Soal Ujian Ut Akuntansi Espa4111 Pengantar Ekonomi Mikro Beserta Kunci Jawaban

loading...
Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro lengkap dengan kunci jawabanan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) non Pendas yang kini ini sedang menempuh pendidikan pada semester 2. Pada arikel sebelumnya kami sudah menyebarkan lengkap Soal Ujian UT Akuntansi ESPA4110 Pengantar Ekonomi Makro. Mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Akhir Semster tentu sangat perlu Anda lakukan, kalau Anda ingin mendapatkan nilai yang bagus. Namun tentu kami paham betul dengan kesibukan pekerjaan Anda selaku Mahasiswa UT tentu sangat susah membagi waktunya. Nah dengan adanya soal ibarat ini kami harap bisa memmenolong Anda dalam memahami materi yang ada, sehingga Anda lebih siap dalam mengikuti Ujian UT nantinya. Soal yang kami bagikan ini tentu sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasannya. Makara Anda sangat digampangkan sekali, Anda juga bisa mempelajari tiruana soal ini secara online melalui Handphone Anda, lantaran dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanannya.

melaluiataubersamaini adanya Soal Ujian UT Akuntansi dan aneka macam Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang sudah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih digampangkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Tak spesialuntuk soal saja, namun kami juga memposting aneka macam hal lainnya terkait kiprah dari Mahasiswa UT, ibarat Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4213 Manajemen Keuangan
  • Soal Ujian UT Akuntansi EKSI4101 Laboratorium Pengantar Akuntansi
  • Soal Ujian UT Akuntansi EKSI4202 Hukum Pajak
  • Soal Ujian UT Akuntansi ESPA4110 Pengantar Ekonomi Makro
  • Soal Ujian UT Akuntansi ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro
  • Soal Ujian UT Akuntansi ESPA4122 Matematika Ekonomi
  • Soal Ujian UT Akuntansi MKDU4112 Ilmu Alamiah Dasar

  • Soal Ujian UT yang kami bagikan ini tak kami pisahkan antara soal dan kunci jawabanannya, jadi tentunya Anda sangat praktis sekali dalam mempelajarinya. Anda bisa mempelajari soal ini secara online. Kami juga sudah menyiapkan setiap soal dalam bentuk dokumen PDF yang mana Anda bisa mendownload soal ini pada simpulan artikel.

     Pengantar Ekonomi Mikro lengkap dengan kunci jawabanan Soal Ujian UT Akuntansi ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro Beserta Kunci JawabanSoal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 hingga dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Akuntansi.

    Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian simpulan semester nantinya.

    Soal Ujian UT Akuntansi ESPA4111

    1. Studi wacana bagaimana orang-orang atau masyarakat menentukan memakai aneka macam sumber daya produktif yang langka disebut sebagai…..
    A. ekonometrika
    B. ilmu geografi
    C. ekonomika
    D. studi pustaka
    Jawab:
    C. Jawaban Anda Benar.
    Menurut Paul Samuelson, ekonomika yaitu studi wacana bagaimana orang-orang atau masyarakat menentukan memakai aneka macam sumber daya produktif yang langka dan mempunyai alternatif penerapan dalam memproduksi aneka macam komoditi dan mendistribusikan untuk konsumsi masa kini maupun di masa yang akan hadir di antara aneka macam individu maupun kelompok-kelompok di dalam masyarakat

    2. Barang atau jasa yang dipakai oleh produsen dalam proses produksi mereka disebut sebagai….
    A. input
    B. materi baku
    C. output
    D. hasil produksi
    Jawab:
    A. Jawaban Anda Benar.
    Input atau faktor produksi yaitu barang-barang atau jasa-jasa yang dipakai oleh produsen dalam proses produksi merekA. Input-input dikombinasikan dan diolah untuk menghasilkan output. Output ialah barang dan jasa yang sanggup dikonsumsi eksklusif atau menjadi input bagi proses produksi selanjutnya.

    3. Fokus ilmu ekonomi yaitu menyusun prinsip-prinsip ekonomi yang kemudian dipakai untuk merumuskan…….
    A. permasalahan ekonomi
    B. model ekonomi
    C. variabel ekonomi
    D. kebijakan ekonomi
    Jawab:
    D. Jawaban Anda Benar.
    Fokus ilmu ekonomi yaitu menyusun prinsip-prinsip ekonomi yang kemudian dipakai untuk merumuskan kebijakan ekonomi

    4. Dalam metode ilmu ekonomi, variabel fakta mencakup …….
    A. perbandingan penerapan input dan output
    B. konsumsi barang-barang dan jasa-jasa
    C. jumlah output dari proses produksi
    D. teori yang dipergunakan
    Jawab:
    B. Jawaban Anda Benar.
    Dalam ilmu ekonomi, fakta mencakup sikap ekonomi perorangan atau forum yang terlibat dalam acara produksi, pertukaran, serta konsumsi barang-barang dan jasa-jasA. Tugas pengumpulan fakta bisa ialah hal kompleks lantaran dalam kenyataan terdapat korelasi yang luas dan rumit. Dalam hal ini harus dibedakan doloe antara fakta ekonomi dan fakta nonekonomi. Bila pengumpulan sudah selesai sering kali mereka tidak mempunyai korelasi satu sama lain

