi
B. Pemerintah, Pesaing, dan Pasar
C. Produk, Harga, dan Promosi
D. Pasar, Saluran Distribusi, dan Teknologi
Jawab:
A. Benar. Tiga hal inilah yang pokok selalu ada dalam misi perusahaan
30. Yang ialah kiprah pokok korporat adalah…
A. Memiliki kekerabatan bisnis dengan konsumen
B. Memiliki intervensi terhadap tiruana unit perjuangan strategis
C. Memiliki pendapatan yang berasal dari konsumen
D. Hubungan dengan Unit Usaha strategis ialah bersifat kemitraan
Jawab:
B. Benar, Korporat harus sanggup mengintervensi Unit perjuangan Strategis.
31. Keberasilan korporat membangun keunggulan tergantung pada :
A. Kemampuan Unit Usaha Strategis menghasilkan profit
B. Kemampuan Korporat menghasilkan profit
C. Model dan proses intervensi yang pas antara Korporat dan Unit Usaha Strategis
D. Model dan proses intervensi antara Korporat, Unit Usaha, dan Konsumen
Jawab:
B. Benar, Karena ada kaitan antara gosip yang dikumpulkan dengan hasil yang sebelumnya sudah diketahui.
32. Ada beberapa sistem pengendalian strategis Korporat terhadap Unit Usaha Strategis, yaitu
A. Sistem Pengenadlian Sumber Daya Manusia
B. Sistem Pengendalian Keuangan
C. Sistem Pengendalian Operasional
D. Sistem pengendalianPemamasukan
Jawab:
B. Benar
33. Strategi pertumbuhan yang paling banyak dijumpai adalah…
A. Strategi pertumbuhan
B. Strategi perluasan
C. Strategi pengembangan produk
D. Integrasi Horisontal
Jawab:
A. Benar, Ini ialah taktik yang paling banyak digunakan
34. Strategi yang dilakukan dengan menambahkan unit perjuangan yang sama dengan produk sebelumnnya disebut…
A. Strategi intergrasi transfersal
B. Strategi integrasi horisontal
C. Strategi inegrasi vertikal
D. Strategi intergrasi longitudinal
Jawab:
B. Benar, Ini ialah bila menambahkan jenis perjuangan yang sama dengan jenis perjuangan sebelumnya.
35. Strategi ekspansi perjuangan yang mana sebelumnya ialah menjadi bidang perjuangan pemasok ialah strategi…
A. Strategi ekspansi usaha
B. Strategi integrasi horisontal
C. Strategi integrasi vertikal
D. Strategi integrasi longitudinal
Jawab:
C. Benar
36. Diversikasi perjuangan dengan menambah bidang perjuangan gres yang masih berkaitan dengan bidang perjuangan usang adalah….
A. Diversifikasi konsentrik
B. Diversifikasi berjenjang
C. Diversifikasi konglomerasi
D. Diversifikasi bertingkat
Jawab:
A. Benar. Ini ialah diversikasi perjuangan dengan menambah bidang perjuangan gres yang masih berkaitan dengan bidang perjuangan usang adalah
37. Berbagai alasan perisahaan melaksanakan divestasi adalah
A. Mempertahankan posisi pasar
B. Meningkatkan hasil usaha
C. Memperbaikai posisi ajaran kas
D. Permintaan konsumen
Jawab:
C. Benar, melaluiataubersamaini keluar dari pasar, diharapkan posisi kas yang selama ini menurun sanggup diperbaiki.
38. Salah satu resiko dalam menerapkan taktik keunggulan biaya adalah…
A. Dukungan manajemen
B. Perubahan teknologi
C. Loyalitas konsumen
D. Sumber daya alam
Jawab:
B. Benar, Strategi keunggulan biaya bersiko bila ada perubahan teknologi maka rawan tidak terbeli.
39. Untuk sanggup melaksanakan taktik keunggulan bersaing, maka hal yang harus dilakukan perusahaan adalah…
A. Modal yang besar untuk memperoleh teknologi
B. Produk yang dihasilkan harus dalam jumlah banyak
C. Produk yang dihasilkan harus dalam jumlah kecil.
D. Produk yang dihasilkan harus spesifik.
Jawab:
A. Benar. Modal besar membuat perusahan sanggup memakai teknologi terkini sehingga tetap diminati
40. Ada 2 cara yang dilakukan produsen dalam menerpakan harga, yaitu disguised price war dan phantom price war. Yang dimaksud dengang phantom price war ialah :
A. Penetapan harga secara sembunyi
B. Harga pertama rendah, tetapi kemudian ada biaya tambahan
C. Ada perang harga terbuka dengan perusahaan pesaing
D. Harga didiberikan setinggi mungkin untuk memperoleh keuntungan
Jawab:
B. Benar, Ini ialah definisi phantom
Download Soal Ujian UT Manajemen EKMA4414
Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa Anda bisa mendownload soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang sudah kami sediakan untuk Anda. Hal ini kami lakukan untuk mempergampang Anda menyimpan dokumen, sebab terkadang ada dari Mahasiswa yang kesusahan untuk mengcopy-paste artikel, jadi untuk itu kami menyiapkan link download dalam bentuk file dokumen PDF. Nah untuk mendownload soal uas EKMA4414 Manajemen Strategik, silahkan Anda klik link dibahwa ini.Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk eksklusif menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian final semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Manajemen EKMA4414 Manajemen Strategik, semoga soal ini sanggup memmenolong Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca aneka macam soal lainnya spesialuntuk di blog soal uas ut, dan tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog ini pada kawan Anda yang lainnya dan membuatkan artikel ini ke sosial media, terima kasih.
0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Administrasi Ekma4414 Administrasi Strategik Beserta Kunci Jawaban"