    5. Salah satu manfaat dari penerapan prinsip atau teori ekonomi yaitu ……
    A. mengukur kenaikan produksi barang-barang dan jasa-jasa
    B. menentukan kondisi full employment
    C. dasar penyusunan kebijakan ekonomi
    D. pengukuran penyebaran distribusi pendapatan
    Jawab:
    C. Jawaban Anda Benar.
    Manfaat dari prinsip atau teori ekonomi yaitu:
    menolong menandakan mengapa suatu hal terjadi dan bagaimana proses kejadiannyA. Prinsip atau teori ekonomi menandakan mengapa terjadi perubahan harga, faktor-faktor apa yang mempengaruhi, bagaimana prosesnya, dan sebagainyA. Prinsip-prinsip ekonomi sanggup dipakai sebagai alat untuk menganalisis realitas;
    sebagai basis atau dasar penyusunan kebijakan ekonomi, yaitu untuk menuntaskan problem ekonomi tertentu. Teori ekonomi ialah salah satu alat penting untuk mengadakan prakiraan, yaitu bila beberapa insiden tidak diinginkan, katakanlah contohnya inflasi atau pengangguran, maka kita sanggup mensugesti atau mengendalikan

    6. Fungsi yang memperlihatkan aneka macam jumlah suatu produk yang para konsumen ingin dan bisa membeli pada aneka macam tingkat harga disebut…..
    A. pertambahan kapital
    B. penawaran
    C. daya beli
    D. permintaan
    Jawab:
    D. Jawaban Anda Benar
    Permintaan dalam pengertian ilmu ekonomi didefinisikan sebagai skedul, kurva, atau fungsi yang memperlihatkan aneka macam jumlah suatu produk yang para konsumen ingin dan bisa membeli pada aneka macam tingkat harga yang mungkin selama periode waktu tertentu. Jadi, undangan memperlihatkan korelasi antara harga dan jumlah barang yang diminta

    7. Kurva undangan menggambarkan korelasi terbalik antara ….
    A. tenaga kerja dan modal
    B. harga dengan kuantitas barang yang diminta
    C. ekspor dan impor
    D. jumlah pendapatan dan ekspor
    Jawab:
    B. Jawaban Anda Benar.
    Kurva undangan menggambarkan korelasi terbalik antara harga dengan kuantitas barang yang dimintA. Kurva ini berbentuk menurun dari kiri atas ke kanan bawah.

    8. Faktor yang menentukan tinggi rendahnya tingkat undangan konsumen adalah…….
    A. jumlah pinjamanr
    B. selera
    C. ketersediaan barang
    D. perbandingan antara input produksi dan output produksi
    Jawab:
    B. Jawaban Anda Benar
    Banyak faktor yang menentukan permintaan, salah satu yang terpenting yaitu harga barang itu sendiri. Kurva dan skedul undangan menggambarkan hal ini dengan menganggap faktor-faktor lain selain faktor harga yaitu tetap (tak berubah atau konstan). Ingat anggapan ceteris paribus, bila faktor-faktor lain selain harga mengalami perubahan maka kurva undangan akan bergeser ke kiri atau ke kanan. Hal ini terang lantaran skedul atau kurva undangan digambarkan dengan anggapan hal-hal lain tetap tak berubah atau konstan.

    Faktor-faktor selain harga barang itu sendiri yang menentukan undangan konsumen individual dan undangan pasar yaitu selera atau preferensi konsumen akan barang tersebut, banyaknya konsumen individual di pasar, pendapatan, harga barang-barang lain baik yang ialah barang pengganti maupun barang pelengkap, dan ekspektasi atau prakiraan konsumen akan harga-harga dan pendapatan di masa depan. Hal ini sanggup dituliskan sebagai diberikut.
    D = f (S, Ps, P1, Y, B, K)
    di mana D yaitu undangan akan suatu barang yang ialah fungsi dari S yaitu selera konsumen akan barang tersebut, Ps yaitu harga barang itu sendiri, P1 yaitu harga barang-barang lain baik ialah barang pelengkap maupun barang pengganti, Y yaitu pendapatan konsumen, B yaitu banyaknya konsumen di pasar dan K yaitu ekspektasi atau prakiraan konsumen akan harga-harga barang dan pendapatannya di masa depan


    9. Variabel yang besar lengan berkuasa terhadap tingkat penawaran yaitu …..
    A. selera konsumen
    B. pendapatan konsumen
    C. ekspektasi harga di masa depan
    D. banyaknya konsumen di pasar
    Jawab:
    C. Jawaban Anda Benar.
    Faktor-faktor selain harga sendiri yang mensugesti penawaran intinya yaitu metode produksi yang digunakan, harga input, harga barang-barang lain, ekspektasi harga di masa depan, banyaknya pembeli di pasar, dan pajak atau subsidi

    10. Faktor yang secara umum menentukan elastisitas undangan adalah…..
    A. pendapatan konsumen
    B. ekspektasi harga di masa depan
    C. selera konsumen
    D. proporsi pendapatan yang dibelanjakan pada barang tersebut
    Jawab:
    D. Jawaban Anda Benar.
    Faktor-faktor diberikut secara umum menentukan elastisitas undangan meskipun dalam beberapa hal dijumpai beberapa pengecualian.
    Substitubilitas. Semakin banyak barang substitusi (pengganti) yang tersedia untuk barang tersebut maka semakin besar elastisitas permintaan.
    Proporsi pendapatan yang dibelanjakan pada barang tersebut. Bila hal-hal lain sama maka semakin besar pecahan pendapatan konsumen dibelanjakan untuk barang tersebut maka semakin lentur permintaan.
    Jenis barang. Jenis barang bisa berupa barang kebutuhan sehari-hari atau barang mewah. Permintaan untuk barang-barang yang ialah kebutuhan konsumen sehari-hari inelastis, sedangkan undangan barang glamor elastis.
    Lamanya periode waktu. Umumnya dikatakan, semakin panjang periode waktu maka semakin lentur kurva permintaan. Ini yaitu periode yang dicakup dalam analisis permintaan. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh kebiasaan contoh konsumsi yang terbentuk dalam waktu lama

    11. Hukum daya guna marjinal yang menurun dikenal dengan hukum……
    A. The law of Diminishing Marginal Utility
    B. The law of Diminishing Marginal Return
    C. The law of Diminishing Total Utility
    D. The law of Diminishing Total Return
    Jawab:
    A. Jawaban Anda Benar.
    Hukum The law of Diminishing Marginal Utility menyatakan bila konsumsi suatu barang terus dipenuhi maka kepuasan total yang diperoleh konsumen dari proses konsumsi barang tersebut mula-mula naik, mencapai maksimum (kejenuhan) dan kemudian menurun. Konsumen yang mengonsumsi barang dalam jumlah yang semakin meningkat maka kepuasan totalnya (total utility) akan semakin meningkat, namun tambahan kepuasan (marginal utility) semakin menurun

    12. Tambahan kepuasan yang diperoleh seorang konsumen untuk setiap satu satuan tambahan barang yang dikonsumsi disebut sebagai….
    A. daya guna marjinal
    B. kepuasan total
    C. nilai guna parsial
    D. daya guna parsial
    Jawab:
    A. Jawaban Anda Benar.
    Daya guna-marjinal yaitu tambahan kepuasan yang diperoleh seorang konsumen untuk setiap satu satuan tambahan barang yang dikonsumsi. Selanjutnya dianggap daya-guna yang diperoleh sanggup diukur dengan satuan daya gunA. Misalkan seorang mahasiswa yang gres saja selesai latihan olah raga bola basket memperoleh kepuasan sebesar 10 satuan daya guna dari minum satu gelas air. Bila kemudian ia minum segelas lagi maka tambahan kepuasan berkurang, katakanlah ia spesialuntuk memperoleh 8 satuan, dan begitu seterusnya tambahan daya guna yang diperoleh dan setiap tambahan segelas air terus menurun hingga mahasiswa tersebut mengalami kejenuhan air minum

    13. Salah satu ciri dari kurva indiferensi yaitu ……..
    A. berlereng positif
    B. saling berpotongan
    C. bentuknya cembung ke arah titik origin
    D. berbentuk cekung terhadap titik origin
    Jawab:
    C. Jawaban Anda Benar.
    Ciri-ciri kurva indiferensi yaitu sebagai diberikut.
    Berlereng menurun atau negatif. Kurvanya berbentuk menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Hal ini lantaran bila jumlah suatu barang dalam suatu bundel konsumsi dikurangi maka jumlah barang lain harus ditambah supaya tetap sanggup memperoleh tingkat daya guna total yang sama.
    Bentuknya cembung ke arah titik origin. Hal ini memperlihatkan derajat penggantian antar barang konsumsi semakin menurun. Derajat penggantian memperlihatkan berapa satuan barang harus dimenambahkan pada suatu bundel konsumsi supaya diperoleh daya guna total yang sama bila barang konsumsi lain dikurangi satu satuan.
    Kurva-kurva indiferensi tidak saling memotong

    14. Batas kombinasi atau bundel konsumsi mana yang sanggup dibeli dengan pendapatan disebut….
    A. kurva indiferensi
    B. garis hambatan anggaran
    C. garis anggaran (budget line)
    D. kurva maksimasi keuntungan
    Jawab:
    B. Jawaban Anda Benar.
    Garis hambatan anggaran memperlihatkan batas kombinasi atau bundel konsumsi mana yang sanggup dibeli dengan pendapatan atau anggaran konsumen tersebut. Konsumen mustahil membeli bundel barang yang ada di sebelah kanan atas garis kendala-anggaran. Hal tersebut ditunjukkan oleh gambar diberikut:

    15. Salah satu faktor (variabel) bukan harga yang mensugesti undangan yaitu …..
    A. pendapatan konsumen
    B. luas pasar
    C. tingkat suku bunga
    D. adanya barang komplementer
    Jawab:
    A. Jawaban Anda Benar.
    Salah satu faktor (variabel) bukan harga yang mensugesti undangan yaitu pendapatan konsumen

    16. IKurva yang memperlihatkan korelasi antara pendapatan dan kuantitas yang diminta disebut sebagai kurva…..
    A. U Terbalik
    B. Indiferensi
    C. Engel
    D. Kendala anggaran
    Jawab:
    C. Jawaban Anda Benar.
    Kurva Engel yaitu kurva yang memperlihatkan korelasi antara pendapatan dan kuantitas yang dimintA. Pada kasus barang normal, kurva Engel berlereng menanjak lantaran kenaikan pendapatan akan menambah kemampuan konsumen untuk membeli dan mengonsumsi lebih banyak barang-barang dan jasa-jasa

    17. Faktor yang besar lengan berkuasa terhadap kuantitas suatu produksi diantaranya adalah….
    A. teknologi
    B. jumlah konsumen
    C. selera
    D. ekspektasi masa depan
    Jawab:
    A. Jawaban Anda Benar.
    Untuk memproduksi barang atau jasa, perusahaan memerlukan faktor-faktor produksi. melaluiataubersamaini kata lain, untuk memproduksi output dibutuhkan input. Teori produksi mengulas korelasi antara input dan output atau korelasi antara kuantitas produk dan faktor-faktor produksi yang dipakai untuk memproduksi. Hubungan ini sanggup ditetapkan sebagai diberikut.
    Q = f (K, L, T, N)
    di mana Q yaitu kuantitas output yang sanggup diproduksi, K yaitu faktor kapital, L yaitu faktor tenaga kerja, T yaitu teknologi, dan N yaitu tanah. Makara kuantitas yang diproduksi ialah fungsi atau dipengaruhi oleh kuantitas dan kualitas faktor-faktor produksi atau input yang dipakai untuk memproduksi.

    18. Konsep biaya ekonomi timbul lantaran kenyataan bahwa sumber daya besifat….
    A. tiruan
    B. riil
    C. langka
    D. agregatif
    Jawab:
    C. Jawaban Anda Benar.
    Konsep biaya ekonomi timbul lantaran kenyataan sumber daya yaitu langka atau terbatas kuantitasnya dan sumber daya mempunyai penerapan alternatif Bila sejumlah tertentu faktor produksi dipakai untuk memproduksi barang-barang tertentu maka sejumlah barang-barang dan jasa-jasa lain yang bisa diproduksi dengan memakai sejumlah faktor produksi yang sudah dipakai tersebut terpaksa dikorbankan atau hilang. Makara biaya ekonomi ialah besarnya pengorbanan atas barang alternatif yang hilang tak bisa diproduksi. Biaya hemat disebut juga biaya oportunitas. Bila seorang karyawan pabrik bekerja memproduksi mesin jahit maka sejumlah tertentu mesin tulis tak bisa diproduksi oleh karyawan tersebut pada waktu yang sama

    19. Pembayaran yang harus dilakukan oleh perusahaan kepada para pemilik faktor produksi disebut………
    A. harga pokok
    B. piutang produksi
    C. biaya marginal
    D. biaya ekonomi
    Jawab:
    D. Jawaban Anda Benar.
    Biaya ekonomi didefinisikan sebagai pembayaran-pembayaran yang harus dilakukan oleh perusahaan kepada para pemilik faktor produksi

    20. Pengeluaran kas yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk membeli faktor produksi disebut biaya…..
    A. implisit
    B. ekonomis
    C. eksplisit
    D. opportunitas
    Jawab:
    C. Jawaban Anda Benar.
    Biaya ekonomi didefinisikan sebagai pembayaran-pembayaran yang harus dilakukan oleh perusahaan kepada para pemilik faktor produksi. Pembayaran-pembayaran atau pengeluaran-pengeluaran kas yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyewa atau membeli tenaga kerja, materi baku, materi bakar, jasa transportasi, sewa mesin-mesin dan peralatan serta gedung dan pabrik, rekening listrik, dan lain-lain disebut sebagai biaya eksplisit.

    21. Ciri-ciri pasar atau industri persaingan murni yaitu …..
    A. produk homogen
    B. jumlah penjual dan pembeli sedikit
    C. persaingan yang terjadi yaitu persaingan harga
    D. rintangan keluar masuk industri sangat besar
    Jawab:
    A. Jawaban Anda Benar.
    Ciri-ciri dari pasar persaingan murni diantaranya adalah:
    Jumlah perusahaan yang ada dalam industri banyak sekali, demikian pula para pembeli
    Produknya identik dan homogen, tak bisa dibedakan antara produk satu perusahaan dengan produk perusahaan lain. Tak ada perbedaan harga maupun kualitas.
    Tak ada rintangan masuk ke dalam atau keluar dari industri setiap waktu. Perusahaan-perusahaan gres bebas masuk dan perusahaan-perusahaan yang sudah ada bebas keluar dari industri tersebut. Tak ada hambatan hukum, teknis, keuangan, maupun hambatan-hambatan dalam bentuk lain yang menghalangi perusahaan-perusahaan gres masuk ke dalam industri pasar persaingan murni.
    Karena perusahaan dalam industri pasar persaingan murni yaitu homogen maka di sini tak ada persaingan bukan harga, yaitu persaingan berdasarkan perbedaan kualitas, advertensi maupun promosi penjualan, lantaran itu pengiklanan tidak mempunyai kegunaan lantaran produknya homogen
    .

    22. Persaingan yang terjadi dalam pasar persaingan tepat yaitu persaingan berdasarkan…..
    A. kuantitas
    B. perbedaan kualitas
    C. bemasukan modal usaha
    D. tingkat teknologi
    Jawab:
    B. Jawaban Anda Benar.
    Karena perusahaan dalam industri pasar persaingan murni yaitu homogen maka di sini tak ada persaingan bukan harga, yaitu persaingan berdasarkan perbedaan kualitas, advertensi maupun promosi penjualan, lantaran itu pengiklanan tidak mempunyai kegunaan lantaran produknya homogen

    23. Karakteristik atau ciri-ciri pasar monopoli murni yaitu …….
    A. produk heterogen
    B. jumlah penjual dan pembeli sedikit
    C. tidak ada barang substitusi
    D. harga ditentukan oleh konsumen
    Jawab:
    C. Jawaban Anda Benar.
    Karakteristik atau ciri-ciri pasar monopoli murni sebagai diberikut.
    Hanya ada satu produsen penjual saja sementara terdapat banyak sekali pembeli barang tersebut. melaluiataubersamaini demikian penjual sanggup mensugesti harga dengan mengubah kuantitas barang yang ditawarkan. Advertensi akan bermanfaa baginya lantaran hal ini mungkin sanggup menggeser kurva undangan ke kanan atau membuat kurva undangan menjadi lebih tidak elastis
    Tak ada barang substitusi yang tepat untuk produk perusahaan monopolis.
    Terdapat rintangan kuat untuk masuk ke dalam industri tersebut. Rintangan bisa bersifat alamiah, contohnya lantaran perusahaan monopoli sanggup mengeksploitasi skala hemat operasional produksi. Mungkin juga lantaran perusahaan monopoli menguasai materi pokok ataupun proses pembuatan produk tersebut, atau lantaran ia memegang hak paten. Bisa juga hak monopoli didiberikan oleh pemerintah untuk alasan-alasan atau tujuan-tujuan tertentu

    24. Tujuan utama dari monopolis yaitu …….
    A.melakukan penemuan produk baru
    B. mematikan pesaing
    C. mensugesti harga pasar
    D. memperoleh laba total terbaik
    Jawab:
    D. Jawaban Anda Benar.
    Tujuan monopolis bukan memutuskan harga per satuan produk yang setinggi-tingginya tetapi untuk memperoleh laba total terbaik.

    25. Karakteristik dari pasar persaingan monopolistik yaitu ……
    A. terdapat sejumlah besar produsen penjual yang bekerja secara independen
    B. jumlah penjual dan pembeli sedikit
    C. tidak ada barang substitusi
    D. harga ditentukan oleh konsumen
    Jawab:
    A. Jawaban Anda Benar.
    Ciri-ciri atau karakteristik dari pasar persaingan monopolistik adalah:
    Terdapat sejumlah besar produsen penjual yang bekerja secara independen.
    Terdapat diferensiasi produk yang mencakup tidak spesialuntuk diferensiasi fisik saja, tetapi juga pembungkusan atau pengepakan, efektivitas pengiklanan, reputasi pelayanan, tersedianya pembayaran kredit, dan lain-lain.
    Para produsen penjual sejauh tertentu mengendalikan harga produk.
    Masuk ke dalam industri persaingan monopolistik umumnya praktis namun secara relatif sedikit lebih sukar dibandingkan dengan pasar persaingan murni.
    Karena produknya didiferensiasikan maka industri ini mempunyai ciri persaingan bukan harga yang ketat. Persaingan mencakup persaingan kualitas, pengiklanan, dan syarat-syarat serta pelayanan penjualan

    26. Karakteristik bentuk pasar oligopoli yaitu …..
    A. produk heterogen
    B. persaingan melalui iklan sangat kuat
    C. tidak ada barang substitusi
    D. harga ditentukan oleh konsumen
    Jawab:
    B. Jawaban Anda Benar.
    Ciri-ciri atau karakteristik bentuk pasar oligopoli adalah….
    Hanya ada sejumlah kecil atau beberapa perusahaan yang mendominasi pasar produk tersebut.
    Kasus oligopoli bisa dibedakan antara kasus produk standar atau produk tak di diferensiasi dan kasus produk yang di diferensiasi.
    Karena pengendaliannya atas harga pasar dan saling ketergantungan di antara para produsen bestir maka kemungkinan besar terjadi perang harga pada industri ini.
    Terdapat rintangan cukup berat untuk masuk ke dalam industri oligopoli.
    Persaingan melalui iklan sangat kuat pada industri oligopoli dengan diferensiasi produk yang ditujukan untuk menimbulkan kesan bahwa produk perusahaan lebih superior daripada produk pesaingnya yang sejenis. Persaingan kualitas pun sangat ketat pada kasus ini hingga pengeluaran untuk riset dan pengembangan cukup besar di samping juga pengeluaran untuk advertensi

    27. Tujuan produsen persaingan murni dalam jangka pendek maupun jangka panjang yaitu ….
    A. melaksanakan spesialisasi dan penemuan produk
    B. mensugesti harga barang
    C. mematikan pesaing
    D. mencari laba ekonomi
    Jawab:
    D. Jawaban Anda Benar.
    Tujuan produsen persaingan murni dalam jangka pendek maupun jangka panjang yaitu mencari laba ekonomi dan bukan finansial terbaik atau kerugian minimal. Dalam jangka pendek perusahaan pesaing murni mempunyai pabrik berskala tertentu dan berusaha memaksimumkan laba atau meminimumkan kerugian dengan menyesuaikan output dengan cara mengubah banyaknya faktor-faktor produksi variabel yaitu bahan-bahan, tenaga kerja dan lain-lain yang digunakan. Tujuan mencapai laba maksimum dipakai untuk membuat pilihan yang diputuskan berdasar dua hal yaitu berapa kuantitas output yang diproduksi dan berapa harga penjualannyA. Yang terakhir ini ditentukan sepenuhnya oleh pasar (mekanisme). Perusahaan produsen pesaing murni tidak bisa mempengaruhinya dan harus menerimanya dengan lebih doloe harus dilakukan dengan meminimumkan biaya untuk memproduksi sebanyak output yang diinginkan. Keuntungan hemat yaitu perbedaan atau selisih antara pendapatan total dengan biaya total, baik biaya eksplisit maupun biaya implisit

    28. Kurva biaya total variabel mencerminkan berlakunya aturan …….
    A. tingkat kepuasan total
    B. penambahan nilai
    C. penambahan hasil yang semakin berkurang
    D. kepuasan menurun
    Jawab:
    C. Jawaban Anda Benar.
    Kurva biaya total variabel mencerminkan berlakunya aturan penambahan hasil yang semakin berkurang. Mula-mula tingkat kenaikan biaya total semakin kecil sementara produsen memakai faktor-faktor produksi tetap secara lebih efisien. Lewat titik tertentu biaya total mulai naik dengan tingkat kenaikan yang meningkat jawaban penerapan skala pabrik secara berlebihan

    29. Salah satu alternatif dari pendekatan total perusahaan yaitu pendekatan…..
    A. marjinal
    B. majemuk
    C. agregatif
    D. pendapatan
    Jawab:
    A. Jawaban Anda Benar.
    Pendekatan marjinal ialah alternatif pendekatan total. Dalam memproduksi barang dan menawarkannya di pasar, perusahaan membandingkan tambahan biaya yang harus ia keluarkan untuk memproduksi satu satuan tambahan output (ini disebut biaya marjinal = MC) dengan berapa pendapatan tambahan yang diperoleh dengan menjual satu satuan tambahan output yang diproduksi (pendapatan marjinal = MR).

    30. Ciri utama yang bisa mempertahankan kelangsungan hidup monopolis pada pasar monopoli adalah……..
    A. adanya penambahan modal usaha
    B. penguasaan pasar
    C. intervensi terhadap kebijakan harga
    D. rintangan masuk ke dalam industri
    Jawab:
    D. Jawaban Anda Benar.
    Rintangan masuk ke dalam industri ialah ciri utama yang bisa mempertahankan kelangsungan hidup monopolis. pada pasar monopoli, rintangan masuk ke dalam industri ialah alasannya yaitu utama berlangsungnya monopoli di mana spesialuntuk ada satu perusahaan sajA. Bila tak ada rintangan masuk, maka adanya laba di atas normal pada industri tersebut akan menarikdanunik perusahaan-perusahaan lain untuk masuk dan mengubah bentuk industrinya serta kemudian hilanglah sifat monopoli lantaran ia tidak lagi menjadi satu-satunya perusahaan yang ada di dalam industri tersebut. Karena itu, rintangan masuk ialah syarat mutlak supaya keadaan pasar monopoli bisa dipertahankan

    31. Salah satu faktor yang mengakibatkan timbulnya rintangan masuk ke dalam suatu industri yaitu ……
    A. paten dan pengembangan produk
    B. adanya barang privat
    C. kondisi pasar yang sempurna
    D. gosip yang terdistribusi dengan sempurna
    Jawab:
    A. Jawaban Anda Benar.
    Ada beberapa hal yang mengakibatkan timbulnya rintangan masuk ke dalam suatu industri. Keadaan-keadaan tersebut sebagai diberikut.
    Skala ekonomis. pada banyak kasus industri, dengan metode produksi modern dan canggih tingkat efisiensi meningkat dan biaya produksi menurun. Hal ini spesialuntuk bisa dicapai bila produksi dilakukan dalam skala produksi besar secara otoriter maupun relatif, diukur dengan pangsa pasar.
    Perusahaan pelayanan publik. Perusahaan (pembangkit dan penyalur) tenaga listrik, perusahaan air minum, perusahaan telepon, atau perusahaan transportasi massal, ialah perusahaan pelayanan publik di mana produksi harus dilakukan dalam skala besar supaya diperoleh skala ekonomis.
    Pemilikan materi mentah penting dan strategis. Pemilikan atau pengendalian produksi dan distribusi atas suatu materi strategis yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu barang sanggup mencegah perusahaan lain memproduksi dan masuk ke dalam suatu industri.
    Paten dan pengembangan produk. Pemdiberian hak paten, hak khusus atau hak cipta oleh pemerintah kepada seseorang atau suatu perusahaan untuk memproduksi dan menjual suatu produk dimaksudkan supaya orang lain yang tidak berusaha dan mencurahkan waktu, dan tidak mengeluarkan biaya untuk mengembangkan (proses produksi) produk baru, tidak sanggup memproduksi dan memperoleh laba darinya

    32. Untuk mencegah masuknya perusahaan dalam suatu industri yang mengancam, pelaku sanggup melaksanakan taktik …..
    A. alokasi materi baku baru
    B. stabilisasi modal usaha
    C. persaingan mematikan
    D. sosialisasi terkena produk baru
    Jawab:
    C. Jawaban Anda Benar.
    Taktik persaingan mematikan bisa dilakukan oleh suatu perusahaan atau beberapa perusahaan dalam suatu industri bisa mencegah masuknya perusahaan-perusahaan gres dengan mengancam dan melaksanakan persaingan harga yaitu menurunkan harga produk jauh di bawah biaya produksi. Hal ini mengakibatkan para pesaing potensial tak bisa masuk ke dalam industri. Kalau pun ada yang tetap masuk maka ia akan mengalami kerugian, bangkrut, dan keluar dari industri tersebut

    33. Dalam sistem pasar persaingan monopolistik, perusahaan melaksanakan kongkalikong dengan tujuan……
    A. membatasi output yang diproduksi
    B. menekan harga materi baku
    C. mensugesti harga
    D. menguasai pasar
    Jawab:
    A. Jawaban Anda Benar.
    Perusahaan jumlahnya cukup banyak. Dalam pasar persaingan monopolistik terdapat cukup banyak produsen atau penjual skala kecil, memperlihatkan barang yang sama tetapi tidak identik antara barang satu dengan barang lain. Masing-masing produsen ukurannya kecil dibandingkan dengan besarnya seluruh pasar industri. Karena jumlahnya cukup banyak maka kongkalikong di antara mereka dengan tujuan membatasi output yang diproduksi supaya diperoleh harga lebih tinggi, tak mungkin dilakukan. Dan hasilnya masing-masing merasa bebas tak saling tergantung dan tak harus memperhatikan dan bereaksi terhadap tindakan perusahaan lain saingannya

    34. Diferensiasi produk yang diciptakan oleh advertensi, pembungkus atau pengepakan barang, dan pemdiberian merek disebut diferensiasi…..
    A. produk nyata
    B. imajiner
    C. produk kegampangan
    D. substitusi produk
    Jawab:
    B. Jawaban Anda Benar.
    Diferensiasi produk. Ini ialah unsur pokok dalam pasar persaingan monopolistik di mana terdapat variasi dari suatu jenis produk. Beberapa perusahaan memproduksi dan menjual barang-barang kosmetik, tetapi masing-masing produk tidak sama antara satu dengan lain atau dengan saingannyA. Ada beberapa macam bentuk diferensiasi produk yaitu diferensiasi produk konkret secara fisik, diferensiasi produk imajiner atau tak nyata, serta diferensiasi produk kegampangan. Diferensiasi produk secara konkret bisa berupa perbedaan wujud barang, fungsi, materi mentah, kualitas pengerjaan dan pemrosesan. Diferensiasi imajiner yaitu diferensiasi produk yang diciptakan oleh advertensi, pembungkus atau pengepakan barang, dan pemdiberian merek. Diferensiasi produk kegampangan bisa berupa letak atau lokasi toko yang strategis, tersedianya kemudahan pembayaran dengan kredit, dan sebagainya

    35. Salah satu tujuan pengiklanan dalam perusahaan monopolistik yaitu …..
    A. menurunkan harga materi baku
    B. mematikan pesaing
    C. menimbulkan kesetiaan atau kefanatikan merek
    D. mensugesti harga
    Jawab:
    C. Jawaban Anda Benar.
    Tujuan pengiklanan dalam perusahaan monopolistik yaitu untuk:
    membedakan produk perusahaan tersebut dari produk perusahaan-perusahaan lain dan menimbulkan kesetiaan atau kefanatikan merek, hingga bisa mempertahankan atau memperluas pasar bagi perusahaan yang bersangkutan. melaluiataubersamaini kata lain, tujuan iklan yaitu untuk mempertahankan posisi kurva undangan dan kalau mungkin menggesernya ke kanan
    menciptakan kurva undangan menjadi kurang elastis, dengan kata lain supaya kurva undangan lebih curam, hal ini membuat perubahan harga tidak begitu mensugesti kuantitas yang diminta

    36. Besarnya Produk Fisik Marjinal (Marginal Physical Product ) akan menurun dengan makin banyaknya ……..
    A. satuan input yang dipakai dalam proses produksi
    B. tingkat undangan produksi dari konsumen
    C. biaya tanbahan dalam bentuk biaya transportasi
    D. undangan upah produksi
    Jawab:
    A. Jawaban Anda Benar.
    Produktivitas suatu faktor produksi serta nilai atau harga produk menentukan undangan faktor produksi tersebut. Besarnya Produk Fisik Marjinal (Marginal Physical Product = MPP) akan menurun dengan makin banyaknya satuan input yang dipakai dalam proses produksi, keadaan ini memperlihatkan berlakunya Hukum Penambahan Hasil yang Menurun, semenjak penerapan satuan faktor produksi variabel yang pertama

    37. Tambahan pendapatan total yang diperoleh untuk setiap tambahan input sebesar satu satuan disebut …….
    A. Produk Pengeluaran Marjinal
    B. Biaya Input Marjinal
    C. Produk Pendapatan Marjinal
    D. Biaya Output Marjinal
    Jawab:
    C. Jawaban Anda Benar.
    Produk Pendapatan Marjinal (Marginal Revenue Product) ialah tambahan pendapatan total yang diperoleh untuk setiap tambahan input sebesar satu satuan. Atau dengan kata lain, MRP yaitu tambahan pendapatan total yang diperoleh lantaran dipekerjakan tambahan satu satuan faktor produksi variabel. MRP diperoleh dengan mengurangi Pendapatan Total yang diperoleh dengan memakai atau mempekerjakan (t) satuan faktor produksi variabel dengan Pendapatan Total yang diperoleh dengan memakai (t-1) satuan faktor produksi variabel. Dalam kasus pasar persaingan murni di pasar output, MRP sanggup dicari dengan mengalikan MPP (Produk Fisik Marjinal) dengan harga output per satuan (P). Namun hal ini tak berlaku bila pasar output ialah pasar monopoli

    38. Mengukur status ekonomi dan sosial suatu negara/bangsa dalam pergaulan internasional yaitu dengan melihat....
    A. adanya jaminan sosial masyarakat yang tinggi
    B. pendapatan dan kekayaan
    C. rendahnya tingkat suku bunga
    D. harga barang kebutuhan yang rendah
    Jawab:
    B. Jawaban Anda Benar.
    Mengukur status ekonomi dan sosial seseorang dalam masyarakat suatu negara/bangsa dalam pergaulan internasional yaitu dengan melihat pendapatan dan kekayaan. Pendapatan memperlihatkan fatwa (uang) berupa upah, bunga, dividen, keuntungan, atau sewa selama periode waktu tertentu biasanya satu tahun. Keseluruhan pendapatan dalam suatu negara disebut pendapatan nasional

    39. Analisis keseimbangan harga dan output pada pasar yang ialah komponen atau pecahan sistem harga disebut analisis…..
    A. keseimbangan pasar parsial
    B. keseimbangan umum
    C. produk marjinal
    D. output produksi
    Jawab:
    A. Jawaban Anda Benar.
    Keseimbangan pasar parsial ialah analisis keseimbangan harga dan output pada pasar yang ialah komponen atau pecahan sistem hargA. Perekonomian bukan terdiri atas banyak pasar yang tak berafiliasi satu dengan yang lain. Perekonomian ialah jaenteng kerja saling terkait di mana perubahan di suatu pasar akan menimbulkan perubahan signifikan di pasar-pasar lain. Analisis sistem harga secara keseluruhan disebut analisis keseimbangan umum

    40. Kurva-kurva penawaran output berlereng menanjak, hal ini didasarkan pada Hukum …..
    A. Nilai Guna Marjinal yang Menurun
    B. Biaya Marjinal yang Menanjak
    C. Penambahan Hasil yang semakin Menurun
    D. Produktivitas Marjinal Fisik yang semakin Berkurang
    Jawab:
    B. Jawaban Anda Benar.
    Kurva-kurva penawaran output berlereng menanjak. Hal ini didasarkan pada Hukum Biaya Marjinal yang Menanjak, lantaran dalam periode produksi jangka pendek berlaku Hukum Penambahan Hasil yang Semakin Berkurang. Jika setiap unit faktor variabel dibeli pada harga yang sama di pasar input persaingan murni dan mempersembahkan tambahan output dengan jumlah semakin kecil, maka biaya setiap tambahan satuan output semakin tinggi. Sementara dalam jangka panjang input yang efisien dan mempersembahkan biaya lebih rendah dipakai untuk menghasilkan suatu komoditi dan gres kemudian untuk memproduksi lebih banyak dipakai input-input kurang produktif yang mempersembahkan biaya produksi lebih tinggi. Karena untuk memproduksi lebih banyak output dibutuhkan biaya lebih tinggi maka harga jual harus lebih tinggi supaya diperoleh laba supaya ia bersedia memproduksi dan memperlihatkan lebih banyak output

    41. Dalam pasar jangka pendek, pembiasaan jangka pendek mencakup …..
    A. ekspansi pasar
    B. penciutan kapasitas produksi
    C. penemuan produk baru
    D. perekrutan jumlah karyawan secara besar-bemasukan
    Jawab:
    B. Jawaban Anda Benar.
    Dalam pasar jangka pendek, pembiasaan jangka pendek mencakup kemungkinan ekspansi atau penciutan kapasitas produksi, dan juga, kemungkinan masuk atau keluarnya perusahaan-perusahaan dari industri bersangkutan jawaban perubahan keadaan pasar yang mengakibatkan perubahan harga

    42. Sumber daya energi sanggup digolongkan berdasarkan beberapa kriteria, diataranya berdasarkan kriteria…..
    A. keunikan
    B. sifat khas
    C. umur
    D. komersialisasi
    Jawab:
    D. Jawaban Anda Benar.
    Sumber daya energi sanggup digolongkan berdasarkan beberapa kriteria yaitu berdasar kriteria komersialisasi, berdasar ketersediaan, dan berdasar kriteria pemakaian

    43. Bentuk kebijakan untuk mengatur penerapan sumber daya yang tidak terbarukan diantaranya yaitu …
    A. Penentuan harga jual sangat tinggi
    B. Diberlakukannya nilai netback dan premi pengurasan produksi
    C. Perbaikan pengaturan dalam undang-undang
    D. Pengenaan pajak produksi yang rendah
    Jawab:
    B. Jawaban Anda Benar.
    Beberapa prinsip mikroekonomika sanggup diterapkan di sektor energi. Pada tingkat pasar, prinsip ini sanggup mempersembahkan beberapa pedoman pokok di bidang penentuan harga yang efisien. Konsep wacana proses penentuan harga, perhitungan biaya produksi yang mencakup biaya hemat dan biaya finansial, nilai netback dan premi pengurasan produksi diterapkan lantaran sumber daya energi ada yang bersifat tidak terbarukan supaya dalam pengelolaannya dilakukan secara berkelanjutan. Kebijakan memper-timbangkan aspek hemat maupun non-ekonomis berupa pertimbangan sosial dan ekonomi. Karena itu pertimbangan-pertimbangan ini akan menjadi dasar penentuan tingkat harga energi bila harga tersebut ditentukan oleh pemerintah.

    44. Biaya yang jumlah atau besarnya tetap selama periode jangka pendek disebut biaya…
    A. tiruan
    B. marjinal
    C. riil
    D. tetap
    Jawab:
    D. Jawaban Anda Benar.
    Biaya tetap yaitu biaya yang jumlah atau besarnya tetap selama periode jangka pendek atau hingga pada tingkat volume unit produksi tertentu contohnya satu bulan, namun ia bisa berubah selama periode tertentu

    45. Efisiensi mengandung dua pengertian, yaitu efisiensi …
    A. ekonomi dan regional
    B. teknis dan ekonomi
    C. terbatas dan individu
    D. terpadu dan teknis
    Jawab:
    B. Jawaban Anda Benar.
    Efisiensi bisa mengandung dua pengertian, yaitu efisiensi teknis dan efisiensi ekonomi. Efisiensi teknis berarti bahwa output maksimum sudah diproduksi dengan satu set input tertentu. Ini bisa juga berarti tingkat output tertentu diproduksi dengan tingkat input yang minimum. Sementara efisiensi ekonomi berarti tingkat output maksimum sudah diproduksi dengan memakai tingkat biaya oportunitas tertentu, atau tingkat output tertentu diproduksi dengan biaya oportunitas minimum

    Download Soal Ujian UT Akuntansi ESPA4111

    Soal yang kami bagikan ini tak spesialuntuk dalam bentuk artikel saja, namun kami juga sudah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk dokumen PDF yang mana bisa Anda unduh eksklusif untuk nanti Anda cetak dan pelajari di rumah, jadi Anda tidak perlu repot untuk melaksanakan copy-paste artikel ini. Nah diberikut ini bisa Anda Download Soal Ujian UT Akuntansi ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro, diberikut silahkan klik link dibawah ini.


    Kami berharap dengan adanya soal-soal ini sanggup memmenolong Anda dalam memahami materi yang ada pada modul. melaluiataubersamaini demikian Anda akan lebih siap dalam menghadapi Ujian Akhir Semester nantinya. Tak jarang soal yang keluar pada waktu ujian akan sama persis dengan soal yang sudah Anda pelajari. Makara Anda sangat termenolong sekali, spesialuntuk dengan mengingat soal dan jawabanan Anda akan lebih praktis menjawaban soal nantinya, kalau sewaktu soal yang keluar sama persis.

    Jika Anda mengalami problem atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, tidakboleh ragu untuk mengubungi kami melalui laman Contact. Sertakan email aktif Anda, supaya kami bisa membalas pertanyaan Anda. Jangan lupa untuk merekomendasikan blog kami pada mitra Anda yang lainnya. Dan juga silahkan bagikan artikel kami ke sosial media dengan cara klik tombol share dibawah. Sekian artikel kami terkait Soal Ujian UT Akuntansi ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro, semoga bermanfaa untuk Anda, terima kasih.
    0 Komentar untuk "Soal Ujian Ut Akuntansi Espa4111 Pengantar Ekonomi Mikro Beserta Kunci Jawaban"

    Back To Top